9 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik Beserta Tips untuk Memilihnya

9 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik Beserta Tips untuk Memilihnya

Memilih gitar akustik tidak begitu sulit, tapi juga jangan asal. Bila mendapatkan gitar akustik berkualitas jelek, selain suaranya tidak begitu baik, juga akan menyebabkan proses latihan Anda menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, simak dulu tips memilih gitar akustik terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Baru Belajar Main Gitar? Gitar Akustik Lebih Mudah Digunakan

Bisa bermain gitar adalah idaman setiap anak muda, karena gitar merupakan alat musik paling populer saat ini. Berbagai jenis gitar dapat Anda mainkan. Tetapi jika Anda baru belajar gitar, pilihlah gitar akustik karena lebih mudah dimainkan bagi seorang pemula.

Cara Memilih Gitar Akustik yang Cocok untuk Para Pemula

Cari Tahu Bentuk dan Desain Gitar Akustik

Memahami bentuk dan desain dari gitar akustik yang akan Anda beli, menjadi sesuatu hal yang diharuskan sebelum membeli gitar akustik. Memilih bentuk dan desain yang sesuai, tidak hanya membuat Anda lebih nyaman memainkannya. Tetapi Anda juga dapat memahami kualitas bahan dan bobot dari gitar akustik yang akan Anda beli.

Coba Terlebih Dahulu

Bagi pemula, kenyamanan gitar menjadi hal yang harus diutamakan untuk menunjang proses belajar bermain gitar. Karena itulah, sebelum membeli gitar Anda harus mencobanya terlebih dahulu.

Dengan mencoba terlebih dahulu, Anda bisa menyesuaikan bentuk gitar dengan kenyamanan tubuh Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui kualitas suara dari gitar akustik yang akan Anda beli.

Survei Harga

Sebelum memutuskan membeli gitar akustik, Anda harus terlebih dahulu melakukan survei harga di berbagai tempat. Jangan sampai Anda tergesa-gesa untuk membelinya, Anda harus membandingkan harga di berbagai toko agar mendapatkan harga yang paling tepat. Hal yang penting Anda ketahui sebelum membeli gitar adalah, harga yang lebih mahal tidak bisa menjamin kualitas.

Baca Review

Gitar akustik memiliki bentuk, model, warna, corak, tampilan, aksesori, custom gitar, dan teknologi penunjang yang memiliki banyak ragamnya. Jika Anda bingung untuk memilihnya, Anda bisa menelusurinya dengan cara membaca review.

Review produk membantu Anda untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan produk dari orang yang telah membelinya terlebih dahulu.

9 Rekomendasi Gitar Akustik untuk Para Pemula

Yamaha Silent Guitar SLG200S

Sumber gambar bukalapak.com

Yamaha Silent Guitar SLG200S adalah gitar Yamaha yang terbuat dari kayu mahoni dengan berat 23 kilogram. Dilengkapi dengan fitur AUX IN yang membuat Anda dapat bermain bersama musik dari CD Player/MP 3 player. Keunggulan dari gitar ini adalah memiliki suara akustik terbaik berkat dukungan amplifikasi. Anda bisa mendapatkan gitar Yamaha ini dengan harga Rp 7.840.000 di Bukalapak atau di Tokopedia seharga Rp 6.950.000.

Cort SFX-ME-OP

Sumber gambar tokopedia.com

Cort SFX-ME-OP adalah gitar akustik yang memiliki desain bodi cutaway all-access dan profil leher V-kontur yang membuat Anda sebagai pemula nyaman memainkannya. Gitar yang terbuat dari kayu mahoni ini memiliki jumlah senar 6 string dengan fretnya sebanyak 20. Anda bisa mendapatkan gitar SFX-ME ini dengan harga Rp 1.832.000 di Bhinneka atau di Tokopedia dengan harga Rp 1.850.000.

Legend YH-36C

Sumber gambar www.tokopedia.com

Legend YH-36C adalah gitar berukuran 36 inci dan memiliki suara yang jernih dan warm. Dilengkapi dengan cantolan untuk memasang strap gitar. Gitar akustik ini memiliki fret yang nyaman untuk ditekan para pemula. Gitar impor ini memiliki kualitas yang terjamin. Anda bisa mendapatkannya dengan nama produk Gitar Akustik Impor BONUS STRAP GIBSON Legend YH 36C O Gitarlele GuiProduk: Gitar Akustik (String). Pembelian gitar akustik Legend ini dapat dilakukan di Tokopedia dengan harga Rp 778.700 atau di Bukalapak dengan harga Rp 599.000.

