10 Pilihan Seblak Instan yang Rasanya Bangkitkan Semangatmu! (2022)

10 Pilihan Seblak Instan yang Rasanya Bangkitkan Semangatmu! (2022)

Siang yang terik enaknya makan yang pedas-pedas. Salah satu yang bisa kamu coba adalah seblak. Makanan yang satu ini mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Eits, meski harganya terjangkau tapi rasanya sangat enak, loh! Kamu bahkan bisa memilih tingkat kepedasannya dan juga isian toppingnya! Nah, simak rekomendasi seblak instan dari BP-Guide, yuk!

Mengenal Asal Usul Seblak

Siapa sih yang tidak suka seblak? Makanan pedas yang satu ini begitu digandrungi beberapa tahun belakangan ini. Berasal dari daerah Jawa Barat, makanan ini bikin siapa saja yang memakannya jadi lebih semangat. Rasa khas bumbu kencur dan rempahnya berpadu dengan pedasnya cabai sehingga bikin indera perasa seakan dibangkitkan.

Tidak ada bukti tertulis yang pasti tentang asal mula munculnya seblak. Ada yang bilang seblak adalah makanan asal Bandung, namun ada juga yang mengatakan bahwa asal seblak dari Cianjur. Jelasnya, seblak berasal dari Jawa Barat. Makanan ini berasal dari kreativitas masyarakat Jawa Barat. Meski seblak muncul mulai tahun 1990-an, seblak baru mulai populer pada awal 2000-an hingga sekarang.


Kata seblak berasal dari kata segak dan nyegak yang merupakan bahasa Sunda. Artinya adalah menyengat. Satu hal yang membuat seblak begitu banyak diminati adalah sensasi pedasnya. Ini bikin banyak masyarakat tertantang untuk mencoba rasa pedas yang ditawarkan. Terlebih lagi kita bisa menyesuaikan tingkat pedasnya. Isian seblak sendiri beragam, mulai dari kerupuk, makaroni, bakso, aci, dan lain sebagainya.

Fakta-fakta Menarik Seputar Seblak

Sering Dikira Krupuk Godog

Fakta pertama yang menarik mengenai seblak adalah, makanan ini kerap disamakan dengan makanan khas Sumpiuh, Jawa Tengah. Di Sumpiuh sendiri ada kuliner bernama krupuk godog. Kuliner ini terbuat dari kerupuk dan memiliki cita rasa pedas. Kerupuk godog sudah ada sejak tahun 1940-an lalu. Banyak yang mengatakan kuliner ini merupakan cikal bakal dari seblak.

Sekilas, keduanya memang tampak sama. Meski demikian, ada perbedaan yang jelas antara kerupuk godong dan seblak. Perbedaan utama ada di rasa kuahnya. Kuah seblak lebih kaya rempah karena ada pemakaian kencur yang cukup banyak.

Banyak Manfaat Kesehatannya

Kamu pasti tidak mengira jika semangkuk atau sepiring seblak bisa memberikan manfaat kesehatan juga, loh. Pertama, seblak bisa jadi sumber vitamin C. Dalam seblak terdapat banyak cabai yang kaya akan vitamin C yang bisa menjadi antioksidan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin C juga bisa mencegah penuaan dini dan mencegah sariawan.

Selanjutnya, seblak juga bisa membantu menyehatkan jantung. Ini karena kandungan cabai bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Cabai mengandung bahan capsaicin yang efektif melawan inflamasi dan beresiko meningkatkan penyakit jantung.

Manfaat kesehatan selanjutnya dari seblak adalah bisa membantu menurunkan berat badan dan bisa mengontrol stres. Saat kita memakan seblak, tubuh jadi berkeringat dan terasa panas. Tubuh bisa membakar kalori dengan lebih banyak sehingga berat badan bisa berkurang. Selain itu, saat kita makan makanan pedas, tubuh bisa menghasilkan hormon yang bisa menghilangkan stres. Mood jadi membaik dan membuat kita kembali bersemangat beraktivitas.

Seblak juga bisa jadi sumber protein. Dalam seblak umumnya ada daging ayam atau sapi yang tinggi protein untuk tubuh. Protein juga bisa membuat pertumbuhan tubuh lebih cepat dan bikin perut terasa kenyang lebih lama.

Varian Isi Makin Beragam

Bahan utama seblak adalah kerupuk yang dimasak dengan cara direndam air panas, direbus maupun dikukus hingga matang. Dengan cara masak tersebut, kerupuk seblak jadi memiliki tekstur kenyal dan unik.

