Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari dengan 10 Rekomendasi Minuman dari Kacang Kedelai Ini (2021)

Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari dengan 10 Rekomendasi Minuman dari Kacang Kedelai Ini (2021)

Kacang kedelai sering diolah menjadi minuman yang segar dan lezat. Kandungan nutrisi di dalamnya ternyata juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita lho. Simak rekomendasi minuman kacang kedelai dari BP-Guide berikut ini!

Kacang Kedelai, Bahan Makanan Murah yang Kaya Nutrisi

Tubuh kita membutuhkan beragam nutrisi dan vitamin agar tetap sehat dan bugar. Dari sekian banyak bahan makanan yang ada, kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang sangat kaya. Bahan makanan ini bisa diolah dengan mudah dan salah satu olahan kacang kedelai yang paling populer adalah minuman kacang kedelai.

Jangan salah, minuman dari kacang kedelai terbagi menjadi dua jenis. Yaitu susu kedelai dan sari kedelai. Susu kedelai mengandung lemak dan laktosa, sementara sari kedelai tidak diberi tambahan susu. Keduanya sama-sama punya manfaat yang sangat baik untuk tubuh lho.

Manfaat Mengonsumsi Kacang Kedelai

Menjaga Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Kacang kedelai menjadi sumber kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang sangat baik untuk tubuh. Dengan semua kandungan tersebut, kacang kedelai dapat memperkuat tulang dan gigi kita. Gaya hidup sehat dan asupan kacang kedelai yang cukup terbukti dapat mengurangi risiko osteoporosis pada lansia.

Menurunkan Kolesterol

Penelitian yang dilakukan di dunia kesehatan membuktikan bahwa kacang kedelai bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah. Ini tidak lain karena tingginya kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi di dalamnya. Kacang kedelai juga bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Berbagai macam kandungan nutrisi dalam kacang kedelai adalah protein, lemak sehat, serat, kalium, dan antiokasidan. Ini sangat baik untuk menjaga organ jantung tetap sehat. Kacang kedelai juga sangat baik dalam mengontrol tekanan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, juga memastikan kerja organ vital lain tetap berjalan dengan baik.

Mencegah Demensia

Salah satu manfaat dari kacang kedelai yang dikonsumsi secara rutin terbukti memelihara fungsi otak meningkatkan memori. Dengan demikian, demensia bisa mencegah pikun atau demensia. Itulah mengapa kacang kedelai sangat baik bagi para lansia.

Mengurangi Risiko Kanker

Kacang kedelai memiliki kandungan fitonutrien dan isoflavon sebagai antioksidan. Banyak penelitian di dunia medis telah membuktikan bahwa kedua zat tersebut sangat ampuh mencegah pembentukan sel kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara. Konsumsi kacang kedelai secara rutin dapat mengurangi risiko kanker.

Olahan Kacang Kedelai yang Populer

Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe menjadi dua makanan dari kacang kedelai yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kedua makanan ini bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket besar.Bahkan tempe juga banyak diminati hingga dijual di mancanegara, lho. Proses produksi tahu dan tempe banyak dilakukan di industri rumahan yang tersebar di berbagai daerah.

Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan ragi, sementara tahu terbuat dari sari kedelai. Proses pembuatannya cukup panjang untuk menghasilkan rasa yang lezat.

Tauco

Tauco adalah makanan yang berasal dari Tiongkok, namun sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Di negara kita, tauco diproduksi di beberapa kota seperti Medan dan Cianjur. Bahan pembuat tauco adalah kedelai kuning yang difermentasikan, lalu direbus dan dihaluskan. Untuk menambah kelezatannya, tauco dibumbui dengan berbagai macam rempah khas Indonesia.

Minuman Sari Kedelai

Nah, ini dia hasil olahan kacang kedelai berikutnya yang juga mudah Anda temukan. Banya orang mungkin mengenalnya sebagai susu kedelai, namun tidak semua minuman yang terbuat dari sari kedelai itu mengandung susu lho.

