Beri Tampilan Baru pada PC dengan 10 Rekomendasi Casing Komputer Kece Ini (2021)

Beri Tampilan Baru pada PC dengan 10 Rekomendasi Casing Komputer Kece Ini (2021)

Bosan dengan tampilan komputer yang begitu-begitu saja? Tinggal ganti saja casing CPU dan jadikan komputer makin menarik. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi casing komputer terbaik hanya untukmu.

Ganti Casing Komputer agar Tampilannya Makin Keren

Sumber gambar pinterest.com

Casing adalah salah satu komponen dari PC (personal computer). Fungsi utama dari casing adalah melindungi semua komponen penting yang ada di dalam PC. Casing komputer terbuat dari berbagai macam bahan seperti stainless steel dan plastik. Namun kini banyak juga casing yang terbuat dari bahan tempered glass dan akrilik untuk desain yang lebih futuristik.

Desain casing yang unik akan membuat tampilan PC-mu jadi makin keren. Tidak salah jika banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli casing komputer. Namun, desain bukanlah satu-satunya hal yang penting. Tentu saja fitur yang ditawarkan juga mampu mendukung performa dari PC itu sendiri.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Casing Komputer

Ukuran

Sumber gambar www.gamingscan.com

Saat kamu akan membeli casing komputer, kamu harus tahu dulu ukurannya. Ukuran casing harus disesuaikan dengan motherboard komputer yang diinginkan. Tipe motherboard berdasarkan ukurannya sendiri bisa dibedakan menjadi tiga yaitu ATX, M-ATX, dan Mini-ITX. Sebaiknya kamu juga memilih casing yang bisa digunakan untuk jangka panjang.

Airflow

Sumber gambar mrbossshare.blogspot.com

Desain casing masa kini memang dibuat seunik mungkin agar terkesan keren. Tidak masalah jika kamu ingin memiliki casing komputer yang desainnya paling mutakhir, namun kamu juga harus memperhatikan airflow alias sirkulasi udaranya. Desain airflow inilah nanti yang akan ikut menentukan performa PC dan mencegahnya cepat panas.

Manajemen Kabel

Sumber gambar teknolawet.blogspot.com

Manajemen kabel pada casing PC nantinya akan memudahkan kamu untuk merakit komponen-komponen komputer. Upayakan memilih casing yang memiliki manajemen kabel luas sehingga kamu tidak akan kerepotan saat memasang atau membongkarnya nanti. Selain itu, manajemen kabel yang baik akan mendukung tampilan PC, apalagi jika casing yang kamu pilih adalah transparan.

Slot Kipas Tambahan

Sumber gambar www.bisma.org

Tergantung dari fungsi PC nantinya, slot kipas pada casing sangat penting untuk diperhatikan. Jika kamu menggunakan PC untuk kebutuhan gaming, sebaiknya kamu memilih casing yang mendukung banyak slot tambahan untuk kipas. Kipas ini nantinya bertugas untuk menjaga suhu komponen PC agar tetap terjaga.

Bujet

Nah, ini dia yang tidak boleh terlewatkan. Kamu harus menghitung dulu berapa bujet yang kamu sediakan untuk membeli casing komputer. Dengan begini, akan lebih mudah bagi kamu untuk memutuskan produk mana dan spesifikasi seperti apa yang akan dibeli.

Cara Merawat Casing Komputer

Jangan Letakkan Langsung di Lantai

Sumber gambar pinterest.com

Saat kamu sedang mengatur setting PC, perhatikan peletakan CPU-nya. Jika kamu ingin meletakkannya di bawah, jangan biarkan bersentuhan langsung dengan lantai. Lapisi dulu dengan kain bersih atau karet.

Bersihkan Bagian Dalamnya Secara Rutin

Ketika akan membersihkan bagian dalam, lepas dulu salah satu sisi panel. Gunakan penyedot debu agar proses pembersihan bisa semakin maksimal. Kamu juga bisa menggunakan sikat lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang debunya membandel.

