10 Rekomendasi Kado Anak Perempuan 3 Tahun Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya (2020)

10 Rekomendasi Kado Anak Perempuan 3 Tahun Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya (2020)

Sumber gambar pinterest.com

Mau kasih kado apa ya untuk anak perempuan umur 3 tahun? Tentu saja si kecil sedang lucu-lucunya. Berikan kado yang bisa mendukung tumbuh kembangnya supaya lebih optimal. Kalau masih bingung, simak rekomendasi menariknya dalam artikel BP-Guide yang berikut ini, ya!

Di Usia 3 Tahun, Anak Perempuan Sedang Lucu-lucunya

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Tiga tahun adalah usia yang sangat penting bagi tumbuh kembang seorang anak. Di usia ini, mereka mulai bisa berbicara dengan jelas dan memanggil orang tua, saudara, dan keluarga lainnya. Itulah mengapa di usia ini anak sedang lucu-lucunya. Terlebih lagi anak perempuan. Mereka pasti sudah mulai mencoba makeup yang dimiliki ibunya dan ingin bergaya seperti sang mama.

Menyambut usia 3 tahun, tentu anak harus diberi kado yang berkesan untuknya. Anak perempuan yang berusia 3 tahun biasanya sudah punya warna kesukaan, boneka kesukaan, dan baju kesukaan. Sehingga memilihkan kado untuk mereka kadang bukan perkara mudah.

Tidak perlu khawatir. Anda akan menemukan rekomendasi yang tepat mengenai kado apa yang bisa diberikan untuk anak perempuan di usia 3 tahun.

Tahap Tumbuh Kembang Anak di Usia 3 Tahun

Perkembangan Fisik

Sumber gambar pinterest.com

Di usia yang menginjak tahun ketiga, perkembangan fisik anak akan sangat pesat. Langkah-langkah kakinya semakin kuat dan kokoh, bahkan ia kini sudah bisa berlari dan melompat. Tidak jarang perkembangan ini membuat Bunda merasa khawatir akan keselamatan si kecil.

Hal yang tidak kalah penting pada fase ini adalah ketrampilan motorik halus yang sudah harus dilatih di usia 3 tahun. Ajari si kecil untuk memasang tali sepatu, mengancingkan baju, menggambar, atau mewarnai. Selain itu, aktivitas fisik seperti menangkap dan melempar bola juga bisa melatih perkembangan fisik anak agar lebih optimal.

Perkembangan Kognitif

Sumber gambar kvia.com

Kemampuan kognitif erat kaitannya dengan kemampuan logis anak. Anak mulai banyak bertanya tentang berbagai hal yang ada di sekelilingnya. Inilah saat yang tepat untuk mengajari anak tentang pentingnya menjaga kebersihan, mengajaknya untuk merapikan tempat tidur sendiri di pagi hari, serta berbagai kegiatan lain yang bisa memacu kreativitas dan imajinasinya.

Memori anak di usia 3 tahun juga sedang berkembang, sehingga ia akan mengingat semua hal yang dikatakan oleh Bunda. Hindari berbicara dengan nada tinggi kepada anak ya. Ingatlah untuk selalu memberikan reaksi yang positif, meski anak melakukan kesalahan. Memperlakukan anak dengan kasar hanya akan menyebabkan trauma yang bisa membekas dalam dirinya sampai dewasa nanti.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Sumber gambar pinterest.com

Anak sudah mulai memiliki teman saat umurnya 3 tahun. Ini artinya, mereka mungkin mulai terlibat konflik dengan teman-teman sebaya. Biasanya mereka akan berebut mainan satu sama lain. Jika hal ini terjadi, biarkan anak terlibat dalam konflik dengan teman sebaya, setelah itu baru Bunda turun tangan untuk membuat mereka berdamai.

Kemampuan sosial lain yang harus dilatih pada anak adalah mengajari mereka untuk mengatakan "terima kasih", "maaf", dan "tolong" kepada orang lain. Anak mungkin juga akan panik dan takut ketika mereka bertemu dengan teman-teman baru. Di sinilah tugas Bunda untuk menjaga si kecil agar tetap tenang dan mendorong mereka untuk mau terbuka dengan orang yang baru dikenal.

