10 Rekomendasi Saus Sambal Terenak yang Meriahkan Makan-mu! (2021)

10 Rekomendasi Saus Sambal Terenak yang Meriahkan Makan-mu! (2021)

Pecinta pedas tentu tidak bisa sehari saja tidak makan pedas. Rasanya seperti ada yang kurang nendang jika belum mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas. Nah, kamu yang anak kos atau mungkin malas bikin sambal sendiri di rumah, bisa sediakan selalu saus sambal di rumah atau di kos. Ini akan bikin kamu lebih praktis menikmati pedasnya sambal dengan aneka makanan tanpa ribet. Cek rekomendasinya dari kami!

Pecinta Pedas Wajib Sedia Saus Sambal di Rumah

Masyarakat Indonesia memang kebanyakan gemar makanan pedas. Rasanya ada yang kurang jika belum menyantap yang tidak pedas. Jika masakannya tidak pedas, pastilah ditambahkan sambal supaya rasa makanan lebih meriah.

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis sambal. Setiap daerah bahkan punya sambal khasnya sendiri. Bahkan, beberapa masakan juga memiliki sambal khusus untuk menambah cita rasa masakan tersebut.

Kalau kamu ngaku sebagai pecinta makanan pedas, maka kamu wajib sedia saus sambal di rumah. Di pasaran banyak dijual saus sambal dikemas dalam aneka kemasan. Pilihan rasanya juga bervariasi tinggal disesuaikan saja dengan seleramu.

Makan dengan saus sambal juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, loh. Pertama, rasa saus sambal yang pedas bikin metabolisme tubuh meningkat dan juga bisa membantu proses pembakaran lemak tubuh. Saus sambal mengandung vitamin C dan kapsaisin yang bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan reaksi panas. Saat tubuh jadi panas maka lemak terbakar dan bisa membantu proses penurunan berat badan.

Mengonsumsi saus sambal yang pedas juga bisa bikin kamu jadi lebih bahagia. Hormon endorfin meningkat dan bikin kamu jadi good mood.

Tips Memilih Saus Sambal yang Enak

Cek Varian Rasa Pedasnya

Saus sambal kemasan hadir dalam aneka varian rasa yang berbeda. Produsen terus berinovasi menciptakan sambal kemasan yang unik dengan cita rasa yang berbeda. Ini karena produsen sambal juga sadar bahwa Indonesia kaya akan kuliner dengan aneka sambal yang bukan hanya memiliki cita rasa pedas saja.

Bagi kamu yang memang gemar mengonsumsi rasa pedas yang biasa saja, maka sebaiknya pilih saus sambal rasa original. Saus semacam ini juga cocok untuk kamu yang gemar meracik bumbu sendiri. Saus ini bisa dipakai untuk aneka cocolan, toping, dan juga campuran makanan.

Nah, kalau kamu termasuk pecinta saus pedas yang memiliki rasa sedikit unik, kamu bisa coba aneka varian rasa sambal. Ada sambal terasi, sambal bawang, sambal udang, sambal asam manis, dan lain sebagainya.

Pilih Tingkat Kepedasannya

Setiap orang memiliki toleransi kepedasan yang berbeda-beda. Saat kamu memilih saus sambal, ada baiknya memilih dari tingkat kepedasannya. Umumnya saus sambal memakai tingkat kepedasan standar. Nah, jika tingkat pedasnya di level atas, produsen akan melabeli produknya dengan tulisan saus sambal ekstra pedas atau ekstra hot. Kamu harus teliti memilihnya supaya tidak salah pilih tingkat kepedasan. Jika terlalu pedas, kamu sendiri toh, juga tidak bisa menikmati rasa saus pedasnya.

Pilih Model Kemasannya

Ketika membeli saus sambal, kamu bisa pilih dari model kemasannya. Sambal di pasaran hadir dalam aneka kemasan dan ukuran yang berbeda. Ada yang dikemas dalam sachet, botol plastik, pouch, hingga botol kaca. Kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan. Misalnya sedang ingin makan di luar atau untuk bekal, kamu sebaiknya pilih kemasan sachet kecil yang praktis dibawa.

Sementara, untuk di rumah, kamu bisa sedia kemasan botol plastik jika tidak terlalu sering memakai saus sambal. Nah, untuk kamu yang keluarga besar bisa pilih kemasan pouch atau botol kaca supaya isinya lebih banyak dan tidak cepat habis.

Pilih Merek yang Ternama

Tidak ada salahnya kamu membeli saus sambal dengan memperhatikan merek yang sudah ternama. Merek produk saus sambal yang sudah ternama tentu menjanjikan kualitas terbaik pada produknya. Mulai dari bahan pembuatan, proses pembuatan, proses pengemasan, hingga proses distribusi tentunya sudah dilakukan dengan baik. Produk dengan merek ternama pastinya juga sudah mendapatkan sertifikasi BPOM dan juga Halal MUI sehingga kita jadi tidak perlu was-was saat akan mengonsumsi produknya karena terjamin keamanannya.

Ini Dia Rekomendasi Saus Sambal Mantap yang Wajib Kamu Icip

Del Monte Extra Hot Chili Sauce

Del Monte Extra Hot Chili Sauce adalah rekomendasi pertama kami. Saus sambal yang satu ini menghadirkan rasa unik yang khas. Saus Del Monte memiliki tingkat pedas yang tidak segarang saus sambal buatan perusahaan lokal. Meski di label tertulis ekstra hot namun tingkat kepedasannya terbilang sedang. Bahkan masih ada sedikit rasa asam manis dan ada rasa udang.

Kamu bisa gunakan saus sambal ini untuk campuran pasta, bumbu sarden, sebagai cocolan aneka gorengan, dan enak juga untuk bumbu masakan. Kemasannya beragam, ada yang pouch dan ada juga yang botolan. Saus sambal sudah mengantongi izin BPOM dan halal MUI.

Harga Rp. 8.500-22.500

MamaSuka - Delisaos Hot Lava

MamaSuka - Delisaos Hot Lava merupakan saus sambal yang nikmat untuk jadi teman aneka lauk. Ada sensasi rasa unik yang khas dari saus yang satu ini. Tingkat kepedasannya begitu tinggi jadi cocok untuk kamu yang ingin rasa pedas nampol yang dahsyat. Terbuat dari olahan cabai dengan aneka bumbu spesial saus sambal yang satu ini seru untuk teman kumpul keluarga saat makan aneka gorengan dan juga masakan.

Harga Rp. 7.425-17.000

Indofood Sambal Seafood

Indofood Sambal Seafood wajib diicip para pecinta seafood. Saus sambal yang satu ini bisa jadi cocolan nikmat saat kamu makan udang goreng, ikan rebus, cumi goreng, dan aneka masakan seafood lainnya. Dibuat dari kombinasi yang pas antara cabai, tomat, dan bawang putih, produk ini aromanya begitu menggoda. Saus sudah memiliki sertifikat BPOM dan Halal MUI.

Harga Rp. 13.300-20.000

Jawara Saus Sambal

Jawara Saus Sambal merupakan saus sambal yang enak dan segar rasanya. Cita rasanya unik karena menghadirkan bawang goreng pada sambalnya sehingga teksturnya juga terbilang tidak biasa. Sambal dengan aroma sedap menggoda ini cocok untuk aneka makanan dan masakan. Kemasannya beragam, ada yang kemasan pouch dan ada juga kemasan botolan. Kamu tinggal pilih mana yang kamu butuhkan.

Harga Rp. 6.500-21.200

ABC Sambal Bawang Pedas

ABC Sambal Bawang Pedas cocok untuk kamu pecinta sambal bawang. Tak perlu repot bikin sambal bawang sendiri. Kamu cukup beli kemasan sachet atau kemasan botol dari sambal yang satu ini. Dibuat dari cabai dan juga bawang merah pilihan dari Brebes, sambal digiling secara tradisional untuk memberikan cita rasa yang khas. Tekstur sambal sedikit crunchy dengan aroma bawang yang menggoda. Dijamin kamu bakal merasakan nikmatnya makan aneka gorengan atau masakan dengan sambal yang satu ini.