Ada sebagian yang dicampur dengan susu untuk menambah cita rasanya, ada pula yang tidak dicampur dengan susu. Biasanya para vegetarian mengonsumsi minuman sari kedelai murni tanpa ada tambahan susu.

Rekomendasi Minuman dari Kacang Kedelai yang Menyehatkan

Melilea Soya

Rekomendasi minuman dari kacang kedelai pertama adalah Melilea Soya. Ini merupakan alternatif yang tepat jika Anda adalah vegetarian atau mencari produk minuman kacang kedelai non dairy. Bahan utama pembuatnya adalah kacang kedelai dengan kandungan protein nabati tinggi serta bebas dari lemak jahat.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah sistem pencernaan semakin lancar, rendah kalori untuk membantu program diet, dan melancarkan metabolisme tubuh. Produk ini bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga lansia. Jumlah kalori setiap porsinya hanya 220 kkal saja, lho. Minuman ini baik dikonsumsi setiap hari.

Harga Rp. 60.000-150.000

V-Soy Golden Grain

Dapatkan segala kebaikan kedelai dari V-Soy Golden Grain. Ini adalah susu siap santap yang praktis dan menyehatkan. Terbuat dari kacang kedelai terbaik dari Kanada yang memiliki kandungan protein tinggi. Kacang kedelai yang digunakan adalah jenis nontransgenik atau non GMO yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin di dalamnya tergolong lengkap. Ada vitamin A, vitamin B12, dan antioksidan. Selain itu, di dalam minuman susu ini juga terdapat kacang almond dan oat yang menghasilkan rasa unik dan sangat lezat.

Harga Rp. 30.000-50.000

Unisoy Organic Soy Milk Black Soya

Berikutnya ada produk minuman kacang kedelai yang unik dan berbeda, namun kandungan nutrisinya tidak perlu diragukan lagi. Unisoy Organic Soy Milk Black Soya menggunakan kacang kedelai hitam yang terkenal memiliki kandungan gizi tinggi dan bebas kolesterol. Kandungan magnesium di dalamnya juga sangat menyehatkan tulang.

Di dalam kacang kedelai hitam juga terdapat kandungan vitamin E yang melimpah. Kaum hawa pasti suka banget nih dengan manfaat yang satu ini. Vitamin E dapat membuat kulit terlihat lebih cantik, lembap, dan sehat. Produk ini juga tidak mengandung laktosa dan gula, sehingga aman untuk penderita diabetes.

Harga Rp. 60.000-140.000

Mama Soya Soyamil

Nutrisi yang ada di dalam kacang kedelai sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengonsumsi kacang kedelai dalam bentuk minuman tentu saja lebih praktis dan lezat. Ada Mama Soya Soyamil, produk yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.

Minuman susu instan ini terbuat dari ekstrak kedelai pilihan yang diformulasikan secara khusus. Ada juga berbagai macam komposisi herbal lain di dalamnya seperti sari kurma, virgin coconut oil, royal jelly, gamat, dan bee pollen. Kandungan asam folat dalam minuman ini juga sangat tinggi untuk mendukung tumbuh kembang janin secara optimal. Diproduksi menggunakan teknologi canggih untuk menjaga kualitasnya. Produk ini bisa dikonsumsi sejak bulan pertama kehamilan hingga menjelang kelahiran si kecil.

Harga Rp. 35.000-100.000

Australia’s Own Organic Unsweetened Soy Milk

Minuman kacang kedelai memang kerap menjadi pilihan bagi mereka yang sedang berdiet. Ini karena kandungan kalorinya yang rendah juga bebas dari lemak jenuh yang berbahaya. Tapi jangan asal pilih minuman, ya. Pilih yang tidak mengandung tambahan bahan pemanis seperti Australia’s Own Organic Unsweetened Soy Milk.

Ini adalah produk asli dari Australia untuk Anda yang menjalani gaya hidup sehat. Terbuat dari kacang kedelai organik dengan kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kacang kedelai biasa. Rasanya alami, tanpa tambahan malt dan gula. Susu siap minum ini juga tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna buatan. Anda bisa mencampurnya dengan semangkuk sereal sehat untuk sarapan di pagi hari.

