Butuh Upgrade Laptop? Cek Dulu 10 Rekomendasi Laptop Flagship 2021 yang Cocok untuk Kerja dan Belajar dari Rumah

Butuh Upgrade Laptop? Cek Dulu 10 Rekomendasi Laptop Flagship 2021 yang Cocok untuk Kerja dan Belajar dari Rumah

Kebutuhan laptop untuk bekerja dan belajar menjadi hal yang tidak dapat dinomorduakan. Apalagi pandemi masih terus berlangsung, kebutuhan laptop tentunya semakin penting. Yuk, lirik dulu berbagai rekomendasi laptop flagship 2021 yang cocok untuk aktivitas Anda selama di rumah, nih!

Di Zaman Pandemi Ini, Laptop menjadi Incaran Banyak Orang

Pandemi covid-19 secara langsung mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat di dunia. Berbagai kebijakan pun telah diterapkan guna menekan angka kasus penularan virus, salah satunya adalah kebijakan Work From Home (WFH). Selain banyak pekerja yang dituntut untuk bekerja dari rumah, para pelajar pun juga melakukan kegiatan belajar secara daring.

Laptop adalah salah satu alat elektronik yang meningkat permintaannya di masa pandemi akibat kebijakan WFH dan juga belajar daring. Berdasarkan riset Canalys, total pengiriman laptop dunia mencapai 235,1 juta unit pada tahun 2020 yang berarti meningkat sebanyak 25 persen dari tahun sebelumnya.

Laptop Banyak Digunakan untuk Bekerja dan Belajar di Rumah

Kebijakan WFH dan juga belajar daring bertujuan untuk mengurangi kontak dan tingkat penyebaran virus covid-19. Meski demikian bekerja dari rumah bukanlah hal baru, mengingat sudah banyak freelancer yang melakukan pekerjaan dari rumah. Akan tetapi hadirnya kebijakan WFH dan juga belajar daring membuat berbagai perubahan.

Diberlakukannya kebijakan WFH secara otomatis meningkatkan penggunaan alat komunikasi pintar, seperti smartphone, tablet, serta laptop. Laptop tidak hanya digunakan untuk mengerjakan tugas kantor atau sekolah, namun juga sebagai media pertemuan dan pembelajaran daring yang mumpuni. Tak heran jika angka permintaan laptop di pasaran terus meroket.

Tips Memilih Laptop Flagship Terbaik dari Merek Terkenal Saat Ini

Pilih Ukuran Layar Sesuai dengan Kebutuhan

Tertarik membeli laptop untuk bekerja di rumah? Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tak salah pilih produk. Pertama, pilih laptop dengan ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan. Ukuran layar secara otomatis akan mempengaruhi ukuran laptop yang juga berdampak pada kepraktisannya.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, laptop berlayar kecil tentu lebih cocok dipilih karena praktis. Sementara bagi Anda yang butuh laptop bertenaga tinggi untuk pekerjaan kreatif atau bahkan gaming, laptop dengan layar besar jauh lebih direkomendasikan.

Spesifikasi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Selain ukuran layar, Anda juga perlu menyesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan. Salah satu aspek yang penting dipertimbangkan adalah prosesor. Ada berbagai jenis prosesor yang biasa digunakan dalam produk laptop, misalnya saja Intel dan AMD yang terus berkembang menjadi beberapa generasi.

Bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi, pastikan untuk memilih produk dengan prosesor generasi terbaru. Prosesor amat berpengaruh pada perfora aplikasi-aplikasi yang dimiliki. Laptop dengan prosesor mumpuni tentu akan menjalankan aplikasi secara lancar.

Laptop dengan Baterai yang Tahan Lama

Tips berikutnya yang perlu diikuti dalam memilih laptop adalah memilih produk dengan baterai yang tahan lama. Aspek ini sangat penting diperhatikan apalagi bagi Anda yang banyak bepergian. Umumnya laptop yang tersedia di pasaran memiliki daya tahan baterai selama 6-8 jam tergantung pemakaian.

