Butuh Cocolan Enak? 10 Rekomendasi Saus Tomat ini Bisa jadi Pilihanmu! (2021)

Butuh Cocolan Enak? 10 Rekomendasi Saus Tomat ini Bisa jadi Pilihanmu! (2021)

Dari aneka makanan yang kita konsumsi setiap hari, selalu ada saja makanan atau camilan yang lebih enak dikonsumsi dengan saus tomat. Nah, kalau kamu pecinta saus tomat, tentunya wajib tahu saus tomat terenak yang bisa jadi pilihan kamu. Semisal kamu lagi bosan dengan saus tomat yang biasa kamu beli, coba deh cek rekomendasi dari kami, dan coba salah satunya!

Saus Tomat Lengkapi Aneka Hidangan

Sore hari enaknya memang ngemil. Camilan kita bisa berbeda-beda. Ada yang ngemil makanan ringan seperti french fries, nugget, dimsum, dan aneka forzen food. Ada juga yang lebih gemar mengonsumsi camilan berat seperti bakso, pasta, pizza, atau burger. Ngemil aneka camilan tersebut akan lebih enak jika kita menambahkan bahan tertentu, yakni saus tomat.

Beberapa dari kita mungkin tidak bisa menikmati makanan tanpa saus sambal. Namun, peran saus tomat juga tak kalah penting dari saus sambal, loh. Saus tomat bisa melengkapi saus sambal. Selain itu, untuk kamu yang tidak suka pedas, saus tomat bisa jadi pilihan tepat untuk pendamping aneka makanan dan camilan.

Saus tomat yang berkualitas dibuat dari tomat segar pilihan. Saus semacam ini kaya akan vitamin A dan C yang tentunya baik untuk kesehatan. Tomat juga kaya likopen yang merupakan antioksidan alami. Likopen bisa melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker prostat. Likopen akan lebih mudah diserap tubuh jika tomat sudah diolah menjadi pasta atau saus tomat.

Saus tomat aman dikonsumsi asalkan kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Kamu bisa mengonsumsinya bersama aneka hidangan. Nah, jangan sampai kamu salah pilih saus tomat, ya! Simak cara memilih saus tomat berkualitas di bawah ini!

Tips Memilih Saus Tomat Berkualitas

Cek Komposisi dan Perhatikan Kemasan

Cek komposisi saus tomat yang akan kamu beli. Setiap produk saus tomat tentulah sudah mengandung bahan tambahan, baik bahan alami maupun zat aditif. Bahan tambahan tersebut bisa beripa rempah yang bikin rasa saus tomat jadi lebih enak. Sementara, zat aditif biasanya diberikan supaya rasa saus lebih kuat dan bisa tahan lama digunakan. Kamu wajib teliti mengecek presentase serta takaran yang jelas pada kemasan.

Selain mengecek komposisi, jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsa pada saus. Pilih saus tomat dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama agar aroma dan rasa saus lebih terjamin. Cek juga logo yang menunjukkan bahwa saus aman dikonsumsi. Misalnya logo BPOM, logo Halal MUI, logo PIRT, atau Depkes. Dengan adanya aneka logo tersebut maka kamu bisa tenang mengonsumsi saus tomat karena terjamin kualitasnya.

Pilih Rasa Alami atau Berbumbu

Bukan hanya saus sambal saja yang memiliki varian rasa, loh. Saus tomat juga memiliki varian rasa. Meski demikian, varian rasanya tidak ditunjukkan melalui keterangan pada kemasan atau penamaan produk layaknya saus sambal. Kita hanya bisa merasakan bahwa saus tomatnya sedikit berbeda.

Secara umum, ada dua jenis saus tomat, yakni saus tomat murni dan juga saus tomat yang berbumbu. Saus tomat murni memakai bahan dasar seperti tomat, bawang putih, dan bawang merah saja. Sementara itu, saus tomat berbumbu sudah memiliki campuran bahan rempah lainnya sehingga rasanya lebih kaya.

Kamu bisa memakai saus tomat murni untuk aneka masakan. Cocok untuk bahan seperti seafood, ayam, jamur, dan aneka sayuran. Saus tomat murni juga bisa jadi cocolan enak. Kamu boleh juga memakainya sebagai bahan tambahan masakan yang direbus untuk memperkuat rasa masakan.

