Simpan Data Pentingmu pada 10 Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik Berikut (2021)

Simpan Data Pentingmu pada 10 Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik Berikut (2021)

Semakin hari, data yang kita simpan di laptop atau komputer tentu semakin banyak. Tanpa sadar, hal ini bikin laptop dan komputer jadi lemot untuk menjalankan aplikasi yang banyak dan berat. Untuk memulihkan kecepatan laptop dan komputer dalam mengolah perintah, maka ada baiknya kita memindahkan beberapa data dan file ukuran besar ke penyimpanan data lainnya, seperti hardisk eksternal. Simak tips memilih hardisk eksternal yang tepat dan juga rekomendasinya dari kami!

Hardisk Eksternal Wajib Dimiliki untuk Kamu yang Punya Banyak Data Penting

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, kita memang lebih banyak menyimpan data, dokumen, dan lain sebagainya dalam bentuk digital. Data penting yang kita miliki tentunya terus bertambah seiring berlalunya waktu. Untuk kamu yang memiliki banyak sekali data penting, tentunya kamu ingin menyimpan aneka data kamu di tempat yang aman.

Hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan aneka konten digital. Hardisk pada laptop atau komputer kita umumnya sudah memiliki kapasitas yang besar. Kendati demikian, tetap saja kita akan merasa kurang dengan kapasitas yang sudah tersedia. Jika sudah begini, maka kita bisa memenuhi kebutuhan penyimpanan akan data dengan memakai hardisk eksternal.

Kita bisa menyimpan aneka file dalam hardisk, mulai dari teks yang ukurannya kecil, foto dengan ukuran yang besar, musik yang ukurannya besar, hingga video yang ukuran filenya paling besar. Hardisk bisa menentukan ukuran file digital dalam satuan megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB).

Banyak orang mulai memakai hardisk eksternal sebagai andalan saat hardisk internalnya mulai terasa penuh sesak. Ini karena hardisk internal yang terlalu penuh akan membuat laptop atau komputer jadi lebih lemot. Jika kita memiliki hardisk eksternal, maka kita bisa memindahkan file yang besar ke hardisk eksternal sehingga hardisk internal lebih luas dan tidak akan bikin kerjaan jadi lemot.

Hardisk eksternal juga banyak digunakan untuk mereka yang memiliki koleksi video, film, musik, hingga foto yang banyak. Kamu yang hobi mengunduh video atau berbagai file berukuran besar tentu akan sangat terbantu dengan adanya hardisk eksternal. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan aneka dokumen penting seperti dokumen pelajaran, lamaran kerja, file-file lama, dan lain sebagainya dengan lebih tertata rapi dan lebih aman. Sewaktu-waktu kamu membutuhkannya, kamu bisa membukanya kembali dengan mudah.

Keuntungan lainnya dari memakai hardisk eksternal adalah ukurannya lebih kecil. Ini membuatnya mudah dibawa kemana saja. kamu bisa menempatkannya dalam kantong atau tas tanpa butuh banyak ruangan. Dalam alat kecil ini kita bisa membawa banyak file dan dokumen penting dengan lebih praktis.

Dari segi keamanan pun, hardisk eksternal lebih unggul. Beberapa hardisk eksternal dilengkapi sistem enkripsi. Ini membuat tak semua orang bisa mengutak-atik isi dari harddisk eksternal yang kita miliki sehingga terbilang lebih aman.

Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik

Pilih Ukuran Kapasitas Penyimpanan

Saat memilih hardisk eksternal, kita wajib memilih kapasitas penyimpanannya. Ini karena kapasitas penyimpanan akan menentukan seberapa banyak file yang bisa kita simpan dalam hardisk eksternal tersebut. Nah, pikirkan dulu kegunaannya, apakah untuk pekerjaan saja, hobi saja, atau untuk keduanya?

Jika kamu membutuhkan hardisk eksternal untuk pekerjaan atau untuk file yang tak terlalu banyak, maka kamu cukup memilih yang kapasitasnya 500 GB hingga 1 TB. Ini bisa menampung ratusan foto,video, hingga musik. Beda lagi jika kamu memakainya untuk urusan pekerjaan dan hobi, maka kamu butuh yang berukuran 2 TB atau lebih. Dengan kapasitas tersebut, kamu bisa menyimpan foto, musik, hingga video HD dengan lebih banyak.

Pilih Sistem Operasi yang Kompatibel

Pilih sistem operasi yang sekiranya cocok dan sesuai dengan laptop dan komputermu. Sistem operasi Apple dan Microsoft jelas berbeda. Apple memakai HFS+, sementara Windows menggunakan file sistem NTFS. Nah, hardisk eksternal biasanya juga diproduksi dalam jenis berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kedua platform tersebut.

Kebanyakan yang kita temukan di pasaran adalah hardisk eksternal dengan file sistem NTFS, sementara HFS+ agak sedikit susah ditemukan. Jika sistem operasi tidak sesuai, bukan tidak mungkin, hardisk tak akan terbaca pada laptop atau komputer tersebut.

