Cari Kado untuk Bayi? Ini 8 Inspirasi Kado untuk Bayi 2 Tahun (2020)

Cari Kado untuk Bayi? Ini 8 Inspirasi Kado untuk Bayi 2 Tahun (2020)

Siapa sih yang tidak ingin memanjakan anaknya saat ia masih batita? Semua orang tua tentu sangat sayang dan ingin memberikan yang terbaik. Anda ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi si kecil tapi kehabisan ide? Don't worry, kami punya rekomendasi produk yang sangat bermanfaat untuk bayi usia 2 tahun!

Jangan Bingung Menentukan Kado untuk Bayi 2 Tahun

Sebagai orang tua, memiliki anak bayi merupakan berkah dan kebahagiaan yang paling besar. Karena itu banyak orang tua yang senang merayakan ulang tahun demi ulang tahun anaknya hingga beranjak dewasa. Dari sekian banyak perayaan ulang tahun tersebut, yang paling berkesan dan ditunggu-tunggu tentu ulang tahun saat anak Anda masih kecil dibawah 5 tahun.

Jika anak Anda akan memasuki ulang tahunnya yang kedua, tentu Anda ingin memberikannya sebuah hadiah yang bagus dan berguna untuknya. Namun, sebelum itu Anda perlu mengenali karakteristik anak berusia 2 tahun terlebih dahulu.

Anak 2 tahun memiliki perkembangan emosi dan sosial yang bertahap, mereka mulai belajar untuk mengendalikan emosi dan berinteraksi dengan orang lain. Rasa ingin tahunya pun besar, ditunjang dengan sifat enerjik membuatnya begitu aktif bermain dan belajar.

Ada 3 kemampuan utama yang perkembangannya paling pesat pada anak berusia 2 tahun ini, yaitu kemampuan linguistik, berpikir, dan berkonsentrasi. Agar perkembangannya berlangsung dengan lancar dan baik, sebaiknya orang tua senantiasa mendampingi dan membimbing si kecil setiap saat.

Tips Mempersiapkan Kado untuk Bayi 2 Tahun

Jika anak Anda akan segera berusia 2 tahun, maka Anda harus segera mempersiapkan kado untuknya. Memilih kado untuk anak umur 2 itu gampang-gampang susah, karena pilihan yang tersedia banyak namun tidak semuanya cocok untuk diberikan pada anak Anda.

Hadiah untuk anak umur 2 tahun sebaiknya yang memiliki sifat edukatif, memuaskan rasa ingin tahunya, serta merangsang pertumbuhannya. Oleh karena itu, sebaiknya pilih mainan yang memiliki kegunaan seperti melatih soft skill untuk aktivitas sehari-hari contohnya membuka kancing, memakai baju, menyusun balok,dan lain-lain.

Pilihan lain adalah mainan yang melatih syaraf motoriknya seperti bola untuk melatih kemampuah berjalan dan berlari, atau sepeda roda empat atau tiga untuk melatih kemampuan mengayuh.

Ide Kado untuk Bayi 2 Tahun, Yuk Pilih Salah Satu yang Terbaik!

Building Blocks

Mainan yang dapat dibongkar-pasang seperti mobil truk ini juga memiliki manfaat yang serupa ditambah membantu perkembangan syaraf motorik, karena dalam memainkan mobil-mobilan si anak tentu harus ikut bergerak mengikuti mobilnya. Fire Truck buatan Lego Duplo ini merupakan mainan edukatif yang dapat merangsang imajinasi dan mengembangkan saraf motorik anak

Harga Rp. 414.000-659.000

Peralatan Renang

Membawa anak berumur 2 tahun bermain air di kolam renang adalah cara yang bagus untuk mengenalkannya dengan aktivitas berenang sehingga dia tidak akan takut air ketika bertumbuh dewasa.

Selain itu, kegiatan berenang menggunakan ban juga akan mempengaruhi kemampuan motorik anak dalam mengayunkan kaki sekaligus melatih kemampuan berjalan, karena akan terbantu dengan daya apung dari air.

Untuk itu, Anda dapat membelikan set pakaian renang dengan bahan yang nyaman untuk anak Anda. Usahakan memilih warna yang cerah agar anak Anda mudah dikenali dan hindari desain yang ribet dan berlebihan agar tidak mengganggu.

