Jangan Biarkan Mobil Kotor Penuh Kuman, Bersihkan dengan 10 Rekomendasi Peralatan untuk Membersihkan Mobil Berikut (2021)

Jangan Biarkan Mobil Kotor Penuh Kuman, Bersihkan dengan 10 Rekomendasi Peralatan untuk Membersihkan Mobil Berikut (2021)

Memiliki mobil membuat kamu harus rajin merawatnya. Kalau kamu memiliki mobil namun hanya bisa memakainya tanpa merawatnya maka akan jadi percuma saja. Nah, simak bagian-bagian mobil yang harus kamu bersihkan. Cek juga rekomendasi aneka alat dan produk yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan mobil!

Jangan Malas Membersihkan Mobil agar Tampak Bersih dan Nyaman Digunakan

Mobil merupakan kendaraan yang nyaman untuk digunakan bepergian. Kamu tidak perlu kehujanan dan kepanasan saat naik mobil. Selain itu, kamu juga lebih nyaman saat macet atau saat harus bepergian dengan banyak barang.

Saat bepergian dengan mobil, kamu akan lebih percaya diri jika mobil kamu bersih dan terawat. Semahal apapun mobilnya, jika tidak rutin dibersihkan dan dirawat tentu kelihatannya jadi kurang oke. Jadi, jangan malas membersihkan mobil kamu supaya tampak bersih, kinclong, dan lebih nyaman digunakan. Mobil yang bersih, rapi, dan bebas bau tentu bikin kamu jadi betah berkendara dalam waktu lama.

Ini Dia Area Mobil yang Wajib Dibersihkan

Setir Mobil

Setir mobil merupakan bagian yang wajib dibersihkan. Bagian interior ini pastinya paling lama disentuh oleh tangan. Kuman di tangan bisa berpindah ke setir dan bisa saja berpindah ke lain tempat. Setir mobil wajib dibersihkan agar bebas dari debu, kotoran, dan juga virus. Gunakan cairan pembersih yang mengandung sabun. Hindari pembersih dengan bahan pemutih karena bisa merusaknya.

Kaca Mobil

Kaca mobil berperan penting selama kamu dalam perjalanan. Jika kaca mobilnya buram dan kusam, kamu jadi kurang bisa melihat kondisi jalanan. Maka dari itu, rutinlah membersihkan kaca mobil agar senantiasa bersih dan jernih sehingga kamu bisa melihat keluar dengan jelas.

Biasakan mengelap kaca depan lebih dahulu. Selanjutnya, jika kehujanan, pastikan untuk segera mengelap kaca jika kamu sudah selesai berkendara. Ini supaya sisa air hujan tidak meninggalkan noda pada kaca dan juga membuat kaca berjamur.

Jangan biarkan noda di kaca seperti getah pohon, serangga, dan kotoran hewanmenempel lama. Ini membuat kaca makin sulit dibersihkan. Gunakan pembersih kaca khusus untuk mobil agar lebih bersih dan cemerlang.

Karpet dan Jok

Tentu saja bagian karpet dan jok mobil tidak bisa dilewatkan untuk dibersihkan. Kedua area ini bukan hanya tersentuh tangan namun juga alas kaki. Jika dibiarkan, bisa jadi sumber penyebaran virus dan penyakit.

Bagian karpet sangat rawan kotor, apalagi jika mobil melewati jalanan becek, basah, dan berlumpur. Jangan biarkan karpet terkena lumpur terlalu lama jika tidak ingin berjamur, lembap, dan bau. Segera cuci, bersihkan, dan keringkan.

Bagian jok bisa dibersihkan dengan sabun dan air bersih. Atau jika tidak mau ribet kamu bisa membersihkan dengan memakai vacuum cleaner yang memiliki teknologi UV. Ingat untuk tidak memakai pembersih berbahan dasar alkohol karena bisa merusak jok mobilmu.

Ban Mobil

Ban mobil juga menjadi bagian yang harus dibersihkan dengan menyeluruh. Bagian ini kerap disepelekan dan dibiarkan sehingga tampak kotor dan tidak terawat. Padahal, percuma saja mobilnya kinclong dan mulus jika bagian bannya kotor.

Supaya mobil terlihat lebih keren dan berkelas, jangan lewatkan membersihkan bagian ban mobil dan juga velg dengan cara dicuci. Lalu semir ban dan juga seka velg dengan lap hingga kinclong. Dengan perawatan seperti ini, ban mobil kamu akan tampak mentereng dan terkesan lebih elegan di jalanan.

Bagasi

Bagasi merupakan bagian lain yang wajib dibersihkan. Kita seringkali meletakkan aneka barang di bagasi, mulai dari barang belanjaan, koper, perkakas, dan lain sebagainya. Kadang kita juga meletakkan aneka barang yang kotor seperti baju atau sepatu dan lupa membersihkannya sehingga membuat bagasi jadi mudah bau dan menjadi sumber penyakit.

Maka dari itu, keluarkan semua barang dan bersihkan bagasi. Selain itu, semprot juga dengan pewangi atau penghilang bau. Dengan begini, area bagasi jadi lebih bersih dan lebih aman dari penyakit dan bau. Kamu jadi lebih nyaman meletakkan dan menata barang-barang bawaanmu dalam bagasi.

Ini Dia Aneka Peralatan Pembersih Mobil yang Bikin Kamu Lebih Mudah Bersihkan Mobilmu

Baseus Car Wash Gun Spray

Baseus Car Wash Gun Spray merupakan semprotan yang cocok untuk membantu membersihkan mobil. Produk yang satu ini bisa menyemprot dengan kuat sehingga ampuh untuk membersihkan kotoran pada bodi mobil dengan mudah. Alat ini memakai baterai yang bisa dilepas dan di-charge kembali dengan memakai port Type C. Tekanan air yang dihasilkan cukup tinggi. Alda 5 model semprot yang berbeda yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 339.000-885.000

Magic X Hose

Magic X Hose merupakan selang yang memiliki panjang keseluruhan 15 meter. Ada pula ukuran lainnya yaitu 7 meter, 22,5 meter, dan 30 meter. Dalam pembelian sudah dilengkapi dengan konektor ke keran dan semprotan air dengan 7 mode. Selang ini bisa memanjang hingga 3 kali dari ukuran normalnya.

Harga Rp. 30.900-85.500

3M Smart Sponge

3M Smart Sponge bisa membantu kamu mencuci mobil lebih baik. Produknya juga kuat dan tahan lama digunakan. Daya serap spons ini juga sangat tinggi. Desainnya simpel sehingga nyaman digenggam dan mudah digunakan pada berbagai area mobil. Alat ini bisa dipakai untuk mengaplikasikan wax, interior dressing, atau semir ban.

Harga Rp. 10.425-32.580

9 Pcs Car Wash Microfiber Set

9 Pcs Car Wash Microfiber Set Car Wash Set merupakan peralatan pembersih mobil yang wajib kamu punya. Dalam pembelian sudah lengkap 9 buah alat yang masing-masing memiliki fungsi untuk merawat mobil.

Ada 3 buah polish washing pad ukuran 12 x 2 cm, sebuah microfiber wheel brush ukuran 28 x 5 cm, dan sebuah microfiber glove ukuran 26 x 19 cm. Ada juga sebuah micorfiber sponge 2 in 1 dengan ukuran 22 x 11 x 5 cm, sebuah multipurpose microfiber cloth ukuran 25 x 25 cm, dan microfiber cloth for glass ukuran 25 x 25 cm.

Keunggulan produk ini adalah kain microfiber-nya bisa menyerap cairan 7 hingga 8 kali berat awal kain. Selain bisa menyerap air juga bisa menyerap kotoran, debu, dan lemak. Kain microfiber-nya bisa mengering lebih cepat. Kamu bisa mencuci produk ini sebanyak seribu kali sebelum kehilangan efektivitasnya.

Harga Rp. 164.000-229.000

Lap Chamois Super Seibu

Lap Chamois Super Seibu sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengelap mobil hingga kering. Jangan biarkan air bekas cuci mobil mengering dengan sendirinya karena bisa menimbulkan bercak-bercak yang bikin tampilan mobil jadi kurang oke.