Untuk bahan lain dari seblak, dulunya varian isiannya hanyalah telur orak arik dan kubis. Namun, semakin kesini, isian seblak makin variatif. Kita bahkan bisa menambahkan bahan favorit yang kita inginkan. Ada yang menambahkan daging ayam, bakso, cilok, ceker ayam, mi, hingga keju mozzarella.

Kembali Populer Sejak ada Ojek Online

Fakta lain yang wajib kamu ketahui soal seblak adalah makanan ini mulai kembali populer belakangan ini. Makanan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja seblak mulai kembali dilirik dan jadi camilan favorit kapan saja mulai tahun 2016 silam.

Salah satu hal yang menjadi pemicunya adalah adanya keberadaan ojek online. Adanya ojek online bikin masyarakat lebih mudah membeli seblak dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu lagi antri atau bingung memilih seblak yang mana karena adanya aplikasi ojek online membuat kita bisa tahu mana seblak yang populer dan enak rasanya.

Yuk, Segera Check-out Seblak Instan Terbaik Berikut!

Marenta Seblak Instant Bandung

Marenta Seblak Instan Bandung merupakan rekomendasi pertama kami. Seblak yang satu ini sudah memiliki izin P-IRT dan Halal MUI jadi lebih aman untuk dikonsumsi. Diproduksi di Bandung dan dibuat dengan bahan-bahan pilihan, dijamin seblaknya bikin nagih. Rasanya enak dan tentu bikin ngiler siapa saja yang mencium aromanya.

Isiannya lengkap mulai dari kerupuk, mi, baso aci, macaroni, tahu kering, bumbu-bumbu, dan sambalnya. Cara bikinnya mudah, tinggal lihat di balik kemasannya. Cepat disajikan dan nikmat disantap bersama keluarga atau teman.

Harga Rp. 12.900-15.500

Seblak Basah Instan Good Friend

Seblak Basah Instan Good Friend tak kalah nikmat dan wajib kamu cobain. Makanan khas Bandung ini kini hadir dalam bentuk instan siap seduh saja, loh. Hadir dalam bentuk cup dengan penyajian yang sangat mudah. Seduh semua bahan air panas, tunggu 3 menit, tiriskan air dan masukkan bumbu yang tersedia. Aduk rata dan siap disajikan.

Ada varian original dan ekstra pedas. Isiannya komplit, ada macaroni, kerupuk, aci, serta aneka bumbu dan sambalnya.

Harga Rp. 11.300-13.999

Kylafood Seblak Original

Kylafood Seblak Original merupakan seblak instan yang dikemas dalam kemasan plastik pouch yang mudah dibawa kemana saja. Cocok untuk dimakan sendiri atau untuk oleh-oleh. Ada pilihan rasa original dan ada juga pilihan rasa mie baso sapi dan tulang rawan. Rasanya nikmat dengan aroma otentik rempah khas Indonesia.

Isinya lengkap, ada Aneka Kerupuk, Batagor Kering, Siomay Kering, Cilok, Sambal, dan Bumbu Khas. Produk ini tahan 7 hari di suhu ruang dan 30 hari di dalam freezer. Sudah memiliki izin P-IRT sehingga aman untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 20.500-23.000

Cancimen Seblak Instant Original Pedas

Cancimen Seblak Instan Original Pedas hadir dengan rasa dominan gurih pedas. Pecinta makanan pedas wajib cobain yang satu ini. Hadir dalam kemasan cup sehingga bisa sekalian jadi wadah makannya juga. Harga dan rasanya bersaing. Ada banyak pilihan rasa yang bisa dipilih juga.

Ada P-IRT dan izin Halal MUI sehingga aman untuk dikonsumsi. Tahan hingga 6 bulan lamanya. Bumbu Seblaknya dilengkapi dengan kuah khas cita rasa dari Bandung bikin ngiler dan nagih terus.

Harga Rp. 15.400-19.000

Seblak Capcuss Jenk Minul

Seblak Capcuss Jenk Minul dikemas dalam cup yang mudah dibawa kemana saja. Ini juga praktis tinggal tambah air panas dan seduh. Wadahnya bisa sekalian untuk tempat makannya. Praktis untuk oleh-oleh atau dimakan sendiri bersama keluarga dan teman. Isiannya lengkap mulai dari kerupuk, mi, pilus, somay goreng, dan lain sebagainya.

Bumbunya nendang dan pastinya pedasnya nampol. Dijamin bikin ngiler dan bikin nagih siapa saja yang mencium aroma segarnya.