Harga Rp. 6.200-21.000

Mc Lewis Chili Sauce Premium

Mc Lewis Chili Sauce Premium menunjukkan bahwa saus sambal kemasan juga bisa seenak sambal buatan sendiri. Aroma bawangnya benar-benar menggugah selera. Produk ini pedasnya juga pas dan bikin nagih. Kamu bisa memakainya untuk cocolan, masakan, hingga untuk toping makanan.

Dibuat dari bahan pilihan dan diproses dengan teknologi terkini, saus sambal ini memiliki jaminan keamanan dengan adanya sertifikat FSSC 22000.

Harga Rp. 14.800-41.000

Indofood Sambal Pedas Manis

Indofood Sambal Pedas Manis merupakan produk yang sayang untuk kamu lewatkan. Sambal yang satu ini lebih cocok dijadikan cocolan aneka makanan, mulai dari snack, gorengan, hingga jadi toping makanan. Sambal asam manis dari Indofood juga bisa jadi penambah bumbu masakan kamu, loh.

Dibuat dari cabai rawit merah segar dengan kualitas terbaik, produk yang satu ini juga dipadukan dengan rempah terpilih. Proses pembuatannya juga terjamin sehingga rasanya tidak perlu diragukan lagi. Saus cabai ini dibuat tanpa pewarna buatan. Produk bisa disimpan selama maksimal 18 bulan. Tersedia aneka kemasan untuk produk ini.

Harga Rp. 5.800-25.000

Dua Belibis Saus Cabe

Dua Belibis Saus Cabe menghadirkan rasa pedas alami yang istimewa. Bahannya premium sehingga dijamin kualitas rasanya juga oke. Komposisi cabai berpadu dengan bawang yang melimpah membuat sambal ini seolah sambal buatan rumahan yang nikmat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan paduan gorengan dan siomay. Saus sambal hadir dalam kemasan saset 18 gram hingga ukuran besar 1 kg. Sudah ada sertifikat BPOM dan halal MUI sehingga dijamin aman dikonsumsi.

Harga Rp. 7.000-30.000

Indofood Sambal Lampung

Indofood Sambal Lampung jangan sampai kamu lewatkan, ya. Pecinta masakan nusantara, wajib cobain nikmat pedasnya sambal Lampung. Tidak perlu repot bikin sendiri, kamu bisa beli saja saus sambal yang satu ini. Sambal juga bisa mengobati kerinduan kamu akan sambal khas Lampung.

Dibuat dari cabai merah segar, sambal juga dipadukan dengan rempah pilihan. Sambal ini memiliki cita rasa gurih sehingga cocok untuk dipadukan dengan aneka kuliner, utamanya makanan yang berkuah. Sambal dikemas dalam berbagai ukuran. Sudah ada sertifikasi BPOM dan halal MUI sehingga lebih terbukti aman dikonsumsi.

Harga Rp. 6.000-12.000

Indofood Sambal Bangkok

Indofood Sambal Bangkok merupakan rekomendasi terakhir kami. Saus sambal ini menghadirkan rasa pedas kombinasi asam dan manis yang pas. Tekstur sambalnya cair seperti sambal ala Thailand. Kamu bisa memakainya untuk memperkaya aneka rasa makanan. Cocok jadi cocolan, toping, hingga jadi bumbu masakan juga, loh.

Dibuat dari cabai rawit merah segar dengan kualitas terbaik, produk ini dijamin bikin kamu jadi ketagihan pedasnya. Apalagi, di dalamnya juga dilengkapi sari buah mangga yang bikin asam segarnya begitu nikmat. Sambal dibuat tanpa pewarna buatan sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 5.800-19.500
From our editorial team

Cek Kemasan Saus Sambal

Sebelum membeli, kita harus sangat teliti. Mulai dari kemasannya. Cek tanggal kedaluwarsa yang tertera di sana. Pastikan memilih yang tanggal kedaluwarsanya masih lama demi keamanan dan kesehatan kamu. Selanjutnya, cek logo DepKes atau BPOM dan juga Halal MUI. Dengan adanya logo-logo tersebut maka keamanan bahan dan juga proses pembuatan produk jadi lebih terjamin.