Butuh Perangkat Penyimpanan Terbaik untuk Komputer Anda? 10 Rekomendasi Hard Disk Terbaik Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat (2021)

Butuh Perangkat Penyimpanan Terbaik untuk Komputer Anda? 10 Rekomendasi Hard Disk Terbaik Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat (2021)

Hard disk adalah nyawa dari perangkat komputer atau notebook dan agar bisa bekerja dengan optimal, tentunya Anda harus menggunakan hard disk berkualitas terbaik. Ketahui lebih banyak tentang fungsi perangkat ini dan rekomendasi hard disk terbaik yang bisa jadi pilihan.

Perangkat Komputer atau Notebook Kini Sudah Jadi Salah Satu Kebutuhan Penting

Sumber gambar dissolve.com

Di zaman modern seperti sekarang, penggunaan gawai termasuk laptop atau notebook telah menjadi hal yang penting dan tak terpisahkan. Laptop atau notebook tersebut bisa membantu berbagai kegiatan mulai dari belajar hingga bekerja. Laptop dengan fitur yang mumpuni memang dibanderol dengan harga yang tidak murah, apalagi jika dikeluarkan oleh brand ternama. Walaupun mahal, laptop tetap diminati dibandingkan dengan komputer PC karena mudah digunakan dan bisa dibawa ke mana saja.

Hardware Penting yang Harus Ada Dalam Perangkat Komputer

Prossesor

Sumber gambar warungkomputer.com

Sebelum membeli laptop, Anda tentu harus mempertimbangkan beberapa hal salah satunya adalah prosesor. Bisa dibilang bahwa prosesor adalah otak yang menjalankan semua program komputer dengan bekerjasama dengan perangkat lainnya. Prosesor memiliki satuan kecepatan yakni mega heartz (Mhz) atau giga heartz (GHz). Semakin tinggi kecepatan prosesor maka semakin cepat pula kinerjanya.

Selain itu, laptop atau komputer bisa bekerja lebih baik dengan kapasitas prosesor yang lebih besar dan didukung oleh memori atau RAM yang besar pula. Prosesor mengubah informasi yang masuk ke CPU dan menggunakan unit logika aritmetika atau ALU untuk melakukan logika atau operasi matematika di dalamnya. Pastikan Anda memilih laptop dengan prosesor yang mempunyai jika Anda sering melakukan pekerjaan yang cukup berat.

Motherboard

Sumber gambar tekno.kompas.com

Komponen penting lainnya yang mesti diperhatikan sebelum membeli komputer adalah motherboard atau mainboard. Motherboard menyediakan konektivitas elektrik komputer sehingga juga bertindak sebagai tulang belakang pada perangkat komputer.

Pada motherboard inilah berbagai macam komponen komputer terpasang seperti slot RAM, CPU, slot PCI, atau port USB. Dengan kata lain motherboard inilah yang membuat semua komponen komputer dapat bekerja sama termasuk mengontrol perangkat hard drive, keyboard, dan mouse. Bentuknya yang menyerupai papan sirkuit membuatnya menjadi bagian yang penting dan tidak terlepaskan dari sebuah CPU.

RAM

Sumber gambar www.indiamart.com

RAM atau Random Access Memory bisa dibilang sebagai bagian CPU di mana memori disimpan secara sementara dan dapat ditampilkan dengan cepat. Dengan begitu semakin besar RAM pada sebuah komputer, maka semakin cepat pula kinerjanya. Ada banyak jenis RAM yang saat ini ini digunakan diantaranya DRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, dan lainnya. Semua jenis RAM tersebut memiliki fungsi yang sama hanya kapasitas dan kecepatan aksesnya saja yang berbeda.

VGA Card

Sumber gambar www.google.com

Komponen VGA atau video graphic accelerator juga menjadi bagian penting dalam sebuah CPU. Bagian ini berfungsi untuk mengolah data grafis agar dapat ditampilkan pada layar monitor. VGA merupakan sebuah standar tampilan pada komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh perusahaan IBM pada tahun 1987. VGA berbentuk seperti kartu grafis dan terpasang pada CPU sebuah komputer.

Hard Disk

Sumber gambar www.techradar.com

Hard disk juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dan paling penting dari sebuah komputer. Ada banyak jenis kapasitas hard disk yang saat ini beredar di pasaran mulai dari yang berkapasitas kecil hingga yang berkapasitas besar. Hard disk sendiri memiliki peranan yang penting dalam komputer. Dengan besarnya kapasitas hard disk maka kinerja akan semakin cepat dalam membaca data atau program aplikasi saat komputer dijalankan.

