Yuk, Ajak Si Kecil Main Masak-masakan dengan 10 Rekomendasi Mainan Berikut (2020)

Yuk, Ajak Si Kecil Main Masak-masakan dengan 10 Rekomendasi Mainan Berikut (2020)

Bermain memang sudah jadi aktivitas keseharian anak. Anda wajib menemaninya agar si kecil bisa mendapatkan manfaat penuh dari bermain. Salah satu contoh permainan yang bisa dimainkan adalah masak-masakan. Bermain masak-masakan memiliki banyak sekali manfaat. Nah, yuk cek rekomendasi produk untuk main masak-masakan bersama buah hati!

Bermain Bersama Buah Hati Punya Segudang Manfaat, Loh!

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Jangan keburu marahi anak saat bermain karena dari bermain itulah anak-anak bisa mengembangkan kemampuan motorik dan kemampuan lainnya. Tentunya sebagai orangtua kita wajib mendampingi putera-puteri saat bermain. Ini karena kadang si kecil belum mengerti apakah permainan ini baik dan tidak membahayakan untuk dirinya.

Bermain bersama si kecil adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, manfaatnya bukan hanya untuk buah hati namun juga untuk Anda loh. Manfaat bermain bersama si kecil yang pertama adalah mampu menghilangkan kejenuhan bagi anak dan orangtua. Kesibukan keseharian bikin kita jadi suntuk. Bermain bersama anak bisa menghilangkan kejenuhan dan kelelahan usai beraktivitas. Interaksi bersama si kecil lewat permainan akan membuat pikiran jadi kembali segar.

Manfaat lainnya adalah untuk membangun ikatan lebih kuat dengan si kecil. Anak dan orangtua jadi lebih dekat dan lebih sering berkomunikasi lewat permainan. Anak jadi merasa lebih diperhatikan dan ia jadi merasa lebih dekat dengan orangtuanya. Ini juga akan menjadi memori yang bagus untuk anak. Ia akan tumbuh jadi anak dengan memori yang indah dengan orangtuanya.

Bermain bersama buah hati juga bisa meningkatkan kreativitas orangtua. Sebagai orangtua kita jadi kreatif memanfaatkan apa saja di sekitar kita untuk bermain dengan si kecil. Tidak peduli mainannya sederhana yang penting buah hati senang dan Anda juga bahagia melihat si kecil senang.

Manfaat Bermain Masak-masakan untuk Anak

Mengenal Bahan Masakan Sehat dan Warna

Bermain masak-masakan adalah salah satu permainan yang disukai anak-anak. Permainan ini memiliki banyak manfaat untuk si kecil, loh. Lewat permainan ini si kecil bisa belajar mengenal aneka bahan makanan sehat. Anda bisa mengenalkan aneka buah dan sayur kepada buah hati. Belikan saja mainan sayur-sayuran dan buah-buahan plastik. Dengan begini, si kecil jadi tahu bentuknya juga. Dengan mengenal aneka bahan makanan sehat, si kecil jadi tahu dan bisa membedakan mana makanan yang baik dikonsumsi.

Bermain masak-masakan juga bisa melatih si kecil untuk belajar tentang warna. Anda bisa menunjukkan bahan makanannya dan melatihnya mengingat aneka warna buah dan sayuran tersebut.

Memperkenalkan Alat Dapur dan Cara Memakainya

Bermain masak-masakan juga bisa menjadi cara yang terbaik untuk mengenalkan anak pada aneka alat dapur dan cara memakai alat tersebut. Mengajari anak tentang masak-masakan juga secara tidak langsung membiasakan anak untuk tahu kegiatan dapur seperti apa. Anak akan tertarik membantu orangtuanya di dapur dan terbiasa dengan kegiatan memasak sejak dini.

Anda bisa membelikannya mainan masak-masakan yang berupa replika dengan ukuran yang sesuai dengan anak. Dengan begini anak akan merasa seolah sedang masak betulan. Anda juga bisa mengenalkan anak tentang dunia masak sesungguhnya. Anda bisa mencontohkannya cara menggunakan alat masak sehingga si kecil tahu masing-masing fungsi peralatan memasak yang ada di dapur.

Melatih Motorik

Bermain masak-masakan bukan hanya untuk anak perempuan saja. Anak laki-laki juga boleh bermain masak-masakan. Toh, ada banyak sekali chef laki-laki sekarang ini. Maka jangan membatasi anak berdasarkan gender untuk bermain masak-masakan. Ini karena bermain masak-masakan juga bisa melatih motorik anak dengan baik.

Anak-anak akan berlatih memotong bahan, mengaduk adonan, dan lain sebagainya. Ini akan mengasah kemampuan motorik halus kepada putera dan puteri Anda. Permainan ini juga akan mengasah motorik kasarnya. Ini karena anak akan memakai jemari dan tangannya untuk berbagai hal saat main masak-masakan. Otot-otot anak akan lebih terlatih dan jadi kuat.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Bermain masak-masakan bisa meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi si kecil. Saat bermain tentu ada kosakata baru yang didapat anak. Mereka akan mengenal aneka alat dapur, bahan makanan, cara memasak, dan aneka nama jenis masakan. Mereka juga bisa mempelajari kata kerja dan kata sifat baru yang berkaitan dengan masak memasak. Saat bermain peran masak-masakan anak juga bisa belajar mengekspresikan dirinya.