Pilih Sambungan dan Kecepatan Transfer

Cek sambungan atau konektivitas hardisk eksternal yang akan kamu beli. Kebanyakan hardisk menggunakan port USB dengan aneka varian, seperti USB type C, USB 3.0, dan USB 2.0. Pemilihan port tipe USB ini juga akan mempengaruhi kecepatan transfer suatu file. Makin bagus port USB, maka makin cepat kemampuannya mentransfer data.

Cek Fitur dan Garansi yang Tersedia

Sebelum membeli hardisk eksternal ada baiknya kamu mengecek fitur yang disertakan. Ada beberapa fitur penting yang wajib ada, seperti backup dan juga password protection. Selain itu ada juga fitur yang tak kalah penting seperti waterproof dan juga shockproof sehingga hardisk lebih aman dari guncangan dan air saat dibawa bepergian.

Jangan lupa juga memilih hardisk dengan garansi. Adanya garansi bikin kita tidak perlu was-was saat terjadi kerusakan dengan hardisk eksternal kita. Pilh hardisk dengan garansi resmi yang waktunya panjang sehingga kita bisa lebih aman saat memakai hardisk.

Gunakan 10 Rekomendasi Hardisk Eksternal Ini untuk Membantu Menyimpan Aneka Data

Seagate Backup Plus Ultra Touch

Seagate Backup Plus Ultra Touch ini bisa jadi pilihan pertama kamu. Produk yang satu ini hadir dengan perlindungan sandi berenkripsi AES-256 Seagate Secure. Hardisk eksternal ini cocok untuk USB-C dan USB 3.0. Kamu bisa memakainya pada laptop Windows atau Mac.

Kamu bisa memilih ukuran 1 TB atau 2 TB yang tersedia. Produk ini tampil dengan desain yang simpel namun cukup cantik. Ada enklosur kain tenun dalam warna hitam dan putih yang membuat tampilannya makin unik. Produk juga mudah untuk dibawa kemana saja.

Harga Rp. 790.000-2.064.000

Western Digital My Passport 4 TB

Western Digital My Passport 4 TB tentu bisa jadi rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran 2,5 inci sehingga mudah dibawa kemana saja tanpa banyak memakan ruang. Hardisk eksternal ini memiliki kapasitas 4TB sehingga kamu bebas menyimpan sebanyak apapun data yang kamu miliki.

Produk ini dikoneksikan dengan USB3.2 dan bisa mentransfer data dengan cepat. Sistem operasi yang cocok adalah Windows XP ke atas. Ada software WD Discovery pada produk yang membuat kamu bisa menghubungkan hardisk dengan cloud storage dan media sosial. Ukuran alat ini adalah 107 x 75 x 11 mm dengan berat 210 gram. Produk dengan shock resistance ini bergaransi 3 tahun.

Harga Rp. 1.665.000-2.674.000

Toshiba Canvio Premium

Toshiba Canvio Premiumni adalah rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Produk ini tergolong sebagai hardisk eksternal dengan paket lengkap. Dimulai dengan desain aluminium dan motif berlian yang membuatnya terkesan mewah, produk ini juga memiliki kemampuan yang keren. Kamu bisa mengoneksikan dengan USB Type-C sehingga cocok untuk berbagai komputer keluaran terbaru.

Hardisk yang satu ini juga bisa cocok dengan USB 2.0 di Windows dan Mac. Kamu bisa memilih kapasitas 1 TB, 2 TB, dan 3 TB dari yang tersedia. Alat yang satu ini memiliki kecepatan transfer data hardisk mencapai 5 GB/detik.

Harga Rp. 1.208.000-3.990.000

Adata External Hard Drive 4 TB

Adata External Hard Drive 4 TB adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Desain produknya mulus dan glossy sehingga kesannya begitu mewah. Hardisk eksternal terbaik ini tak hanya modern namun juga memiliki kemampuan yang luar biasa. Kamu bisa menyimpan banyak file dan dokumen dengan aman dan nyaman.

Hardisk ini bisa dikoneksikan dengan versi USB yang terdahulu. Ukuran produk ini adalah 115 x 78 x 11,5 mm dengan berat 230 gram sehingga sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Hardisk ini kompatibel dengan Windows 7 ke atas dan juga Mac. Produk ini bersifat shock resistance dan bergaransi selama 3 tahun.

Harga Rp. 1.217.000-1.952.446

Adata HD710 Pro

Adata HD710 adalah rekomendasi lain yang wajib kamu miliki. Produk ini hadir dengan bahan silikon anti guncangan yang kokoh. Hardisk kompatibel dengan USB 3.2 pada Windows dan Mac. Produk ini memiliki perlindungan dustproof dan waterproof sehingga lebih aman dibawa kemana saja.

