Musim Penghujan Datang, Lindungi Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Berikut (2020)

Musim Penghujan Datang, Lindungi Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Berikut (2020)

Saat musim hujan, kesehatan anak akan mudah terganggu. Siapkan jas hujan khusus untuk si kecil agar aktivitasnya tetap bisa berjalan lancar di tengah hujan. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi jas hujan anak yang lucu dan berkualitas untuk menjaga si kecil dari air hujan yang bisa mengancam kesehatan mereka.

Di Musim Hujan, Siapkan Jas Hujan Anak untuk Menunjang Aktivitas Si Kecil

Menyambut musim hujan yang akan segera datang, kesehatan anak harus menjadi prioritas utama ya, Mom! Cuaca yang sering tidak menentu di musim hujan menyebabkan si kecil rawan terserang berbagai macam penyakit seperti demam, sakit kepala, flu, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi jika anak-anak senang bermain di luar ruangan saat hujan turun.

Selain harus memberikan perhatian ekstra pada kesehatan anak, ibu jangan lupa mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk menunjang aktivitas anak di luar ruangan selama musim hujan. Misalnya dengan selalu menyediakan payung dan jas hujan khusus untuk si kecil.

Tidak hanya bagi orang dewasa, anak-anak juga sangat membutuhkan jas hujan saat musim penghujan tiba. Dari segi ukuran dan model, tentu jas hujan anak berbeda dengan jas hujan orang dewasa. Pada artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi jas hujan anak terbaik yang modelnya lucu dan menggemaskan.

Tips Memilih Jas Hujan untuk Anak

Bahan Pembuat

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli jas hujan untuk anak adalah bahan pembuatnya. Bahan jas hujan yang baik adalah yang tahan air, kuat, namun tetap ringan ketika dipakai. PVC, plastik, dan parasut adalah tiga jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat jas hujan. Ketiga bahan tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, lho.

Bahan plastik memang relatif lebih murah dibandingkan bahan yang lainnya. Sayangnya, jas hujan plastik kurang kuat dan tahan lama. Sedikit gesekan saja bisa membuat jas hujan plastik sobek dan tidak bisa dipakai lagi. Sedangkan bahan PVC dan parasut sangat nyaman dan kuat, tetapi harganya lebih mahal dari jas hujan plastik.

Ukuran Jas Hujan

Ketika memilihkan jas hujan untuk anak, pastikan ukurannya pas dengan mereka. Ukuran yang pas berarti tidak terlalu ketat namun juga tidak kedodoran hingga membuat anak tidak nyaman. Pastikan anak akan tetap bisa bergerak dengan bebas meski sedang memakai jas hujan.

Dengan demikian, anak masih bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa takut basah oleh air hujan atau terkena terpaan angin kencang.

Model dan Motif yang Disukai

Berbeda dengan jas hujan dewasa yang cenderung polos, jas hujan anak punya banyak motif dan model. Baik itu jas hujan berbentuk ponco atau setelan, semuanya punya motif yang lucu dan menggemaskan. Agar anak semakin bersemangat dan percaya diri saat memakai jas hujan, pilih motif dan model yang paling ia sukai.

Misalnya seperti bentuk-bentuk karakter hewan seperti unicorn, singa, hingga buaya. Atau bisa juga yang bermotif kartun kesukaan mereka seperti Spongebob Squarepants, Barbie, hingga Disney Princess.

Cara Menjaga Kesehatan Anak Selama Musim Hujan

Siapkan Perlengkapan Musim Hujan

Mengajak anak keluar rumah di musim hujan artinya orang tua harus menyiapkan serangkaian langkah antisipasi untuk si kecil. Terutama menyiapkan perlengkapan di musim hujan yang diperlukan seperti payung, jas hujan, dan sepatu boots. Bawa semua perlengkapan ini kemana pun Anda pergi, sehingga jika setiap saat hujan turun Anda sudah siap untuk melindungi si kecil.

Pastikan Wadah Penampungan Air Tertutup

Musim hujan juga menjadi saat di mana nyamuk berkembang biak. Selain melindungi anak ketika berada di luar rumah, melindungi mereka selama di rumah juga penting. Kosongkan atau tutup wadah penampungan air yang berada di sekitar rumah.

Ini untuk mencegah nyamuk demam berdarah berkembang biak di dalamnya. Lakukan juga langkah pencegahan lain seperti memasang kasa anti nyamuk di sekeliling tempat tidur si kecil.

Jangan Biarkan Anak Hujan-hujanan Terlalu Lama

Setiap anak pasti suka bermain air saat hujan turun. Jangan batasi keceriaan anak dengan melarangnya untuk bermain hujan-hujanan ya, Moms! Tapi ingat, beri batasan waktu untuk anak saat bermain hujan-hujanan.