Lap dengan ukuran 430 x 320 mm ini bisa menyerap air hingga 280 ml. Daya serap tingginya membuat kamu jadi lebih cepat mengeringkan mobil dan membuatnya tampak lebih baru dan siap digunakan.

Harga Rp. 40.000-120.000

Ember Lipat 10 L Water Bucket Foldable Collapsible - ST362

Ember Lipat 10 L Water Bucket Foldable Collapsible - ST362 ini praktis dibawa kemana saja. Saat tidak dipakai, kamu bisa melipatnya dan menyimpannya tanpa memakan banyak tempat. Produk ini bisa menampung air sebanyak 10 liter. Terbuat dari bahan PP dan TPE yang tidak mudah bocor atau pecah sehingga tahan lama digunakan. Ukurannya adalah 29,5 x 29,5 x 23 cm.

Harga Rp. 98.500-136.000

Auto Detailing Car Brush 5 Pcs/Set

Auto Detailing Car Brush 5 Pcs/Set merupakan satu set alat yang akan membantu kamu membersihkan mobil dengan lebih baik. Dalam satu paket berisi lima sikat dengan ukuran berbeda-beda. Kamu bisa sesuaikan dengan area yang ingin kamu bersihkan. Untuk area sulit dijangkau dan kecil, kamu bisa gunakan sikat yang kecil. Sementara untuk area yang lebih luas, kamu bisa gunakan yang ukurannya lebih besar. Terbuat dari PP dan serat campuran, produk ini tahan lama digunakan.

Harga Rp. 49.000-185.000

3M Car Wash Soap Gold Series

3M Car Wash Soap Gold Series memiliki anti static agent yang bisa mencegah debu agar tidak mudah menempel. Bahan aktifnya bisa melindungi permukaan mobil dengan sempurna. Ada juga efek glossy yang membuat mobil tampak lebih bersih dan kinclong.

Produk ini harus diencerkan dahulu sebelum digunakan. Formulanya tidak merusak cat mobil. Kamu juga bisa memakainya untuk menghilangkan baret.

Harga Rp. 29.000-80.000

Turtle Wax Bug and Tar Remover

Turtle Wax Bug and Tar Remover ini akan membantu kamu menghilangkan noda aspal, serangga, kotoran, debu, hingga getah pohon dari bagian-bagian mobil kamu. Produk ini bisa diaplikasikan pada lis mobil, kaca, hingga velg mobil. Bagian-bagian mobil jadi lebih bersih, licin, dan mengkilap.

Dengan formula non drip, produk ini tidak akan menetes pada panel lain yang tidak bermasalah. Cairan akan menetap untuk membersihkan noda dan juga meninggalkan lapisan pelindung untuk mencegah noda.

Cuci saja bagian mobil yang ingin dibersihkan. Kocok produknya terlebih dahulu, lalu semprotkan dengan jarak lebih kurang dari 10 cm dan biarkan 2 menit. Selanjutnya, tinggal dilap saja hingga bersih.

Harga Rp. 86.000-105.000

Kit Leather Care Lotion

Kit Leather Care Lotion merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini cocok untuk membersihkan jok kulit mobil kamu. Dengan teknologi leather polish dan kandungan nourishing lotion, produk ini bisa merawat kulit jok dengan baik. Ada pH balanced formula yang membuatnya mampu membersihkan kotoran dan noda pada pemukaan kulit.

Produk ini juga hadir dengan anti static agent sehingga membuat debu tidak mudah menempel pada permukaan. Adanya kandungan UV Guard dapat melindungi jok mobil dari pengaruh sinar UV agar tidak mengeras, cepat kusam, dan cepat retak. Dikemas dalam botol berukuran 275 ml, kamu tinggal semprot saja dan lap hingga kering.

Harga Rp. 35.000-86.000
From our editorial team

Cuci Mobil di Tempat yang Teduh

Jika ada waktu luang dan kamu ingin mencuci mobil, carilah tempat yang teduh. Mencuci mobil di bawah sinar matahari dapat membuat air yang mengering pada bodi mobil menjadi noda kerak. Lama-kelamaan, noda kerak ini akan menjadi jamur. Kamu tentu tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan?