10 Rekomendasi Resep Makanan dari Bayam yang Siap Menggugah Cita Rasa dan Kandungan Manfaatnya bagi Tubuh

10 Rekomendasi Resep Makanan dari Bayam yang Siap Menggugah Cita Rasa dan Kandungan Manfaatnya bagi Tubuh

Sayuran hijau bernama bayam memang punya kandungan gizi super melimpah. Jika Anda dapat mengolah sayur bayam dengan tepat, sayuran ini pasti akan menjadi makanan atau camilan favorit keluarga. Yuk, langsung intip aja resep makanan dari sayur bayam ini yang bisa diolah dengan lezat!

Bayam Bisa Diolah Menjadi Berbagai Masakan

Sumber gambar tribunnews.com

Dalam kehidupan keseharian kita, tubuh butuh asupan gizi yang berimbang. Jangan hanya mencukupi kebutuhan karbohidrat saja, kebutuhan serat dan mineral juga patut diutamakan. Kita bisa mencukupi kebutuhan serat dan vitamin dengan banyak mengonsumsi sayur-mayur.

Dari sekian banyak jenis sayuran, sayur hijau berupa bayam banyak manfaatnya loh. Sayur bayam bisa dibeli di pasar tradisional hingga supermarket besar. Sayuran ini mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak.

Kalau ingin sederhana, bisa dibuat sayur bening yang rasanya segar dan cara masaknya simpel. Kalau ingin yang sedikit kreatif, bisa juga dibuat sebagai keripik bayam untuk jadi camilan sehat. Bersama BP-Guide, yuk intip manfaat bayam dan juga aneka olahannya.

Apa Saja Kandungan Bayam dan Manfaatnya bagi Tubuh?

Sayuran bernama bayam adalah jenis sayuran kaya nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh. Kalau Anda rajin mengonsumsinya dalam batas normal, maka ada efek positif untuk tubuh yang Anda dapatkan. Terlalu banyak mengonsumsi bayam maka bisa menimbulkan efek negatif untuk tubuh.

Sayuran bayam baik untuk dikonsumsi siapa saja. Sayur dengan kandungan zat besi yang tinggi ini bisa menambah darah penderita anemia. Dalam bayam juga terkandung karbohidrat, protein, dan kalori. Ibu hamil sangat cocok mengonsumsi bayam karena sayuran ini kaya akan asam folat yang banyak dibutuhkan kala masa kehamilan hingga menyusui.

Tidak Hanya untuk Lauk, Bayam juga Bisa Jadi Camilan

Sumber gambar tupperware.co.id


Bayam juga bisa dijadikan camilan yang enak. Anak pasti suka dengan bayam jika diolah dengan cara yang kreatif. BP-Guide mempersiapkan aneka resep masakan sayur bayam yang bisa Anda masak di rumah nih, yuk segera praktikkan.

Aneka Resep Masakan Sayur Bayam

Tumis Bayam dan Jagung

Sumber gambar selerasa.com

Bayam kebanyakan diolah menjadi sayur bening. Padahal bayam juga nikmat untuk diolah menjadi tumisan, lho. Olah bersama jagung supaya bisa memberikan rasa yang lezat dan juga menggugah selera.

Bahan-bahannya adalah 1 ikat bayam, 100 gr jagung manis, 1 buah bawang bombai dipotong-potong, 2 siung bawang putih, 1 sdt saus tiram, 1/4 sdt lada halus, 1/2 sdt garam, 1 sdt gula pasir, 100 ml air, dan 2 sdm minyak untuk menumis.

Cara membuatnya yaitu petiki daun bayam lalu cici bersih dan sisihkan. Ambil jagung manis lalu sisiri. Ambil bawang putih keprek dan cincang halus. Panaskan minyak lalu tumis bawang bombay bersama dengan bawang putih hingga harum. Masukkan jagung lalu beri saus tiram. Taburi dengan lada, gula, dan garam lalu aduk merata. Masukkan air lalu masak mendidih. Tambahkan bayam dan aduk rata lalu segera sajikan.

Salad Bayam

Sumber gambar www.bicaraperempuan.com

Bayam nikmat juga dikonsumsi sebagai salad loh. Olahan berupa salad akan sangat nikmat apalagi jika dikreasikan dengan bahan lainnya.

Bahan-bahannya adalah 1 kg bayam, irisan telur rebus, irisan daging asap, 2 bawang bombay diiris, 1 sdm minyak goreng, 1 sdm cuka, garam, dan merica menurut selera.

Cara membuatnya, ambil bayam lalu petiki daunnya dan buang tangkainya. Cuci bersih bayam lalu tiriskan dulu. Ambil panci lalu didihkan air. Masukkan bayam lalu didihkan hingga layu. Tiriskan dan dinginkan atau bisa juga dikukus. Ambil wadah lalu campur bayam bersama bahan lainnya dan siap disajikan.

