10 Rekomendasi Laptop Tipis yang Siap Menemani Kamu Mengerjakan Tugas di Mana Saja (2021)

10 Rekomendasi Laptop Tipis yang Siap Menemani Kamu Mengerjakan Tugas di Mana Saja (2021)

Laptop memang jadi kebutuhan primer di saat sekarang ini. Dengan adanya laptop, kamu jadi mudah mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau tugas kantor. Meski di rumah saja, namun kalau kamu bosan bekerja di suatu area, kamu bisa dengan mudah berpindah ke area atau ruang lain jika memakai laptop. Apalagi jika laptopnya tipis, tentu makin mudah untuk membawanya ke mana saja. Yuk, intip rekomendasi laptop tipis yang bisa menemani kamu nugas di mana saja!

Laptop Tipis Banyak Jadi Incaran karena Keunggulannya

Selama hampir dua tahun ini, kita banyak beraktivitas di rumah. Pandemi membuat kita harus tetap bisa bekerja dan belajar meski dari rumah saja. Ini bukan menjadi masalah besar karena teknologi terkini membuat kita jadi lebih mudah untuk tetap bisa bekerja dan belajar dari rumah. Dengan laptop kita jadi bisa tetap aktif mengerjakan aneka tugas kantor dan sekolah di mana saja dan kapan saja.

Di awal kemunculannya, laptop memang memiliki bobot yang berat dan terkesan tebal. Namun, semakin ke sini, laptop terus berinovasi menjadi semakin canggih. Desainnya makin keren, bobotnya makin ringan, dan ukurannya juga makin tipis. Selain itu, fiturnya juga semakin banyak dan membuat segala pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

Di masa pandemi, laptop tipis banyak jadi incaran. Selain memang sedang banyak dibutuhkan, laptop tipis memiliki sederet keunggulan yang tidak dimiliki laptop lainnya. Di antaranya adalah desainnya lebih simpel dan pilihan warnanya juga lebih menarik. Dengan desain yang simpel dan elegan, kita jadi lebih percaya diri membawanya kemana saja. Laptop tipis juga tampak lebih berkelas dan terlihat mahal sehingga bikin kita makin semangat memakainya.

Kelebihan lain dari laptop tipis adalah ringan dibawa. Laptop sendiri sudah bersifat portabel sehingga bikin kita tidak kerepotan membawanya kemana saja. Ditambah dengan bobot yang ringan dan tipis, ini jelas bikin kita jadi mudah membawanya tanpa keberatan. Selain itu, laptop tipis juga tak banyak makan tempat di dalam tas.

Tips Memilih Laptop Tipis Terbaik

Kapasitas RAM, Konektivitas, dan Prosesor

Saat hendak membeli laptop tipis, cek kapasitas RAM. Kapasitasnya bisa mempengaruhi kinerja laptop. Makin besar kapasitasnya maka makin lancar untuk digunakan membuka berbagai aplikasi yang berat. Pilih RAM dengan ukuran minimal 4 GB supaya bisa melakukan berbagai aktivitas yang berat. Jika kamu ingin memakainya untuk gaming dan aplikasi berat lainnya, maka kami sarankan memilih RAM minimal 8 GB.

Selain RAM, kamu juga butuh mengecek prosesor yang digunakan. Kamu bisa memilih prosesor AMD ataupun Intel. Untuk Intel ada beberapa tipe mulai dari Core i3 hingga Core i7. Makin tinggi spesifikasi prosesornya, maka makin lancar kinerja laptop yang kamu miliki.

Hal lain yang tidak boleh disepelekan saat memilih laptop tipis adalah konektivitas. Pastikan laptop kamu sudah dibekali koneksi WiFi dan juga tiga buah port USB atau lebih. Penting juga untuk mengecek bahwa laptop sudah dibekali port LAN, HDMI/VGA. Dengan kelengkapan konektivitas ini maka laptop bisa bekerja maksimal dan kamu juga bisa lebih mudah jika ingin mengoneksikan internet, memindahkan data, menerima data, dan lain sebagainya.

Desain dan Kenyamanan Keyboard

Kamu juga harus mempertimbangkan desain layar dan keyboard laptop. Jika dulu laptop hanya memiliki desain layar dan keyboard yang menyatu, kini ada desain layar dan keyboard yang bisa dilipat, dilepas pasang, hingga diputar 360 derajat. Desain futuristik seperti itu tentu bikin laptop tipismu makin keren, ya. Kamu bisa pilih desain sesuai keinginan dan kebutuhan kamu.

Kamu juga harus mengecek kenyamanan keyboard-nya. Apalagi jika nantinya kamu akan banyak memakainya untuk mengetik. Perhatikan jarak antar tombol, permukaan tombol, hingga responsivitas keyboard supaya kamu lebih nyaman memakainya dalam waktu lama dan tidak mudah lelah.

Daya Tahan Baterai

Laptop tipis hadir dengan beragam daya tahan baterai di pasaran. Umumnya, laptop tipis menawarkan daya tahan hingga 4 jam lamanya. Nah, pilihlah laptop tipis dengan minimal daya tahan baterai 4 jam. Jika kamu bisa menemukan yang memiliki daya tahan di atas 5 jam, maka akan lebih bagus lagi. Utamanya untuk kamu yang gemar bekerja di luar rumah. Dengan baterai yang tahan lama, kamu jadi tidak repot dan tidak bingung mencari colokan karena baterainya awet.

Garansi dan Servis

Jangan lewatkan untuk mengecek garansi yang ditawarkan. Pastikan kamu memilih laptop tipis yang bergaransi. Makin lama masa garansi yang ditawarkan maka akan semakin menguntungkan. Ada yang memberi garansi hanya 1 tahun namun ada juga yang berani memberikan garansi 2 hingga 3 tahun. Cek kelengkapan garansi juga, ya. Ada garansi yang hanya mengganti kerusakan laptop, mengganti suku cadang, atau mengganti laptop dengan yang baru jika kerusakannya parah.

Utamakan membeli produk laptop tipis yang mereknya sudah ternama. Ini karena merek laptop ternama tentu menjamin kemudahan servis. Merek yang sudah ternama memiliki banyak cabang service center sehingga kamu tidak perlu repot jika ada kerusakan pada laptop kamu. Tidak perlu jauh-jauh mengirim laptop ke service center karena biasanya merek ternama memiliki service center di setiap kota.

Ini Dia Rekomendasi Laptop Tipis Terbaik

ASUS VivoBook Flip 14 TM420

ASUS VivoBook Flip 14 TM420 hadir dengan desain yang elegan. Produk ini memiliki finishing Bespoke black tipis dengan tombol enter yang bagian tepian teksnya memiliki highlight warna kuning. Produk ini memiliki engsel 360 derajat sehingga bisa menahan layar dengan kuat dan sangat fleksibel untuk aneka kegiatan. Kamu bisa memakainya untuk laptop dalam fungsi biasa atau bisa juga memakainya seperti tablet.

Laptop ini begitu menawan dengan ketebalan hanya 18,2 mm dan berat hanya 1,5 kg. Kamu jadi mudah membawanya ke mana saja tanpa ribet dan keberatan.

Layarnya berukuran 14 inci LED backlit full HD IPS yang memanjakan mata. Laptop ini dibekali juga dengan ASUS Harman kardon audio system sehingga bisa memanjakan saat mendengarkan musik atau menonton film. Untuk koneksi juga lengkap, ada port USB, HDMI, konektivitas WIFi, dan juga 3,55 mm audio jack.

Laptop yang mendukung fast charging ini memakai prosesor AMD Ryzen3 5300U sebagai dapur pacu. Dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB, maka kinerja laptop semakin mumpuni.

Harga Rp. 10.050.000-11.500.000

ASUS VivoBook Flip 14 TP401

ASUS VivoBook Flip 14 TP401 memiliki ketebalan hanya 15,4 mm saja. Bobotnya pun hanya 1,5 kg sehingga sangat ringan untuk dibawa kemana kita butuhkan. Laptop ini modelnya cukup stylish. Dengan bahan alumunium, kesannya begitu elegan.

Ada fitur layar sentuh sehingga membuat kita lbih mudah mengoperasikannya. Layarnya berukuran 14 inci HD dengan LED backlit. Prosesornya memakai Intel Celeron dengan RAM 4 GB dan ROM 256 GB. Produk ini memakai sistem operasi Windows 10.