Untuk mendapatkan laptop dengan baterai yang tahan lama, Anda bisa memilih laptop dengan baterai berkapasitas tinggi. Meski demikian, tetap sesuaikan kebutuhan dengan laptop yang dibeli. Bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di rumah mungkin tak perlu khawatir dengan kapasitas baterai.

RAM Besar Membuat Kinerja Laptop Lebih Cepat

Kinerja laptop ternyata tidak hanya didukung oleh prosesor yang membekalinya. Performa laptop rupanya juga dipengaruhi oleh RAM. Laptop dengan kapasitas RAM yang besar membuat kinerjanya lebih cepat.

Setiap laptop tentu memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Kapasitas RAM yang ideal dimiliki oleh sebuah laptop adalah 8GB. Namun, bagi Anda yang memiliki pekerjaan kreatif atau hobi gaming, laptop dengan RAM 16GB tentu memiliki performa yang lebih baik.

Merek Laptop Flagship yang Selalu Menjadi Incaran Orang Saat Ini

Toshiba

Sumber gambar www.lazada.co.id

Berbicara tentang laptop, ada beberapa merek laptop flagship yang selalu menjadi incaran banyak orang. Salah satu merek yang terbaik saat ini adalah Toshiba. Selain teknologinya yang mumpuni, laptop Toshiba juga dikenal dengan keawetannya.

Produsen elektronik asal Jepang ini telah menciptakan berbagai jenis laptop dengan spesifikasi dan desain yang terbaik. Kostruksinya dikenal kokoh dengan kualitas LCD yang tak perlu diragukan lagi. Spare parts-nya yang mudah dicari juga menjadi salah satu faktor mengapa laptop keluaran Toshiba sangat digemari.

Acer

Sumber gambar www.lazada.co.id

Bagi Anda yang tengah mencari laptop berkualitas dengan harga terjangkau, Acer adalah jawabannya. Acer adalah salah satu merek laptop yang sudah banyak dikenal di Indonesia. Merek ini telah menghadirkan rangkaian perangkat yang beragam dengan desain yang menarik.

Selain terkenal dengan Aspire series-nya, kini Acer juga banyak digandrungi karena Swift series-nya yang tipis dan stylish. Mengikuti perkembangan zaman, Acer juga menghadirkan beragam laptop gaming, misalnya saja Nitro series.

Keunggulan dari laptop keluaran Acer adalah keragaman produk, ketahanan baterai, kemudahan upgrade, serta sistem pendinginnya yang mumpuni.

Lenovo

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Merek laptop berikutnya yang dikenal dengan harganya yang terjangkau adalah Lenovo. Lenovo adalah laptop buatan Cina yang laris di pasar Indonesia. Laptop ini telah digunakan oleh berbagai kalangan karena berbagai keunggulannya, mulai dari desain hingga spesifikasi yang unggul.

Lenovo telah berpengalaman selama puluhan tahun untuk menghadirkan produk dengan teknologi dan kualitas terbaik. Berbagai inovasi terbaru telah ditampilkan pada setiap produk teranyarnya. Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, kualitas laptop keluaran Lenovo tak bisa diremehkan.

Apple

Sumber gambar https://www.amazon.in

Bila berbicara tentang pemimpin merek di bidang teknologi, nama Apple tentu tak boleh dilewatkan. Apple adalah salah satu merek laptop terbaik yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dikenal dengan MacBook, laptop keluaran Apple didesain sederhana dengan kesan yang elegan.

Selain desainnya yang banyak digemari masyarakat, performa MacBook juga sangat tinggi yang mampu mendukung produktivitas kerja para penggunanya. Berbagai keunggulan yang ditawarkan, antara lain kualitas layar tajam, fungsi dan fitur lengkap, dan pastinya desain yang menawan. Tentu semua ini bisa didapatkan dengan harga yang sebanding.

Dell

Sumber gambar https://www.blibli.com

Merek laptop terbaik berikutnya yang masuk dalam daftar adalah Dell. Laptop Dell cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia karena variasi produknya yang beragam. Keunggulan laptop ini adalah desainnya yang kokoh karena memiliki casing berbahan chromium.

