10 Tips Menghilangkan Perut Buncit agar Terhindar dari Aneka Penyakit (2022)

10 Tips Menghilangkan Perut Buncit agar Terhindar dari Aneka Penyakit (2022)

Kebiasaan seperti kurang tidur, emotional eating, hingga kurangnya olahraga bisa menyebabkan perut jadi buncit. Perut buncit pastilah mengganggu penampilan. Anda jadi kurang percaya diri dan kesehatan pun jadi terancam. Nah, jangan biarkan perut buncit mengganggu penampilan dan kesehatan. Cek tips-tips dari kami untuk menghilangkan perut buncit!

Perut Anda Buncit? Waspada Bahayanya!

Perut buncit bisa berpengaruh pada kesehatan secara umum. Ini karena perut buncit menunjukkan adanya penimbunan lemak. Banyaknya lemak yang menumpuk tentu menimbulkan resiko pada kesehatan kita. Nah, kapan perut dikatakan buncit?

Ukur lingkar pinggang memakai meteran yang dilingkarkan di perut. Pastikan meteran sudah sejajar ujung tulang panggul dan pusar. Untuk pria akan dinyatakan obesitas dan memiliki perut buncit jika lingkar pinggang melebihi 102 cm. Sementara wanita akan dikatakan obesitas saat lingkar pinggang melebihi 89 cm.

Perut buncit merupakan penumpukan dua macam lemak, yakni lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak yang berada di bawah kulit dan bisa dicubit disebut lemak subkutan. Sementara lemak yang ada di sekitar organ dalam tubuh dan tak terlihat disebut lemak viseral.

Untuk masalah perut buncit, lemak viseral inilah yang kerap dihubungkan dengan kondisi obesitas karena sangat sulit untuk dihilangkan. Lemak ini tentu berbahaya karena bikin kita beresiko terkena serangan jantung, stroke, hingga darah tinggi. Perut buncit juga bisa meningkatkan resiko kanker usus, kanker pankreas, hingga kanker kerongkongan.

Saat perut membuncit, maka produksi kolesterol buruk bisa meningkat dan produksi kolesterol baik jadi menurun. Ini yang akhirnya membuat kita jadi terserang kolesterol tinggi. Tingginya lemak dalam perut buncit juga membuat tubuh kita kesulitan mengontrol gula darah sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Nah, tentu Anda tidak ingin mengalami berbagai penyakit berbahaya hanya karena perut buncit. Yuk, ketahui aneka tips menghilangkan perut buncit!

Tips Menghilangkan Perut Buncit

1. Cukupi Kebutuhan Mineral dengan Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh sebab itu, jangan remehkan kebiasaan minum air putih. Beberapa dari kita memang berusaha mencukupi mineral tubuh, sayangnya banyak yang salah kaprah. Bukannya mencukupi mineral dengan air putih namun malah memperbanyak mengonsumsi minuman manis dan lainnya.

Untuk mengatasi perut buncit, tips dari kami yang pertama adalah cukupi kebutuhan mineral dengan banyak minum air putih. Ini tak hanya ampuh untuk mencegah sembelit dan melancarkan metabolisme, namun juga mampu mengurangi resiko perut kembung.

Saat kita cukup konsumsi air putih, utamanya sebelum makan, maka kita jadi cepat kenyang dan nutrisi makanan bisa terserap lebih optimal. Selain itu, perut jadi bisa lebih terkontrol dan buncit jadi berkurang.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Tips selanjutnya yang bisa dicoba adalah utamakan memilih makanan tinggi serat. Anda bisa mencoba alpukat, beri hitam, kubis, biji rami, mi shirataki hingga kacang polong. Aneka makanan tinggi serat bisa membuat tubuh jadi kenyang lebih lama karena serat mampu menahan makanan lebih lama dalam saluran pencernaan. Jika sudah merasa kenyang, Anda jadi tidak ingin terlalu banyak ngemil lagi.

3. Konsumsi Biji-bijian dan Juga Protein

Kebanyakan dari kita banyak mengonsumsi karbohidrat baik di pagi, siang, dan malam. Belum lagi untuk camilannya yang kebanyakan juga tinggi karbohidrat. Agar perut tidak lagi terlalu buncit, Anda bisa mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan biji-bijian.

Mereka yang mengonsumi biji-bijian akan dapat mengurangi lemak perut dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi biji-bijian.Pilihlah aneka biji-bijian utuh agar produksi insulin berkurang dan bisa membantu menurunkan lemak perut.

