Tips Merawat Jas Hujan dan 10 Rekomendasi Jas Hujan yang Dapat Melindungi Tubuhmu Selama di Perjalanan (2019)

Tips Merawat Jas Hujan dan 10 Rekomendasi Jas Hujan yang Dapat Melindungi Tubuhmu Selama di Perjalanan (2019)

Sumber gambar unsplash.com

Saat musim hujan tiba, kamu yang banyak berkendara dengan sepeda motor harus menyiapkan jas hujan, nih. Bagaimana cara merawat jas hujan agar tetap awet? BP-Guide akan memberikan tips-nya untuk kamu beserta rekomendasi jas hujan terbaik untuk melindungimu di perjalanan.

Jas Hujan, Teman para Pengendara Motor di Kala Musim Hujan Tiba

Sumber gambar www.wahanahonda.com

Keselamatan saat mengendarai motor sangatlah penting, terutama di musim hujan. Saat musim hujan tiba, potensi kecelakaan akan meningkat karena jalanan licin dan angin yang kencang. Tubuh juga rawan terserang penyakit lho. Jika Anda sering berkendara di musim hujan, pastikan Anda memiliki perlengkapannya. Salah satu yang terpenting adalah jas hujan.

Jas hujan tidak hanya berfungsi melindungi tubuh dari air saja, tetapi juga sebagai penanda keberadaan Anda agar diketahui oleh pengguna jalan yang lain. Pastikan jas hujan yang Anda kenakan nyaman, pas di badan, dan tidak menghalangi gerakan Anda saat mengendarai sepeda motor.

Tips Merawat Jas Hujan

Ketahui Bahan Jas Hujan

Sumber gambar jogja.tribunnews.com

Sebelum membeli jas hujan, ada baiknya meneliti dulu bahan pembuatnya. Jas hujan biasanya dilengkapi dengan durable water repellent (DWR) untuk mencegah resapan air. Meski demikian, jas hujan memiliki pori-pori yang sangat kecil agar kulit tetap bisa bernapas. Sehingga semua kelembapan dan keringat dari tubuh bisa dikeluarkan.

Pastikan pula bahan pembuatnya memiliki fitur antiair yang baik agar seluruh tubuh Anda terlindung dari hujan. Bahan jas hujan yang tahan air juga akan lebih awet dan tahan lama.

Masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna jas hujan adalah bahan yang mudah robek. Jas hujan yang mudah robek biasanya terbuat dari bahan PVC. Kelebihan bahan ini adalah ringan dan tidak memiliki pori-pori sehingga air hujan tidak bisa masuk. Namun Anda harus merawatnya dengan baik agar bisa tahan lama.

Salah satu bahan pembuat jas hujan yang berkualitas adalah parasut. Kelebihan bahan parasut adalah ringan saat dipakai namun dapat melindungi dari air hujan dengan sempurna.

Baca Instruksi Perawatan dan Cara Pencucian

Tidak hanya pakaian, jas hujan juga perlu dicuci secara rutin. Tetapi tentu saja mencuci jas hujan tidak boleh sembarangan. Ada bahan tertentu yang sensitif terhadap deterjen. Jika tidak dicuci dengan benar, lapisan DWR pada jas hujan akan terkikis dan tidak bisa dipakai lagi saat hujan. Itulah mengapa penting mengetahui bahan pembuat jas hujan. Cuci jas hujan Anda 3 bulan sekali dengan membaca petunjuk cara mencuci yang benar.

Bersihkan Setelah Dipakai

Sumber gambar dissolve.com

Setelah dipakai, jas hujan akan terlihat sangat kotor karena percikan air hujan dan debu di jalanan. Agar jas hujan Anda awet, selalu bersihkan jas hujan setelah dipakai. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran dari air hujan akan menempel dan menyebabkan jas hujan menjadi sangat lembap.

Celupkan jas hujan ke dalam air hangat sekali saja, lalu segera angin-anginkan di luar rumah. Jangan pernah merendam jas hujan karena akan membuat lapisan DWR-nya semakin menipis dan terkikis.