Harga Rp. 22.000-39.000

Mommyindo Seblak Basah Instan Mommy Rasa Pecel

Mommyindo Seblak Basah Instan Mommy Rasa Pecel adalah seblak dalam kemasan cup yang wajib kamu lirik jadi pilihan. Seblak yang satu ini unik karena memiliki varian rasa pecel yang tentunya jarang dimiliki seblak lain yang umumnya hanya memiliki varian rasa standar. Kamu yang ingin coba seblak dengan varian rasa beda, wajib coba seblak Mommy ini, ya. Selain rasa pecel, ada varian rasa lain seperti, original, iga bakar, rendang, dan rica-rica.

Tinggal seduh dan masukkan bumbu-bumbu yang tersedia. Pedasnya juga bisa dikontrol sesuai keinginan. Dalam pembelian selain bahan seblak juga ada bumbu perasa, bubuk cabai, minyak bumbu, topping pelengkap, dan sendok.

Harga Rp. 11.400-12.000

Seblak FCK - Seblak Aci Instant

Seblak FCK - Seblak Aci Instant merupakan pilihan lain yang bisa kamu coba. Produk dikemas dalam pouch plastik. Mudah disajikan tinggal diseduh dan dimasak sebentar. Siap dalam sekejap dengan rasa yang nikmat. Produk sudah ada P-IRT dan Halal MUI jadi aman untuk dikonsumsi.

Kamu bisa menjadikannya sebagai pilihan oleh-oleh. Rasanya enak dengan pedas yang pas dan bikin nagih. Produk yang satu ini isiannya lengkap dengan pilus.

Harga Rp. 12.000-32.000

Seblak special Cikura

Seblak special Cikura bisa kamu lirik jadi pilihan. Produk ini tahan 3 bulan di kulkas dan 5 bulan di freezer. Produk bisa tahan di luar ruangan hingga 60 hari. Terbuat dari bahan-bahan pilihan dan diolah secara higienis sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa enak. Mudah dimasak dan rasanya juga sangat bikin nagih. Kamu pasti senang mengonsumsinya bersama keluarga dan teman.

Isinya lengkap. Ada kerupuk warna, kerupuk oren, kerupuk bawang, mie, cuanki lidah, dan pangsit mini. Untuk bumbunya penuh dengan rempah yang kuat. Dengan tambahan kencur dan cabai, bumbu dibuat homemade dengan proses penggorengan dengan minyak hingga 200 derajat agar tahan lama.

Harga Rp. 10.500-21.000

Seblak Instan Donatmieku

Seblak Instan Donatmieku merupakan produk yang wajib kamu coba bersama teman dan keluarga. Seblak instan ini mudah dibuat dan diracik sendiri di rumah. Rasanya enak dan bikin nagih. Produk ini 4 hari di suhu ruang dan 6 bulan di dalam freezer. Cocok jadi oleh-oleh atau dimakan sendiri.

Isiannya lengkap terdiri dari Kerupuk Udang, Kerupuk Bawang, Kerupuk Mawar, Kerupuk Kepang, Makaroni, dan Mie. Pembelian sudah termasuk Topping Sosis 2pcs, Siomay Goreng, Bumbu Seblak khas Domieku, Sambal Seblak khas Domieku, dan Penyedap serta cabe bubuk.

Harga Rp. 15.000

Seblak Instant Juragan Sampurasun

Seblak Instant Juragan Sampurasun adalah produk yang dibuat dadakan saat orderan masuk. Ini menjadikan semua komponen didalam kemasan fresh dan tahan lama. Rasanya pun enak dan ngangenin tentunya. Produk memakai Chili Oil untuk menciptakan sensasi pedas yang meledak di lidah. Kuahnya merah menjadikannya menggugah selera makan. Semua komponen di dalam kemasan di vakum dan diseal sehingga semua komponen awet dan tahan lama.

Isiannya terdiri dari mie kuning, siomay lidah, siomay bulat, pilus, dan kerupuk warna-warni. Ada juga kerupuk potato, kerupuk ulir, bumbu asin, chili oil, sambel, dan jeruk nipis. Cukup direbus hingga mendidih dan siap disajikan.

Harga Rp. 9.500
From our editorial team

Seblak Aman Dikonsumsi

Beberapa dari kita mungkin khawatir akan ada penyakit atau komplikasi yang terjadi jika kita makan makanan yang terlalu pedas seperti seblak. Namun, kamu tenang saja, sebab seblak aman untuk dikonsumsi. Banyak yang mengatakan makanan ini jadi sumber usus buntu. Faktanya, makanan ini juga bukan satu-satunya biang keladi untuk penyakit usus buntu. Kamu bisa tenang mengonsumsinya asalkan tidak berlebihan. Selain itu, kamu juga wajib mengimbangi dengan makanan yang lebih bergizi seperti buah dan sayur.