Selain itu, perbanyak juga mengonsumsi aneka protein. Dengan mengganti karbohidrat dengan biji-bijian dan protein maka akan lebih mudah untuk merampingkan perut. Beberapa contoh biji-bijian dan protein yang bisa dikonsumsi adalah telur, ikan, roti gandum, susu rendah lemak, brokoli, wortel, beras merah, dan lain sebagainya.

4. Kurangi Asupan Sodium

Siapa sih yang tak suka makanan gurih dan asin? Pastinya makanan dengan rasa gurih akan bikin nagih. Sayangnya, jika asupan sodium harian kita berlebih maka bisa meningkatkan resiko perut buncit. Garam dalam tubuh jika berlebih maka akan mengikat dan menahan air yang ada di dalam tubuh.

Ini membuat tubuh jadi mudah gemuk dan perut jadi membuncit. Untuk itu, mulai sekarang kurangilah asupa sodium yang dikonsumsi. Selain bisa mengecilkan perut buncit juga bisa membantu menurunkan berat badan tubuh.

5. Kurangi Makanan dan Minuman Berlemak dan Tinggi Gula

Salah satu cara yang paling efektif dalam menghilangkan perut buncit adalah mengurangi makanan berlemak dan minuman tinggi gula serta minuman bersida. Makanan dan minuman tinggi gula bisa dengan cepat meningkatkan lemak pada bagian perut sehingga membuatnya buncit.

Jangan lupa hindari juga minuman yang tinggi soda dan juga minuman energi. Ini karena dalam minuman tersebut tinggi gula dan kalori cair sehingga membuat tubuh mudah kembung dan perut jadi membuncit.

6. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang banyak diandalkan untuk kesehatan. Teh hijau hadir dengan aroma khas dan rasa yang sedikit pahit. Namun, teh hijau sudah dikenal akan khasiatnya untuk menurunkan berat badan hingga mengecilkan perut buncit.

Teh hijau akan membantu memperlancar metabolisme tubuh. Teh ini juga tinggi antioksidan untuk menurunkan kadar kolestelor jahat dan mencegah kanker.

Pastikan Anda minum teh hijau secara teratur setiap hari. Hindari menambahkan gula pada teh hijau Anda. Rutin minum teh hijau membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga porsi makan bisa lebih berkurang.

7. Konsumsi Minuman Madu dan Jahe

Satu lagi minuman yang bisa membantu Anda menghilangkan perut buncit. Ada minuman wedang jahe yang dicampur madu untuk Anda konsumsi. Minuman ini bisa menghangatkan tubuh. Selain itu juga bisa efektif mengecilkan perut buncit.

Dalam madu ada zat yang mampu membakar lemak tubuh. Sedang dalam jahe, ada zat yang bisa membantu menekan nafsu makan sehingga Anda tidak mudah lapar.

Buat saja minuman ini dengan mencampur 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan perasan jahe. Tambahkan air panas, lalu aduk dan diminum selagi hangat. Konsumsi 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

8. Kontrol Stres

Stres memang kerap dialami oleh semua orang. Hanya saja kadar stresnya berbeda. Mereka yang pandai mengelola stres akan bisa menjaga kesehatan dengan lebih baik. Namun, untuk mereka yang kurang bisa mengendalikan stres dan bahkan malah melakukan emotional eating maka bisa berdampak pada keseahtan dan membuat perut jadi buncit.

Emotional eating adalah makan saat kondisi emosi kurang terkontrol atau sedang stres. Akibatnya, kita jadi makan lebih banyak sebagai media pelampiasan emosi. Pola makan jadi berantakan dan akhirnya perut semakin buncit.

Maka dari itu, usahakan mengelola stres dengan baik. Lakukan hobi dengan rutin untuk membantu mengeluarkan hormon stres dalam tubuh.

9. Tidur yang Cukup

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi perut buncit adalah dengan tidur yang cukup dan teratur. Banyak dari kita menyepelekan hal ini. Karena terlalu sibuk atau terlalu asyik melakukan sesuatu sehingga jam tidur berkurang dan akhirnya jam tidur juga berantakan.

Padahal dengan tidur cukup maka tubuh bisa lebih sehat. Tidur cukup dan teratur akan bikin kesehatan kita lebih terjaga. Saat kurang tidur maka peningkatan lemak dan berat badan jadi tidak terkendali. Ini karena ada gangguan pada hormon pengatur nafsu makan, yakni leptin dan ghrelin.

Jadi, pastikan Anda tidur cukup dan teratur. Pastikan juga tidurnya berkualitas agar kesehatan Anda terjaga dan perut tidak buncit.

