10 Rekomendasi Gitar Elektrik Terbaik yang Menghasilkan Suara Berkualitas untuk Pemula (2019)

10 Rekomendasi Gitar Elektrik Terbaik yang Menghasilkan Suara Berkualitas untuk Pemula (2019)

Bagi seseorang yang berjiwa seni, musik adalah bagian yang penting. Dari sekian banyak instrumen yang ada, gitar elektrik adalah yang paling populer. Jika kamu masih belajar memainkannya, BP-Guide punya rekomendasi gitar elektrik terbaik yang bisa kamu miliki.

Sebelum Membeli, Cek Kualitas Gitar Elektrik Terlebih Dahulu

Sumber gambar guitarplayer.com

Gitar listrik banyak dipilih karena menghadirkan suara yang bisa menjangkau luas dan banyak digunakan oleh gitaris beraliran jazz. Gitar elektrik pertama dibuat oleh pabrik Rickenbacker di tahun 1931. Kemudian, popularitas gitar listrik berkembang seiring kebangkitan grup band di tahun 1940 hingga sekarang.

Tentunya, memilih alat musik yang tepat membutuhkan beberapa panduan. Misalnya, bentuk gitar, bobot, bahan, serta kualitas karena banyak gitar listrik yang juga dibanderol dengan harga murah tetapi kualitasnya rendah, atau sebaliknya. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan melakukan riset atau menilik tips dari BP-Guide berikut ini.

Tips Memilih Gitar Elektrik Pertamamu

Sesuaikan dengan Bujet

Sumber gambar money.com

Gitar bukan menjadi kebutuhan pokok dan bisa dibilang sebagai barang mahal, apalagi gitar elektrik. Oleh sebab itu, sebelum membeli, sebaiknya kamu susun anggaran dan sesuaikan dengan tipe dan atau merek gitar elektrik incaran. Saat ini, pilihan gitar elektrik sangat banyak dan mudah didapat, tergantung bujet yang kamu miliki, maka kamu bisa mendapat gitar listrik idaman.

Jika kamu sempat menabung, maka sebaiknya kamu menyisihkan uang agar bisa membeli gitar elektrik yang mumpuni. Gitar elektrik yang bagus biasanya didukung dengan bahan serta kualitas yang bagus. Namun, harganya bisa jadi sangat mahal. Jika kamu memiliki anggaran yang mepet, sebaiknya kamu memilih gitar elektrik dengan kualitas menengah.

Pilih Model yang Paling Kamu Suka

Sumber gambar electricherald.com

Banyak musisi yang begitu terikat secara personal dengan alat musik mereka sehingga tidak heran jika para gitaris memperlakukan gitar mereka dengan baik. Persoalan gitar bagi musisi memang tidak terbatas pada kualitas saja tetapi juga desain dan tampilan gitar agar mereka percaya diri saat tampil.

Untuk itu, para pemula juga dianjurkan memilih model gitar yang disuka dan nyaman ketika dimainkan. Juga, sesuaikan dengan aliran musik yang diikuti karena hal ini bisa menjadi dukungan penampilan. Misalnya, gitar untuk gitaris beraliran rock’n roll, biasanya memiliki tampilan gagah cenderung berani dengan motif abstrak serta warna-warna mencolok.

Jangan lupa untuk selalu mencoba memainkan gitar agar kamu bisa menilai apakah dawainya bisa mudah dimainkan dan bobot gitar nyaman untuk kamu tahan. Pastikan dawai tidak mudah putus dan suara yang dihasilkan gitar sesuai dengan yang kamu inginkan.

Pertimbangkan Spesifikasi Produk

Sumber gambar sweetwater.com

Pada saat ini, banyak yang ingin membeli gitar tanpa harus repot datang ke toko. Hal ini boleh-boleh saja tetapi ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat membeli alat musik secara daring. Selain memperhatikan jaminan keaslian dan garansi, kamu juga harus membaca dan mempertimbangkan spesifikasi produk.

Spesifikasi ini meliputi soal bodi gitar, apakah solid atau tidak. Kemudian, bacalah keterangan soal material atau kayu yang dipakai untuk membuat gitar tersebut. Berikutnya, perhatikan juga soal neck gitar karena bagian ini akan berpengaruh terhadap kualitas.

Pastikan neck gitar masih dalam keadaan baik, tanpa bengkok, serta tidak memiliki cacat. Selanjutnya, perhatikan deskripsi soal kekuatan fret. Kamu dianjurkan memilih gitar dengan fret yang keras agar tidak mudah terkikis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pick up karena komponen ini berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Pick up bisa kamu pilih berdasarkan dua kategori yakni jenis magnetic serta piezoelectric. Pilih juga gitar yang memiliki bridge baik dan memudahkan pemasangan senar serta pilih gitar yang menghasilkan intonasi baik dan tidak sumbang.