Harga Rp. 6.499.000-8.000.000

Acer Swift 3X i5 1135G7

Acer Swift 3X i5 1135G7 juga sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Layarnya IPS full HD dengan ukuran 14 inci. Untuk dapur pacunya, ada Intel Core i5 dengan RAM 8 GB dan storage seluas 512 GB SSD. Laptop ini dibekali grafis Intel Xe Max Graphics sehingga mampu menjalankan aplikasi dan game dengan grafis tinggi.

Konektivitas laptop juga sangat lengkap. Ada WiFi dan Bluetooth, selain itu juga ada port USB dan HDMI. Kamu bebas mengerjakan tugas, mendengarkan musik, dan lain sebagainya dengan laptop ini. Ada sistem pendinginan yang baik sehingga laptop tetap bisa melakukan performa terbaiknya saat kamu gunakan untuk melakukan aneka tugas berat.

Kelebihan laptop ini adalah bobotnya hanya 1,3 kg saja sehingga terbilang sangat ringan. Laptop ini juga memiliki fitur sensor sidik jari sehingga keamanannya bagus. Keyboard-nya dilengkapi lampu latar sehingga terkesan lebih stylish. Baterainya diklaim bisa tahan 16 jam dengan fitur pengisian cepat untuk baterainya.

Harga Rp. 12.299.000-15.999.000

Lenovo IdeaPad 3

Lenovo IdeaPad 3 merupakan laptop dengan berat 1,7 kg. Produk ini memiliki ketebalan hanya 19,9 cm saja sehingga desainnya terkesan ramping dan mewah. Laptop tetap kokoh meski kesannya sangat tipis. Kamu bebas memakainya untuk belajar dan bekerja. Bagian engselnya bisa diputar 180 derajat sehingga nyaman untuk presentasi dan lain sebagainya.

Laptop dengan layar HD 14 inci ini sudah touchscreen sehingga memudahkan pengoperasiannya. Dapur pacunya didukung dengan Intel Core i3 dengan grafis Intel UHD. Ada RAM 8 GB dan storage SSD 256 GB. Baterai laptop ini tahan hingga 7 jam lamanya.

Harga Rp. 4.119.848-8.163.000

Chuwi LapBook SE Gemini

Chuwi LapBook SE Gemini hadir dengan layar 13,3 inci. Ukuran keseluruhannya adalah 317 x 215 x 15.9 mm. Desainnya cukup elegan dan terkesan sangat mewah. Bobot laptop ini hanya 1,4 kg sehingga begitu ringan dibawa kemana saja.

Meski harganya terjangkau, namun jeroannya cukup mumpuni. Dengan prosesor Gemini Lake N4100, dapur pacunya juga dibantu RAM 4 GB dan memori penyimpanan 64 GB. Konektivitas laptop juga lengkap yakni ada WiFi, Bluetooth, HDMI, USB, dan audio jack. Baterai laptop bisa tahan hingga 8 jam.

Harga Rp. 5.000.000-5.999.000

HP PAVILION X360 14-DH0035TX

HP PAVILION X360 14-DH0035TX merupakan laptop dengan prosesor Intel Core i3. Produk ini didukung dengan NVIDIA GeForce MX130 untuk mengelola grafisnya. Laptop ini hadir dengan layar FHD IPS 14 inci yang memanjakan mata. Untuk memorinya, ada RAM 4 GB dan penyimpanan 1 TB.

Konektivitasnya sangat lengkap. Ada WiFi, Bluetooth, port HDMI, port USB, dan audio jack. Fitur lainnya adalah dual speaker, HP audio boost, dan B&O PLAY.

Laptop ini memiliki dimensi keseluruhan 33,48 x 22,69 x 1,99 cm. Beratnya sendiri hanya 1,5 kg sehingga terbilang ringan dan nyaman dibawa kemana saja.

Harga Rp. 8.000.000-11.000.000

Asus Zenbook UM431DA-AM501T

Asus Zenbook UM431DA-AM501T merupakan laptop dengan berat hanya 1,3 kg sehingga bisa dibilang sangat ramping dan ringan. Produk yang satu ini desainnya modern dan elegan sehingga bikin kita jadi percaya diri saat memakainya. Tak hanya tampilan dan bobotnya saja yang bikin terpesona, namun jeroannya pun tak kalah menarik.