10. Rajinlah Berolahraga, Terutama Kardio

Tips terakhir dari kami adalah rajinlah berolahraga utamanya kardio. Olahraga rutin akan membantu Anda bergerak aktif setiap harinya. Usahakan berolahraga paling tidak 20 hingga 30 menit setiap harinya.

Olaraga teratur tidak hanya bisa membakar lemak tubuh namun juga bisa membantu meningkatkan massa otot. Olahraga teratur juga bisa mendukung kesehatan jantung kita.

Jenis olahraga kardio sangat dianjurkan karena bisa membantu membakar kalori lebih banyak. Anda bisa memilih lompat tali, jogging, zumba, treadmil, bersepeda, dan lainnya. Atau bisa juga memilih olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 sampai 40 menit.

Berikut Ini Beberapa Produk yang Bisa Bantu Anda Menghilangkan Perut Buncit

CANEL & CO Botol Air Minum 2 Liter

CANEL & CO Botol Air Minum 2 Liter Botol Minum ini bisa jadi produk yang bantu Anda menghilangkan perut buncit. Botol ini mudah dibawa ke mana saja. Bagian luar botolnya memiliki tulisan yang bisa bikin Anda ingat untuk selalu minum dan mencukupi kebutuhan mineral harian.

Bahannya berkualitas dan food grade. Produk ini lengkap dengan sedotan, dan tutup flip. Ada banyak varian warna menarik.

Harga Rp. 34.000-64.000

FITS FACT | Jump Skipping Rope

FITS FACT | Jump Skipping Rope tersedia dalam warna hitam, merah, biru, dan pink. Untuk Anda yang ingin menghilangkan perut buncit, olahraga lompat tali sangat dianjurkan. Skipping rope ini bisa bikin Anda lebih semangat.

Bahannya kombinasi plastik dan baja. Bebas kusut dan sudah dilapisi dengan PVC sehingga tahan lama. Panjang talinya 300 cm dengan panjang pegangan 15 cm.

Harga Rp. 43.000-68.000

SPEEDS Sepeda Statis Excercise Belt Bike Sepeda Fitness Exercie Bike 042-23

SPEEDS Sepeda Statis Excercise Belt Bike Sepeda Fitness Exercie Bike 042-23 merupakan alat olahraga yang bisa membantu menurunkan perut buncit. Sepeda statis ini tanpa suara sehingga tidak berisik dan mengganggu. Tidak perlu repot keluar rumah untuk berolahraga. Apapun cuacanya, Anda tetap bisa berolahraga.

Dilengkapi pemberat kayuhan sehingga berat kayuhan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ketinggian tempat duduk bisa diatur dengan mudah. Ada penghitung kalori, jarak, waktu, dan kecepatan.

Harga Rp. 675.000-1.400.000

Mi Band 5 Smartband Original

Satu lagi yang bisa Anda andalkan dalam membantu mengurangi lemak perut yakni Mi Band 5 Smartband. Produk ini bisa membantu mengontrol kesehatan Anda. Cocok untuk aneka jenis olahraga. Bisa mendeteksi lebih dari 11 mode olahraga.

Desain keren dan minimalis. Ada berbagai mode kesehatan untuk wanita juga. Selain bisa mengecek detak jantung, produk ini juga dilengkapi sleep tracker untuk mengecek dan mengingatkan agar kita istirahat yang cukup.

Harga Rp. 299.000-325.000

Teh Hijau Kepala Djenggot

Teh Hijau Kepala Djenggot adalah salah satu produk minuman sehat untuk Anda. dikemas dalam kantong teh celup sehingga praktis dibuat. Cukup diseduh denga air panas 200 ml.

Teh hijau ini tinggi senyawa bioktif untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan kemampuan fungsi otak. Bukan hanya efektif membunuh bakteri namun jug bisa menurunkan resiko kanker. Seain bisa menurunkan berat badan, tentunya juga bisa menghilangkan perut buncit.

Harga Rp. 18.000-25.000
From our editorial team

Puasa Intermiten Bantu Luruhkan Perut Buncit

Selain berbagai tips di atas, Anda juga bisa melakukan puasa intermiten. Ini adalah cara mengatur jam makan setiap harinya. Anda bisa membatasi kapan Anda boleh makan dan tidak boleh makan. Kebiasaan ini akan menghilangkan lemak di perut jika Anda tetap menjaga asupan nutrisi sesuai anjuran pakar kesehatan.

Tag