Kamu hanya harus menutup lubang USB dengan katup yang disediakan agar produk bisa terlindung dengan sempurna saat dibawa bepergian. Ukuran produk ini adalah 133,3 x 98,5 x 21,5mm dengan berat 390 gram. Produk ini bergaransi selama 3 tahun.

Harga Rp. 1.012.000-1.610.000

WD Black P10

WD Black P10 merupakan rekomendasi yang tidak bisa terlewatkan. Kamu bisa menggunakannya untuk menampung game terkini dengan ukuran yang besar pada PlayStation 4 atau Xbox One. Hardisk ini memiliki kecepatan 140 MB/detik. Kamu bisa memilih kapasitas 2 TB, 4 TB, dan 5 TB yang tersedia.

Cara mengoperasikannya mudah. Cukup colokkan hardisk pada konsol dan mainkan. Produk ini memiliki ukuran 4,6 x 3,4 x 0,8 inci. Desainnya simpel dengan warna hitam membuatnya tampak elegan.

Harga Rp. 1.285.000-2.049.000

WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra tentu bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini dilengkapi dengan software backup WD. Ini membuat kamu bisa membuat cadangan musik, foto, dokumen, dan video secara otomatis. Produk dengan ukuran 2,5 inci ini mudah dibawa kemana saja. Desainnya simpel dan kokoh sehingga membuatnya menarik.

Hardisk ini memiliki proteksi password dengan enkripsi hardware. Kamu bisa mengoneksikan dengan ports USB 3 dan USB 2. Ada 5 pilihan warna pada hardisk dengan garansi 3 tahun ini. Produk ini kompatibel dengan Windows dan Mac. Kamu bisa juga mengoneksikan dengan USB type C. Ada tiga kapasitas yang tersedia, yaitu 1 TB, 2 TB, dan 4 TB yang bisa dipilih.

Harga Rp. 800.000-2.199.000

Seagate Expansion Portable Drive 2 TB

Seagate Expansion Portable Drive 2 TB adalah rekomendasi kami berikutnya untuk kamu. Alat yang satu ini memudahkan kamu memindah data dengan cara plug and play. Produk ini berkualitas premium dengan desain yang elegan dan kokoh. Hadir dalam ukuran 120 x 90 x 20 mm dengan berat 200 gram sehingga mudah dibawa kemana saja. Alat ini bisa dikoneksikan dengan USB 3.0 dan cocok untuk berbagai sistem operasi. Kamu bisa memilih kapasitas lain seperti 1, 3, 4, atau 5 TB.

Harga Rp. 720.000-1.495.000

Transcend StoreJet 2 TB

Transcend StoreJet 2 TB adalah rekomendasi produk lain untuk kamu. Produk ini hadir dengan performa super cepat. Hardisk eksternal ini bisa melindungi berbagai data dan file yang ada di dalamnya. Ada pilihan kapasitas 1 TB dan 2 TB yang tersedia. Produk ini memakai port USB 3 untuk mentransfer data sehingga lebih cepat.

Hardisk eksternal ini memiliki sistem proteksi 3 lapis kelas militer USA dengan tombol one touch auto backup. Ada juga teknologi enkripsi data AES 256-bit yang disematkan pada produk ini. Hardisk juga hadir dengan tombol quick reconnect sehingga bisa terhubung ulang ke PC dengan cepat. Ada juga fitur power saving sleep mode untuk menghemat daya saat tidak digunakan. Ukuran alat ini adalah 129,5 x 80,8 x 16,1 mm dengan berat 185 gram.

Harga Rp. 1.080.000-1.115.000

Toshiba Canvio Advance 2 TB

Toshiba Canvio Advance 2 TB menjadi rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini membuat kamu jadi lebih mudah mem-backup data dengan automatic backup solution. Hardisk eksternal ini juga bikin kamu tak perlu bingung untuk menyalin data dengan cepat. Ukuran alat ini adalah 109 x 78 x 14 mm dengan berat 149 gram. Produk ini memakai koneksi USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.2. Hardisk ini cocok dengan Windows dan Mac. Ada kapasitas 1 dan 4 TB yang bisa dipilih. Produk ini memiliki fitur shock resistance dan bergaransi 2 tahun.

Harga Rp. 489.000-1.050.000
From our editorial team

Pilih Ukuran Hardisk Eksternal Sesuai Kebutuhan

Hardisk eksternal banyak digunakan karena memang memiliki kelebihan berupa ukuran yang kecil. Jika kita membeli yang ukurannya tergolong besar, maka ini akan merepotkan kamu untuk membawanya atau mengaksesnya. Apalagi, makin besar ukuran hardisk, maka makin besar daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkannya. Maka dari itu, pilih ukuran kira-kira 2,5 inci. Pilih juga yang bobotnya ringan sehingga akan lebih memudahkan untuk dibawa kemana saja tanpa repot dan tak menghabiskan banyak ruang.

Tag