13 Rekomendasi Makanan dari Singkong Mulai dari Tradisional hingga Kekinian

13 Rekomendasi Makanan dari Singkong Mulai dari Tradisional hingga Kekinian

Makanan yang berasal dari singkong mudah dijumpai di Indonesia. Variasinya pun terus bertambah mengikuti selera dan perkembangan zaman. Artikel ini akan mengingatkanmu kembali tentang berbagai olahan singkong yang masih ada hingga kini.

Singkong atau dikenal juga dengan ketela merupakan bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh beberapa daerah di Indonesia. Kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi dianggap mampu memberikan energi untuk melakukan berbagai aktivitas.

Bukan hanya mengenyangkan dan berkalori tinggi, singkong pun dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan yang lezat, baik yang bercita rasa manis hingga gurih. Simak aneka olahan dari singkong ini, yuk!

Singkong Goreng Crispy

Buat penyuka makanan kaki lima, tentunya tidak asing dengan olahan singkong goreng crispy yang satu ini. Daripada membelinya dari abang-abang penjual gorengan, tidak ada salahnya menjajal membuatnya sendiri di rumah.

Pertama, siapkan singkong yang sudah dikupas, cuci bersih, dan potong memanjang. Rebus hingga empuk lalu masukkan ke dalam adonan tepung yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, garam, gula, dan air. Goreng hingga matang dan keemasan. Hati-hati ya, sekali menyantapnya kamu akan sulit menghentikannya.

Misro

Resep jajanan tradisional ini memang hanya membutuhkan sedikit bahan, tapi dibutuhkan keterampilan dan waktu untuk membuatnya. Tapi dijamin, cita rasanya yang lezat akan membayar semua pengorbanan yang sudah kamu lakukan.

Pertama, awali dengan mengupas singkong. Lalu cuci hingga bersih dan parutlah singkong. Tambahkan garam dan aduk hingga tercampur rata. Ambil singkong parut dan bentuk bulat pipih, lalu isi dengan irisan halus gula merah. Lakukan hingga adonan habis kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan. Sajikan selagi hangat.

Combro

Punya bentuk yang mirip dengan misro, combro memiliki isian yang gurih dan pedas. Awali dengan mempersiapkan singkongnya dengan mengupas, mencuci bersih, dan memarutnya. Peras airnya lalu sisihkan.

Di wadah lain, parut kelapa lalu campurkan ke dalam singkong parut dan aduk. Aduk rata. Jika ada sisa air, tiriskan terlebih dahulu.

Di wadah terpisah, haluskan bumbu isian combro yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Tumis hingga harum lalu tambahkan merica, oncom, garam, gula, dan daun bawang. Masak hingga matang, lalu sisihkan.

Lanjutkan dengan mengambil adonan singkong sebanyak sekepal tangan. Pipihkan dan isi dengan tumisan oncom dan rapatkan hingga berbentuk lonjong. Goreng dalam minyak panas dan sajikan saat hangat.

Keripik Singkong

Sempat dipandang remeh, kini keripik singkong kembali naik daun dengan kemasan yang tampak modern dan rasa yang kekinian. Kamu pun bisa membuat olahan singkong ini di rumah, tinggal kreasikan sesuai dengan keinginanmu.

Awali dengan mengupas singkong dan cuci hingga bersih. Iris singkong tipis-tipis dan rendam dalam campuran air, kapur sirih, garam, gula, serta bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan selama satu jam. Agar hasilnya makin renyah, singkong yang sudah direndam kemudian dikeringkan dulu tanpa harus terkena sinar matahari langsung.

Setelah kering, siapkan dua wajan berisi minyak.Goreng di wajan pertama hingga setengah matang dengan api sedang kemudian lanjutkan ke wajan kedua dengan api yang lebih besar, sehingga keripik singkong cepat matang. Tiriskan di atas kertas tisu untuk menyerap minyak dan simpan di wadah kedap udara.

Lemet

Sumber gambar resepkoki.id

Satu lagi jajanan tradisional yang punya cita rasa khas dan kini cukup sulit ditemukan. Selain terbuat dari parutan singkong, lemet yang kenyal ini juga memasukkan parutan kelapa dan gula merah sebagai bahannya.

Keunikan lainnya, lemet dibungkus dengan daun pisang yang dilipat sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan lidi untuk mengamankannya.

Sawut

Sumber gambar cookpad.com

Buat yang sedang berkunjung ke Jawa Tengah mungkin akan menemukan kudapan unik ini. Sawut terbuat dari singkong yang diparut kasar dan dicampur dengan gula merah dan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya. Campuran cita rasa manis, gurih, dan tekstur yang seperti serabut ini yang bikin sawut banyak diburu.

Gethuk

"Gethuk asale soko telo". Lirik lagu ini seakan mencerminkan kepopuleran gethuk singkong, terutama di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Membuatnya memang butuh usaha ekstra, dari merebus singkong kemudian ditumbuk halus dan dicetak hingga menyulapnya menjadi bentuk yang khas. Lalu diberi warna yang beraneka ragam, seperti kuning, cokelat, hingga hijau. Penyajiannya cukup didampingi dengan taburan kelapa parut.

Tiwul

Ini dia olahan singkong yang sering dikonsumsi oleh warga Gunung Kidul, Yogyakarta, sebagai makanan pokok. Tiwul ini sendiri berasal dari tepung gaplek atau singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Memiliki cita rasa manis dengan warna khas kecokelatan, tiwul ini kini dikembangkan menjadi bentuk instan yang lebih praktis.

Kue Mata Roda

Menggabungkan singkong dengan pisang bukan hanya diiwujudkan dalam bentuk kolak, tetapi juga kudapan berbentuk unik yang disebut mata roda. Pisang yang berwarna kuning terlihat kontras dengan olahan singkong berwarna cerah yang membungkus pisang. Disajikan dengan parutan kelapa, siapa pun sulit menahan godaan untuk terus menyantapnya.

Singkong Thailand

Camilan ini sempat ngehits di dunia kuliner Indonesia beberapa waktu yang lalu. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan, seperti singkong, gula, air, garam, santan, dan tepung maizena.

Singkong yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong akan dimasak sedemikian rupa hingga menjadi empuk dan kaya rasa. Disantap bersama saus santan yang gurih, bikin mulut seakan sulit berhenti mengunyah.

Donat Singkong

Siapa yang tidak menyukai kue dengan lubang di bagian tengahnya ini? Jika biasanya donat hanya dibuat dengan berbahan tepung terigu atau kentang, kini kamu juga bisa membuatnya dengan mengolah singkong.

Rasanya pun nggak kalah enak dan teksturnya cukup empuk. Sajikan dengan berbagai varian topping, seperti cokelat, keju, atau kacang.

Tape

Tape atau disebut juga peuyeum oleh orang Sunda ini merupakan makanan olahan singkong yang difermentasi. Untuk membuatnya, singkong dikukus terlebih dahulu baru kemudian ditaburi ragi yang akan memunculkan cita rasa yang manis dan agak asam.

Selain dapat dimakan langsung, tape pun bisa diolah menjadi berbagai makanan. Mulai dari digoreng, dimasukkan ke dalam minuman segar, diolah menjadi kue yang lezat, hingga dijadikan puding yang menyegarkan.

Singkong Keju

Yang suka jajan pasti familiar dengan kudapan murah meriah yang satu ini. Selain rasanya gurih, tekstur singkong keju pun empuk dan lumer di mulut apalagi jika disantap di saat masih hangat.

Kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Caranya, campurkan garam dan keju ke dalam dua liter susu dan gunakan untuk merendam singkong yang sudah dikukus.

Diamkan selama 30 menit agar cita rasa gurih dari keju dan susu meresap ke dalam singkong serta membuat teksturnya semakin lembut. Goreng hingga keemasan dan taburi kembali dengan parutan keju.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Cara Memilih Singkong

Saat hendak membeli singkong, pilihlah singkong yang bagus dengan ciri-ciri seperti masih ada tanah yang menempel, kulit yang retak, dan tidak memiliki noda biru atau hitam. Singkong seperti ini dipastikan masih segar sehingga teras empuk ketika sudah diolah.