Selain awet dan tahan lama, performanya juga sangat baik. Apalagi dengan komitmen Dell yang hanya fokus menghasilkan laptop saja. Sehingga perusahaan ini tak pernah berhenti berinovasi untuk menghasilkan laptop berkualitas setiap tahunnya.

Rekomendasi Laptop Flagship Terbaru Tahun 2021

Lenovo Thinkpad X1 Titanium Yoga 2in1 Touch I7

Rekomendasi laptop flagship 2021 yang pertama adalah Lenovo Thinkpad X1 Titanium Yoga 2in1 Touch I7. Laptop keluaran Lenovo ini menggunakan prosesor i7-1180G7 Processor with vPro. Sementara sistem operasinya menggunakan System Windows 10 Pro.

Laptop berdimensi 0.45 x 11.71 x 9.16 inci ini hadir dengan display berukuran 13.5inci QHD resolusi 2256 x 1504 pixel. Layarnya juga dilengkapi dengan anti-reflective, anti-smudge, serta touchscreen dengan Dolby Vision.

Produk ini telah dibekali dengan audio Dolby Atmos dan kamera hybrid infrared yang dilengkapi webcam privacy shutter.

Harga Rp. 23.699.000-39.700.000

HP Spectre x360 15 i7

HP Spectre x360 15 i7 adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi laptop flagship 2021. Produk ini menggunakan prosesor Intel Core i7 10750 Gen 10. Laptop keluaran HP ini dioperasikan dengan sistem operasi Windows 10 Home.

Produk dengan dimensi 36.12 x 25 x 1.93 cm ini memiliki display 15.6 inci. Memberikan ruang penyimpanan leluasa sebesar 1TB, produk ini juga dibekali memori 16GB. Laptop ini dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth yang memudahkan pemakaian.

Harga Rp. 19.699.000-22.999.000

Toshiba Portege Z30-E Intel Core i7

Toshiba adalah salah satu merek laptop yang paling banyak dicari karena keawetannya. Bagi kamu yang tengah mencari laptop Toshiba terbaru, Toshiba Portege Z30-E Intel Core i7 bisa menjadi pilihan. Laptop ini memiliki dimensi 316 × 227 × 17.9 mm dengan display 13.3 inci resolusi 1920 x 1080 pixel.

Menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-8550U Quad Core, laptop ini dioperasikan dengan Windows 10 HOME 64bit.

Untuk penyimpanannya, produk ini hadir dengan kapasitas penyimpanan 256GB dan memori 8GB. Fitur lain yang melengkapinya adalah built-in HD web kamera dengan dual mic serta audio stereo speaker.

Harga Rp. 13.225.000-13.799.000

Dell Vostro 3405 Ryzen 5-3500U

Rekomendasi laptop berikutnya adalah Dell Vostro 3405 Ryzen 5-3500U. Laptop keluaran Dell ini hadir dengan prosesor terobosan baru, AMD® Ryzen 5 3500U. Prosesor ini menawarkan performa optimal untuk segala kebutuhan, baik pekerja kreatif, game, atau kegiatan lainnya.

Untuk sistem operasinya, produk ini menggunakan Microsoft Windows 10 Home SL 64 Bit. Produk ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan 256GB dan memori 4GB.

Selain spesifikasinya yang menawan, karakter desain dan rangka laptop keluaran Dell ini dirancang kokoh dan lebih tahan benturan.

Harga Rp. 7.549.000-8.590.000

Apple Macbook Air 13 M1

Apakah Anda penggemar produk keluaran Apple? Salah satu produk baru yang pasti akan membuat para penggemar Apple jatuh cinta adalah Apple Macbook Air 13 M1.

Desainnya yang tipis dan ringan membuatnya praktis dibawa bepergian. Tentu semua keunggulan tersebut didukung dengan berbagai spesifikasinya yang menarik.

Apple Macbook Air 13 M1 hadir dengan CPU 8 core yang memberikan performa lebih cepat. Memberikan tampilan visual terbaru, laptop ini hadir dengan layar retina 13.3 inci disertai warna luas untuk detail gambar yang cemerlang.

Beberapa fitur lain yang melengkapinya antara lain adalah Wi-Fi, magic keyboard, kamera Face-Time HD, dan tiga mikrofon.

Harga Rp. 15.000.000-16.990.000

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE

Para gamers pasti sudah tidak asing dengan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE. Laptop keluaran ASUS ini banyak dikenal karena performanya yang mumpuni berkat prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX yang digunakan. Produk ini dioperasikan oleh sistem operasi Windows 10 Home + OHS.

Laptop ini memberikan visual terbaik dengan display 15.6 inci beresolusi 1920 x 1080 pixel. Produk ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan 1TB dengan ,memori 32GB.

Fitur-fitur lain yang melengkapi kinerjanya antara lain adalah kamera opsional FHD, built-in array microphone, serta konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth.

Harga Rp. 49.499.000-50.505.000

Acer Swift 3 Air SF313-51

Acer Swift 3 Air SF313-51 menjadi laptop berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi laptop flagship 2021. Produk ini hadir dengan dimensi 308,8 x 214 x 15.9 mm serta display 13,3 inci resolusi 1920 x 1080 pixel. Menghadirkan performa terbaik, laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-8130U dual-core.

Produk keluaran Acer ini dioperasikan oleh sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64. Memberikan ruang penyimpanan yang luas, laptop ini hadir dengan storage SSD 256b dan memori RAM 4GB. Sejumlah fitur yang melengkapinya antara lain adalah speaker stereo, kamera resolusi HD 720p, serta konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth.

Harga Rp. 7.290.000-10.399.000

Dell Alienware M15 R3

Satu lagu produk keluaran Dell yang masuk dalam daftar, yaitu Dell Alienware M15 R3. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7 10750 dengan sistem operasi Windows 10 Home 64-bit. Kapasitas penyimpanan yang dimiliki sebesar 1TB dengan memori 16GB.

Performanya yang mumpuni didukung dengan desainnya yang tipis berdimensi 360 x 276 x 20,5 mm. Layarnya berukuran 15.6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel yang memberikan visual terbaik. Laptop ini cocok digunakan untuk para gamer karena desain dan performanya yang menawan.

Harga Rp. 28.999.000-36.599.000

MSI GP62M 7RD Leopard

Rekomendasi laptop flagship berikutnya adalah MSI GP62M 7RD Leopard. Produk ini merupakan laptop gaming yang ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-7700HQ. Sementara untuk sistem operasinya, laptop ini menggunakan DOS.

Hadir dengan performa yang menawan, laptop keluaran MSI ini memiliki dimensi 383 x 260 x 27-29 mm dengan display 15.6 inci resolusi 1920 x 1080. Kapasitas penyimpanannya berukuran 1TB dengan memori 8GB.

Diperuntukkan bagi para gamers, tak heran jika laptop ini dilengkapi dengan fitur berperforma tinggi, seperti audio boost dan keyboard by steelseries.

Harga Rp. 8.500.000-14.999.000

Lenovo Legion 7

Produk laptop flagship terakhir yang direkomendasikan adalah Lenovo Legion 7. Laptop ini memberikan performa tinggi dengan prosesor AMD Ryzen. Sementara untuk sistem operasinya, laptop keluaran Lenovo ini menggunakan Windows 10 Home 64.

Laptop ini hadir dengan dimensi 356 x 250 x 15.9-17.9 mm dan display 16 inci resolusi 2560 x 1600 pixel. Performanya yang mumpuni didukung dengan desain laptop yang menawan membuat laptop ini semakin menarik.

Lenovo Legion 7 hadir dengan case berbahan aluminium dan dilengkapi fitur-fitur pendukung, seperti TrueStrike Keyboard hingga camera privacy shutter.

Harga Rp. 24.999.000-38.600.000
From our editorial team

Penting untuk Menyesuaikan Bujet dengan Spesifikasi yang Anda Butuhkan

Semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki sebuah laptop, maka semakin mahal pula bujet yang harus Anda keluarkan untuk memiliki laptop tersebut. Jika Anda membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas kantor atau sekolah yang tidak membutuhkan aplikasi berat, maka Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang biasa saja sehingga dapat menghemat bujet.