Aktivitas Seru yang Bisa Menstimulasi Perkembangan Otak Anak Usia 3 Tahun

Permainan Pasir dan Air

Semua anak pasti suka bermain pasir dan air. Hal ini cukup membuat anak sibuk selama beberapa saat, namun Bunda harus tetap mengawasi si kecil selama bermain. Boleh saja mengajak anak ke pantai dan membiarkan mereka bermain. Namun jika rumah Bunda jauh dari pantai, kini banyak lho pasir kinetik dalam berbagai warna yang lebih aman dan tentunya bebas cacing. Permainan ini akan mengajarkan anak tentang tekstur, cairan, dan kepadatan.

Bermain Petak Umpet

Sumber gambar freepik.com

Permainan ini mungkin sudah populer sejak Bunda kecil, ya? Permainan yang sederhana ini dapat melatih kemampuan anak dalam bernavigasi dan mengenal ruang. Selain itu, mereka juga mulai mengenal apa itu yang namanya strategi karena mereka tidak boleh sampai tertangkap oleh lawan. Si kecil juga menjadi lebih paham tentang lokasi dan melatih kemampuan mereka dalam memprediksi.

Bermain Masak-masakan

Sumber gambar freepik.com

Anak perempuan biasanya suka meniru apa saja yang dilakukan oleh sang ibunda. Tidak terkecuali ketika ia melihat ibunya sibuk memasak di dapur. Secara intuitif, mereka pasti ingin membantu. Tidak perlu melarang si kecil, cukup berikan mereka bahan dan alat-alat yang aman sambil Bunda terus melanjutkan aktivitas memasak.

Ini artinya, sudah saatnya anak punya mainan masak-masakan. Ini juga bisa dijadikan sarana untuk memperkenalkan anak pada alat-alat rumah tangga. Biarkan si kecil memasak sesuka hatinya. Aktivitas berpura-pura ini sama seperti role play dan aktivitas abstraksi seperti saat ia menceritakan kembali isi buku.

Bermain Peran

Sumber gambar toyreviewexperts.com

Anak-anak yang berusia 3 tahun pasti sudah tahu apa yang menjadi cita-cita mereka, meski akan berubah-ubah nanti seiring ia bertumbuh dewasa. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkan bermain peran pada anak. Beberapa profesi yang populer di kalangan anak-anak adalah dokter dan polisi.

Mainan peralatan dokter lengkap dengan jas putih dapat membantu anak mengembangkan permainan peran tersebut. Anak pasti sering bertemu dengan dokter untuk imunisasi dan konsultasi kesehatan bukan? Tanpa disadari, mereka sudah mengenal dan tahu cara kerja dokter. Aktivitas ini sangat berguna untuk meningkatkan daya imajinasi anak.

Menceritakan Kembali Isi Buku Cerita

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Di usia 3 tahun, kemampuan bahasa anak sudah lebih jauh meningkat dibandingkan usia sebelumnya. Ia pasti sudah mengerti jalan cerita dari dongeng yang dibacakan oleh Bunda. Sesekali, minta anak untuk menceritakan kembali isi dari dongeng yang Bunda bacakan. Dari situ, Bunda bisa menilai sejauh mana kemampuan anak dalam memahami sesuatu yang disampaikan oleh Bunda. Apabila cerita si kecil masih kurang sempurna, hal itu sangat wajar.

Aktivitas seperti ini juga bisa menambah perbendaharaan kata si kecil. Apabila ia bertanya tentang istilah baru yang belum pernah ia dengar sebelumnya, jelaskan dengan bahasa yang mampu dicerna anak dengan baik. Banyak-banyaklah berkomunikasi dengan si kecil dengan berbagai cara, salah satunya melalui buku cerita.

Rekomendasi Kado Anak Perempuan Usia 3 Tahun agar Tumbuh Kembangnya Makin Optimal

Mainan Anak Little Doctor Set Angel Suitcase

Rekomendasi kado pertama untuk anak perempuan yang berusia 3 tahun adalah Mainan Anak Little Doctor Set Angel Suitcase. Ini merupakan satu set peralatan dokter mainan yang dikemas dalam koper lucu nan menggemaskan. Cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Peralatan yang ada di dalamnya cukup lengkap seperti termometer, stetoskop, senter, kemasan obat, dan alat periksa gigi. Warna pink-nya sangat menarik dengan desain unik yang pasti disukai anak. Mainan ini semakin meriah dengan lampu yang bisa menyala pada stetoskop dan alat periksa gigi. Tidak hanya itu, stetoskop juga bisa mendengarkan suara detak jantung sungguhan seperti alat aslinya.