Beli yang Asli

Sumber gambar shpock.com

Ada harga, ada rupa. Mungkin kalimat ini sering kamu dengar ketika akan atau sedang berbelanja. Biasanya, kalimat seperti ini tercetus saat seseorang merasa puas akan barang yang dibeli, atau sebaliknya.

Harga barang asli biasanya memang lebih tinggi daripada harga barang palsu alias KW. Namun, kualitas barang asli biasanya jauh lebih baik dan memuaskan. Untuk itu, para pembeli dianjurkan membeli barang resmi dan asli, demikian juga saat memilih gitar.

Dapatkan gitar bermerek di toko resmi yang memang berafiliasi dengan perusahaan alat musik, misalnya seperti Yamaha. Untuk memastikan keasliannya, kamu bisa menjajal gitar yang akan dibeli. Lihat dari tampilan gitar sebab gitar yang asli akan memiliki detail finishing yang apik. Soal suara, tidak perlu ditanyakan lagi karena gitar asli akan memberi suara yang jernih dan tidak fals.

10 Rekomendasi Gitar Elektrik Terbaik untuk Pemula

ibanez RG 350 DX Z

Sumber gambar www.blibli.com

Merek Ibanez berasal dari Jepang dan berdiri di Nagoya pada tahun 1957. Mulanya, Ibanez membuat tiruan dari desain gitar Amerika juga membuat duplikasi model gitar populer-Ampeg Dan Armstrong yang pada masa itu terbuat dari plastik jernih.

Tentu saja, duplikasi ini membuat Ibanez sempat terkena masalah. Namun, pada akhirnya merek ini menunjukkan eksistensi dengan menampilkan desain asli milik mereka sendiri seperti Ibanez RG 350 DX Z.

Gitar elektrik ini memiliki tampilan keren dengan detail bodi yang unik pada bagian ujung. Dibuat melengkung sehingga memberi kesan tajam, gitar berwarna putih ini memiliki suara yang powerful sehingga cocok untuk area luar ruang untuk jangkauan lebih luas. Gitar ini juga nyaman dimainkan dengan konstruksi neck yang elegan juga bobot yang seimbang. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 7.200.000 atau di Tokopedia seharga Rp 5.550.000.

Cort X-2-BK

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk performa rock’n roll, kamu bisa mengandalkan gitar keren satu ini. JM Cort X2-BK-Gitar Listrik Black tampil maskulin dalam balutan warna hitam. Gitar ini memiliki bodi basswood dengan neck terbuat dari kayu maple Kanada serta konstruksi bolt-on. Bagian papan fret terbuat dari rosewood dan tuner bertipe die cast. Dapatkan di Tokopedia seharga Rp 3.361.500 serta senilai Rp 2.490.000 di Blibli.

Yamaha Pacifica 112 J Electric Guitar

Sumber gambar www.blibli.com

Yamaha menjadi salah satu merek paling dicari ketika orang mencari alat musik berkualitas. Alat musik dari merek ini pun mudah ditemui dan didapat. Kualitas yang mumpuni menjadikan Yamaha laris diburu para musisi dan sebaiknya.

Beli yang asli agar bisa mendapat dan merasakan kualitas alat musik terbaik misalnya seperti Yamaha Pacifica PAC112 J Electric Guitar ini. Hadir dengan bodi solid, gitar ini memiliki desain klasik dengan neck terbuat dari kayu maple serta papan fret dari rosewood. Pada bagian tuners bertipe die-cast chrome dan pickup tengah, bridge humbucker, serta single-coil neck. Gitar ini juga bergaransi dan case gitar dijual terpisah. Bisa diperoleh dengan harga Rp 2.199.000 di Blibli serta senilai Rp 2.200.000 di Tokopedia.

Fender Stratocaster

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya ada Fender Japan Aerodyne Stratocaster Medium Scale HSS Old CAR. Gitar keren ini berasal dari salah satu merek gitar terkenal yang juga dimainkan oleh para musisi ternama seperti Kurt Cobain, Keith Richard, dan Jimi Hendrix.

Gitar ini memang memiliki beberapa keunggulan seperti 3 buah pickup yang dapat difungsikan dengan lima pengaturan yang berguna bagi para gitaris untuk mendapatkan suara baru dari permainan mereka.

Fender Japan Aerodyne Stratocaster Medium Scale HSS Old CAR ditunjang dengan hardware dalam warna chrome yang memberi kesan mewah serta pickup original Fender yang powerful. Selain itu, neck yang kokoh dipasangkan pada bodi dan memberi genggaman kuat agar tak mudah lepas dari tangan.

Pada bagian fret, didekorasi dengan dot inlays untuk kemudahan naik dan turun pada bagian neck. Dapatkan di Blibli seharga Rp 15.200.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 14.960.000.

ESP LTD H-51

Sumber gambar www.blibli.com

Gitar ini tak hanya tampil dengan detail menawan lewat nuansa biru dan desain modern tetapi juga ditunjang dengan bahan-bahan berkualitas pada tiap bagiannya. Berasal dari Jepang, gitar ini didesain dengan bodi Agathis berkontur dengan finishing warna electric blue.