Jangan Langsung Dilipat dan Disimpan Dalam Jok Motor

Sumber gambar lassdupays.blogspot.com

Jas hujan adalah barang yang selalu siap sedia ada di dalam jok sepeda motor. Tetapi Anda tidak boleh langsung memasukkan jas hujan ke dalam jok sesaat setelah dipakai. Dalam kondisi lembap, memasukkan jas hujan ke dalam jok motor memicu tumbuhnya bakteri yang bisa memicu masalah kulit. Tunggu jas hujan sampai benar-benar kering dan bersih kembali, baru simpan lagi di dalam jok.

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaru di 2019

Tiger Head 111101 Setelan Jas Hujan - Black

Sumber gambar www.blibli.com

Jas hujan setelan adalah jenis yang paling banyak dipakai saat ini. Model celana dan atasan jaket sangat nyaman digunakan dan tidak mengganggu saat berkendara. Jenis ini cocok dikenakan oleh siapa saja.

Tiger Head 111101 Setelan Jas Hujan - Black terbuat dari bahan karet berkualitas yang tebal, kuat, dan tidak mudah sobek. Modelnya trendi, dengan warna hitam yang keren. Bawahannya berupa celana, sedangkan atasannya berupa jaket dengan hoodie dan penutup risleting.

Jas hujan ini nyaman dipakai karena tidak menyebabkan tubuh berkeringat dan lembap. Detail karet di pergelangan tangan mencegah air agar tidak masuk ke dalam. Jas hujan ini tersedia di Blibli seharga Rp 99.000 dan di Shopee seharga Rp 124.900.

Ralen Star 66008 Neymar Set Jas Hujan Motor

Sumber gambar www.blibli.com

Jas hujan model ponco atau kelelawar adalah model lama yang kini sangat jarang dipakai. Ujungnya yang menjuntai di bagian bawah dapat membahayakan pengendara. Kalau Anda suka dengan model ponco, boleh-boleh saja tetapi lihat dulu apakah panjang jas hujan berbahaya atau tidak. Jas hujan setelan memang relatif lebih aman.

Ralen Star 66008 Neymar Set Jas Hujan Motor adalah jas hujan setelan dengan desain trendi. Bawahannya adalah celana panjang dengan pinggang elastis yang tidak terlalu ketat dan nyaman dipakai. Tersedia dalam dua pilihan warna keren yaitu pink dan biru muda. Bahannya berkualitas, tidak tembus air, dan sangat awet. Anda bisa membeli jas hujan ini di Blibli seharga Rp 45.000 atau di Tokopedia seharga Rp 53.600.

Raincity 69113 Jas Hujan Motor

Sumber gambar www.blibli.com



Raincity 69113 Jas Hujan Motor terbuat dari bahan berkualitas yang tebal, ringan, tidak mudah robek, dan awet dipakai. Setelan jas hujan ini berupa atasan model jaket dan celana panjang sebagai bawahan. Ukurannya all size dan dapat dipakai oleh siapa saja. Anda bisa membeli jas hujan ini di Blibli seharga Rp 60.000 atau di Shopee seharga Rp 68.000.

Elmondo Ceria 201 Model Batman Jas Hujan Motor Dewasa

Sumber gambar www.blibli.com


Elmondo Ceria 201 Model Batman Jas Hujan Motor Dewasa adalah jas hujan model kelelawar buat Anda yang tidak suka dengan model setelan. Jas hujan ini longgar, sehingga Anda tetap bisa leluasa bergerak meski sedang hujan. Terbuat dari bahan PVC berkualitas yang ringan dan nyaman. Jas hujan ini cocok untuk dipakai orang dewasa. Produk ini tersedia di Blibli seharga Rp 20.000 dan di Tokopedia seharga Rp 21.900.

Autorace RC-03 Setelan Jas Hujan Dewasa

Sumber gambar www.blibli.com

Kebanyakan jas hujan memang dibuat dengan segala ukuran atau all size. Tetapi membeli jas hujan dengan ukuran yang pas di tubuh sebenarnya lebih baik. Apalagi jika Anda memiliki tubuh mungil atau gemuk yang tidak cocok dengan ukuran all size.

Autorace RC-03 Setelan Jas Hujan Dewasa hadir dengan desain trendi. Terbuat dari bahan yang nyaman dan berkualitas, mampu melindungi tubuh dari air hujan dengan sempurna. Tersedia dalam ukuran L sampai XXXL yang bisa disesuaikan dengan tubuh Anda. Jas hujan ini dapat dibeli di Blibli Rp 95.000.