Harga Rp. 281.124

Bola

Mainan bola merupakan mainan yang digemari oleh semua anak di dunia. Mereka suka mengejar dan menangkap bola, karena sifatnya yang mudah menggelinding ke mana saja. Dengan Playgro Bendy Ball ini, anak Anda akan terlatih kemampuan motoriknya serta ketangkasannya dalam menangkap dan mengejar bola.

Harga Rp. 108.976-156.000

Boneka

Bermain boneka cenderung diidentikkan dengan mainan bagi anak perempuan. Namun sesungguhnya bermain boneka dapat memberikan banyak manfaat bagi anak laki-laki juga selain anak perempuan, lho!

Beberapa diantaranya adalah dapat meningkatkan imajinasi dan kreatifitas si anak, karena dia akan mendandani, memasang aksesori, dan mengarang cerita di dalam kepalanya soal boneka-boneka tersebut.

Selain itu, mainan boneka juga dapat membangun kepercayaan diri sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa si anak, dengan mengajak ngobrol bonekanya atau mengendalikan boneka tersebut sesuka hatinya.

Harga Rp. 77.900

Buku

Meskipun anak berumur 2 tahun belum bisa membaca sendiri, namun ia sudah dapat mengenali gambar dan bentuk serta menghafal kosakata. Padahal, buku merupakan sumber pengetahuan dan informasi yang baik.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua dapat berperan dalam membacakannya buku bergambar sambil mengajarinya berbagai benda dan hal yang belum ia ketahui.

Selain itu, kado berupa buku juga dapat merangsang tumbuhnya kebiasaan membaca pada anak sedari kecil, dan kegiatan membaca merupakan kebiasaan yang baik karena dapat menambah wawasan serta pengetahuan.

Harga Rp. 75.000-150.000

Jaket

Pakaian yang satu ini selain dapat membuat tampilan si kecil menjadi lebih modis, juga berfungsi sebagai penghangat tubuh agar tidak terkena penyakit seperti masuk angin, demam, dan sebagainya.

Selain itu, penting bagi si kecil untuk belajar mengenakan dan melepaskan pakaian secara mandiri sejak kecil, dan jaket merupakan pakaian yang cocok untuk hal tersebut karena umumnya jaket anak kecil menggunakan ritsleting sehingga mudah dibuka atau ditutup.

Harga Rp. 65.000-135.000

Sepatu

Sepatu merupakan benda wajib bagi semua orang tanpa terkecuali. Tentunya, anak Anda juga memerlukan sepatu baru untuk mengimbangi pertumbuhannya yang pesat.

Untuk anak kecil, sebaiknya Anda memilih sepatu yang memiliki bahan yang agak renggang agar sirkulasi udaranya lebih lancar, karena telapak kaki anak kecil berkeringat dua kali lebih banyak daripada orang dewasa.

Selain itu cari yang solnya kokoh dan tebal namun tetap lentur agar lebih mantap saat digunakan untuk berjalan sekaligus melindungi tulang kakinya, karena tulang kaki pada anak belum terbentuk sempurna hingga umur 5 tahun.

Usahakan jangan menggunakan sepatu yang terlalu pas atau sempit, karena dapat menghambat pertumbuhan kaki si anak.

Harga Rp. 37.125-85.000

Feeding Set

Makan merupakan kegiatan dasar yang penting bagi pertumbuhan semua anak. Namun, seringkali anak tidak mau makan karena lebih suka bermain dan tidak mau diam di satu tempat. Dengan peralatan makan yang menarik dan berbentuk seperti mainan, niscaya anak Anda tidak akan sulit lagi diatur untuk menghabiskan makanannya.

Sebelum membelikannya hadiah berupa peralatan makan mainan, Anda harus memperhatikan tingkat keamanan dan kenyamanan dari peralatan makan tersebut. Hendaknya alat yang digunakan tidak memiliki sisi tajam serta mudah digenggam anak kecil. Selain itu, jangan beli peralatan yang mengandung bahan berbahaya dan pilihlah yang warna atau bentuknya menarik.

Harga Rp. 56.580-64.000
From our editorial team

Apapun yang Anda pilih, pastikan barang tersebut aman dipakai anak Anda

Karena anak berumur 2 tahun masih belum bisa mengutarakan pendapatnya, Anda harus benar-benar memilih hadiah yang ternyaman dan terbaik untuk anak Anda. Pastikan yang dibeli tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan tumpul sehingga tidak bisa mengakibatkan luka luar kepada anak Anda.