Sebelum Beli Mainan untuk Anak, Lihat Dulu 9 Rekomendasi Mainan Kekinian Ini yang Sesuai untuk Perkembangannya

Sebelum Beli Mainan untuk Anak, Lihat Dulu 9 Rekomendasi Mainan Kekinian Ini yang Sesuai untuk Perkembangannya

Berbagai mainan anak yang ada di pasaran ternyata sanggup membuat orang tua bingung. Inginnya memberikan mainan yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif. Nah, agar tak salah pilih mainan, simak rekomendasi mainan kekinian yang mengikuti perkembangan zaman berikut ini.

Mainan Anak Indonesia Berkembang Mengikuti Zaman

Sumber gambar Shutterstock

Masa anak-anak adalah masa bermain untuk mengeksplorasi dunia sekitarnya. Masa ini paling diingat sebagai masa yang menyenangkan karena anak-anak tidak memiliki banyak pikiran yang rumit dan dunianya hanya bersenang-senang serta belajar.

Jenis mainan dari tahun ke tahun selalu berkembang dengan pesat. Bukan hanya jenis permainan tradisional saja yang berkembang, namun mainan anak di zaman modern ini juga makin beragam.

Aneka permainan yang ada selain menyenangkan untuk dimainkan juga bisa memberi manfaat untuk mereka yang memainkannya. Ajak anak bermain sambil belajar supaya ia bisa merasa senang dan tidak merasa tertekan meski secara tidak langsung ia sedang belajar.

Manfaat Bermain bagi Anak yang Perlu Anda tahu

Meningkatkan Kreativitas

Sumber gambar Shutterstock

Bermain bukan kegiatan yang sia-sia dan membuang waktu semata. Untuk anak, bermain adalah waktu yang penting dan berkualitas. Sediakan waktu secukupnya bagi buah hati untuk bermain sehingga ia bisa mendapatkan manfaat baik dari bermain.

Salah satu manfaat bermain bagi anak adalah untuk meningkatkan kreativitas si kecil. Anak akan mampu mengeluarkan ide yang orisinal meski kadang sedikit abstrak dan penuh imajinasi.

Sarana Berlatih Bahasa

Sumber gambar Shutterstock

Bahasa penting dipelajari anak untuk alat komunikasi dan menumbuhkan interaksi sosialnya dalam keseharian. Mempelajari bahasa bisa dilakukan lewat sebuah permainan. Anda bisa mengajarkannya banyak kosa kata baru dan cara merangkai kata.

Mainan yang tepat bisa Anda berikan kepada buah hati sekaligus untuk mengajarkan bahasa. Misalnya saja boneka bisa dipakai anak untuk berlatih bahasa dan memperbanyak kosakata.

Merangsang Perkembangan Sensorik dan Motorik

Sumber gambar Shutterstock

Bermain bisa merangsang perkembangan sensorik dan juga motorik anak. Anak akan bisa mempelajari cara menghadapi situasi kehidupan dengan bermain. Mereka juga bisa belajar mencari solusi saat ada masalah yang mereka hadapi kala bermain.

Nah, masih banyak loh permainan yang seru dan bisa mengajarkan hal baru pada anak. Bersama BP-Guide kita lihat yuk aneka pilihan mainan anak Indonesia.

9 Pilihan Mainan Anak Indonesia

MGL Toys Peta Indonesia Kayu Mainan Puzzle

Sumber gambar Blibli

MGL Toys Peta Indonesia Kayu Mainan Puzzle in adalah jenis permainan yang seru untuk dimainkan bersama buah hati. Mainan yang satu ini mudah dimainkan dan bisa merangsang kreativitas si kecil.

Awali dengan menunjukkan gambar utuhnya. Selanjutnya mulai balik mainan dan acak potongan gambarnya. Anda bisa mengajak si kecil untuk menyusunnya kembali untuk mengasah memorinya.

Mainan yang satu ini terbuat dari bahan MDF yang aman untuk buah hati. Anak bisa mengenal warna dan bentuk, melatih kesabaran, serta melatih motorik halus kala memainkannya. Anda bisa membeli mainan seru ini di Blibli dengan harga Rp 36.750.

Atham Toys Mainan Kayu Edukatif Alphabet Berdiri Indonesia

Sumber gambar Tokopedia

Atham Toys Mainan Kayu Edukatif Alphabet Berdiri Indonesia ini tentu bisa menjadi sarana belajar bagi si kecil. Anak akan senang hati memainkannya tanpa merasa ia sedang belajar. Mainan ini terbuat dari kayu pinus yang tebal sehingga aman dimainkan.

Produk ini akan bisa menambah kosa kata bahasa anak. Selain itu, mainan ini bisa juga membuat anak mengenal gambar benda, hewan, alat musik, dan alat transportasi. Lewat mainan ini juga, si kecil bisa melatih daya pikir dan imajinasinya.

Cocok diberikan pada anak usia 3 tahun ke atas, mainan ini membantu anak melatih kesabaran serta motorik halusnya. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 120.000.

L'abeille Indonesia Tricycle Ride-On Toys

Sumber gambar Blibli

L'abeille Indonesia Tricycle Ride-On Toys tidak boleh ketinggalan untuk Anda berikan pada si kecil. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 58.5 x 38 x 83 cm dengan desain yang menyenangkan. Mudah dipasang, mainan ini juga mudah untuk disimpan. Ada tongkat pendorongnya, mainan ini aman untuk si kecil.

