Sedang Menanti Kelahiran Bayi? Inilah 10 Perlengkapan Bayi Perempuan yang Paling Lucu di 2020

Sedang Menanti Kelahiran Bayi? Inilah 10 Perlengkapan Bayi Perempuan yang Paling Lucu di 2020

Sumber gambar www.pexels.com

Kelahiran anak adalah anugerah paling membahagiakan bagi para orang tua. Sebagai orang tua, tentu ingin mempersiapkan yang terbaik untuk kelahiran anaknya. Nah, coba cek nih apakah perlengkapan rekomendasi BP-Guide sudah masuk daftar belanjaanmu? Yuk, baca dulu.

Banyaknya Perlengkapan Bayi Perempuan Bikin Gemes Ya, Moms

Sumber gambar https://www.pexels.com

Siapa yang tidak mengharapkan kehadiran bayi? Apalagi, bayi sudah menjadi simbol kebahagiaan dalam budaya Indonesia. Maka dari itu, tak heran juga kalau perlengkapan bayi semakin berkembang mengikuti kebutuhan konsumen dan mengikuti gaya hidup orang tua sekarang ini.

Ditambah lagi, sebagai makhluk baru lahir yang belum bisa melakukan apapun, bayi jadi membutuhkan banyak perlengkapan untuk mendukung aktivitasnya. Untuk menarik hati bayi, perlengkapan ini sengaja dibuat dengan warna-warni yang menyenangkan dan menstimulasi perkembangan anak.

Karena itulah, perlengkapan bayi dibuat dengan model yang lucu-lucu dan unik. Ini juga membuat orang tua jadi tertarik untuk membeli barang-barang lucu itu. Terkhusus untuk bayi perempuan, bahkan perlengkapannya lebih bermacam-macam, terutama soal fashionnya. Tentunya kamu gemas melihatnya dan ingin cepat-cepat membelinya supaya bisa melihat bayi lucu memakai perlengkapan itu.

Kalau tidak hati-hati, kamu bisa memborong semua perlengkapan bayi itu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal ketika ingin membeli perlengkapan bayi.

Tips Memilih Perlengkapan Bayi Perempuan

Warna yang Feminin

Sumber gambar https://unsplash.com

Biasanya, orang tua membedakan gender bayi lewat warna-warna perlengkapan dan baju yang dipakai. Untuk bayi perempuan, pilihan populer biasanya warna pink yang memang selama ini lebih identik dengan wanita karena warnanya bersifat lembut.

Namun, bayi sendiri sebenarnya membutuhkan banyak stimulasi dari luar untuk mendukung perkembangannya. Pada awal-awal kehidupannya, rangsang awal biasanya adalah rangsang visual. Karena itu, sebaiknya kamu memilih perlengkapan dengan warna-warna yang enerjik, seperti kuning, pink, merah dan lainnya.

Motif Ala Perempuan

Sumber gambar https://unsplash.com

Ada alasannya kenapa perlengkapan serta fashion bayi dibuat dengan motif bermacam-macam dan biasanya bersifat kontras antara motif dan latarnya. Hal ini berfungsi untuk merangsang perkembangan visual bayi yang pada awalnya masih hitam dan putih. Kontras gelap-terang pada motif ini berguna agar bayi bisa melihat barang-barang dengan lebih jelas.

Untuk anak perempuan, kamu bisa memberikan motif-motif yang feminin, seperti bunga-bunga, polkadot dan lainnya. Perbedaan ini dimaksudkan untuk mengenalkan konsep jenis kelamin sejak awal kehidupan. Ini juga bisa berfungsi untuk mendorong harapan sosial terhadap peran perempuan ke depannya.

Terlebih, opini soal perempuan lebih banyak berdandan juga mempengaruhi dandanan bayi. Di mana-mana, perlengkapan perempuan lebih variatif dengan model yang juga beragam, terutama dalam hal fashion. Dari karakter hewan hingga disney princess, dari model simpel sampai yang berumbai-rumbai tersedia di pasaran.

Jangan Lupa Kualitas, Ya

Sumber gambar https://www.pexels.com

Kalau yang satu ini berlaku untuk bayi perempuan maupun bayi laki-laki. Perlengkapan bayi harus memperhatikan kualitas. Tidak hanya dengan pertimbangan bahwa bayi belum mandiri, tetapi seluruh tubuh bayi masih bersifat rentan. Artinya, perlengkapan bayi harus punya pengaman dan terhindar dari bahan-bahan kimia yang keras.