Fungsi Hard Disk yang Bisa Anda Ketahui

Penyimpanan Data

Sumber gambar visualstudiomagazine.com

Hard disk memiliki beberapa fungsi dan fungsi utamanya adalah untuk menyimpan data. Komponen ini menjadi salah satu media penyimpanan permanen dalam komputer yang sangat penting dan harus dimiliki sebuah perangkat laptop atau komputer. Pengguna bisa menyimpan data atau file dengan beragam format di dalam hard disk. Bisa dibilang hard disk merupakan nyawa dari sebuah perangkat komputer dan tanpa adanya hard disk tentang pengguna tidak dapat menyimpan hasil kerja atau file yang dimiliki.

Media Backup Data

Sumber gambar www.majalahict.com

Selain menjadi tempat penyimpanan utama, hard disk juga berfungsi sebagai komponen backup data atau cadangan data. Cadangan data ini penting untuk mengamankan file atau data tersebut dari berbagai hal seperti hilangnya data maupun diserang virus. Dengan menggunakan hard disk, maka Anda dapat menduplikasi dokumen dan data yang Anda miliki untuk digunakan sewaktu-waktu. Hal ini juga tentu dilakukan untuk mencegah hilangnya file penting yang dikerjakan melalui komputer.

Menyimpan Software Penting

Sumber gambar www.accuratecenter.com

Tidak hanya menyimpan data, hard disk juga berperan untuk menyimpan data dari software atau perangkat lunak. Agar dapat di-install pada komputer atau laptop maka aplikasi membutuhkan ruangan memori sehingga hard disk memiliki peranan yang penting. Tentunya semakin besar kapasitas hard disk, maka semakin cepat pula kinerjanya dalam membuka dan menjalankan software atau perangkat lunak.

Rekomendasi Hard Disk untuk Anda yang Membutuhkan Tempat Penyimpanan Data dengan Kualitas Terbaik

WD Caviar Blue 1TB Hardisk Internal 3.5 Inch

Jika Anda membutuhkan harddisk sebagai tempat penyimpanan untuk laptop, pilihlah harddisk internal WD Caviar Blue 1 TB PC - HDD WDC Blue 1tb. Hard disk ini memiliki interface SATA 6 GB/s, Form Factor 3,5 inci, RPM Class 7200 dan kapasitas 1 terabyte, serta cache 64 megabyte. Hard disk ini dibuat dengan standar yang tinggi dan memiliki fitur-fitur dan kapasitas entry level yang ideal untuk kebutuhan komputasi. Soal kualitas, produk ini dirancang oleh merek yang bisa Anda percayai sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Harga Rp. 481.000-786.000

Seagate Barracuda 2TB 3.5 Inch

Seagate Barracuda 1 TB/2TB/4TB adalah pilihan hard disk internal lainnya yang bisa Anda jadikan solusi untuk menyimpan data. Seagate dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi perangkat komputer sejak 20 tahun lalu sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan ukuran 3,5 inci, hard disk internal ini memiliki kecepatan 7200 rpm, 256 MB cache, dan SATA 6 GB/s.

Hard disk internal ini dapat dipasangkan dengan memori internal yang merupakan kelas memori Intel Optane. Dengan kapasitas yang besar, hard disk internal ini memiliki kecepatan 2 kali dibandingkan hard disk standar untuk membuat aplikasi serta melakukan proses booting. Anda tak perlu ragu lagi untuk memilih hard disk yang satu ini sebagai pendukung performa komputer Anda.

Harga Rp. 889.000-1.912.000

Toshiba L200 HDD Internal Laptop Slim 1TB SATA 5400RPM [FS]

Brand populer asal Jepang yakni Toshiba juga memiliki pilihan hard disk internal yang bisa Anda gunakan. Toshiba L200 HDD adalah hard disk internal laptop dengan ukuran yang slim dan memiliki kapasitas 1 terabyte. Hard disk internal ini juga memiliki form factor 2,5 inci, interface SATA 3Gb/s, serta data transfer rate hingga 300 mbps. Dengan tebal 9 mm, hard disk ini punya kecepatan putar hingga 5400rpm dan buffer size 128. Cocok untuk Anda yang membutuhkan hard disk internal dengan kapasitas yang besar dan cepat.

Harga Rp. 585.000-847.000

WDC 1TB SATA3 64MB Caviar Blue WD10EZEX

Jika Anda ingin memiliki hard disk internal dengan kualitas yang yang bagus, Anda juga bisa memilih WDC 1 TB SATA3 64 MB. Hard disk internal ini memiliki kapasitas 1 terabyte dan kecepatan putar hingga 7200rpm. Dengan form factor 3,5 inci, hard disk ini memiliki interest SATA 6.0 GB/s. Hard disk keluaran WD ini memang dirancang dengan teknologi yang modern sehingga dapat memberikan peningkatan kinerja pada perangkat PC atau laptop.

