12 Rekomendasi Lampu Lantai Terbaik yang Cocok untuk Dekorasi Rumah (2023)

12 Rekomendasi Lampu Lantai Terbaik yang Cocok untuk Dekorasi Rumah (2023)

Lampu lantai merupakan lampu yang digunakan untuk memberikan pencahayaan di sudut ruangan. Biasanya lampu lantai digunakan di ruang tamu, ruang baca dan ruang santai. Karena lampu lantai ini berfungsi sebagai pencahayaan sekaligus menambah estetika ruangan maka Anda perlu mengetahui tips memilihnya. BP-Guide juga akan merekomendasikan lampu lantai terbaik sebagai referensi Anda.

Lampu Lantai Sebagai Pencahayaan dan Estetika Ruang

Lampu lantai atau juga bisa disebut dengan lampu berdiri merupakan lampu yang digunakan untuk memberikan pencahayaan di sudut ruangan. Bagian khas dari lampu lantai adalah memiliki penyanggah di bagian bawahnya. Dengan lampu ini bisa mendukung konsep rumah yang Anda buat untuk menciptakan kesan tertentu.

Biasanya lampu lantai digunakan di ruang tamu, ruang baca dan ruang santai. Karena lampu lantai tidak hanya berfungsi sebagai pencahayaan saja, namun juga untuk menambah estetika ruangan maka Anda perlu mengetahui tips memilihnya. Selain itu, akan direkomendasikan juga lampu lantai terbaik sebagai referensi untuk Anda.

Tips Memilih Lampu Lantai Terbaik

Sesuaikan Tipe Lampu Lantai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli lampu lantai adalah menyesuaikan tipenya. Dengan banyaknya merek yang dipasarkan maka lampu lantai memiliki variasi yang berbeda-beda yang bisa dilihat dari ukuran, tinggi, dan jenis pencahayaan. Berdasarkan efek pencahayaan, lampu lantai terbagi menjadi dua tipe yaitu tipe lampu spotlight dan tipe teduh.

Lampu lantai dengan tipe lampu spotlight ini memiliki beberapa karakteristik. Di antaranya adalah memancarkan cahaya pada satu titik fokus yang bisa diubah secara fleksibel. Tipe lampu lantai ini juga lebih cocok untuk menerangi area khusus secara langsung. Hal ini disebabkan karena cover penutup bohlam pada tipe lampu lantai ini tidak tembus pandang dengan cahaya yang menyorot satu arah saja.

Sedangkan untuk lampu lantai dengan tipe teduh juga memiliki karakteristik yang khas. Tipe lampu lantai ini berkebalikan dengan tipe sebelumnya karena memiliki cover lampu menyeluruh. Sebagai media bias cahaya, bahan cover lampu tipe ini bisa terbuat dari kain, kaca, atau akrilik. Selain itu, memiliki diameter kecil dan panjang yang biasanya dipasang pada tiang penyangga.

Perhatikan Daya Listrik

Biasanya lampu digunakan sebagai pencahayaan ruangan ketika malam hari. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan konsumsi daya listrik yang dibutuhkan lampu lantai. Apalagi pada malam hari penggunaan listrik cenderung lebih banyak.

Jadi pastikan Anda memilih lampu lantai dengan daya listrik yang disesuaikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari tagihan listrik membengkak atau berlebihan yang menyebabkan daya di rumah Anda tidak kuat.

Perhatikan Desain Lampu Lantai

Anda juga perlu memperhatikan desain dari lampu lantai. Anda bisa memilih desain yang disesuaikan dengan konsep rumah Anda. Jika Anda memiliki rumah dengan konsep gaya klasik, maka Anda dapat memilih lampu dengan bohlam berwarna kuning agar terkesan redup dan rileks.

Jika rumah Anda mengusung konsep industrial modern maka lampu lantai model sculptural mekanis yang unik juga cocok, dengan sentuhan warna-warna dasar. Jika Anda memiliki rumah dengan konsep simpel maka pilih desain lampu lantai minimalis yang terbuat dengan bahan dari alam, seperti kayu serta rotan untuk memberikan kesan natural.

Ini Dia Rekomendasi Lampu Lantai Terbaik

Lampu Lantai Autolux

Lampu lantai Autolux ini memiliki body yang kuat. Lampu lantai ini juga cocok digunakan sebagai lampu belajar standing. Dengan ukuran lebih besar dari lampu belajar pada umumnya.

Lampu lantai ini menggunakan fitting yang standar yaitu E27 dan maksimal pemasangan untuk 60 Watt. Terdapat dua pipa aluminium untuk mempertinggi pemasangan. Memiliki tatakan lampu meja yang besar dan kuat.