Mainan ini berfungsi untuk melatih koordinasi mata dan tangan, serta membantu mengembangkan imajinasi mereka. Bahan plastik yang digunakan untuk membuat mainan ini halus dan kokoh, aman untuk si kecil.

Harga Rp. 120.000-300.000

BTWIN 500 Unicorn Sepeda Anak 14 inch untuk Usia Anak 3-5 Tahun - Pink

Bersepeda bisa melatih keseimbangan tubuh anak. BTWIN 500 Unicorn Sepeda Anak 14 inch untuk Usia Anak 3-5 Tahun - Pink dirancang khusus untuk anak, dilengkapi dengan stabilisator, bel, dan penjaga rantai sederhana. Frame sepeda dibuat lebih rendah sehingga mudah digunakan untuk anak-anak.

Renm Stop Easy didesain sesuai ukuran, bentuk, dan kekuatan tangan anak. Roda penyeimbang bisa dilepas dengan mudah saat anak sudah bisa mengendarai sepeda roda 2 dengan baik. Rangka sepeda terbuat dari bahan baja, sementara velg roda terbuat dari bahan aluminium. Warna pink dengan hiasan motif unicorn membuat sepeda ini semakin lucu dan menarik.

Harga Rp. 1.800.000-3.000.000

Dress Princess Aurora Pink B2W2

Tokoh princess pasti menjadi idola anak yang berusia 3 tahun. Mereka pasti ingin tampil cantik bak putri raja. Nah, biarkan mereka berimajinasi dengan gaun princess yang cantik ini. Dress Princess Aurora Pink B2W2 namanya.

Ini merupakan replika dari gaun Princess Aurora atau sang putri tidur yang dikutuk oleh penyihir jahat. Gaun berwarna pink cantik ini terbuat dari bahan satin yang halus dan licin. Model gaun ini dibuat kaku agar bisa mengembang dengan sempurna saat dikenakan. Cocok juga untuk dipakai si kecil saat menghadiri perayaan ulang tahun atau untuk role play biasa.

Harga Rp. 150.000-200.000

Play-Doh Sweet Shoppe Sundae Treats Mini Bucket

Berikutnya ada rekomendasi Play-Doh Sweet Shoppe Sundae Treats Mini Bucket yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan motorik anak. Play Doh original ini dapat membantu meningkatkan daya imajinasi anak, membiarkan mereka berkreasi sesuka hati. Anak-anak bebas membuat bentuk apa saja sesuai dengan yang mereka inginkan.

Tidak perlu khawatir dengan mainan yang satu ini. Produk clay dari Play Doh terbukti menggunakan bahan-bahan yang aman, tidak berbahaya bagi anak saat digunakan untuk bermain.

Harga Rp. 70.000-200.000

37 Keys Kid Organ Electric Piano Digital Music Electronic Keyboard

Sudah bukan rahasia lagi kalau musik bisa mendukung tumbah kembang anak secara lebih maksimal. Di usia 3 tahun, sudah saatnya anak mengeksplorasi kemampuan bermain musik mereka. 37 Keys Kid Organ Electric Piano Digital Music Electronic Keyboard bisa jadi pilihan yang tepat.

Mainan intelijensi ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan otak si kecil. Terdapat 3 macam nada, 8 macam ritme, dan 24 demo musik yang bisa dinikmati si kecil. Memiliki 37 macam kunci warna hitam dan putih yang bisa dimainkan. Piano elektronik ini juga dilengkapi dengan 1 buah mikrofon mini yang bisa digunakan anak untuk bernyanyi. Seru juga lho dimainkan bersama dengan orang tua!

Harga Rp. 150.000-300.000

Tomindo Water Magic Puzzle Transport LT2986

Rekomendasi selanjutnya adalah produk bernama Tomindo Water Magic Puzzle Transport LT2986. Mainan ini terdiri dari 6 buah cardboard yang bisa berfungsi sebagai puzzle dan coloring board. Spidol bisa diisi dengan air lalu digunakan dengan mudah. Uniknya, warna spidol bisa hilang hanya dalam waktu 5-10 menit saja sehingga bisa digunakan berulang-ulang.

Cardboard terbuat dari bahan tebal yang bagus dan aman. Ukuran board-nya adalah 20 x 20 cm per pcs. Mainan ini sekaligus dapat digunakan sebagai sarana mengenalkan jenis-jenis kendaraan dan transportasi kepada si kecil. Bisa untuk anak perempuan dan laki-laki lho!

Harga Rp. 130.000-200.000

Jam Tangan Imoo Watch Phone Z2

Anak-anak sudah mulai bergaul dan suka bermain di luar saat usianya 3 tahun. Bahkan sebagian dari mereka mungkin sudah bersekolah. Agar orang tua tetap merasa aman dan bisa memantau anak setiap saat, Jam Tangan Imoo Watch Phone Z2 bisa jadi rekomendasi kado yang tepat untuk mereka.

Jam tangan ini bisa digunakan untuk melihat waktu, melakukan panggilan telepon, serta panggilan video. Fitur lainnya adalah 2 MP Wide Angle Camera dengan 7 Types Accurate Locating, serta fitur Waterproof yang aman digunakan untuk berenang. Kualitas panggilan videonya sangat tinggi dengan Super Retina Display, sehingga orang tua bisa tahu di mana keberadaan anak dengan jelas. Kapasitas baterai ini cukup besar, yakni 700 mAh.

Harga Rp. 1.500.000-2.200.000

Tas Selempang Sling Bag Karakter Big Head

Si kecil pasti sudah bisa bergaya sendiri di umur 3 tahun. Meski belum sempurna, mereka sudah bisa memilih padu padan pakaiannya sendiri lho. Dukung gaya mereka agar semakin kece dengan Tas Selempang Sling Bag Karakter Big Head. Tas selempang lucu ini hadir dalam berbagai macam pilihan karakter seperti Micky Mouse, Minnie Mouse, dan Choco.

Terbuat dari bahan silikon yang berkualitas dan aman untuk anak. Panjang tali tas yang terbuat dari rantai mencapai 120 cm dengan ukuran 20 x 18 x 8 cm. Produk impor ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang anak seperti uang dan aksesoris mereka saat bepergian.

Harga Rp. 75.000-250.000

ONE-M24 Mainan Spraying Mist Kitchen Set Isi 65PCS

Jangan hanya membelikan mainan masak-masakan saja, Mainan Spraying Mist Kitchen Set Isi 65PCS pasti lebih menyenangkan buat si kecil. Semua peralatan yang ada bisa berfungsi seperti alat sungguhan lho. Kompornya bisa mengeluarkan uap seperti kompor asli, steamer bisa berputar, serta banyak laci dan lemari yang sangat mirip dengan kitchen set asli.

Peralatan dapur dalam kitchen set ini cukup lengkap. Antara lain seperti panci, wajan, gelas, kompor, saus, piring, dan masih banyak lagi. Terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas, sehingga tidak perlu khawatir saat dimainkan anak. Selain itu, papan menu pada mainan ini bisa ditulisi dengan kapur. Ada dua pilihan warna menarik untuk produk ini, yaitu pink dan biru tua.

Harga Rp. 600.000-1.600.000

Floswim Size S Cuddle Me Baju Renang Mengapung Anak

Bermain air sangat disukai oleh anak-anak. Namun di usia 3 tahun, mereka mungkin belum pandai berenang. Jelas orang tua akan merasa khawatir akan keselamatan anak mereka ketika bermain air. Untungnya kini ada Floswim Size S Cuddle Me Baju Renang Mengapung Anak.

Ini adalah produk Flotting Swimsuit pertama di Indonesia, yaitu baju renang yang bisa mengapung sehingga anak tidak akan tenggelam di kolam renang. Didesain khusus agar terrasa lentur, tidak bulky, dan bisa mengikuti bentuk tubuh anak. Fitur floating foam pada bagian kerah leher berfungsi sebagai pelindung anak. Bahan yang digunakan adalah nylon ply spandex khusus dengan gramasi 270 gsm yang lentur, nyaman, dan tebal.

Harga Rp. 150.000-300.000
From our editorial team

Kado yang Diterima Anak Saat Usianya 3 Tahun akan Selalu Diingat

Tidak seperti anak yang berusia 1 tahun, ketika usianya sudah 3 tahun ia bisa mengingat jenis-jenis kado yang ia terima. Jadi pastikan kado yang diberikan disukai si kecil agar selalu membekas di ingatannya. Dari berbagai rekomendasi di atas, tentu ada yang menarik perhatian bukan?