Harga Rp. 605.000-935.000

Seagate SkyHawk Harddisk Surveillance 2TB SATA

Kalau Anda membutuhkan hard disk dengan kapasitas yang lebih besar, Anda bisa menggunakan hard disk internal Seagate SkyHawk Harddisk Surveillance CCTV yang memiliki kapasitas hingga 2 terabyte. Dengan form factor 3,5 inci, hard disk ini memiliki interface SATA 6 Gb/s. Soal kecepatan, hard disk ini dapat mencapai kecepatan putar hingga 7200rpm serta transfer data rate hingga 180mb/s. Dapat digunakan untuk mendukung kinerja kamera CCTV yang terhubung dengan hingga 64 kamera. Seagate SkyHawk ini juga sangat sesuai untuk menjalankan aplikasi DVR dan NVS untuk pengawasan UKM.

Harga Rp. 745.000-1.449.000

WD Purple 2TB 3.5" Harddisk Internal

Hard disk WD Purple PC 2TB 3.5" HDD/HD/Harddisk Internal CCTV juga bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan hard disk berkualitas baik. Hard disk ini memiliki kapasitas 2 TB dengan form factor 3,5 inci. Dengan kecepatan 5400 RPM dan cache 64 MB, WD Purple dirancang secara spesifik untuk keperluan pengawasan sehingga dapat bertahan pada fluktuasi panas ekstrem dan getaran perlengkapan dalam lingkungan NVR. Cocok digunakan untuk kamera CCTV sehingga sistem pengawasan dapat berjalan dengan baik.

Harga Rp. 595.000-825.000

Seagate Ironwolf 10TB NAS HDD

Seagate Ironwolf 10 TB for NAS ST1000VN0004 juga menjadi hard disk internal yang dapat menjadi solusi pembangkit tenaga listrik perangkat dengan sistem NAS. Seagate Ironwolf ini juga memberikan waktu simpan yang lebih cepat dengan kapasitas yang lebih banyak dibandingkan dengan hard disk lain. Kinerja komputer atau laptop dapat meningkat dengan menggunakan hard disk yang satu ini terutama jika Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak dan perangkat yang lebih cepat. Produk ini juga dilengkapi dengan sensor RPM pada hard disk berkapasitas tinggi untuk menjaga kinerja dalam casing Nas multiruang.

Harga Rp. 4.515.000-5.150.000

Seagate Enterprise Server HDD 4TB Seagate Exos

Seagate Exos Enterprise SAS 4TB juga bisa jadi pilihan jika Anda mencari hard disk yang tepat. Hard disk keluaran Seagate ini memiliki form factor 3,5 inci dan kecepatan hingga 7200rpm. Dengan interface SAS 12GB per detik, perangkat ini dapat digunakan oleh PC maupun laptop. Sudah teruji oleh berbagai sistem sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih hard disk yang satu ini.

Harga Rp. 3.440.000-4.811.000

Toshiba N300 4TB NAS HDD 3.5 inch SATA MN04ACA400

Hard disk Toshiba N300 menawarkan keandalan yang sebelumnya tidak ada untuk NAS sistem penyimpanan dengan performa tinggi lainnya. Hard disk ini dibekali dengan kapasitas 4 terabyte dan kecepatan 7200rpm. Dilengkapi juga dengan fitur N300 High Reliability Hard Drive yang dapat meminimalkan efek getaran. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan kinerja yang yang maksimal serta cocok digunakan untuk pribadi maupun usaha dan perkantoran.

Harga Rp. 1.565.000-3.070.000

Seagate Barracuda Pro Hard Disk Internal Pc 12Tb Sata

Seagate memang sudah dikenal sebagai salah satu merek aksesori komputer ternama. Hard disk keluaran Seagate yakni Seagate 12TB Barracuda Pro Hard Disk Internal PC SATA bisa jadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan hard disk dengan kapasitas besar. Hard disk dengan form factor 3,5 inci ini memiliki interface Sata 6 Gigabyte dengan kecepatan putar 7200rpm dan data transfer hingga 220 MB per detik.

Hard disk ini bisa digunakan untuk PC desktop dan perangkat lainnya yang yang memiliki sistem profesional kreatif. Selain memiliki kapasitas dan kecepatan yang mumpuni, produk ini dilengkapi dengan sistem pemulihan data Seagate Rescue yang dapat melindungi komputer selama dua tahun dari berbagai kerusakan mekanis yang disebabkan oleh ketidaksengajaan ataupun karena bencana alam.

Harga Rp. 8.141.300-8.199.900
From our editorial team

Pilih Hard Disk Terbaik untuk Perangkat Komputer Anda

Hard disk adalah komponen penting dalam sebuah komputer dan sebelum membelinya Anda harus mengetahui spesifikasi hard disk tersebut terlebih dahulu. Pastikan juga Anda membeli hard disk yang orisinal agar bisa bekerja dengan optimal dan awet.

Tag