Laptop ini memiliki prosesor AMD Ryzen R5-3500U yang dipadukan 8 GB DDR4. Selain itu, ada fitur sensor sidik jari dan speaker Harman Kardon yang bikin laptop makin menggoda untuk dimiliki. Produk ini dibekali penyimpanan SSD 512 GB. Untuk konektivitasnya ada WiFi, Bluetooth, USB, audio jack, dan HDMI.

Harga Rp. 7.000.000-13.500.000

Dell Inspiron 5402 i5 1135G7

Dell Inspiron 5402 i5 1135G7 memiliki layar FHD 14 inci dengan fitur anti glare LED backlight. Laptop keren ini desainnya juga tak kalah oke. Bodinya terbuat dari alumunium dengan touchpad lebih besar. Dengan dimensi keseluruhan 17,90 x 321,3 x 216,15 mm, bobotnya hanya 1,4 kg sehingga membuatnya mudah dibawa kemana saja.

Prosesornya adalah Intel Core i5 dengan Intel Iris Xe Graphics sehingga memudahkan kita untuk melakukan aktivitas apa saja. RAM-nya sebesar 8 GB dengan penyimpanan 512 GB. Untuk konektivitasnya mulai dari port USB, HDMI, WiFi, dan juga audio jack. Laptop ini dibekali baterai yang mendukung pengisian cepat.

Harga Rp. 12.470.000-13.749.000

Lenovo ThinkBook 14-IIL

Lenovo ThinkBook 14-IIL hadir dengan dimensi 326 x 230 x 17,9 mm. Bobotnya pun hanya 1,5 kg sehingga terbilang ringan dan tipis sekali. Desainnya elegan dengan visual berkualitas karena menampilkan layar IPS Full HD. Pastinya kamu lebih percaya diri saat memakai laptop yang satu ini.

Fitur lain yang dihadirkan juga sangat menawan. Ada dua speaker Dolby Audio yang bisa menghasilkan suara menggelegar. Laptop ini juga dibekali USB 3.1 yang mampu membantu mengisi daya perangkat kamu lainnya.

Laptop dengan layar 14 inci ini memakai layar FHD IPS anti glare. Prosesornya adalah Intel Core i3 dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 1 TB. Konektivitasnya juga cukup lengkap mulai dari WiFi, Bluetooth, port USB, port HDMI, dan combo jack.

Harga Rp. 7.704.000-13.800.000

Dell Inspiron 5593 i5-1035G1

Dell Inspiron 5593 i5-1035G1 merupakan rekomendasi terakhir kami. Laptop yang satu ini dibekali Intel Core i5 sehingga bisa memberikan performa menakjubkan untuk membantu mengerjakan berbagai tugas. Layarnya berukuran 15 inci Full HD anti silau sehingga sangat memanjakan mata.

Fitur lain yang disematkan adalah speaker yang disetel dengan Waves MaxxAudio Pro. Keyboard-nyajuga dilengkapi lampu latar untuk membantu mengetik saat kurang cahaya. Bobot produk ini ringan hanya 1,8 kg sehingga memudahkan kamu membawanya.

Ada RAM 8 GB dan storage SSD 512 GB. Untuk konektivitasnya ada WiFi, port USB, port HDMI, dan lain sebagaiya. Baterainya mendukung fast charging sehingga sangat efisien.

Harga Rp. 10.499.000-11.700.000
From our editorial team

Cek Review Produk

Kita tentu ingin mendapatkan produk yang berkualitas. Maka dari itu, jangan terburu-buru memilih laptop. Kamu bisa juga mengecek review suatu laptop di internet. Selain mengecek review tertulis, kamu boleh juga mengecek review berupa video di platform seperti YouTube. Ada banyak YouTuber yang melakukan review terhadap produk-produk laptop. Dengan melihat review, kamu tentu jadi lebih yakin untuk membuat keputusan. Kamu juga jadi lebih tahu kelebihan dan kekurangan laptop yang di-review tersebut.