Sayur Bayam Kuah

Sumber gambar www.sukita.info

Bayam perlu diolah dengan cara yang benar. Supaya rasa bayam lebih lezat dan nikmat, bayam bisa diolah menjadi sajian sayur bening. Cocok disajikan kala cuaca sedang panas karena rasanya menyegarkan. Bisa juga disajikan kala cuaca sedang hujan dan dingin karena sayur bayam kuah yang masih hangat bisa memberi rasa hangat pada tubuh.

Bahan-bahannya adalah 2 ikat bayam, 2 buah gambas muda, 2 buah jagung manis, 1500 ml air, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 ruas jari kunci, 2 sdt garam, dan 1 sdt gula.

Cara membuatnya, ambil bayam lalu petiki daun dan pakai batang mudanya saja. Cuci lalu tiriskan bayam dan sisihkan. Ambil gambas muda lalu kupasi dan potongi. Cuci bersih lalu sisihkan dulu gambasnya. Ambil jagung manis lalu potongi sesuai selera dan cuci bersih. Kupas bawang merah lalu cincang kasar bersama bawang putih. Memarkan temu kunci lalu sisihkan.

Ambil panci lalu didihkan air. Tambahkan cincangan bawang serta temu kunci yang sudah digeprek. Masukkan juga jagung lalu didihkan sampai terlihat mekar. Tambahkan bayam dari batang muda lalu daunnya. Tambahkan gambas lalu aduk merata. Masukkan garam dan gula lalu aduk kembali. Matikan kompor dan siap disajikan.

Keripik Bayam

Sumber gambar cookpad.com

Olahan bayam tak hanya bisa jadi menu sayur lauk saja loh. Bisa juga dikreasikan sebagai camilan yang menarik. Misalnya saja dijadikan keripik yang pastinya nikmat untuk dinikmati kala sedang berkumpul bareng keluarga.

Bahan-bahannya adalah 1 ikat bayam dengan daun lebar, 250 gr tepung beras, dan air secukupnya. Bahan bumbu halusnya adalah 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 2 butir kemiri disangrai, 1 ruas kencur, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya, haluskan semua bahan bumbu halus kemudian campur dengan tepung dan tuangi air secukupnya. Usahakan agar tidak terlalu encer supaya tepung bisa menutupi bayam saat digoreng. Panaskan minyak pada wajan lalu celup bayam pada adonan. Goreng bayam sampai tercelup minyak hingga matang dengan tekstur kering dan keras. Tiriskan dan siap disajikan.

Tumis Bayam Tauco

Sumber gambar selerasa.com

Anda bisa memasak bayam sebagai tumisan yang lezat. Hidangan sederhana seperti tumis bayam tauco akan membuat selera makan sekeluarga menjadi lebih meningkat. Jangan ragu menyajikan tumisan ini supaya kesehatan keluarga menjadi terjamin.

Bahan-bahannya adalah 2 sdm minyak sayur, 2 bawang putih dicincang, 1 cm jahe dicincang, 100 g daging cincang, ½ sdm taoco dihaluskan, 1 sdm dark soy sauce, 200 g bayam, ½ sdt merica bubuk, garam dan gula secukupnya.

Cara membuatnya, ambil daging lalu cincang letakkan pada wadah lalu campur bersama tauco dan soy sauce. Tumis bawang putih bersama jahe sampai harum dan layu. Masukkan daging, lalu aduk sampai berubah warna. Tambahkan bayam lalu besarkan api dan aduk sampai daun layu. Tambahkan bumbu lalu aduk merata dan sajikan selagi hangat.

Tumis Bayam Ebi Bumbu Terasi

Tumis bayam akan lebih nikmat jika diolah bersama ebi bumbu terasi. Paduan bahan ebi dengan bayam akan membuat seluruh keluarga menyukai rasanya. Silakan coba masakan ini di rumah, ya.

Bahan-bahannya adalah 1 ikat bayam, 2 siung bawang putih, 3 butir bawang merah, 3/4 sendok teh garam, 1/2 sendok teh terasi, 2 sendok teh ebi, 1/2 sendok teh gula pasir, dan minyak untuk menumis.

Cara membuatnya, ambil bayam lalu siangi dan cuci bersih lalu tiriskan. Kupasi bawang merah dan putih lalu cincang halus. Bakar terasi lalu sisihkan. Seduh ebi lalu sisihkan. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bawang merah dan putih sampai harum. Masukkan ebi dan juga terasi. Masukkan bayam lalu tambahkan gula dan garam. Aduk sampai layu lalu tuangi air dan masak sampai matang sebelum disajikan.

Sayur Bobor Bayam

Sumber gambar vemale.com

Olahan bayam lainnya yang bisa Anda coba adalah bobor bayam. Dengan bahan utama bayam dan santan, masakan ini nikmat disantap kapan saja. Cocok juga disajikan pada buah hati yang kurang suka makan sayur.

Bahan-bahannya adalah 2 ikat bayam, 2 lembar daun salam, 3 cm lengkuas digeprek, 900 ml santan, 1 sdt gula pasir, 1 sdt garam, 1/2 sdt kaldu bubuk atau sesuai selera, dan minyak untuk menumis. Bahan bumbu halusnya adalah 1 sdt ketumbar, 1/2 sdt lada/merica butir, 2 cm kencur, 2 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, dan 3 butir kemiri.

Cara membuatnya, yaitu siangi bayam lalu cuci bersih dengan air dan tiriskan. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus. Masukkan lengkuas dan daun salam lalu aduk sampai harum. Tuangi santan lalu aduk supaya tidak pecah santannya. Jika sudah mendidih, tambahkan garam, gula dan kaldu. Masukkan bayam lalu aduk sebentar hingga layu dan matang.

Bakwan Bayam

Sumber gambar tribunnews.com

Bakwan berbahan bayam tak kalah enak, lho. Makanan yang satu ini bisa jadi lauk makan yang nikmat dan bisa juga dinikmati sebagai camilan sehat.

Bahan-bahannya adalah 300 gr daun bayam, 2 batang bawang daun diiris halus, air secukupnya, 120 gr tepung terigu, 4 butir bawang merah diiris tipis, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh penyedap rasa, 1 butir telur ayam, 1 sendok teh gula pasir, 500 gr minyak goreng, dan sedikit merica bubuk. Bumbu yang harus dihaluskan adalah 5 siung bawang putih, 3 butir kemiri, dan 2 cm kunyit yang sudah dikupas.

Cara membuatnya, yaitu ambil bayam lalu cuci dengan air dan potongi kasar. Campurkan daun bayam dengan terigu dan gula pasir. Masukkan juga telur ayam, merica, dan bawang daun. Taburi dengan penyedap rasa dan garam lalu aduk merata.

Tambahkan air bersih dan tuangkan sedikit demi sedikit. Aduk merata lalu masukkan bumbu halus pada adonan dan aduk kembali. Goreng adonan dalam minyak panas hingga matang dan sedikit kering. Angkat dan siap disajikan.

Cah Bayam Ayam

Sumber gambar cookpad.com

Bahan-bahannya adalah 2 sdt kecap asin, 350 g dada ayam tanpa tulang, minyak untuk menggoreng, 1 1/2 sdm bawang putih cincang, 100 g bawang bombay diiris tipis, 1 1/2 sdt jahe cincang, 100 g ubi jalar kuning, 100 g water chestnut, dan 250 g bayam. Bahan sausnya adalah 2 sdm tepung maizena, 200 ml air kaldu ayam, 11/2 sdt kecap asin, 2 sdt kecap ikan, 2 sdt madu, dan 1 sdt garam halus.

Cara membuatnya, yaitu ambil daging ayam lalu potongi ukuran dadu dan sisihkan. Ambil ubi jalar kuning, potongi ukuran dadu lalu sisihkan. Ambil water chesnut lalu belah dua. Ambil bayam petiki daunnya lalu cuci bersih dan sisihkan. Untuk membuat saus, kita bisa melarutkan maizena bersama air kaldu. Tuangi kecap asin dan kecap ikan. Masukkan garam halus dan madu lalu aduk merata. Campurlah kecap asin dengan potongan daging ayam dan diamkan beberapa saat.

Panaskan minyak pada wajan lalu goreng ayam dan aduk sampai matang. Sisakan dua sendok makan minyak lalu panaskan. Tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan bombay dan jahe dan biarkan hingga harum. Masukkan ubi jalar dan water chesnut lalu aduk hingga setengah matang. Tuangi saus lalu aduk sampai rata dan siap disajikan.

Spaghetti Bayam

Sumber gambar 108jakarta.com

Kalau si kecil penyuka mi, bisa banget suguhkan spaghetti bayam sebagai menu makannya. Dijamin ia akan suka makan sayur dengan cara yang satu ini. Rasanya enak dan pastinya si kecil mendapat gizi terbaiknya.

Bahan-bahannya adalah spaghetti, bayam, jamur diiris, bawang bombay diiris kasar, 1 sdm tepung terigu, 1 sdm mentega, 100 ml susu cair, garam, merica bubuk, dan gula.

Cara membuatnya, rebus spaghetti sesuai petunjuk kemasannya lalu sisihkan dulu. Ambil bayam, petiki daunnya lalu rebus sebentar hingga layu lalu rajangi kasar. Panaskan mentega, lalu tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan terigu lalu aduk cepat supaya tidak lengket.

Tuangi susu cair lalu bumbui dengan garam, gula, dan merica. Masak sampai mendidih baru masukkan jamur. Jika jamur sudah layu baru masukkan bayam dan masak sampai matang. Sajikan di piring.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Yuk, Langsung Praktik!

Bayam memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Orang dewasa dan anak-anak membutuhkan nutrisi ini tentunya. Daripada bingung menyajikan makanan atau camilan apa yang sehat, aneka resep yang direkomendasikan BP-Guide ini bisa membantu para ibu untuk menciptakan hidangan lezat di dapur.