8+ Pilihan Terbaik Untuk Kado Anak Perempuan 6 Tahun di 2017

8+ Pilihan Terbaik Untuk Kado Anak Perempuan 6 Tahun di 2017

Anak adalah anugerah yang paling indah bagi kedua orang tua mereka. Untuk itu, setiap orang tua pasti berusaha untuk memenuhi kebutuhan sang anak. Sebentar lagi, putri tercinta Anda akan berulang tahun. Sudah tahu apa pilihan-pilihan terbaik untuknya? Kalau tidak, izinkan BP-Guide untuk memberikan Anda beberapa inspirasi.

Sebentar lagi, si cilik sudah berusia 6 tahun

Tumbuh kembang anak mulai bayi hingga masuk usia sekolah sangat cepat sekali progressnya. Ketika bayi ia mulai belajar merangkak, berdiri, berjalan, hingga berlari. Kemudian memasuki usia balita mereka bisa melakukan aktivitas kecil seperti mencuci tangan, berpakaian, hingga mengikat tali sepatu sendiri. Sebentar lagi, ia sudah akan memasuki usia sekolah, usia dimana ia akan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan, bermain bersama teman, hingga melakukan hobi yang ia suka.

Tips memberikan kado anak perempuan 6 tahun

Membeli kado untuk anak pastinya harus banyak yang akan dipertimbangkan. Jika Anda akan membeli kado untuk anak Anda sendiri pastinya akan lebih mudah karena Anda mengetahui kesukaan atau hobi anak Anda sendiri. Sebaliknya jika Anda ingin membelikan kado untuk keponakan maka akan sedikit bingung kado apa yang sebaiknya diberikan.

Jika Anda bingung maka sebaiknya buat daftar kado yang bisa diberikan untuk keponakan atau anak Anda. Setelah itu diskusikan daftar pilihan kado tersebut kepada orang-orang terdekat seperti ayah, ibu, bibi, atau keponakan Anda yang lain. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menentukan kado yang tepat. Memberikan kado kepada anak juga tak perlu mengeluarkan budget yang mahal. Hal yang paling penting ketika memberi kado adalah kado yang Anda berikan sesuai dengan kesukaan si anak dan sesuai dengan usianya. Kado-kado yang menunjang aktivitas anak maupun yang menunjang gerak motorik dapat menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu pemilihan kado harus disesuaikan juga dengan jenis kelamin anak itu sendiri misalnya anak Anda perempuan maka bisa memberikan kado berupa boneka warna pink dan jika Anda memberikan kado pada anak laki-laki bisa memberi mainan yang berwarna biru. Selain mainan, Anda juga bisa memberikan kado berupa barang-barang yang bisa digunakan sebagai sarana edukasi seperti buku. Namun jika anak Anda belum memasuki usia membaca maka pilihan mainan peran seperti perlengkapan alat dokter-dokteran atau alat masak-masakan juga bisa menjadi sarana untuk edukasi anak dengan memperkenalkan mereka pada berbagai macam profesi.

8 Inspirasi kado anak perempuan 6 tahun

LEGO Disney Princess

Sumber gambar www.youtube.com

Mungkin, Anda merasa daya imajinasi anak kurang berkembang akibat penggunaan gadget. Si anak sudah mengenal gadget dari usia dini sehingga mereka jarang mengembangkan imajinasi mereka. Apabila Anda merasa demikian, kado yang satu mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kado berupa mainan LEGO yang bentuknya berupa balok, dikatakan bisa melatih daya imajinasi anak karena LEGO mendorong anak-anak untuk mengubah balok-balok tersebut menjadi kendaraan, maupun tokoh-tokoh kartun. LEGO sendiri merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan sehingga tidak ada salahnya kalau diberikan kepada anak laki-laki juga (kecuali yang Disney Princess). Bahkan, yang satu ini tak ada batasan usia untuk memainkannya sehingga orang tua pun bisa ikut serta bermain lego dengan si anak.

LEGO bertema Disney Princess, seperti yang di atas, cocok diberikan kepada anak perempuan Anda apabila mereka gemar dengan Disney. Dijamin, anak Anda akan merasa sangat senang karena ia bisa berkreasi menciptakan tokoh-tokoh fantasi Disney melalui rangkaian balok yang disusun. Jika Anda tertarik untuk membelikannya LEGO, Anda boleh mencoba situs-situs online seperti bibli.com, amazon.com, dsb. Atau, beli saja di toko-toko mainan terdekat Anda.

Kisaran harga yang dijual di berbagai macam marketplace tersebut juga beraneka ragam, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp. 600.000. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan sepaket LEGO yang berisi 174 pcs bricks LEGO dan dengan ukuran 28 x 20 x 8 cm.

Boneka

Sumber gambar www.mudec.it

Ketika masih kecil, pastinya Anda juga suka bermain boneka-bonekaan. Meskipun terlihat sepele, bermain dengan boneka juga bisa meningkatkan daya imajinasi. Anak-anak bisa membayangkan atau memberikan karakter tertentu dengan boneka yang mereka miliki. Tak jarang anak-anak juga berkhayal dengan menciptakan cerita-cerita tertentu ketika bermain dengan boneka kesayangannya. Jika anak Anda masih berada pada masa berimajinasi maka hadiah boneka bisa menjadi kado ulang tahun spesial.

Boneka seperti Barbie tentu akan sangat disukai karena tokoh tersebut sudah sangat terkenal dengan berbagai macam film yang memiliki aneka versi. Dengan memberikannya boneka Barbie, maka anak Anda memiliki mainan baru yang juga bisa menjadi sarana untuk menstimulasi kecedasan otak kanan lewat daya imajinasi yang mereka ciptakan ketika bermain boneka Barbie. Selain itu boneka Barbie memiliki beragam pilihan baju atau gaun yang bisa digonta-ganti sehingga anak Anda pun tak cepat bosan. Anda bisa mendapatkan mainan Barbie dari situs-situs online seperti kidipal.com dengan harga Rp. 150.000 s/d Rp. 250.000 saja. Harga tersebut tentu setimpal dengan kualitas mainan tersebut. Dibuat dengan menggunakan bahan yang berkualitas tinggi, aman dari racuk, dan melalui proses pembuatan dengan menggunakan teknologi tinggi, keamanan mainan tersebut terjamin. Jadinya, orang tua tak perlu takut karena mainan satu ini sudah teruji aman untuk anak.

Stiker glow in the dark

Sumber gambar www.ebay.com

Jika anak Anda sudah beranjak besar mungkin mainan seperti boneka atau mobil-mobilan tidak lagi membuat mereka tertarik. Apalagi mainan tersebut biasanya harganya lebih mahal. Alternatif pilihan kado lain yang bisa kamu berikan kepada anak adalah stiker dinding yang glow in the dark.

Stiker dinding memang saat ini sedang popular dan banyak disukai anak-anak. Namun, stiker yang satu ini bukan stiker biasa karena bisa menyala dalam gelap. Sehingga, ketika anak Anda akan beranjak tidur dan mematikan lampu, stiker-stiker tersebut akan terlihat menyala dan membuat suasana kamar menjadi lebih indah. Anak-anak yang biasanya susah dibujuk untuk tidur pun pasti akan senang dengan stiker-stiker glow in the dark ini.

Dengan hanya sekitar Rp 30.000 sampai Rp 150.000., Anda bisa mendapatkan wall stiker di situs-situs online seperti Lazada, Tokopedia, atau toko buku Gramedia. Stiker ini biasanya tersedia dalam berbagai macam bentuk atau gambar seperti galaksi, bintang, planet, bangunan, bunga, hewan, maupun tokoh-tokoh kartun. Pemilihan gambar tersebut dapat disesuaikan dengan kesukaan sang anak.

Jam tangan lucu

Ketika anak sudah memasuki usia sekolah maka Anda bisa menghadiahi jam tangan yang bisa dipakai ketika berangkat sekolah. Dengan memiliki jam tangan tentu anak bisa berlatih membaca waktu pada jam analog karena biasanya anak-anak belum terbiasa untuk membaca waktu pada jam analog. Selain itu, dengan memberinya jam, anak bisa berlatih untuk disiplin waktu. Jam tangan untuk anak juga tersedia dalam bentuk-bentuk yang unik dan lucu sehingga anak pasti akan menyukainya. Jika anak Anda termasuk anak yang aktif dan suka bermain air, pilihlah jam tangan anti air untuk anak agar ketika ia bermain air dan lupa melepas jam, tidak akan ada masalah.

Jam tangan Japan Quartz Movement merupakan jam tangan tahan air yang cocok untuk anak anak. Anda bisa mendapatkannya di Lazada dengan kisaran harga Rp 450.000 - Rp 650.000. Kalau harga di atas terasa mahal, anda bisa mencari alternatif-alternatif yang lebih murah di situs yang sama atau situs-situs lain seperti Tokopedia.

Kostum untuk anak-anak

Sumber gambar www.pinterest.com

Permainan peran memang menjadi mainan favorit bagi anak-anak. Jika anak Anda gemar memainkan permainan peran seperti dokter-dokteran, masak-masakan, pilot, dan berbagai macam profesi lainnya, di hari spesialnya nanti tak ada salahnya untuk menambah koleksi permainan peran sang anak dengan koleksi baru yang belum mereka miliki. Apalagi dengan memberikan permainan tersebut anak-anak bisa belajar profesi-profesi tertentu sehingga ia memiliki gambaran akan berbagai macam profesi di dalam benaknya.