Harga Rp. 50.000-100.000

Susu Bubuk Kedelai Metabolis

Di musim pandemi seperti, menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh sangat penting, lho. Ada banyak cara untuk melakukannya, salah satunya dengan mengonsumsi susu bubuk kedelai yang kaya akan kandungan nutrisi. Susu Bubuk Kedelai Metabolis dapat menjadi pilihan yang tepat.

Minuman serbuk instan yang satu ini bekerja sebagai antioksidan yang mampu menguatkan dinding lambung, menurunkan kolesterol, hingga mencegah penuaan dini. Jika dikonsumsi secara rutin, susu ini bisa mencegah serangan berbagai macam penyakit. Produk ini juga sudah lulus uji sertifikasi dan sangat aman dikonsumsi segala usia.

Harga Rp. 50.000-100.000

ABC Minuman Sari Kedelai

Jika Anda mencari minuman sari kedelai yang siap minum dan praktis, ada ABC Minuman Sari Kedelai. Anda bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja. Minuman ini sangat mudah ditemukan di berbagai pasar swalayan dan minimarket. Kemasannya adalah karton rapat dan tebal agar kualitas susu tetap terjaga serta mencegah bakteri agar tidak berkembang di dalam minuman.

Minuman ini terbuat dari kacang kedelai berkualitas dengan segala kebaikan yang ada di dalamnya. Kandungan vitaminnya tergolong lengkap, baik sebagai minuman harian untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Harga Rp. 6.000-25.000

Hershey’s Soyfresh Chocolate

Ingin menikmati minuman kacang kedelai yang tidak biasa? Anda wajib coba Hershey’s Soyfresh Chocolate. Selama ini, Hershey's memang lebih dikenal sebagai merek cokelat, namun ada juga produk yang lezat dan sehat dari merek ini, lho. Ditambah dengan rasa cokelat yang pas dan tidak terlalu manis, cocok nih untuk dijadikan minuman sehat setiap hari.

Tidak hanya itu, susu ini juga rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol, sehingga aman untuk dikonsumsi segala usia. Produk ini merupakan hasil inovasi Hershey's Company yang memadukan kebaikan kacang kedelai dengan kelezatan cokelat yang manis. Selain cokelat, Anda juga bisa mencicipi varian rasa vanila, stroberi, mocha, dan original.

Harga Rp. 16.000-100.000

Vegemil Black Bean Soy Drink

Satu lagi rekomendasi minuman dari susu kedelai hitam, Vegemil Black Bean Soy Drink. Minuman siap minum ini dikemas dalam kemasan karton tebal untuk menjaga nutrisinya agar tetap terjaga. Bahannya adalah kacang kedelai pilihan dengan paduan macam-macam sayuran bergizi.

Mengonsumsi minuman ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak ada bahan sintetis dan tambahan lain, sehingga minuman ini aman dikonsumsi segala usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Harga Rp. 15.000-30.000

Naraya Soya Botol

Terakhir ada Naraya Soya Botol yang direkomendasikan untuk Anda. Ini adalah minuman sari kedelai berbentuk susu siap minum. Dikemas dalam kemasan botol yang praktis dan bisa dinikmati kapan saja.

Minuman ini kaya protein nabati, vitamin, dan mineral yang menyehatkan bagi tubuh. Ada pula kandungan karbohidrat, asam amino lysin, vitamin E, vitamin K, dan rendak lemak. Cocok nih untuk Anda yang sedang berdiet. Kalorinya juga rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir akan bertambah gemuk.

Harga Rp. 6.000-10.000
From our editorial team

Imbangi juga dengan Gaya Hidup Sehat!

Menjaga kesehatan tubuh tidak cukup hanya dengan konsumsi kacang kedelai saja. Anda juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Misalnya melakukan olahraga secara teratur dan menghindari makanan yang mengandung banyak bahan pengawet. Minuman sari kedelai yang direkomendasikan BP-Guide di atas bisa jadi pelengkap asupan nutrisi harian yang baik untuk Anda.