Selain itu, jangan biarkan ia bermain saat hujan lebat, terlebih yang disertai dengan angin kencang dan petir. Namun jika hujan yang turun cukup ringan dan tidak terlalu deras, biarkan anak bermain sesuka hati.

Bimbing Anak untuk Menjaga Kebersihan Diri

Ajari anak untuk menjaga kebersihan diri selama musim hujan agar penyakit tidak mudah menghampiri. Antara lain seperti mencuci kaki dan tangan dengan sabun setelah keluar rumah untuk menghilangkan semua bakteri yang menempel pada tubuh. Kemudian biasakan anak untuk selalu berganti baju dan mandi setelah selesai bermain.

Beri Anak Vitamin dan Asupan Bergizi untuk Kekebalan Tubuh

Ini juga tidak kalah penting. Asupan vitamin anak harus selalu dijaga agar kekebalan tubuhnya meningkat selama musim hujan. Beri vitamin sesuai dengan porsi dan kebutuhan anak.

Ibu juga harus menyiapkan makanan bergizi agar anak selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani aktivitas selama musim hujan. Perhatikan juga asupan nutrisi anak selama di sekolah, jangan sampai mereka jajan sembarangan di tempat yang tidak higienis.

Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik untuk Menemaninya Selama Musim Hujan

Indoplast Kido Jas Hujan Anak

Anak-anak pasti suka dengan ragam warna menyolok dan cerah untuk jas hujan mereka. Indoplast Kido Jas Hujan Anak dirancang khusus untuk si kecil dengan hiasan motif yang menggemaskan. Jas hujan ini bisa dipakai anak mulai usia 3 sampai 7 tahun. Terbuat dari bahan PVC berkualitas yang kuat dan tahan lama.

Jas hujan setelan ini hadir dalam ukuran all size. Pilihan warna yang tersedia antara lain adalah ungu, oranye, hijau, dan pink. Dilengkapi dengan penutup kepala yang semakin menambah kelucuan si kecil.

Harga Rp. 30.000-40.000

Eva Lightweight Raincoat Jas Hujan Anak

Rekomendasi selanjutnya adalah Eva Lightweight Raincoat Jas Hujan Anak. Jas hujan ini hadir dalam warna-warna cerah yang menarik untuk si kecil. Modelnya adalah ponco alias kelelawar, tanpa lengan dan panjang hingga ke kaki. Cocok digunakan saat berjalan-jalan. Namun jas hujan jenis ini sebaiknya tidak diberikan anak saat akan berekendara, ya.

Jas hujan ini terbuat dari bahan yang berkualitas. Terasa sangat ringan ketika dipakai, namun mampu memberikan perlindungan sempurna dari air hujan dan angin. Panjang jas hujan ini adalah 90 cm. Agar anak semakin terlindungi, lengkapi dengan sepatu boots agar kakinya tidak terkena genangan air yang kotor.

Harga Rp. 18.000-30.000

TABASA Jas Hujan Anak Poncho Spongebob

Jas hujan anak hadir dengan motif yang sangat lucu dan beragam. Misalnya seperti produk yang akan direkomendasikan berikut ini. TABASA Jas Hujan Anak Poncho Spongebob adalah jas hujan berkualitas yang terbuat dari bahan campuran karet dan plastik PVC. Modelnya ponco, tanpa lengan dan tanpa celana.

Warna jas hujan ini adalah kuning cerah dengan motif kartun Spongebob kesukaan si kecil. Sementara itu di bagian bahu hingga penutup kepala adalah perpaduan warna lain seperti ungu, biru, dan pink yang bisa disesuaikan dengan kesukaan si kecil.

Harga Rp. 75.000-120.000

Quechua Jas Hujan Poncho Anak

Berikutnya ada rekomendasi produk dari Quechua Jas Hujan Poncho Anak. Jas hujan ini hadir dalam 2 pilihan warna keren yaitu navy dan pink. Keungulan utamanya adalah tahan air hingga 2 jam. Dilengkapi dengan lapisan hidrolifik yang mampu mengurangi pengembunan pada jas. Model jas hujan ini adalah poncho, bisa dilepas pakai dengan mudah dan cepat.

Selain itu, jas ini juga sangat ringan karena beratnya hanya 140 gram saja. Komposisi bahan pembuat jas hujan adalah poliester dan poliuretan. Sangat cocok dikenakan waktu hiking dan kegiatan alam lainnya. Jas hujan memiliki 2 ukuran yaitu untuk anak usia 2-4 tahun dan 4-6 tahun.

Harga Rp. 90.000-180.000

Skip Hop Zoo Raincoat Monkey

Satu lagi nih rekomendasi jas hujan nan lucu dan menggemaskan buat si kecil. Skip Hop Zoo Raincoat Monkey namanya. Jas hujan ini hadir dalam desain monyet dalam model jaket panjang. Hoodie atau penutup kepala pada jas hujan sangat ceria dengan motif wajah monyet. Cocok untuk anak usia 3-5 tahun.