Misalkan saja, bouncer bayi. Walaupun hanya digunakan untuk duduk, bouncer harus dilengkapi dengan sabuk pengaman yang harus menahan badan bayi dengan baik. Kalau tidak, bayi bisa jatuh karena merosot atau karena terlalu banyak bergerak. Terutama bagi bayi yang sudah mulai bisa duduk sendiri.

Sekadar mainan pun sebaiknya tidak terbuat dari bahan kimia yang keras karena bayi suka memasukkan mainan ke dalam mulut mereka. Bahan kimia yang keras juga bisa mengganggu kulit bayi yang masih sensitif.

Berbagai Perlengkapan Bayi Perempuan yang Harus Dipersiapkan

Pakaian

Sumber gambar https://unsplash.com

Menjelang kelahiran, banyak sekali perlengkapan yang harus dipersiapkan. Tidak hanya untuk kebutuhan bayi, tapi juga karena kamu tidak akan bisa dengan bebas bolak-balik ke supermarket kalau sudah punya bayi yang sepenuhnya tergantung padamu. Salah satu yang wajib sudah ada begitu bayi sudah lahir adalah pakaian.

Sebelum lahir, bayi bergelung nyaman dan hangat dalam rahim. Tentunya, bayi membutuhkan proses untuk beradaptasi dengan lingkungan luar yang tidak sehangat badan ibu. Karenanya, pakaian jadi poin penting untuk memastikan bayi tetap hangat.

Pada awal-awal kehidupannya, model baju bayi biasanya tidak mementingkan perbedaan gender, sehingga kamu bisa memilih model baju bayi yang ada. Begitu bayi mulai tumbuh dan bersosialisasi dengan orang lain, barulah biasanya model bajunya beragam sesuai gendernya.

Bando

Sumber gambar https://unsplash.com

Ketika bayi baru lahir, biasanya bentuk wajah antara bayi perempuan dan laki-laki tidak banyak berbeda. Karena itulah, orang tua biasanya memanfaatkan aksesori-aksesori lain untuk membedakan jenis kelamin antara bayi laki-laki dan perempuan. Salah satu aksesori yang bisa dipakai adalah bando.

Tidak hanya untuk membedakan tampilan bayi, bando ini juga bisa membuat bayi terlihat semakin manis dan lucu menggemaskan. Supaya penampilan bayi kamu semakin manis, kamu bisa memilih bando dengan warna serasi dengan pakaian bayi yang sudah ada.

Modelnya pun bisa dipilih. Ada bando dengan aksesori renda atau dihiasi dengan pita. Ada pula bando sederhana buat kamu yang suka dengan penampilan yang simpel. Kamu juga bisa memilih warna-warna cerah yang terang untuk memberikan kesan lebih cerah pada bayi kamu.

Bouncer

Ketika berada di rahim ibu, bayi biasanya mengikuti gerakan ibu dan terayun-ayun dengan pelan berkat air ketuban yang melingkupinya. Setelah lahir, biasanya gerakan ini digantikan dengan timang-timang yang dilakukan ibu. Namun, seringkali ibu terlalu letih untuk melakukannya, sehingga bouncer ini bisa menggantikan ayunan gendongan ibu.

Biasanya ayunan dengan irama konstan akan membuat bayi tenang dan kadang bisa sampai mengantuk. Maka dari itu, bouncer diperlukan juga untuk meringankan tugas ibu untuk mengajak bayi tidur siang. Ini penting karena tidur siang telah diketahui meningkatkan perkembangan otak.

Bouncer tidak hanya dilengkapi dengan alat untuk menggetarkan badan bouncer, sering juga dilengkapi dengan musik yang bisa mengalihkan konsentrasi bayi ke musik tersebut, sehingga bayi juga bisa tenang dengan adanya musik. Kamu juga bisa menambahkan mainan-mainan yang digantung di depan bayi untuk menghiburnya.

Kasur Tidur

Sumber gambar https://unsplash.com

Para peneliti telah banyak menganjurkan bahwa bayi tidur terpisah dengan orang tua dan memiliki tempat tidur sendiri. Hal ini bisa mencegah bayi tertimpa oleh perlengkapan tidur orang tua atau bahkan resiko tertimpa orang tuanya sendiri. Bahkan, di luar negeri, orang tua memisahkan kamar tidur anak dari bayi untuk mengajarkan mereka mandiri. Tentu saja, mereka menggunakan alat pengawas seperti baby monitor.

Untuk memilih kasur bayi, pastikan kamu memperhatikan keselamatan bayi. Untuk bayi yang baru lahir, mungkin tubuhnya belum bisa bergerak aktif. Namun, hanya dalam sebulan saja, bayi sudah mulai mencoba untuk berguling sendiri, sehingga sebaiknya kamu memilih tempat tidur dengan pembatas yang aman dari awal.