Mampu menghasilkan suara jernih dari sepasang ESP LH-150 pickup, bagian humbucker diatur oleh kepala nada dan kontrol volume. Pada bagian neck terbuat dari kayu maple dengan bolt-on dan papan jari terbuat dari rosewood. Gitar ini juga dilengkapi dengan ESP tuner juga kontrol toggle 3 cara. Dapatkan di Tokopedia seharga Rp 3.415.000 dan di Blibli dengan harga Rp 3.425.000.

Osmo APX Gitar Akustik Elektrik

Sumber gambar www.blibli.com

Masuk dalam deretan gitar akustik-elektrik, gitar satu ini memiliki desain klasik dengan nuansa warna kalem. Osmo APX Gitar Akustik Elektrik ditunjang dengan perpaduan warna cokelat yang menawan sehingga memberi kesan vintage. Dapat dimainkan secara akustik maupun didukung dengan elektrik, gitar ini dilengkapi dengan fret berbahan baja serta rangka terbuat dari kayu pinus.

Pada bagian neck, terbuat dari kayu mahoni sementara bodi dan punggung gitar terbuat dari kayu meranti. Bagian bride terbuat dari kayu roseweood dan sudah ada besi di bagian neck dan dilengkapi dengan tempat untuk sabuk tali gitar. Dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 1.050.000 atau senilai Rp 700.000 di Blibli.

Yamaha APX 500 II

Sumber gambar www.tokopedia.com

Beralih ke Yamaha, kali ini hadir Yamaha APX 500 II. Tampilannya klasik dengan bodi yang didesain melengkung indah dan ergonomis. Pada bagian neck terbuat dari kayu mahoni yang ditunjang dengan besi untuk memperkuatnya. Pada bagian bridge dan fret dibuat dari kayu rosewood sementara inlay-nya merupakan inlay tanam dan bukan sablon.

Gitar ini juga dapat memberi akses untuk dimainkan dengan fret tinggi serta memberi kenyamanan ketika dimainkan. Gitar ini bisa diperoleh di Blibli senilai Rp 2.200.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 720.000.

LTD SN 200 HT Snow White

Sumber gambar www.blibli.com

Sesuai namanya, LTD SN-200 HT Snow White ini tampil elegan dengan dominasi warna putih. Tampilannya modern dengan gaya permainan klasik yang ditunjang oleh desain klasik bolt-on, membuat gitar ini nyaman dimainkan dengan hasil suara yang halus. Memiliki ukuran 25,5 inci, bodi gitar ini terbuat dari bahan basswood sementara bagian neck terbuat dari kayu maple.

Untuk bagian papan jari, terbuat dari roasted jatoba yang mampu mencapai radius 350 milimeter. Di bagian tuners bertipe LTD dengan desain ESP LS 120-N di bagian neck pu. Hadir di Blibli dengan harga Rp 2.900.000.

Gibson Les Paul Faded T Worn Brown

Sumber gambar www.blibli.com

Gibson Les Paul Faded T Worn Brown hadir dengan nuansa klasik sekaligus maskulin dalam warna cokelat gelap ditunjang detail komponen berwarna hitam. Gitar ini ditunjang dengan slimtaper maple neck yang bermain halus dan cepat sementara papan jari terbuat dari rosewood yang menghadirkan kesan klasik Les Paul.

Untuk bagian bodi terbuat dari kayu mahoni, memberi bobot yang memungkinkan si pemakai dapat memainkannya dalam waktu lama. Gitar ini juga didesain mewah lewat hardware chrome serta konstruksi neck yang elegan. Dapatkan senilai Rp 13.800.000 di Blibli.

Fender Telecaster Jim Root Ebony

Sumber gambar www.blibli.com

Terakhir, ada Fender Telecaster Jim Root Ebony yang didesain modern dan trendi dalam balutan dominasi warna putih berpadu hitam. Gitar ini tampil elegan nan mewah dengan finishing satin nitrocellulose lacquer sementara bagian bodi terbuat dari kayu mahoni dan warna vintafe cherry sunburst VOS.

Pada bagian papan fret terbuat dari kayu eboni dengan radius 12 inci serta panjang skala 25,5 inci. Inlay pada papan fret didukung white dots serta pickup dengan spesifikasi EMG 60 untuk bagian leher serta EMG 81 untuk bagian bridge. Mesin tuning ditunjang pengunci dan dawai berasal dari Fender USA 250L Nickel Plated Steel. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 19.300.000 atau di Blibli seharga Rp 16.500.000.

From our editorial team

Rawat Gitar dengan Baik agar Awet dan Tahan Lama

Setelah membeli gitar elektrik dari rekomendasi BP-Guide di atas, kini kamu bisa belajar bermain gitar dengan nyaman. Tapi ingat ya, rawat gitar dengan baik agar awet dan tahan lama. Misalnya mengecek apakah ada senar yang terputus dan menyimpannya di tempat yang aman. Selamat bermain gitar!