Melatih Kemampuan Sosial dan Empati

Bermain peran bisa melatih kemampuan sosialnya. Baik bermain dengan Anda atau dengan teman-temannya, anak akan belajar bersosialisasi dan bekerja sama. Kemampuan mereka akan makin berkembang karena berusaha membagi peran dan membuat tujuan bersama. Anak bisa mencoba meminta tolong dengan kata-kata yang baik atau bisa juga memberikan pertolongan pada temannya dalam permainan ini.

Selain itu, main masak-masakan juga bisa melatih empati si kecil terhadap orang lain. Ia bisa belajar menempatkan diri menjadi orang lain dan memahami perasaan orang lain. Ia akan berpura-pura jadi ibu rumah tangga, koki, dan lain sebagainya. Mereka tentu akan belajar juga bagaimana berbagi hasil masakannya dengan orang di sekitarnya.

Ini Dia Rekomendasi Permainan Masak-masakan untuk Buah Hati

Mainan Cook Happy Kitchen

Mainan Cook Happy Kitchen adalah mainan yang bisa Anda berikan pada buah hati. Mainan yang satu ini terdiri dari 22 buah barang. Produk ini aman dimainkan karena bahannya berkualitas tinggi. Mainan ini memiliki bentuk yang mirip peralatan dapur aslinya. Ada juga kompor yang bisa menyala. Selain itu, ada juga suara seperti orang memasak. Produk ini juga lengkap dengan lampu yang bisa menyala seperti api. Dalam mainan ini juga ada sayuran dan buah-buhan sebagai perlengkapan untuk memasak. Semua ini tentu bikin buah hati jadi lebih semangat belajar memasak. Mainan ini memiliki ukuran 33,5 x 16,5 x 30 cm. Produk ini memakai 3 buah baterai AA.

Harga Rp. 127.000-200.000

Mainan Kitchen Set Koper Mainan Dapur Dapuran Mainan Masak Masakan

Ada juga Mainan Kitchen Set Koper Mainan Dapur Dapuran Mainan Masak Masakan yang bisa digunakan. Mainan yang satu ini hadir dengan kompor dan oven yang bisa dinyalakan dengan baterai. Ada nyala lampu yang seakan-akan seperti nyala api sungguhan. Uniknya, mainan ini bisa dibawa kemana saja dengan mudah karena bisa diubah jadi koper. Ini juga membuat mainan lebih mudah dirapikan usai digunakan.

Mainan ini memakai baterai AA sebanyak 3 buah untuk menyalakan suara dan lampunya. Ada banyak suara yang dihadirkan mulai suara orang menggoreng dan merebus, juga suara timer oven. Produk juga lengkap dengan aneka alat dapur seperti panci, wajan, sendok, garpu, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 102.000-249.000

ELC Little Cook Kitchen

ELC Little Cook Kitchen tentu sayang dilewatkan sebagai pilihan. Produk ini cocok untuk anak gemar masak-masakan. Bentuknya dibuat mirip seperti aslinya sehingga anak-anak akan merasa seolah sedang masak betulan. Ada suara menggoreng, menumis, dan juga mendidihkan air sehingga terasa lebih nyata. Bagian oven juga memiliki tombol untuk dinyalakan agar lebih nyata saat bermain panggang-panggangan.

Mainan ini sangat lengkap karena terdiri dari microwave, dishwasher, tempat mencuci bahan makanan, oven, rak, lemari piring, dan lain sebagainya. Ada juga panci, sutil, sendok, centong, dan aneka peralatan masak. Produk juga lengkap dengan aneka bahan makanan mainan seperti ikan, buah, sayur, dan lainnya. Total ada 37 buah yang ada dalam paket ini.

Harga Rp. 1.490.000-2.878.300

Fast food king KITCHEN SET

Fast food king KITCHEN SET menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini berupa kios mini yang tentu sangat menarik untuk anak-anak. Dilengkapi dengan cash register, mainan ini terkesan sangat nyata. Apalagi ada juga sensor scanner barcode yang ada lampunya dan bisa bunyi. Bagian laci kasir juga bisa dibuka dan bisa digesek kartunya.

Mainan ini juga memiliki aneka belanjaan makanan fast food seperti burger, hot dog, eskrim, pizza, dan jajanan lain. Mainan juga lengkap denagna kitchen set. Anak bisa memainkan masak-masakan dengan suara orang menggoreng, merebus, hingga suara timer oven yang nyata. Mainan ini sudah SNI jadi aman digunakan. Produk berukuran 86,5 x 33 x 87 cm ini terbuat dari bahan plastik.