Pastikan pula bahan pembungkus kasur aman dari bahan-bahan kimia yang keras yang bisa merusak kulit bayi atau yang permukaannya kasar dan membuat bayi gatal-gatal. Tambahkan juga kelambu untuk melindungi bayi dari serangga.

Yang pasti, ketika bayi tidur, pastikan tidak ada barang-barang yang ringan dan mudah tergeser, seperti selimut atau bedong yang tidak menempel ketat pada tubuh bayi. Selalu ada risiko selimut tergeser dan menutup muka bayi dan membuat jalan napasnya terganggu.

Selimut

Sumber gambar https://unsplash.com

Di iklim tropis, selimut mungkin rasanya tidak terlalu berguna, tetapi bayi membutuhkan kehangatan lebih daripada orang dewasa sehingga selimut wajib ada untuk antisipasi. Apalagi, sekarang ini semua ruangan tampaknya dilengkapi AC yang cukup dingin bagi bayi.

Memilih selimut yang akan membungkus badan bayi, tentunya kamu wajib memperhatikan jenis dan kualitas bahan selimut. Bahannya harus lembut dan nyaman buat kulit. Sekalipun untuk menghangatkan, selimut yang breathable dan adem penting agar tidak menimbulkan biang keringat pada bayi. Pastikan juga bahan selimut tidak menimbulkan reaksi alergi.

Tidak hanya untuk menghangatkan, selimut bayi ini bisa juga digunakan untuk alas buat bayi berbaring di tempat umum yang tidak jelas bersih atau tidak. Misalkan saja, saat bayi harus mengganti popok di mal, sehingga ia harus berbaring. Kamu bisa menjadikan selimut untuk melindungi bayi dari kuman-kuman yang ada di tempat pembaringan yang sudah digunakan banyak orang itu.

Lengkapi Perlengkapan Bayi Perempuan Anda dengan Rekomendasi Produk Berikut

Mothercare Pink Glitter Stripe Frill Twofer Dress

Setiap orang tua yang memiliki bayi perempuan, pasti hobi memilih-milih dress untuk bayinya. Dress memang membuat bayi semakin tampak menggemaskan. Apalagi, dengan dress yang dikeluarkan Mothercare, sebuah brand dari Britania Raya yang sudah cukup punya nama di Indonesia.

Mothercare pink glitter stripe frill twofer dress ini adalah gaun twofer untuk bayi berusia 3 bulan hingga 24 bulan. Mesh skirt yang dihiasi dengan karet glitter di bagian pinggang membuat dress ini tampak cantik dan imut. Lengannya panjang sehingga bisa menghangatkan bayi dan tetap cantik dengan aksesori ruffle di bagian bahu.

Roknya sendiri berwarna selang-seling antara putih dan pink yang semakin menonjolkan kecantikannya. Aplikasi kancingnya akan memudahkan kamu saat melekatkan atau melepaskan baju ini dari tubuh bayi kamu.

Harga Rp. 275.000-499.000

Lemons Dress Bayi Bonus Bandana Flower

Apalagi yang lebih feminin daripada motif floral? Untuk kamu yang punya bayi perempuan, kamu bisa memberikan dress bertema floral untuk mempermanis penampilan bayi kamu. Dress dari Lemons ini menggunakan motif-motif bintang sehingga jadi tampak cantik.

Dengan bahan katun velvet yang menyerap keringat, dress ini biasanya adem dan nyaman ketika dikenakan. Terutama untuk bayi yang aktif dan mudah berkeringat, dress ini tidak akan membuat kulit bayi lembab dan menimbulkan biang keringat.

Gaun untuk bayi ini didesain tanpa lengan dengan detil bentuk leher bermodel round neckline. Kancing di bagian belakang dress juga akan memudahkan kamu ketika memakaikan gaun ini pada bayi. Ada beberapa warna dan motif yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Dress ini tersedia dalam size S, yang biasanya digunakan untuk bayi usia 6-9 bulan, dan M, yang biasanya digunakan untuk bayi usia 9-12 bulan. Tentu saja, kamu harus memastikan lagi pengukurannya, karena biasanya ukuran baju bayi beda-beda, tergantung perkembangan bayi.

Harga Rp. 29.900-39.900

Yoga Sprout Girl Headbands

Setelah memilih dress yang cantik-cantik untuk bayi perempuan kamu, saatnya mengaplikasikan aksesori yang bisa mempermanis penampilan bayi. Yoga Sprout Girl Headbands ini akan menyempurkan penampilan bayi perempuan dengan aplikasi pita di bagian depan bandana ini.