Keunggulan dari jas hujan ini adalah lengannya yang bisa disesuaikan panjang atau pendek, sehingga bisa dikenakan di waktu lain selain musim hujan. Lengkapi perlindungan anak dengan payung dan sepatu hujan supaya ia tetap kering, ya!

Harga Rp. 350.000-1.000.000

Elmondo Raincoat 502 Kidd EJC

Elmondo Raincoat 502 Kidd EJC adalah produk selanjutnya yang direkomendasikan untuk Anda. Jas hujan khusus untuk anak dan remaja ini hadir dalam model jas panjang hingga ke bawah lutut, Bisa dipakai saat hujan tidak terlalu lebat. Keunikan dari jas hujan ini adalah warnanya yang transparan.

Bahan pembuat jas hujan adalah plastik berkualitas yang ringan saat dipakai. Pilihan warnanya juga tidak kalah menarik lho. Ada hijau, biru, pink, dan kuning. Di musim hujan, pastikan jas hujan ini selalu ada di dalam tas si kecil sehingga kapanpun hujan turun, tubuh mereka segera terlindungi dari basah dan angin.

Harga Rp. 30.000-80.000

Caperlan Jas Hujan Poncho Anak

Caperlan Jas Hujan Poncho Anak adalah jas hujan berkualitas yang dirancang khusus untuk melindungi anak di musim hujan. Jas hujan ini terbuat dari bahan EVA (Etilena Vinil Asetat) yang 100% anti air, mencegah anak basah kuyup ketika beraktivitas di tengan hujan. Bahan ini juga punya daya tahan tinggi dan tidak mudah sobek.

Hadir dalam warna biru langit yang segar dan cerah. Berbeda dengan jas hujan anak kebanyakan, jas ini tidak memiliki motif, lebih simpel dan lebih elegan. Dilengkapi juga dengan kantong penyimpanan untuk menjaga jas hujan tetap dalam kondisi baik ketika sedang tidak digunakan.

Harga Rp. 100.000-180.000

Zoleka Aquakid Jas Hujan Anak

Jas hujan model setelan adalah pilihan terbaik saat berkendara. Jika Anda berencana mengajak si kecil untuk naik motor di musim hujan, sediakan Zoleka Aquakid Jas Hujan Anak untuk melindunginya. Jas hujan setelan ini hadir dalam warna kuning mencolok yang menyegarkan.

Fitur yang ditawarkan oleh produk ini antara lain adalah windproof, waterproof, dan packable alias mudah dilipat. Desainnya yang sederhana namun fungsional membuat jas hujan ini terlihat sangat elegan. Dilengkapi pula dengan ventilasi udara yang menjamin kenyamanan pemakainya. Jas hujan ini memiliki 3 pilihan ukuran yaitu S, M, dan L yang dapat disesuaikan dengan tubuh anak.

Harga Rp. 290.000-400.000

Freemir Jas Hujan Anak Flamingo

Flamingo adalah hewan yang disukai oleh anak-anak, terutama anak perempuan. Oleh karena itu, Freemir Jas Hujan Anak Flamingo hadir dalam desain minimalis dengan motif hewan kesukaan si kecil. Jas hujan ini terbuat dari bahan EVA berkualitas tinggi dan anti air, menjamin anak tetap kering meski terkena hujan.

Keunggulan lain dari jas hujan ini adalah tahan air, tahan angin, ringan, dan awet. Terdapat ruang longgar di bagian belakang untuk ransel si kecil. Cocok digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Lengkapi dengan payung dan sepatu hujan agar si kecil makin terlindungi.

Harga Rp. 100.000-250.000

Freemir Jas Hujan Anak Unicorn

Terakhir ada jas huja warna biru cerah dengan motif unicorn yang digandrungi anak-anak. Freemir Jas Hujan Anak Unicorn nama produknya. Jas hujan ini wajib digunakan ketika hari hujan karena mampu memberikan perlindungan maksimal untuk si kecil. Terbuat dari bahan EVA berkualitas tinggi yang tidak bau, cepat kering, dan mudah dicuci.

Disertai tudung penutup kepala untuk melindungi si kecil dari terpaan angin. Ada juga penutup tas ransel untuk melindungi barang bawaan anak. Jas hujan uniseks ini bisa dipakai untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Harga Rp. 100.000-300.000
From our editorial team

Pastikan Kebutuhan Gizi Anak Terpenuhi agar Daya Tahan Tubuh Meningkat

Melindungi anak ketika musim hujan tiba tidak cukup hanya dengan mempersiapkan jas hujan untuknya saja. Orang tua juga harus memastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi. Pastikan anak selalu menyantap 4 sehat 5 sempurna setiap hari agar daya tahan tubuhnya semakin kuat. Jangan lupa bekali anak dengan rekomendasi jas hujan dari BP-Guide di atas, ya!

Tag