10 Rekomendasi Vitamin D untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi (2021)

10 Rekomendasi Vitamin D untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi (2021)

Banyak yang bisa kita lakukan agar segera terbebas dari pandemi Corona. Selain mematuhi protokol kesehatan, kita juga wajib menjalani hidup sehat. Ubah kebiasaan kita agar tubuh memiliki daya imun yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Simak berbagai cara mendapatkan asupan vitamin D dan juga rekomendasi suplemen vitamin D untuk kamu!

Pandemi Membuat Banyak Orang Lebih Sadar akan Pentingnya Hidup Sehat

Pandemi yang hampir dua tahun ini melanda kehidupan kita membuat kita sadar akan banyak hal. Semenjak pandemi, kehidupan kita jadi berubah. Kini kita tak lagi banyak beraktivitas di luar rumah. Kita juga tidak bisa leluasa bersosialisasi. Bepergian pun harus terkungkung dengan memakai masker. Kita jadi sadar bahwa kita membutuhkan orang lain. Selain itu, kita juga jadi sadar akan pentingnya hidup sehat agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Tidak mudah memang untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Butuh waktu dan juga usaha kita bersama untuk menghentikan penyebarannya. Maka dari itu, yuk, bersama taati protokol kesehatan dan jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat guna meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit yang diakibatkan virus berbahaya ini.

Menjalankan pola hidup sehat harus dibiasakan mulai saat ini. Perhatikan kebiasaan kecil dalam keseharian kita dan mulai ubah perlahan apa yang harus diubah agar kita bisa jadi lebih sehat. Beberapa pola hidup sehat adalah rutin mencuci tangan, mengurangi jajan sembarangan, lebih rutin masak sendiri, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga setiap hari atau setidaknya 4 hari dalam seminggu.

Pola hidup sehat juga meliputi istirahat yang cukup, tidur nyenyak, serta selalu berpikir positif. Pikiran yang positif membuat kita jadi lebih semangat menjalani hidup dan membuat mood kita jadi membaik. Saat mood membaik, maka daya tahan tubuh juga bisa meningkat.

Vitamin D Sangat Dibutuhkan Selama Pandemi

Tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi selama pandemi. Kita butuh aneka vitamin dan juga mineral guna menjaga daya tahan tubuh. Salah satu yang paling kita butuhkan adalah vitamin D. Vitamin yang satu ini sebenarnya bisa diproduksi tubuh melalui radiasi ultraviolet B. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, maka kemampuan kulit untuk memproduksi vitamin D jadi berkurang.

Saat musim dingin umumnya hanya sedikit radiasi UVB yang sampai ke permukaan bumi di beberapa daerah tertentu. Hal ini menimbulkan risiko kekurangan vitamin D meningkat di beberapa daerah.

Beruntunglah kita tinggal di daerah tropis yang mendapat paparan sinar matahari dalam jumlah tinggi. Meski demikian hal ini tak lantas menjamin kecukupan vitamin D pada tubuh kita. Padahal tubuh kita sangat membutuhkan vitamin D utamanya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah berpeluang 7,2 persen lebih tinggi untuk terinfeksi virus Corona. Sementara mereka yang cukup asupan vitamin D mampu mengurangi tingkat keparahan penyakit karena Corona.

Vitamin D dulunya hanya kita kenal sebagai vitamin yang bisa meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan tulang sehingga tidak mudah rapuh.

Berdasarkan penelitian lebih lanjut, vitamin D juga ternyata bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi terhadap infeksi pernapasan akut dan pneumonia. Ini tentu akan sangat berguna bagi mereka yang sedang terjangkit virus Corona.

Vitamin D juga bisa mengurangi depresi dan mengatur suasana hati agar lebih baik. Seperti kita ketahui bersama, selama pandemi kita jadi mudah depresi. Jika sudah depresi maka penyakit dan virus jadi mudah menginfeksi tubuh. Mendapat asupan vitamin D yang cukup akan bisa membantu kita untuk memiliki mood lebih baik agar tidak mudah terserang depresi dan penyakit.

Tips Mendapatkan Asupan Vitamin D

Berjemur

Untuk mendapatkan vitamin D secara maksimal, cara paling baiknya adalah dengan berjemur. Dalam kulit kita terdapat sejenis kolesterol yang bisa membentuk vitamin D. Senyawa ini akan diubah menjadi vitamin D ketika UVB terserap oleh kulit dengan baik. Vitamin D yang kita dapat dari matahari bisa bermetabolisme dua kali lebih lama daripada vitamin D yang berasal dari suplemen atau makanan.

Perlu diketahui bahwa kadar vitamin D yang dihasilkan tubuh setiap orang akan berbeda-beda. Kadar vitamin ini dipengaruhi beberapa faktor seperti misalnya kulit dan usia. Mereka yang memiliki kulit gelap butuh berjemur lebih lama supaya tubuhnya bisa menghasilkan vitamin D daripada orang berkulit lebih terang. Hal ini disebabkan karena kandungan melanin dalam kulit gelap bisa menghambat produksi vitamin D. Selain itu, makin bertambah usia maka produksi vitamin D akan makin berkurang.