Bando ini terbuat dari 100% bahan katun yang lembut, didesain khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Terdapat dua warna polos, yaitu ungu muda dan ungu tua dan satu bandana bermotif zig-zag antara ungu muda dan ungu tua yang manis dan ceria. Bandana ini bisa digunakan untuk bayi dari usia newborn hingga 12 bulan.

Harga Rp. 99.000-158.500

Michiko Emboss Fleur Headband

Bandana cocok sekali untuk menghiasi kepala bayi yang rata-rata masih polos atau berambut sedikit. Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih ukuran agar tidak terlalu kencang ketika dipakai bayi. Hal ini bisa menghambat peredaran darah dan membuat bayi tidak nyaman. Bandana dari Michiko ini menggunakan renda karet yang melar sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran kepala bayi.

Michiko Emboss Fleur Headband ini sebagaimana namanya dihiasi dengan bunga yang cantik di bagian depannya. Dengan desain bunga sederhana yang memberikan kesan elegan, bandana ini akan menambah kesan feminin pada bayi.

Bandana ini terdiri dari warna cokelat, pink muda, pink tua, beige dan oranye yang lembut, sehingga hiasan ini terlihat sangat feminin. Ditambah dengan sentuhan aplikasi manik di tengah bunga yang membuatnya terkesan mewah. Bandana ini bisa dipakaikan pada bayi dari usia 3 bulan hingga 2 tahun.

Harga Rp. 24.500-35.000

Bouncer Bayi Cocolatte Futton

Cocolatte termasuk merek yang sudah banyak digemari di kalangan ibu-ibu karena kualitasnya yang cukup bagus. Bouncer dari Cocolatte ini juga bisa dilihat kualitasnya hanya dari desainnya yang simpel dan elegan. Bouncer ini juga mudah untuk dibawa kemanapun karena bisa dilipat dengan mudah.

Fitur-fiturnya juga didesain untuk keamanan dan kenyamanan bayi. Pengamannya sendiri terdiri dari 5 titik yang benar-benar membalut badan bayi sepenuhnya, sehingga sangat aman. Posisi reclinenya bisa diatur antara posisi duduk dan berbaring. Tidak hanya untuk bermain, kamu juga bisa menaruh bayi kamu di bouncer ini untuk menidurkannya.

Bouncer ini cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir hingga bayi berbobot sekitar 15 kg. Terdapat pula bar untuk menggantung mainan yang bisa dipasang dan dilepas serta kotak musik, jadi anak tidak bosan.

Harga Rp. 485.000-550.000

Jessen Bouncer Sugar Baby Deluxe Musical Vibration 1 Recline

Gerak monoton biasanya ampuh untuk menenangkan bayi, tetapi kadang kamu terlalu capek untuk menggendongnya. Sebagai gantinya, bouncer akan membantu kamu untuk membuat bayi tenang, bahkan bisa menidurkan bayi dengan getarannya yang menenangkan. Bouncer dari Jessen ini bahkan dilengkapi oleh musik yang akan menyenangkan anak.

Terdapat 12 pilihan lagu yang bisa memberikan stimulasi yang menyenangkan untuk bayi. Musik juga bisa membuat bayi terhibur sehingga membantu agar bayi tenang. Selain itu, bouncer ini juga memiliki aksesori mainan berupa boneka-boneka lucu yang bisa digantung di depan bayi.

Kainnya dijamin lembut, sehingga membuat bayi kamu nyaman berbaring di atasnya. Ada 3 titik pengaman yang memastikan bayi kamu tidak akan jatuh dari bouncer. Bagian kakinya pun didesain agar bayi tidak mudah tergelincir. Seandainya kamu ingin menginap beberapa hari di tempat lain, kamu juga bisa membawa bouncer ini karena bobotnya yang ringan dan modelnya yang ringkas.

Bouncer ini terdiri dari pilihan warna pink, hijau dan biru, sehingga bisa kamu pilih sesuai selera. Menggunakan hanya satu recline, yaitu posisi duduk dan bahannya pun sudah BPA free.

Harga Rp. 239.900-407.200

CBNK 029 Kasur Bayi Karakter Lipat BerKelambu Lepas Unik Motif Polka Navy Archery

Kasur bayi berwarna navy ini mempunyai desain yang memberi kesan elegan yang manis. Dilengkapi dengan pembatas di sekeliling kasur serta kelambu yang akan mencegah nyamuk menggigit anakmu. Kelambu ini juga bisa mencegah serangga lain untuk masuk mengganggu bayi.