Harga Rp. 702.000-1.470.000

Mainan Dream Pizza / MAINAN Kitchen Set Pizza Koper

Mainan Dream Pizza / MAINAN Kitchen Set Pizza Koper tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Mainan yang satu ini tentu sangat disukai buah hati. Ada mainan membuat pizza mulai dari menghias pizza, memanggangnya, hingga menyajikan dalam kotak pizza. Produk ini juga mengajarkan buah hati untuk merakit permainan sebelum dimainkan. Anak juga harus melepas bagian-bagian mainan usai memakainya untuk dirapikan kembali. Dalam paket ini terdapat gelas, saus, pizza, dan hot plate.

Harga Rp. 90.000-180.000

Hello Kitty My Modern Kitchen Playset

Hello Kitty My Modern Kitchen Playset menjadi produk yang tidak bisa dilewatkan. Mainan ini hadir dalam bentuk 3 set modern kitchen. Ada set wastafel, set oven dan kompor, serta set kulkas. Ada banyak juga aksesori lainnya. Mainan ini memiliki ukuran 38 x 33 x 8cm. Produk ini aman digunakan untuk mainan anak-anak. Mereka tentu bisa lebih seru bermain karena produk ini lengkap isiannya.

Harga Rp. 107.000-449.000

Hasbro Play-Doh Kitchen Creations Magical Oven

Hasbro Play-Doh Kitchen Creations Magical Oven tentu bisa jadi hadiah menarik untuk anak. Mainan yang satu ini cocok untuk anak yang usianya lebih besar, seperti usia 4 tahun ke atas. Lewat mainan ini Anda bisa mengenalkan play-doh alias lilin mainan. Anak bisa mengasah imajinasinya untuk membentuk mainannya sesuai selera. Dengan mainan ini anak akan mengeksplorasi cara membuat kue. Produk juga dilengkapi dengan oven mainan yang bisa menyala dan berbunyi. Ukuran mainan ini adalah 33 cm x 22 cm. Produk ini aman dimainkan.

Harga Rp. 377.000-490.000

LITTLE TIKES COOK N LEARN SMART KITCHEN SET

LITTLE TIKES COOK N LEARN SMART KITCHEN SET adalah produk rekomendasi selanjutnya. Mainan yang satu ini lengkap dengan fitur aplikasi yang bisa diunduh. Dalam kitchen set ini sudah lengkap peralatan dapurnya. Ada juga tempat anak memetik sayuran atau buah yang hendak dimasak. Mainan ini aman dimainkan karena bebas BPA, lateks, dan PVC yang berbahaya. Keamanan mainan sudah sesuai dengan standar internasional EN-71 Safety of Toys. Produk ini hadir dalam ukuran 101 cm x 77 cm x 37 cm. Mainan ini bisa dimainkan anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 4.287.000-5.800.000

13Pcs Set Peralatan Masak untuk Memasak

13Pcs Set Peralatan Masak untuk Memasak ini adalah mainan yang seru untuk anak. Mainan yang satu ini bikin anak seolah sedang memasak betulan. Produk ini terdiri dari set peralatan masak yang sangat menyerupai benda aslinya. Anda bisa mengenalkan tiap fungsi peralatan masak pada buah hati. Mainan ini terdiri dari kompor, panci, dan lainnya. Mainan ini untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 62.894-243.800

Greda Masterchef Kitchen

Greda Masterchef Kitchen merupakan rekomendasi menarik untuk buah hati. Mainan yang satu ini hadir dengan tinggi 93 cm. Mainan ini terkesan klasik namun juga modern dengan warna yang elegan. Mainan ini memiliki banyak fitur menarik, mulai dari cerobong asap yang bisa mengeluarkan suara, kompor yang bisa menyala lampunya dan suaranya, oven yang berbunyi, dan microwave yang seolah menyala.

Ada juga tempat penyimpanan es batu yang jika ditekan es akan turun ke gelas. Ada juga aneka peralatan masak lengkap mulai dari sutil, whisk, frying pan, celemek, panci, dan lain sebagainya. Mainan ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas. Ada juga tempat cuci piring dan alat masak lain sehingga anak dapat belajar fungsi alat masak tersebut.

Harga Rp. 1.900.000-2.432.000
From our editorial team

Bermain Masak-masakan Melatih Problem Solving Anak

Ada banyak sekali manfaat bermain yang didapat oleh anak. Begitu juga saat anak bermain masak-masakan. Anak bisa belajar melatih problem solving-nya. Saat memasak, tentu ada bahan makanan yang tidak lengkap atau mungkin ada peralatan dapur yang tidak dimiliki. Jika seperti ini, anak tentu akan menggunakan alat seadanya untuk mengatasi kekurangan alat tersebut. Dengan begini, si kecil akan terbiasa untuk berpikir dan mencari jalan keluar sendiri saat memiliki masalah atau menghadapi sesuatu ke depannya. Yang penting dampingi si kecil saat bermain agar ia bisa mengerti dan bisa paham apa yang ia lakukan.

Tag