Anda bisa memainkan ini bersama anak di dalam atau di luar rumah. Sepeda yang satu ini terbuat dari bahan plastik berkualitas yang tahan lama. Anda bisa membelikan produk ini untuk anak di Blibli dengan harga Rp 350.000.

JM INDONESIA Dancing Princess Boneka Putri Sofia Mainan Anak Perempuan

Sumber gambar Blibli

JM INDONESIA Dancing Princess Boneka Putri Sofia tentu bisa menjadi hadiah ulang tahun yang menarik bagi si kecil. Mainan untuk anak perempuan ini terbuat dari bahan plastik dengan desain yang ceria. Bisa berjalan dan berputar, mainan ini juga bisa mengeluarkan lampu merah, biru, dan hijau.

Boneka setinggi 26 cm ini bisa diberikan pada anak dengan usia 3 tahun ke atas. Untuk memainkannya pasang dulu 2 buah baterai AA. Produk seberat 700 gram ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 87.900.

Istana Bintang Mainan Kayu Lingkaran Hitung Mainan Anak

Sumber gambar Blanja

Istana Bintang Mainan Kayu Lingkaran Hitung Mainan Anak adalah mainan berikutnya yang bisa Anda lirik untuk diberikan kepada si kecil. Mainan ini akan menambah pengetahuan anak secara tidak langsung. Saat memainkannya ia akan belajar warna dan bentuk. Anak juga bisa belajar berhitung lewat mainan yang satu ini.

Produk dari bahan MDF ini memiliki ukuran 7 x 14 x 30cm. Anda bisa melepaskan semua bijinya baru kemudian memberi contoh pada anak cara memainkannya. Mainan ini cocok diberikan pada anak berusia 3 tahun ke atas yang dapat melatih kesabaran serta motorik halus anak. Dapatkan di Blanja dengan harga Rp 90.000.

TOMINDO Gitar Jerapah Mainan Anak

Sumber gambar Lazada

TOMINDO Gitar Jerapah Mainan Anak ini juga bisa menjadi pilihan permainan untuk anak. Terbuat dari bahan yang aman, mainan ini sudah memiliki sertifikat SNI. Gitar mainan ini cocok untuk diberikan kepada anak usia 3 tahun ke atas.

Dengan memainkannya, maka anak akan bisa melatih indera penglihatan, pendengaran, dan peraba. Anda juga bisa mulai mengenalkan nada musik hingga suara hewan pada anak lewat alat ini. Produk ini harus diberi 3 buah baterai AA dulu untuk bisa dimainkan. Mainan ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 69.000.

Sugu Mini Market Mainan Anak

Sumber gambar Bukalapak

Sugu Mini Market Mainan Anak ini juga tidak boleh dilewatkan sebagai pilihan. Dijual satu set, mainan ini terbuat dari bahan plastik dengan desain yang menarik. Anda bisa memberikan mainan ini untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Mainan ini juga telah memiliki sertifikat SNI sehingga aman dimainkan anak di rumah. Cake shop stand hadir dengan dimensi 37 x 20 x 38.5cm. Ada pula uang mainan dan mesin cash register yang dapat berbunyi menggunakan 3 buah baterai AA. Produk menarik ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 225.000.

Cotton Magic Sand Dinosaurus Mainan Pasir Kinetik

Sumber gambar Tokopedia

Cotton Magic Sand Dinosaurus Mainan Pasir Kinetik bisa Anda berikan kepada si kecil sebagai mainan yang seru. Mainan edukasi ini dipersembahkan oleh PT. Acosta Super Food. Selain berisi pasir kinetik, mainan ini juga lengkap dengan cetakan dengan aneka bentuk yang lucu. Anak bisa mengembangkan imajinasinya sembari belajar dengan mainan ini.

Sudah ada sertifikat dari SNI sehingga membuat mainan ini aman dimainkan. Bahannya mudah dibentuk, tidak lengket, dan tidak pernah kering. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

KLTOYS JJ02 E-Book 3 Bahasa Indonesia English Arab Buku Pintar Elektronik Anak

Sumber gambar Blibli

KLTOYS JJ02 E-Book 3 Bahasa Indonesia English Arab Buku Pintar Elektronik Anak ini tentu saja bisa menjadi pilihan bagi si kecil. Mainan ini desainnya begitu menarik sehingga membuat anak semangat memainkannya.

Si kecil bisa mempelajari ilmu pengetahuan lainnya lewat 10 halaman touch pad ini. Anak akan belajar aneka huruf, angka, hingga bentuk lewat permainan yang satu ini.

Mainan edukasi in dirancang untuk membantu si kecil belajar lebih baik. Dapatkan mainan ini di Blibli dengan harga Rp 73.000.

From our editorial team

Bermain Sambil belajar

Bermain sambil belajar adalah cara yang asyik untuk diterapkan pada anak. Anda bisa mengaplikasikan di dunia nyata dengan memberikan mainan edukasi menyenangkan. Tak hanya itu, jika Anda ikut bermain bersama anak, maka ikatan antara Anda dan si kecil pun akan semakin kuat.

Tag