Di sisi lain, saus tomat berbumbu memiliki rasa yang lebih kaya. Ini cocok untuk cocolan sehingga rasa makanannya lebih nendang. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai toping pizza, toping burger, dan lainnya. Saus berbumbu bisa juga jadi campuran untuk olahan daging, sayuran, ikan, bahkan pasta.

Lihat Warna Saus

Warna saus juga bisa menunjukkan kualitas saus yang kamu konsumsi, loh. Kebanyakan saus memakai pewarna makanan yang berlebihan, umumnya saus semacam ini belum BPOM. Bisa jadi warnanya terlalu mencolok karena berasal dari pewarna tekstil yang mengandung berbagai zat berbahaya bagi tubuh manusia. Maka dari itu, waspadalah jika membeli saus tomat dengan warna yang terlalu terang atau mencolok.

Perhatikan Tekstur dan Aroma

Saat memilih saus tomat, perhatikan tekstur dan aromanya. Ini untuk memastikan bahwa kondisi saus tomat masih segar dan bagus. Saus yang lebih cair menunjukkan bahwa bahannya tercampur rata. Sementara saus yang terlalu kental menunjukkan bahwa sausnya kurang higienis dan bahkan bisa terlihat buih tepung.

Dari segi aroma, saus yang alami bisa mengeluarkan aroma dari bahan baku alami yakni tomat. Sementara, saus yang kurang bagus bahannya biasanya aromanya lebih menyengat dan tidak tercium aroma tomatnya sama sekali.

Ini Loh Rekomendasi Saus Tomat Enak dan Aman untuk Keluarga di Rumah

ABC Saus Tomat

ABC Saus Tomat merupakan produk hasil olahan bahan yang alami. Cita rasanya kuat dan begitu nikmat. Saus ini dibuat dari bahan-bahan pilihan berkualitas. Proses pembuatan dan pengemasannya juga terjamin sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Produk saus tomat ini bahkan sukses menembus pasar luar negeri sejak tahun 1980. Tersedia dalam aneka kemasan sehingga kamu bisa memilih mana yang sekiranya kamu butuhkan.

Harga Rp. 5.500-16.000

Del Monte Tomato Ketchup

Del Monte Tomato Ketchup menjadi salah satu saus tomat terbaik yang wajib kamu coba. Bahannya dijamin berkualitas, mulai dari pembibitan tomat, pemanenan, pengolahan, hingga pengemasannya dijamin bagus. Tomat yang digunakan juga bebas pengawet dan non BPA.

Dengan bahan baku yang bukan genetically modified organism, tentu saus tomat ini jadi lebih aman dikonsumsi. Saus juga dibuat dengan aneka rempah yang alami sehingga cita rasanya lebih premium. Produk ini bisa jadi pendamping makanan ringan, cocolan aneka gorengan, toping makanan, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 5.000-23.900

Heinz Saus Tomat

Heinz Saus Tomat merupakan salah satu produsen saus tomat tertua di dunia. Dibuat dari tomat matang secara alami di bawah sinar matahari membuat rasanya begitu istimewa dan segar. Saus tomat juga bebas bahan pewarna dan pengawet. Produk ini juga bebas pengental dan perasa buatan jadi lebih aman untuk dikonsumsi.

Desain kemasannya unik karena memakai botol terbalik. Ini bikin kamu jadi lebih mudah mengeluarkan isinya. Kamu juga tidak harus mengocok botol terlebih dahulu sebelum menuangkan isinya. Saus ini tidak memakai minyak sawit maupun bahan yang mengandung gluten jadi aman untuk yang diet dan alergi gluten.

Harga Rp. 17.200-11.200

Mc Lewis Tomato Sauce Premium

Mc Lewis Tomato Sauce Premium adalah saus dengan rasa yang premium. Saat mencicipinya kamu pasti bisa langsung merasakan bedanya dari saus biasa. Produk ini nikmat jadi cocolan dan bisa juga jadi campuran aneka masakan kamu. Dibuat dari bahan pilihan, saus juga diproses dengan teknologi terkini. Saus sudah mendapatkan jaminan keamanan pangan FSSC 22000.

Harga Rp. 11.300-21.000

Indofood Saus Tomat

Indofood Saus Tomat merupakan produk lokal yang sayang untuk dilewatkan. Saus tomat yang satu ini hadir dengan bahan alami dan tanpa pengawet. Bahan bakunya segar dengan bumbu pilihan yang berkualitas tinggi. Kamu bisa memakai saus tomat ini untuk mengonsumsi aneka camilan dan hidangan gorengan. Sekeluarga pastinya suka dengan rasa tomat alaminya.