Tak jarang ketika bermain pretend play, anak akan melibatkan orang yang ada disekitarnya. Maka itu, sebagai orang tua, sebaiknya Anda tidak menolak ajakan anak untuk bermain. Anda bisa berpura-pura menjadi pasien ketika anak Anda memainkan peran sebagai dokter atau Anda bisa bisa berpura-pura sebagai pembeli ketika anak Anda memainkan peran sebagai chef. Koleksi pretend play tersebut dapat di beli di www.toyskingdom.co.id dengan kisaran harga Rp. 250.000 - Rp. 400.000.

Crayon set

Ketika sudah memasuki bangku sekolah, pasti kemampuan anak Anda berkembang pesat. Dulu, yang belum bisa menulis kini sudah bisa menulis berbagai macam alfabet. Dulu yang belum bisa menggambar kini sudah bisa menggambar berbagai macam bentuk. Bahkan, perlahan-lahan si anak juga bisa mewarnai bentuk yang ia gambar sendiri. Jika anak Anda sedang berada dalam tahap tersebut, maka fasilitasi mereka dengan memberikan perlengkapan sekolah seperti buku gambar, crayon, cat minyak, pensil, dan alat tulis lainnya. Manfaat peralatan menggambar seperti crayon set bisa merangsang indra motorik mereka dan menstimulasi mata dan perhatian anak dengan warna-warna yang beragam. Apalagi, crayon set akan membantu mereka dalam mewarnai gambar-gambar menarik yang mereka gambar sendiri maupun yang ada di dalam buku.

Namun, dengan banyaknya crayon yang beredar di pasaran dengan harga yang murah, orang tua harus lebih waspada karena tidak semua produk crayon di pasaran aman untuk digunakan. Crayon yang aman untuk anak adalah yang bebas bahan berbahaya (non-toxic) dan menggunakan pewarna makanan (foodgrade) sehingga ketika digunakan pun crayon tersebut akan aman bagi anak-anak. Crayon-crayon yang bermerek biasanya memiliki kualitas bagus serta aman untuk digunakan. Crayon set tersebut dapat ditemukan di toko buku Gramedia atau situs-situs untuk anak seperti kidipal.com dengan harga Rp. 100.000 dan ke bawah.

Rumah boneka

Jika ingin mencari hadiah ulang tahun spesial untuk anak perempuan Anda maka Anda bisa membelikannya rumah boneka serta miniatur-miniatur mini untuk melengkapinya. Mainan ini sangat ideal untuk anak perempuan karena mereka bisa bereksplorasi dengan bebas ketika memainkan berbagai macam karakter boneka.

Permainan ini memang dikhususkan untuk anak perempuan saja sehingga karakter-karakter boneka pun memang dibuat dengan mempertimbangkan segi psikologis anak perempuan. Biasanya satu set rumah boneka akan dilengkapi dengan mainan plastik lainnya seperti kursi, sofa, meja. Mainan yang didesain untuk anak perempuan ini bisa Anda dapatkan di toyskingdom.co.id. Set termahal di situs itu dilansir sekitar Rp. 4.000.000 dan memiliki ukuran pangjang 1,2 meter dan tinggi 1,3 meter. Jika Anda ingin sesuatu yang lebih ekonomis, Anda bisa mencarinya di situs online seperti Lazada, Kidipal dengan kisaran harga Rp 300.000 dan ka atas.

Tato temporary

Sumber gambar tattly.com

Ingin sesuatu yang benar-benar beda dari biasa? Anda bisa coba membelikan si kecil hadiah temporary tattoo. Temporary tattoo merupakan tattoo yang bisa hilang dengan sendirinya dengan waktu kira-kira satu minggu. Gambar-gambar yang lucu dan beragam akan membuat anak merasa lebih senang di hari spesialnya.

Namun, penggunaan tattoo temporary juga harus memperhatikan kondisi kulit si anak. Apabila anak Anda memiliki kulit yang sensitif, ada kemungkinan anak Anda akan merasa gatal akibat alergi saat menggunakan temporary tattoo ini. Tetapi, temporary tattoo yang menggunakan bahan tanaman seperti henna dan pewarna dari ekstrak sayur biasanya aman untuk digunakan. Untuk berjaga-jaga, pastikan dulu bahan dasar tattoo yang ingin dibeli tidak mengandung bahan sintetis yang beracun.

Anda bisa membeli temporary tattoo seperti ini di situs terpercaya seperti toyskingdom.co.id. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 12.000 - Rp 25.000.

From our editorial team

Hadiah terbaik memang untuk buah hati, namun ingat agar tak terlalu berlebihan

Memberikan hadiah seperti yang di atas memang bisa membahagiakan anak tetapi itu tidak berarti Anda harus memberikan anak Anda sebuah hadiah untuk setiap hari ulang tahunnya. Kita tidak mau anak kita menjadi terlalu manja, kan? Waktu spesial yang dihabiskan bersamanya juga bisa menjadi kenang-kenangan yang indah saat ia merenungkannya di masa depan. Setuju?