Faktor lain yang mempengaruhi penyerapan vitamin D adalah lokasi geografis dan musim. Jika tinggal di area yang dekat khatulistiwa maka vitamin D yang didapatkan bisa lebih banyak dan lebih maksimal. Utamanya saat musim panas karena matahari bersinar terik seharian.

Berjemurlah 15 hingga 20 menit dalam satu hari. Ini sudah cukup untuk membuat kamu mendapatkan vitamin D yang kamu butuhkan. Untuk waktu terbaiknya adalah pukul 9 hingga pukul 10 pagi.

Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin D

Guna mendapatkan vitamin D secara maksimal, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D. Ini akan sangat berguna jika misalnya sedang mendung seharian atau saat kamu kerepotan dan tidak sempat berjemur.

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang kaya vitamin D. Selain itu, di dalamnya juga kaya asam lemak omega 3. Kamu bisa mengonsumsinya bersama salad atau nasi untuk membangun vitamin D dalam tubuh.

Kamu juga bisa mengonsumsi ikan tuna sebagai sumber vitamin D. Pilih ikan tuna segar atau ikan kemasan yang wadahnya bebas BPA sehingga bisa meminimalkan paparan terhadap bahan kimia yang berbahaya.

Jamur juga bisa dikonsumsi jika kamu ingin tubuhmu lebih maksimal memproduksi vitamin D. Hampir semua jenis jamur kaya akan vitamin D. Rasanya enak dan tentu saja bisa memberi nutrisi ekstra untuk tubuhmu.

Makanan lain yang bisa kamu konsumsi adalah sereal. Kamu bisa pilih sereal favoritmu untuk mendapat vitamin D. Kombinasikan sereal dengan susu yang juga kaya vitamin D. Dengan begini maka tubuh kamu akan mendapatkan manfaat vitamin D dengan lebih maksimal.

Telur juga cocok untuk sumber vitamin D. Kandungan vitamin D terdapat pada bagian kuningnya.

Untuk minuman, selain susu, kamu juga bisa coba jus jeruk. Jus jeruk tanpa bulir atau rendah asam kaya akan vitamin D. Selain itu, minuman ini juga kaya akan vitamin C yang bisa menjaga sistem imun dan menangkal radikal bebas dari tubuh.

Mengonsumsi Suplemen Vitamin D

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin D agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Ada banya jenis suplemen vitamin D yang beredar di pasaran. Kamu bisa pilih yang paling tidak memiliki dosis 1.000 IU.

Hindari mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis terlalu tinggi. Konsumsilah sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan. Mengonsumsi terlalu banyak vitamin D malah bisa menyebabkan sakit perut, otot tubuh melemah, gagal ginjal, hingga telinga berdenging.

Ini Dia Rekomendasi Suplemen Vitamin D untuk Bantu Daya Tahan Tubuh

Puritan’s Pride Calcium Magnesium Vitamin D3

Puritan’s Pride Calcium Magnesium Vitamin D3 ini merupakan rekomendasi pertama kami. Vitamin yang satu ini baik untuk tubuh karena hadir dengan komponen penting yang bisa menjaga kesehatan tulang. Kandungan 300 mg kalsium dan 600 mg magnesiumnya mampu mencukupi kebutuhan harian akan vitamin D. Selain itu, ada juga kandungan soybean oil yang tinggi antioksidan. Vitamin ini hadir dalam bentuk softgel. Dalam satu botol berisi 60 buah.

Harga Rp. 160.000-369.000

NOW High Potency Vitamin D-3 2000 IU

NOW High Potency Vitamin D-3 2000 IU menjadi salah satu vitamin D terbaik yang bisa kamu pilih. Produk ini memiliki kandungan vitamin D3 yang tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan fertilitas. Untuk yang ingin melakukan program untuk memiliki anak, vitamin D yang satu ini mungkin bisa membantu. Cukup konsumsi 1 softgel sehari untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Di dalamnya juga kaya akan ekstrak virgin oil yang bagus untuk menjaga daya imun sehingga produk ini juga cocok untuk kamu yang mungkin sedang masa pemulihan dari virus Corona.

Harga Rp. 199.000-359.000

Blackmores Vitamin D3 1000IU

Blackmores Vitamin D3 1000IU mampu membantu kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin D3. Suplemen ini akan menguatkan otot dan tulang. Selain itu bisa juga untuk membantu menyerap kalsium dan fosfat dalam tubuh. Produk ini akan memberikan mineral yang cukup guna menjaga kepadatan tulang. Dalam satu botol berisi 60 kapsul. Cukup minum satu kapsul saja sehari.

Harga Rp. 179.000-320.000

Natures Plus Vitamin D3 400 IU

Natures Plus Vitamin D3 400 IU merupakan suplemen yang aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet. Ini karena suplemennya bebas gluten. Selain itu, suplemen juga bebas bahan aditif. Produk ini akan menjaga kesehatan tulang, otot, dan mata. Kandungan bahan di dalamnya selain vitamin D adalah safflower oil yang baik untuk mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Dalam satu botol berisi 90 softgel. Sehari cukup minum satu softgel saja.

Harga Rp. 195.000-240.000

Sunkist Calcium + Vitamin D3 400 IU

Sunkist Calcium + Vitamin D3 400 IU merupakan produk yang bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin D dan juga kalsium. Mengonsumsi suplemen ini akan membantu kamu mendapatkan tulang yang padat dan kuat sehingga terhindar dari risiko osteoporosis.

Produk ini juga bisa menguatkan gigi dan gusi, mengurangi risiko kanker usus, dan mengontrol tekanan darah. Suplemen vitamin D ini juga akan melindungi otot jantung dan juga bisa mengatur irama jantung. Mengonsumsinya rutin juga akan mengurangi gejala PMS dan mencegah kanker payudara pada wanita.

Harga Rp. 198.000-748.000

Sidomuncul Vitamin D3 400 IU

Sidomuncul Vitamin D3 400 IU cocok untuk kamu yang butuh asupan vitamin D untuk menangkal virus dan juga memperkuat daya tahan tubuh. Terbuat dari aneka bahan herbal yang aman untuk tubuh, suplemen yang satu ini bisa memelihara kesehatan tulang dan fungsi imun. Kamu jadi bisa beraktivitas dengan baik dan tetap sehat seharian. Cukup konsumsi 1 kapsul lunak usai makan setiap hari. Dalam satu botol berisi 50 buah softgel.

Harga Rp. 92.000-273.000

Doctor’s Best Vitamin D3 5000 IU

Doctor’s Best Vitamin D3 5000 IU cocok untuk kamu yang memang jarang mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D. Ini juga pas untuk kamu yang jarang berjemur atau kurang mendapatkan sinar matahari guna mencukupi kebutuhan vitamin D. Suplemen ini bebas GMO dan gluten jadi aman dikonsumsi setiap hari. Bahan di dalamnya selain vitamin D dalam kadar tinggi adalah ekstrak virgin olive oil. Dalam satu botol berisi 180 softgel. Kamu bisa mengonsumsi satu buah softgel setiap harinya.

Harga Rp. 200.000-563.000

Prove D-3 1000 Tablet

Prove D-3 1000 TabletProve D-3 1000 hadir dengan kandungan vitamin D yang berguna untuk menstimulasi penyerapan kalsium melalui usus. Suplemen ini juga akan membantu pelepasan kalsium dari jaringan tulang. Ini cocok digunakan untuk anak-anak hingga dewasa. Vitamin D ini juga mampu menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi. Kandungan di dalamnya akan membuat tubuh jadi mampu menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Harga Rp. 105.000-135.000

D3-400 Sirup Suplemen Vitamin D3

D3-400 Sirup Suplemen Vitamin D3 lebih mudah dikonsumsi. Ini karena bentuknya berupa sirop jadi akan memudahkan bagi anak-anak yang butuh vitamin D. Produk ini akan mengatur kadar kalsium dalam tubuh sehingga bisa mencegah penyakit serius. Vitamin yang satu ini cukup dikonsumsi 1 kali sebanyak 1 sendok takar untuk anak-anak dan 2 sendok takar untuk orang dewasa.

Harga Rp. 21.000-50.000

Puritan's Sunvite Vitamin D3 2000 IU

Puritan's Sunvite Vitamin D3 2000 IU merupakan rekomendasi terakhir kami. Suplemen yang satu ini bisa mencegah terjadinya osteomalacia alias kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh. Suplemen ini juga bisa mengontrol gula darah dan juga mencegah dari aneka penyakit syaraf. Rutin mengonsumsinya setiap hari bisa membuat tubuh jadi lebih tahan terhadap serangan bakteri dan virus. Cukup konsumsi 1 kali sehari sesudah makan.

Harga Rp. 165.000-467.000
From our editorial team

Tips Memilih Vitamin D

Kamu harus tahu cara yang tepat memilih suplemen vitamin D agar bisa lebih maksimal. Pertama, kamu wajib mengecek apakah suplemen vitamin tersebut sudah berizin BPOM. Jangan tergiur harga terlalu murah karena bisa saja itu produk palsu yang dijual tanpa adanya label BPOM. Selanjutnya, cek tanggal kedaluwarsanya dan pastikan masih lama sehingga produk tersebut bisa kamu konsumsi dalam jangka lama. Agar lebih amannya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker untuk mendapatkan produk suplemen vitamin D terbaik.

Tag