Harga Rp. 4.850-14.250

Hunt's Tomato Ketchup

Jangan lewatkan untuk mencoba Hunt's Tomato Ketchup. Produk yang satu ini bisa menambah cita rasa makanan dan hidangan kamu. Silahkan gunakan sebagai toping, olesan, cocolan, dan lain sebagainya.

Saus tomat ini memakai tomat merah yang matang secara sempurna sebagai dasar sausnya. Ditambah dengan rempah-rempah pilihan, produk ini rasanya sangat lezat. Dibuat tanpa pengawet, pewarna, dan bahan kimia, produk jadi lebih aman dikonsumsi. Supaya lebih terjaga kualitasnya, ada baiknya kamu menyimpannya di kulkas usai segelnya dibuka, ya.

Harga Rp. 46.000-75.000

Woodstock Organic Tomato Ketchup

Woodstock Organic Tomato Ketchup merupakan saus tomat yang kami rekomendasikan selanjutnya. Saus yang satu ini dibuat dari tomat matang pilihan yang dipanen dalam waktu yang tepat. Campuran rempah di dalamnya bisa membuat saus tomat jadi memiliki rasa yang istimewa. Produk ini juga hadir dengan rasa yang enak sehingga membuat aneka sajian lebih istimewa rasanya.

Harga Rp. 105.000-145.000

Saus Tomat American Garden U.S Ketchup

Saus Tomat American Garden U.S Ketchup menjadi pilihan yang istimewa. Saus tomat yang satu ini bisa kamu gunakan di aneka saat istimewa. Misalnya saat kumpul keluarga, arisan, dan lainnya. Saus bisa jadi cocolan aneka gorengan, cocok jadi toping aneka makanan, dan bisa juga jadi penambah lezatnya masakan.

Terbuat dari bahan pilihan yakni tomat California vine-ripened, produk ini diproduksi secara modern. Dipadukan dengan bumbu yang seimbang sehingga rasa sausnya begitu manis dan tajam. Dikemas dengan baik sehingga rasa alami saus tomat terjaga hingga tangan konsumen.

Harga Rp. 53.520-81.000

Dua Belibis Saus Tomat

Dua Belibis Saus Tomat juga bisa jadi pilihan yang pas. Keunikan produk terletak pada rasanya yang tidak terlalu manis atau terlalu asam. Sausnya pas sehingga bisa membuat rasa makanan lebih enak. Cocok untuk jadi toping pizza, saus tomat juga bisa jadi cocolan beragam camilan dan gorengan. Saus tomat sudah mendapatkan izin BPOM dan HACCP jadi terjamin keamanannya.

Harga Rp. 4.250-32.100

Masterfoods Tomato Sauce

Masterfoods Tomato Sauce merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini dibuat dari campuran rempah-rempah pilihan. Saus tomat dari brand Australia ini hanya dibuat dari tomat yang ranum dan masak pohon. Paduan rempahnya juga terasa alami sehingga aman dikonsumsi.

Produk ini tidak mengandung bahan berbahaya. Tidak mengandung perasa, pengawet, dan pemanis buatan. Saus tomat dengan cita rasa tinggi ini cocok untuk jadi topping aneka makanan. Kamu bisa juga memakainya untuk cocolan aneka gorengan. Bisa juga kalau mau jadi tambahan bumbu masakan, loh!

Harga Rp. 61.900-132.000
From our editorial team

Pilih Kemasan Saus

Saus tomat tersedia dalam berbagai kemasan. Ada kemasan saset, botol plastik, botol kaca, pouch, hingga jar. Kamu bisa sesuaikan pemilihan saus dengan tujuanmu. Misalkan kamu mau traveling, maka saus tomat dalam kemasan saset lebih praktis dibawa kemana saja. selain tidak makan banyak tempat untuk dibawa, saus ini juga bisa habis dalam sekali makan. Sementara, untuk di rumah, kamu bisa pilih saus dalam kemasan botol, jar, atau pouch. Kamu bisa lebih hemat karena isiannya banyak jadi tidak terlalu sering beli lagi. Pilih volume isian sesuai dengan tingkat seringnya kamu memakainya.