Axio Europe Set Jas Hujan - Hijau Cerah Tosca

Sumber gambar www.bukalapak.com

Miliki Axio Europe Set Jas Hujan - Hijau Cerah Tosca untuk berkendara yang lebih nyaman saat musim hujan. Jas hujan yang berkualitas ini hadir dalam desain modern dan modis.

Bahan pembuatnya adalah puring dan taslan yang sangat nyaman digunakan saat berkendara di tengah air hujan dan angin. Model jahitannya full seam seal yang rapat dan kuat, air hujan dipastikan tidak dapat masuk ke dalam jas.

Jas hujan ini juga dilengkapi dengan kantong sebagai tempat untuk menyimpan dompet dan handphone. Terdapat pula tas khusus untuk menyimpan jas hujan agar lebih mudah dibawa kemana pun pergi. Detail scotchlight di bagian depan, belakang, dan tangan, menjamin keamanan saat berkendara di tengah hujan deras dan di malam hari. Produk ini tersedia di Bukalapak seharga Rp 205.000 dan di Blibli seharga Rp 212.500.

Kumbang Turbo 707 Premium Quality Raincoat Jas Hujan Motor

Sumber gambar www.blibli.com

Saat membeli jas hujan, kenyamanan harus menjadi pertimbangan yang paling utama. Yang tidak kalah penting adalah soal pemilihan warna. Jas hujan sebaiknya berwarna terang agar dapat memantulkan cahaya sehingga memberitahu keberadaan kita pada pengguna jalan lain.

Kumbang Turbo 707 Premium Quality Raincoat Jas Hujan Motor adalah jas hujan dengan desain trendi dan nyaman. Atasan jaket berdetail lengan panjang, kerah tinggi, dan kancing pembuka. Bawahan dengan model celana dilengkapi karet elastis pada bagian pinggang. Terbuat dari bahan taslan yang halus, ringan, dan tidak tembus air. Jas hujan ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 200.000 dan di Shopee dengan harga Rp 241.000.

JPX Raincoat - Jas Hujan

Sumber gambar www.bukalapak.com



Produk JPX Raincoat - Jas Hujan terbuat dari bahan parasut tebal yang nyaman dan menjaga tubuh tetap hangat saat terkena hujan. Dengan sistem buka tutup ganda yaitu resleting dan velcro untuk memastikan air tidak mudah masuk ke dalam. Bagian celana dilengkapi dengan jaring agar tidak menempel ke kulit. Jas hujan ini bisa dibeli di Blibli seharga Rp 265.000 dan di Bukalapak seharga Rp 250.000.

Elephant Jas Hujan Ponco - Poncho Dewasa - Biru

Sumber gambar www.blibli.com

Jas hujan ponco atau kelelawar biasanya sering dipakai oleh pecinta alam atau anggota TNI. Fungsi lain dari jas hujan ponco selain melindungi dari hujan adalah digunakan untuk membuat bivak atau tenda kecil saat di alam bebas.

Elephant Jas Hujan Ponco - Poncho Dewasa - biru hadir dengan model kelelawar yang lebar. Terbuat dari bahan berkualitas dengan berbagai macam pilihan warna. Ukurannya besar sehingga cocok untuk orang dewasa. Jas hujan ini tersedia di Blibli seharga Rp 24.500 dan di Tokopedia seharga Rp 26.900.

Oneal Splash Rain Jacket Jas Hujan

Sumber gambar www.blibli.com


Oneal Splash Rain Jacket Jas Hujan hadir dalam desain transparan dan bahannya antiair. Jas hujan setelan ini dilengkapi dengan karet di bagian pergelangan tangan agar air tidak mudah mudah masuk. Jas hujan tersedia dalam ukuran S hingga XXL. Dapatkan produknya hanya di Blibli seharga Rp 420.000 dan di Bukalapak seharga Rp 425.000.

From our editorial team

Berkendara di Musim Hujan, Keselamatan adalah yang Paling Utama

Selain jas hujan, hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat berkendara di tengah hujan adalah keselamatan. Nyalakan lampu sepeda motor dan kendarai motor dengan kecepatan rendah. Jika hujan terlalu deras, menepilah sebentar hingga hujan sedikit reda. Jangan lupa juga bawa jas hujan terbaik rekomendasi BP-Guide di atas, ya!