Lampu lantai ini dipasarkan dengan beberapa warna yaitu putih, hitam dan gold. Memiliki tinggi maksimal tanpa pipa besi 69 cm. Dengan tinggi maksimal menggunakan pipa besi 175cm. Panjang 1 pipa besi berukuran 52,5 cm dan diameter kepala lampu 16 cm.

Selain itu, memiliki diameter tatakan berukuran 28 cm. Material lampu lantai ini adalah metal alumunium. Bahan metal ini halus dan kokoh.

Lampu lantai ini juga bisa diputar baik kepala atau kaki lampu. Bisa ditinggikan dan direndahkan, dengan saklar lampu buat on off serta dilengkapi kabel panjang kurang lebih 1,5 m. Lampu lantai ini juga sangat Praktis dan mudah dipasang.

Selain cocok digunakan pada ruang belajar di dalam rumah. Lampu lantai ini juga bisa digunakan di perkantoran, cafe, toko maupun tempat yang memerlukan pencahayaan.

Harga Rp. 229.000-480.000

Nestudio Iris Standing Lamp

Jika lampu lantai yang Anda butuhkan untuk ruangan dengan tema industrial atau tema modern, maka Anda bisa memilih lampu lantai dengan standing kayu. Pemilihan kombinasi warna natural kayu dengan kap lampu berwarna putih menjadikan Iris Standing Lamp cocok dipadukan dengan konsep ruangan tersebut.

Hal ini dapat menciptakan suasana rumah yang hangat dan santai dengan pancaran cahaya yang menenangkan. Lampu lantai ini juga memberikan suasana cahaya yang lembut. Sehingga cocok untuk diletakkan di atas side table di sudut ruangan Anda.

Harga Rp. 980.000-1.461.000

Lampu Lantai Kayu Hagihara

Hagihara merupakan furniture mebel minimalis berkualitas asli Jepang untuk keperluan rumah maupun kantor. Banyak furniture yang disediakan, salah satunya adalah lampu lantai. Lampu lantai ini memiliki ukuran panjang 25 cm dan tinggi 55 cm.

Lampu lantai ini terbuat dari material kayu dengan finishing warna hitam dan kertas shoji Jepang yang menghalangi pandangan ke sisi lain, namun tetap dapat membiaskan cahaya. Lampu lantai ini cocok untuk diletakkan di lantai atau penerangan sudut.

Harga Rp. 600.000-1.781.780

Philips 38159 Follow Floor Lamp

Lampu lantai dari merek Philips ini menggunakan fitting standar yaitu E27. Tersedia dalam warna beige, dengan menggunakan material fabric. Selain itu, lampu lantai ini juga memiliki fitur ekstra yaitu bagian kepala dan lengan yang dapat disesuaikan.

Lampu lantai ini dapat berfungsi sebagai lampu biasa dan lampu membaca. Lampu ini juga dapat dinyalakan dan dimatikan secara terpisah. Biasanya bohlam dijual terpisah, sehingga direkomendasikan untuk Anda memilih bohlam LED 14.5W putih atau kuning.

Harga Rp. 850.000-1.665.000

Lampu Lantai Isadora Isiruma

Lampu lantai dari brand Isiruma memiliki style yang ethnic dengan warna antique brass white. Lampu lantai ini terbuat dari bahan material metal. Saat digunakan sebagai bahan furniture, material metal cenderung memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang tinggi dibanding kayu.

Standing lamp pada lampu lantai ini memiliki dua tangkai bohlam. Hal ini menjadikan lampu lantai ini cocok untuk Anda yang menyukai barang unik dan tidak biasa. Lampu lantai ini memiliki desain yang antik, dengan standing lamp dua tangkai bercabang bohlam yang tampak cantik.

Harga Rp. 1.099.000-2.998.000

Eglo Up 2 Lampu Lantai

Penataan cahaya pada interior ruangan terlihat semakin bergaya dengan Eglo Up 2 Lampu Lantai. Lampu lantai ini terbuat dari material steel. Dengan tipe soket E27 dan E14 yang bisa dipasang bohlam berdaya maksimum 60 Watt dan 25 Watt.

Lampu lantai ini juga merupakan brand ini terpercaya dari Austria. Dengan desain trendi, sehingga lampu lantai ini dapat digunakan sebagai pencahayaan tambahan untuk aktivitas khusus, seperti saat membaca atau sekedar bersantai.

Harga Rp. 230.000-1.120.000

Eglo Westlinton Lampu Lantai

Lampu lantai ini memiliki tipe soket E27, dengan daya maksimum hingga 60 Watt. Lampu lantai ini terbuat dari material steel yang berkualitas dan biasanya tahan lama, dengan sentuhan warna putih dan gold yang elegan.

Eglo Westlinton hadir sebagai lampu lantai dengan desain modern yang unik. Hal ini membuat lampu lantai dapat digunakan untuk area dalam ruang, seperti kamar tidur, ruang keluarga atau ruang kerja. Tidak terbatas pada hunian pribadi, lampu ini juga cocok untuk apartemen atau hotel.

Harga Rp. 850.900-1.916.000

IKEA STOCKHOLM Floor Lamp

Lampu lantai dari Ikea ini memiliki ukuran tinggi 140 cm. Dengan diameter kap lampu 30 cm dan diameter dasar 28 cm. Lampu lantai ini memiliki panjang kabel hingga 2 m.

Lampu lantai ini terbuat dari baja yang dilapisi dengan krom untuk bagian dasar dan tabungnya. Sedangkan pada bagian diffuser menggunakan tempered glass.

Selain itu, lampu lantai ini memiliki daya maksimum hingga 13 Watt. Perlu Anda ketahui juga, sebagai perawatannya Anda perlu membersihkan lampu lantai ini hanya dengan menggunakan kain lembut.

Harga Rp. 1.225.000-2.899.000

Lampu Lantai Ikea Lersta

Lampu lantai Ikea Lersta ini memiliki ukuran tinggi 131 cm. Dengan diameter dasar 25,5 cm dan diameter kap lampu 15,5 cm. Memiliki panjang kabel 200 cm, dengan plat dasar terbuat dari bahan lacquer bening dan aluminium.

Selain itu, lampu lantai ini memiliki maksimal pemasangan untuk 20 Watt. Penting untuk diketahui bola lampu dijual terpisah. Maka direkomendasikan untuk menggunakan bohlam LED E27 bola opal putih.

Kelebihan dari lampu lantai ini adalah memberi cahaya terarah yang cocok untuk membaca. Dengan lampu ini Anda akan dengan mudah mengarahkan cahaya ke mana saja karena tangkai lampu dapat disesuaikan.

Harga Rp. 228.900-721.000

Lampu Lantai Ikea Vickleby

Lampu lantai Ikea Vickleby memiliki ukuran lebar kap lampu 33 cm, dengan panjang kabel 250 cm. Lampu lantai ini memiliki tinggi 136 cm dan daya listrik maksimum sebesar 8,5 Watt. Lampu lantai ini memiliki bahan tabung dan kaki dari baja powder coating. Dengan menggunakan lap lampu dari bahan kertas tepung.

Dengan lampu lantai ini maka Anda dapat menciptakan suasana nyaman di rumah dengan menggunakan kertas lampu yang menyebarkan cahaya dekoratif. Penting untuk diketahui bohlam dijual terpisah dan direkomendasikan menggunakan bohlam LED GU10.

Harga Rp. 190.000-371.000

Eglare Lampu Lantai Retro

Eglare Retro merupakan lampu lantai yang cocok sebagai pilihan untuk ruangan bernuansa industrial. Lampu ini terbuat dari material metal yang kokoh, dengan warna putih yang natural. Lampu lantai ini memiliki tipe soket E27 dengan dimensi 41 x 23 x 144 cm.

Perlu diketahui bahwa bohlam untuk lampu lantai biasanya dijual terpisah. Dengan menambahkan lampu lantai dari Eglare ini maka akan menambah kesan klasik maupun modern. Selain itu, lampu lantai ini juga cocok digunakan di ruang tamu, ruang kerja, atau ruang tunggu di tempat komersil seperti spa atau salon.

Harga Rp. 709.900-850.000

Getha Lampu Lantai

Lampu lantai Getha ini terbuat dari material metal dan plastik. Material metal dan plastik pada furniture biasanya akan memberikan kekuatan dan keawetan yang cukup lama. Lampu lantai ini tersedia dengan ukuran dimensi 79 x 30 x 162 cm.

Jika Anda ingin menambah interior yang minimalis namun tetap fungsional pada sudut ruangan di rumah ataupun ruang kerja Anda maka lampu lantai ini bisa menjadi pilihan. Apalagi warna putih pada lampu lantai ini akan jadi solusi untuk mempercantik interior di sudut ruangan selain juga sebagai penerangan tambahan. Lampu lantai ini juga bisa diletakkan di sebelah sofa ataupun meja sudut di rumah Anda.

Harga Rp. 1.318.800-1.860.000
From our editorial team

Pilih lampu lantai yang tepat agar tetap hemat namun bermanfaat!

Demikian rekomendasi lampu lantai terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Penting untuk Anda ketahui bahwa pemilihan lampu lantai memang bukan hal yang mudah. Anda perlu menyesuaikan dengan desain agar serasi dengan interior rumah, tingkat keterangan cahaya serta fungsi dan konsumsi daya juga patut diperhitungkan. Hal ini dilakukan untuk mendapat pilihan yang sempurna.

Tag