Yamaha APXT2

Sumber gambar bukalapak.com

Yamaha APXT2 adalah gitar yang topnya terbuat dari spruce, back dan sidenya terbuat dari kayu meranti serta neck-nya terbuat dari mahoni. Gitar ini didesain dengan praktis dan nyaman, sehingga dapat Anda bawa kemana saja dengan mudah. Dibekali dengan pickup ART dan Yamaha tuner yang sensitif, sehingga mendapatkan akurasi yang terbaik ketika tuning.

Gitar Yamaha ini memiliki ukuran body depth sebesar 65 sampai 75 mm, nut width-nya berukuran 43 mm dan strings length-nya 580 mm. Anda bisa mendapatkan gitar akustik ini dengan nama produk Yamaha Guitar APX-T2 BLACK. Pembelian dapat dilakukan di Tokopedia dengan harga Rp 1.735.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 1.872.000.

Ibanez AEG15II LG

Sumber gambar my-best.id

Ibanez AEG15II LG adalah gitar akustik yang memiliki bodi AEG dengan badan dan bagian sampingnya terbuat dari kayu mahoni. Gitar ini memiliki scare berukuran 25" dengan width nut 43.0mm. Dilengkapi dengan gold-die-cast tuners, rosewood brigge, ibanez advantafe bridge pins, ibanez AEQ-SP1 Preamp, dan onboard tuner. Anda bisa mendapatkan gitar Ibanez ini di Bukalapak dan Tokopedia dengan harga Rp 2.790.000.

Cowboy Akustik Folk Guitar

Sumber gambar my-best.id

Cowboy Akustik Folk Guitar adalah gitar akustik steel string yang tahan lama dengan senar string yang tahan karat. Gitar ini sangat kokoh dan tahan lama, karena terbuat dari basswood dan fingerboard-nya terbuat dari kayu mahoni.

Hadir dengan desain vintage di sekitar soundhole dan finishing gloss pada body gitarnya. Tak heran membuat gitar Cowboy ini memiliki tampilan yang stylist dan trendy. Anda bisa mendapatkan gitar ini dengan harga Rp 850.000 di Lazada.

Yamaha F310

Sumber gambar bukalapak.com

Yamaha F310 adalah gitar akustik yang bagian depannya terbuat dari kayu spruce, bagian belakang dan sisinya terbuat dari kayu mahoni, serta fingerboard-nya terbuat dari kayu rosewood. Perpaduan kayu-kayu tersebut membuat gitar akustik ini memiliki suara yang sangat jernih. Anda bisa mendapatkan gitar ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.040.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 1.392.000.

Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor

Sumber gambar www.tokopedia.com

Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor adalah gitar akustik yang sangat spesial, kerena memiliki tanda tangan asli dari penyanyi cantik, Taylor Swift. Desain dari gitar ini dipercantik dengan pola pohon anggur.

Gitar Taylor Swift ini berukuran 2/4 dengan lehernya 1 11/16 inci. Gitar yang ramping ini semakin mengingatkan kepada Taylor Swift, tidak hanya itu juga sangat nyaman dimainkan oleh semua kalangan. Bagi Anda pencinta Taylor Swift, Anda bisa mendapatkan gitar ini di Bukalapak dengan harga Rp 6.449.000.

Yamaha APX500II

Sumber gambar tokopedia.com

Yamaha APX500II adalah gitar yang sangat khas dan menarik perhatian, karena desainnya yang timeless dengan fitur kekinian. Kualitas suara dan resonansi dari gitar ini sangat natural dan optimal, karena dirancang dengan sistem bracing pattern x-type yang modern.

Gitar yang terbuat dari perpaduan kayu Meranti pada bagian belakang dan samping, bagian atasnya terbuat dari kayu spruce, neck-nya terbuat dari nato dan papan jari dan batangnya terbuat dari rosewood. Gitar ini dapat Anda miliki dengan melakukan pembelian di Tokopedia seharga Rp 2.225.000.

From our editorial team

Memilih Gitar Terbaik untuk Hasil Latihan yang Lebih Baik

Gitar akustik tentunya bisa menjadi pilihan yang pas untuk latihan, sampai untuk pentas atau pertunjukan. Namun, gitar akustik terbaik tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Rekomendasi di atas bisa Anda pertimbangkan untuk Anda miliki.