Bagian dalam kasur bayi dari CBNK ini menggunakan dakron grade A yang empuk dan nyaman sebagai alas tidur. Bahan dakron ini tidak mudah kempes dan lebih mudah untuk dicuci. Modelnya yang ringkas bisa dengan mudah untuk dipindahkan sesuai keperluan kamu.

Kalau kamu membeli kasur bayi ini, kamu akan mendapatkan satu bantal berbentuk mahkota yang khusus untuk bayi dan satu tas bayi yang cantik. Tas ini berukuran 85 x 55 cm yang bisa digunakan buat bayi dari newborn hingga berusia 1 tahun.

Harga Rp. 189.900-250.000

Baby Joy Kasur Bayi Lipat Sofa Melody Series - BJK4007

Kadang-kadang, kamu harus memberikan suasana yang berbeda buat bayi kamu agar ia tidak bosan. Kamu bisa mengajaknya hang out di ruang tengah bersama keluarga yang lain. Untuk ini, kamu bisa membiarkannya berbaring dengan nyaman di atas kasur bayi yang mudah dibawa kemana-mana.

Kasur lipat bayi dari Baby Joy ini mudah untuk kamu pindahkan ke mana saja. Dengan kelambu yang bisa dipasang dan dilepas, bayi akan terlindung dari gangguan serangga. Buat bayi yang bisa duduk, kamu bisa mengatur kasur ini untuk menjadi sofa.

Modelnya sendiri juga didesain dengan mengutamakan kenyamanan serta keamanan bayi. Di bagian sampingnya punya pembatas, jadi bayi tidak akan jatuh dari kasur ini sekalipun ia berguling-guling. Sarung pembungkus kasur ini juga bisa dilepas, jadi kamu bisa mencucinya dengan mudah. Tersedia dalam warna ungu dan biru dengan ukuran panjang 84 cm, lebar 42 cm dan tinggi 12 cm.

Harga Rp. 323.000-551.460

Petite Mimi Selimut Topi Girl

Sekarang ini perlengkapan bayi mulai berdesain macam-macam. Produk dari Petite Mimi ini adalah selimut yang punya topi. Artinya, kamu tidak perlu memakaikan topi untuk bayi yang mudah terlepas dan hilang. Selagi kamu menghangatkan bayi kamu dengan selimut ini, kamu bisa memasang topi ini pada saat yang sama.

Selimut ini menggunakan bahan katun premium Jepang yang lembut dan berkualitas tinggi, sehingga bayi kamu akan nyaman dibalut dengan selimut ini. Bulu yang terdapat di permukaan selimut tidak akan mudah rontok, walaupun kamu telah mencucinya di mesin cuci berulang kali.

Dengan ukuran selimut ini 73 x 73 cm, selimut ini bisa kamu balutkan di tubuh bayi kamu agar ia merasa hangat, seperti tengah berada di dalam ketuban. Desain selimut ini juga lucu-lucu dengan berbagai motif binatang. Dijamin kamu makin gemas melihat bayi kamu dibalut oleh selimut ini.

Harga Rp. 115.000-257.000

Libby Bedong Motif Girl

Kamu tentu tahu kalau permukaan kulit bayi masih sangat sensitif, dan karenanya harus hati-hati memilih bahan-bahan yang berkontak dengan kulitnya. Libby Baby and Kids clothing ini telah mendapat sertifikasi OEKO-TEX Standard 100, yaitu termasuk kelas unggul di bidangnya.

Bedong keluaran Libby ini juga terjamin bebas dari bahan berbahaya, seperti pewarna Azo, karsinogenik, pewarna alergi, dan lain sebagainya. Dengan bahan katun yang halus di kulit, bedong ini akan memberikan kenyamanan pada bayi kamu. Bedong ini juga telah berstandar SNI, yang artinya aman dan pastinya, anti-alergi.

Desainnya pun lucu-lucu, sehingga bedong ini akan menambah keimutan bayi kamu. Pasti gemas melihatnya terbalut di bedong dengan motif lucu-lucu. Berukuran 90 x 110 cm, bedong ini bisa kamu gunakan untuk menghangatkan bayi kamu dalam balutannya. Kualitasnya yang baik juga memastikan bedong Libby tidak akan berbulu dan melar setelah dicuci.

Harga Rp. 115.000-120
From our editorial team

Yuk, Lengkapi Seluruh Perlengkapan Bayimu!

Menantikan kelahiran bayi memang sangat membahagiakan, ya. Apalagi jika bayi yang di dalam kandungan sudah dapat diketahui jenis kelaminnya. Jika kamu dianugerahi bayi perempuan, pastikan untuk mempersiapkan segala perlengkapannya dengan maksimal sebelum hari kelahiran, ya.

Tag