10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik Untuk Kesehatan (2022)

10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik Untuk Kesehatan (2022)

Essential oil kini semakin populer saja karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Aromanya yang menenangkan juga bisa membuat Anda jadi lebih rileks. Temukan rekomendasi essential oil terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Essential Oil Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Sebagai minyak yang berasal dari berbagai tanaman, essential oil memiliki beragam manfaat bagi penggunanya. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari essential oil adalah untuk meredakan flu, meningkatkan imun tubuh, hingga meningkatkan suasana hati.

Banyaknya manfaat yang dapat diberikan oleh minyak esensial ini membuat para produsen berlomba-lomba mengeluarkan produk essential oil yang terbaik.

Varian Essential Oil yang Populer

Eucalyptus

Selain diolah menjadi minyak kayu putih, eucalyptus juga diolah menjadi essential oil. Eucalyptus ini dapat digunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Anda dapat meredakan essential oil varian eucalyptus ini untuk mengurangi gejala flu dan pilek pada anak.

Peppermint

Peppermint memiliki wangi yang menyegarkan. Aromanya enak untuk dihirup, dengan sensasi mint yang dingin ketika mengenai kulit. Essential oil varian peppermint ini dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh, serta memberikan efek relaksasi untuk menurunkan stres.

Lavender

Lavender memiliki aroma yang menenangkan. Sebuah studi meneliti bahwa aroma lavender dapat meningkatkan gelombang di otak yang mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Anda dapat mengandalkan essential oil varian lavender ini untuk membuat tidur Anda lebih lelap.

Grapefruit

Essential oil varian grapefruit ini cocok untuk Anda yang sedang diet dan ingin menahan rasa lapar. Karena aroma grapefruit ini dapat membantu menghalangi saraf di lambung yang berperan untuk memicu rasa lapar. Anda pun dapat mencegah keinginan makan sambil relaksasi dengan menghirup essential oil ini.

Lemon

Varian essential oil selanjutnya yang tak kalah populer adalah lemon. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa aroma lemon dapat mengendalikan atau meminimalisir depresi. Aroma lemon dapat menaikkan suasana hati, serta meningkatkan konsentrasi.

Cara Penggunaan Essential Oil

Diffuser

Anda dapat menggunakan essential oil dengan menggunakan diffuser. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air, tergantung kapasitas diffuser yang Anda miliki. Diffuser akan mengeluarkan uap yang memberikan manfaat kesehatan untuk Anda.

Dioles

Essential oil juga dapat digunakan dengan cara mengoleskannya ke kulit. Namun Anda harus berhati-hati jika kulit Anda terutama kulit anak Anda sensitif. Sebaiknya, Anda mencampurkannya terlebih dahulu dengan carrier oils (minyak pelarut), cream, atau lotion.

Diteteskan Pada Air Rendaman Untuk Mandi

Anda bisa mandi cantik dengan tenang dengan meneteskan beberapa tetes minyak essential ke dalam air mandi seperti bak mandi atau bath tub. Akan lebih baik juga jika Anda mencampurkan essential oil dengan carrier oil terlebih dahulu. Sebaiknya juga tidak lama-lama berendam ya!

Rekomendasi Essential Terbaik Untuk Anda

CAPSEN Spearmint Pure Essential Oil

Essential oil dari Capsen ini memiliki grade Therapeutic. Berbeda dengan Synthetic Oil, Altered Oil, bahkan Food Grade Essential Oil, Therapeutic Grade Essential Oil dari Capsen ini telah melalui proses kurasi yang panjang oleh Certified Aromatherapist dan Certified Essential oil Specialist.

Essential oil varian Pure Spearmint dari Capsen ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, seperti membantu menyegarkan pernapasan, menyegarkan bau mulut, merelaksasi tubuh, dan memperbaiki mood.

Anda dapat menggunakannya dengan diffuser, meneteskannya di beberapa sisi ruangan di rumah/kantor Anda, ataupun mengoleskannya secara langsung dengan mencampurkannya ke carrier oil dengan dilution rate maksimal 10%.

Harga Rp. 60.000-150.000

Natuna Ylang Ylang Essential Oil

Natuna Ylang Ylang Essential Oil ini memiliki grade Therapeutic-Grade dengan sertifikasi Organic. Essential oil yang berasal dari Madagascar ini tak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Setidaknya ada 7 manfaat utama Ylang Ylang Essential Oil dari Natuna ini, yaitu meningkatkan aliran darah, menambah energi, dan memperkuat kesehatan jantung. Selain itu juga dapat meningkatkan fungsi usus, meringankan semua jenis peradangan, meredakan nyeri otot dan nyeri haid, serta meredakan kecemasan.

Harga Rp. 80.000-120.000

Manura Eucalyptus Essential Oil

Essential oil non blend aroma Eucalyptus dari Manura ini memiliki kualitas therapeutic grade. Essential oil dari Manura ini 100000% murni, tanpa tambahan pewangi dan tanpa bahan kimia yang berbahaya.

Beberapa manfaat Eucalyptus Essential Oil yang dapat Anda dapatkan adalah mampu mengatasi batuk pilek flu dan asma, meringankan nyeri pada sendi, juga membersihkan dan menjernihkan udara di ruangan Anda.

Harga Rp. 50.000-125.000

Nu Aroma Essential Aromatic Oil Peppermint

NU Aroma Essential Oil aroma Peppermint ini diekstrak dari daun tanaman peppermint yang memiliki aroma tajam khas peppermint. Aroma yang dihasilkan adalah wangi yang sejuk menyegarkan dan menenangkan.