Lap Permukaan Luar Casing

Untuk membersihkan permukaan luarnya, cukup gunakan lap dan cairan pembersih. Pembersihan bagian luar ini harus lebih sering dilakukan karena bagian inilah yang paling mudah ditempeli debu. Kalau casing komputermu terlihat bersih, kamu pasti akan semakin bersemangat menggunakannya, bukan?

Rekomendasi Casing Komputer yang akan Menyegarkan Tampilan PC-mu

Casing PC NZXT H400i

Rekomendasi pertama datang dari brand NZXT yang sangat fokus dalam menciptakan casing komputer berkualitas tinggi. NZXT H400i adalah casing dengan konsep RGB yang menarik dengan dukungan fan yang dapat diatur sesuai keinginanmu.

Spesifikasinya tidak kalah oke lho. Casing tipe mini tower ini dibekali dengan motherboard support Mini-ITX dan Micro-ATX. Sementara card length support-nya adalah 411 mm atau 16,2 inci dengan fan ukuran 120 mm.

Harga Rp. 2.500.000-5.500.000

Cougar QBX Ultra Compact Mini ITX

Ukuran casing Cougar QBX Ultra Compact Mini ITX boleh kecil, tapi jangan sepelekan kekuatannya, ya. Dimensi keseluruhan produk ini adalah 178 x 291 x 384 mm. Meskipun demikian, casing ini mampu menampung VGA high end ukuran 350 mm, 5 slot HDD dan SSD, serta ATX power supply dengan ukuran 140 mm dan Optical Slim Drive.

Tidak hanya itu, 7 slot kipas yang ada pada casing ini memastikan sirkulasi udara bisa berjalan semakin maksimal. Hadir dalam desain yang elegan dan minimalis dengan warna hitam doff yang menawan. Dengan segudang keunggulan yang ditawarkan, produk ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Harga Rp. 700.000-1.500.000

Armageddon Nimitz TR5000

Kamu yang suka dengan casing warna-warni RGB bisa menjadikan Armageddon Nimitz TR5000 sebagai pilihan yang pas. Casing komputer gaming ini menyediakan slot khusus untuk kipas RGB di sisi atas, depan, dan belakang. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah dukungan slot untuk 6 kipas berukuran 120 mm untuk memberikan udara dingin ke segala arah.

Selain itu, casing ini juga turut menjaga suhu interior tetap rendah dengan menyediakan ruang pendingin CPU khusus berukuran 180 mm. Dimensi produk ini adalah 445 x 270 x 500 mm. Sudah kompatibel dengan berbagai tipe motherboard seperti ATX, Micro ATX, dan ITX. Tujuh slot ekspansi yang disediakan oleh casing ini memungkinkan kamu untuk meningkatkan performa PC-mu.

Harga Rp. 700.000-1.300.000

Phanteks Eclipse P300A

Para gamers pasti suka dengan rekomendasi produk Phanteks Eclipse P300A. Selain harganya terjangkau, casing ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang akan menunjang kegiatan gaming-mu. Casing ini bisa memberikan air flow yang cukup baik, sehingga memastikan setiap komponen yang ada di dalamnya akan mendapat aliran udara yang cukup.

Casing keren ini bertipe Mid Tower dengan slot harddisk sebanyak 5 buah di dalamnya. Sudah mendukung untuk beberapa tipe motherboard seperti Min ITX, Micro ATX, dan ATX. Sementara untuk fan atau kipas di dalam berukuran 120 mm.

Harga Rp. 900.000-1.800.000

Cooler Master Silencio S400

Berikutnya ada rekomendasi dari Cooler Master Silencio S400 yang mengandalkan dukungan kompatibilitas tinggi. Keunggulan dari casing komputer ini adalah dukungan slot ODD, kebisingan kipas yang rendah, serta cover bagian depan yang bisa dibalik.

Casing ini adalah casing tipe mid tower dengan motherboard support Mini-ITX dan Micro-ATX. Card length support-nya adalah 319 mm (12,56 inci) dan fan berukuran 120 mm.

Harga Rp. 1.300.000-3.000.000

Fractal Design Define 7 Gaming PC

Meski namanya adalah Fractal Design Define 7 Gaming PC, casing ini juga dirancang untuk keperluan profesional. Selain desainnya yang terlihat elegan dan futuristik, produk ini juga menawakan banyak keunggulan pada para penggunanya. Antara lain adalah dukung water cooling yang memastikan bahwa casing ini mampu mendukung berbagai kebutuhan komputasi yang tergolong berat.

Desain sasis baru yang terbuka dirancang untuk mengekspos interior dengan sangat sempurna. Casing Mid Tower ini dibekali dengan 7+2 slot ekspansi, 9 slot untuk drive serta 9 fan dengan ukuran 120 dan 140 mm.

Harga Rp. 2.000.000-5.250.000

Simbadda Mini Series CX 160

Desain dari Simbadda Mini Series CX 160 ini sangat memukau, sehingga tidak hanya menarik perhatian para gamers juga tetapi pengguna PC pada umumnya. Desainnya yang unik akan memberikan tampilan berbeda pada PC milikmu. Dengan aksen yang khas, produk ini sangat mudah dikenali.

Sesuai namanya, casing ini berukuran mini yaitu 411 x 105 x 310 mm. Oleh karena itu, ukuran kipas yang bisa ditampung oleh casing ini juga kecil hanya 80 mm saja dengan jumlah 3 buah. Casing ini bisa diletakkan secara vertikal maupun horizontal, sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya.

Harga Rp. 500.000-1.500.000

Aigo JESM Dream

Ingin punya casing PC tapi bujet terbatas? Produk yang satu ini bisa jadi solusinya. Aigo JESM Dream adalah casing PC dengan harga miring, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Tampilannya elegan, berdesain futuristik dengan aksen lampu LED warna hijau yang memberi kesan gahar.

Produk ini juga mengadaptasi tren casing PC gaming saat ini dengan akrilik transparan pada panel samping dan atas. Casing ini bertipe mid tower, dilengkapi berbagai fitur yang mendukung. Misalnya seperti 2 slot untuk HDD, LED controller, dan masih banyak lagi. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh casing ini adalah cooling fan yang ada di sisi depan, belakang, dan atas. Kamu tidak perlu khawatir dengan sirkulasi udara dan suhu di dalam CPU.

Harga Rp. 400.000-700.000

Corsair Crystal Series 570X RGB

Jika kamu ingin punya casing komputer yang terlihat mewah dan elegan, produk yang satu ini dapat dijadikan pilihan. Corsair Crystal Series 570X RGB mengusung konsep yang futuristik, membuat tampilan PC-mu semakin keren saja.

Lampu RGB disematkan pada 3 buah kipas yang ada di panel depan, membuat tampilannya menjadi lebih gahar. Selain itu, tentu saja sirkulasi udara di dalam CPU bisa berjalan semakin maksimal. Seluruh permukaan casing terbuat dari bahan akrilik transparan, sehingga seluruh komponen hardware pada komputer akan terlihat dengan jelas.

Harga Rp. 3.000.000-7.000.000

Digital Alliance N10 Gaming Chasis

Satu lagi rekomendasi casing PC berdesain elegan dengan harga terjangkau. Digital Alliance N10 Gaming Chasis hadir dalam desain futuristik dengan pilihan warna hitam dan putih. Tampilan casing ini semakin oke dengan kipas angin yang menampilkan satu warna, yaitu merah atau biru. Sangat serasi dengan warna bodi casing.

Dengan tipe Middle Tower, casing ini kompatibel dengan beberapa jenis motherboard seperti ITX dan Micro ATX. Performa produk ini juga tidak perlu diragukan lagi. Untuk memastikan sirkulasi udara dalam CPU bisa berjalan dengan maksimal, tersedia empat slot bracker kipas, 5 slot driver bays untuk ukuran 3,5 inci dan 2,5 inci, serta 4 slot ekspansi yang memungkinkan kamu untuk meningkatkan performa CPU.

Harga Rp. 300.000-900.000
From our editorial team

Jadi, Sudah Siap Menyulap Komputermu Jadi Baru?

Tidak perlu beli komputer baru kok kalau kamu bosan dengan tampilan komputermu saat ini. Sesuai rekomendasi BP-Guide di artikel di atas, kamu tinggal beli casing untuk CPU saja, kok. Jadi, sudah siap lihat tampilan baru komputermu belum, nih?