Essential oil varian peppermint ini mampu mengurangi sindrom iritasi, mual, masalah pencernaan lain, flu dan hidung tersumbat. Anda dapat mengandalkan minyak aromatik ini untuk mengurangi mabuk perjalanan.

Harga Rp. 25.000-35.000

Cessa Baby Lenire Essential Oil

Anda mencari minyak esensial untuk bayi? Cessa Lenire adalah yang Anda cari. Essential oil ini diracik khusus dari berbagai kandungan bahan alami yang sangat aman untuk bayi. Anda dapat mengoleskannya ke tubuh bayi usia 0-3 tahun.

Dengan 100% aroma pure therapeutic grade essential oil, minyak ini dapat membantu Anda menenangkan bayi, menyamankan bayi yang gelisah, juga menenangkan si kecil yang rewel ataupun tantrum.

Harga Rp. 35.000-55.000

Essenzo Lavender Essential Oil

Rekomendasi selanjutnya datang dari brand Essenzo. Essential Oil varian Lavender dari Essenzo ini merupakan 100% minyak atsiri murni yang diekstrak dari bunga lavender (lavandula angustifolia), tanpa tambahan bahan lainnya.

Minyak esensial ini memberikan efek relaksasi pada sistem saraf dan sistem otot yang tegang, membantu mengatasi rasa gelisah, menurunkan level stres, membantu mengatasi insomnia dan membantu tidur agar lebih nyenyak, juga mempercepat proses penyembuhan luka.

Anda dapat menggunakannya dengan mengoleskannya ke kulit, dengan mencampurkannya dengan carrier oil terlebih dahulu. Selain itu, Anda bisa menghirupnya secara langsung ataupun menggunakan diffuser.

Harga Rp. 250.000-300.000

Bonnels Mosaway Essential Oil

Bonnels Mosaway Essential Oil ini dibuat dari oleum citri 50%, oleum citronella 40%, dan oleum lavandulae 10%. Beberapa bahan yang ada dalam minyak esensial ini memberikan berbagai manfaat untuk Anda.

Adapun manfaat yang diberikan oleh essential oil ini adalah sebagai anti nyamuk, mengatasi susah tidur atau insomnia, membantu relaksasi untuk memberikan kualitas tidur yang baik, serta sebagai aromaterapi yang menenangkan dan mengharumkan ruangan.

Dalam menggunakannya, Anda dapat menuangkan 4-5 tetes per 100 ml air ke dalam diffuser Anda. Selain menggunakan diffuser, Anda juga dapat mengoleskannya langsung ke kulit, tapi jangan lupa mencampurkannya dengan carrier oil terlebih dahulu.

Harga Rp. 150.000-250.000

ORGANIC SUPPLY CO. Lemon Essential Oil Organic

Lemon memang terkenal akan beragam manfaatnya, terutama sebagai detoksifikasi untuk membersihkan racun dari bagian tubuh dan membersihkan kulit. Lemon juga bermanfaat untuk merangsang drainase getah bening, dan melindungi sistem kekebalan dan pernapasan.

Aroma lemon juga dapat membangkitkan semangat, dan meningkatkan konsentrasi. Wanginya juga menenangkan dan dapat membersihkan atau memurnikan udara. Apalagi jika aromanya menyebar di seluruh ruangan dengan diffuser.

Manfaat aroma lemon ini bisa Anda dapatkan melalui Lemon Essential Oil Organic dari Organic Supply Co. Essential oil ini dapat digunakan hingga 1 sampai 2 tahun setelah tanggal produksi, jika disimpan dengan benar. Tutup rapat setelah digunakan, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk, dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Harga Rp. 65.000-200.000

Sensatia Botanicals Lemongrass Essential Oil

Lemongrass Essential Oil dari Sensatia Botanica ini memiliki wangi citrus dari serai yang dapat bertindak sebagai anti depresan natural. Anda dapat mengandalkan minyak ini saat mengalami jet lag, kelelahan, ataupun saat dalam berada dalam kondisi kurang sehat.

Kandungan antiseptik di dalamnya dapat membantu melawan jerawat. Minyak ini juga mampu meratakan warna kulit, menghidrasi, dan melembutkan kulit untuk penampilan yang terlihat muda. Selain itu, juga dapat membantu meringankan rasa sakit kepala dan meredakan nyeri otot.

Essential Oil dari Sensatia Botanica ini cocok untuk vegan maupun vegetarian, karena dalam proses produksinya tidak melibatkan hewan. Minyak ini juga tidak mengandung bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang.

Harga Rp. 60.000-150.000

Bathaholic Peppermint Essential Oil

Bathaholic Peppermint Essential Oil ini diolah dari ekstrak daun peppermint yang memiliki aroma dingin menyegarkan. Jika minyak esensial pada umumnya disediakan dalam ukuran 50 ml, Bathaholic tersedia juga dalam ukuran 50 sehingga lebih hemat secara harga.

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari minyak esensial peppermint ini, seperti meredakan gatal karena gigitan serangga, melegakan pernafasan, meredakan pilek dan flu, meringankan mabuk perjalanan, dan meringankan gejala mual. Selain itu, juga bisa meredakan masalah pencernaan, serta membantu merawat rambut.

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Selain Untuk Relaksasi, Essential Oil Juga Bisa Jadi Obat Alami Lho!

Essential oil memang hadir dengan berbagai macam aroma yang menenangkan. Tetapi manfaatnya bukan cuma untuk relaksasi saja lho. Essential oil juga bisa menjadi obat untuk gejala penyakit ringan seperti batuk dan flu. Pilih produk essential oil terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag