Abadikan Momen Seru dengan 10 Kamera Terbaik 2018

Abadikan Momen Seru dengan 10 Kamera Terbaik 2018

Ada dua hal yang wajib dimiliki fotografer andal, yaitu mata yang jeli dan kamera terbaik. Keduanya saling melengkapi dan tidak bisa berdiri sendiri. Jika berminat pada dunia fotografi, artikel berikut bisa menjadi panduan Anda,

Banyak Foto Terbaik Tercipta dengan Kamera Terbaik

Memang, kamera bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi kualitas sebuah foto. Fotografer juga memegang peranan penting. Anda bisa saja mendapatkan gambar bagus dengan kamera saku atau kamera smartphone. Tapi bagaimana pun juga, Anda tidak bisa memaksa gawai untuk mendapatkan hasil gambar dengan tingkat ketajaman dan detail yang tinggi.

Sampai saat ini belum ada perangkat lain yang mampu menandingi kamera DSLR. Apalagi jika menginginkan hasil jepretan yang crisp dan tajam di berbagai kondisi. Berapa pun besarnya resolusi atau mega piksel yang ditawarkan kamera smartphone dan kamera saku, kamera DSLR tetap unggul karena memiliki sensor yang lebih besar.

Pada beberapa produk high-end, kamera DSLR menggunakan sensor fullframe (setara dengan ukuran film 35 mm). Sementara ukuran sensor pada gawai lain masih jauh lebih kecil. Jadi kalau Anda menginginkan gambar yang detail dan tajam, tentu saja harus memakai kamera terbaik.

Tips Mendapatkan Hasil Foto Bagus Menggunakan Kamera

Sekali lagi, memiliki kamera terbaik bukan jaminan Anda akan menghasilkan gambar berkualitas bagus. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah foto. Buat Anda yang pemula, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperoleh hasil foto terbaik.

Gunakan Tripod dan Manfaatkan Remote Nirkabel atau Timer

Setiap kamera modern, apalagi sekelas DSLR, pasti memiliki fitur peredam getaran, tripod, dan remoter nirkabel yang merupakan senjata andalan. Khususnya jika Anda ingin memotret momen tertentu dengan menggunakan tekning long exposure. Misalnya saat akan mengabadikan ombak di pantai, atau ketika ingin memotret pemandangan kota pada malam hari, yang tentunya membutuhkan tingkat kedetailan cukup tinggi.

Tripod akan menjadi penyangga kamera yang stabil, sedangkan remote nirkabel dan timer kamera berguna untuk lebih meminimalkan getaran. Seperti ketika tangan Anda menekan tombol shutter untuk memotret. Meski tidak terlalu signifikan, tekanan ini bisa menimbulkan guncangan. Nah, di sinilah remote nirkabel dan timer kamera berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

Aktifkan Stabilizer

Ada cara lain untuk membuat kamera stabil saat digunakan dengan tangan kosong (handheld), yaitu memanfaatkan fitur stabilizer. Biasanya terdapat pada lensa atau bodi kamera. Tiap merek memiliki istilah yang berbeda untuk menyebut fitur ini, seperti VR (Vibration Reduction) pada merek Nikon, atau IS (Image Stabilizer) pada produk milik Canon.

Tepatkan Fokus dan Gunakan Shutter Speed yang Sesuai

Pada intinya objek yang ingin diabadikan harus menjadi titik fokus utama dari kamera Anda. Objek tersebut harus mendapatkan tingkat ketajaman paling tinggi.

Selain itu Anda juga harus memperhitungkan kecepatan rana (shutter speed). Umumnya tingkat kecepatan rana berbanding lurus dengan ketajaman. Jadi semakin cepat shutter speed-nya, maka hasil foto akan semakin tajam.

Sedikit bocoran, ada satu rumus dasar yang bisa Anda gunakan adalah dengan memastikan angka shutter speed selalu lebih besar dari 1/Focal Length lensa kamera. Misalnya panjang lensa kamera Anda 50 mm, maka aturlah shutter speed di angka 1/60 detik atau lebih.

Rekomendasi 10 Kamera Terbaik untuk Hasil Terbaik

Saat ini banyak ditemui kamera terbaik dengan bodi ringkas dan mudah dibawa, terutama kamera DSLR full frame. Kamera jenis mirrorless pun banyak hadir dalam dimensi yang lebih efisien. Untuk itu, kami siapkan beberapa rekomendasi kamera terbaik buat mereka yang menginginkan hasil foto terbaik.

Kamera DSLR

Masih berkutat dengan kamera smartphone, kamera saku, atau prosummer? Sepertinya ini sudah waktunya meng-upgrade level Anda dengan kamera DSLR. Dengan perangkat ini, Anda bisa lebih bebas berekspresi karena memiliki kendali penuh atas fitur-fitur manual yang tersedia pada kamera. Apalagi dengan iming-iming hasil kualitas gambar yang jauh lebih prima. Kalau mau, beberapa pilihan kamera DSLR berikut ini bisa Anda coba.

Nikon D810

Sumber gambar Best Buy

Jika pernah bermimpi menjadi fotografer spesialis periklanan profesional, Nikon D810 sangat cocok buat Anda. Kamera ini memiliki resolusi 36,3 MP, sensor canggih FX-Format CMOS, ISO 64 hingga 12800 (bisa ditingkatkan sampai 51200), ditambah dengan gambar RAW S yang memungkinkan Anda memperoleh gambar kualitas tinggi untuk dicetak dalam ukuran seberapa pun. Produk yang merupakan penerus kesuksesan seri D800 ini juga dilengkapi dengan kemampuan merekam video Full HD 1080. Jika berminat, Anda bisa memesannya di Bukalapak.com dengan harga Rp 32.700.000.

Canon EOS Rebel T6i

Sumber gambar Digitaltrends

Kamera terbaik berikutnya adalah Canon EOS Rebel T6i yang cocok untuk pemula. Canon membekali kamera DSLR ini dengan sensor resolusi tinggi 24,2 MP, APS-C CMOS, dan prosesor gambar DIGIC 6 Image. Anda bisa memotret dalam kondisi gelap dan terang dengan ISO mencapai 12.800 yang bisa ditingkatkan sampai 25.600.

Untuk tampilan display-nya, layar sentuh LCD berukuran 3 inci telah disiapkan. Anda juga bisa merekam video Full HD dengan kecepatan 30 frame per detik (fps). Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur WiFi dan NFC untuk memudahkan konektivitas. Harganya Rp 8.000.000 saja, kunjungi Tokopedia.com jika Anda ingin memesannya.

Pentax K-S2

Sumber gambar Koshitatu.com

Anda ingin kamera DSLR yang tangguh dan tahan dalam berbagai cuaca? Maka Pentax K-S2 adalah pilihan tepat. Pentax sengaja mendesain kamera ini sedemikian rupa hingga mendapatkan bodi yang solid dan tangguh untuk melindungi berbagai fitur keren di dalamnya.

Anda akan mendapatkan kamera dengan resolusi 20.2 MP APS-C, berikut sensor gambar PRIME MII untuk hasil foto terbaik. Rentang ISO-nya pun cukup luas, yakni antara 100 hingga 51.200. Untuk melihat hasil pemotretan atau rekaman video Full HD berkecepatan 30 fps, Anda bisa memanfaatkan LCD display berukuran 3 inci yang bisa diatur sendiri posisinya. Anda bisa memperoleh kamera ini di camera.co.id dengan merogoh kocek sebesar Rp 9.300.000 saja.

Canon EOS 5Ds

Satu lagi produk flagship dari Canon untuk para profesional. Canon EOS 5Ds dibekali sensor full frame dengan resolusi 50.6 MP dan prosesor gambar Dual DIGIC 6. Untuk mempermudah pengoperasian, tersemat pula layar display 3,2 inci. Kamera terbaik dan berkualitas ini tentunya bisa Anda peroleh dengan harga Rp 46.120.000 di Blibli.com.

Nikon D3300

Satu rekomendasi kamera terbaik lagi untuk mereka yang baru memulai hobi fotografi. Nikon D3300 merupakan penerus dari seri Nikon D320, kamera entry-level yang laris manis.

Meski berkelas entry-level, fitur-fiturnya masih terbilang cukup baik. Sebut saja resolusi 24,2 MP tipe APS-C, dengan sensor pengolah gambar EXPEED seri 4 yang terbaru, dan rentang ISO antara 100-12.800. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lensa berukuran 18-55 mm. Kemampuannya dalam merekam video juga tidak boleh dianggap remeh. D3300 mampu menghasilkan video Full HD dengan daya rekam 24 fps hingga 60 fps. Tertarik? Siapkan dana Rp 5.250.000 dan pesan segera di blanja.com.

Kamera Mirrorless

Selain kamera DSLR regular, ada satu alternatif jenis kamera lain yang tidak kalah bagusnya, yaitu kamera mirorrless. Disebut mirorrless karena kamera ini tidak dilengkapi dengan perangkat cermin pemantul (mirrorbox), sehingga bodinya lebih ringkas dan padat daripada DSLR biasa. Berikut beberapa pilihan kamera mirrorless yang bisa Anda miliki.

Canon EOS M10

Sumber gambar Shutterbug.com

Kamera Mirorrless pertama yang perlu dipertimbangkan adalah Canon EOS m10. Dibalut dengan bodi yang solid, kamera ini juga dibekali peranti dan lensa yang keren.

Kamera ini mampu menghasilkan kualitas gambar 18.0 MP (APS-C CMOS Sensor), lengkap dengan prosesor DIGIC 6. Tidak perlu ragu memotret di berbagai kondisi cahaya, EOS M10 memiliki rentang ISO panjang, yakni 100-12800, dan masih bisa ditingkatkan hingga 25600. Anda juga akan mendapatkan hasil rekaman video Full HD berkecepatan 24 fps - 30 fps yang bisa langsung ditonton melalui layar sentuh LCD. Kamera yang juga memiliki fitur konektivitas WiFi dan NFC ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 5.250.000 di kliknklik.com.

Fujifilm X-A2

Sumber gambar The Imaging Resource!

Nah, kalau kamera yang satu ini, cocok untuk para penggemar swafoto. Dari beberapa kamera Fujifilm seri X, kamera inilah yang pertama kali dilengkapi dengan teknologi untuk mendukung berswafoto. X-A2 memiliki panel lensa yang bisa berputar 175 derajat untuk mempermudah Anda dalam berswafoto.

Fujifilm X-A2 menggunakan resolusi gambar 16 MP (APS-C) dengan ISO mencapai 25600 dan dilengkapi lensa Fujinon XC 16-50 mm dengan focal length f/3,5 hingga f/5,6. Fitur tambahan, yaitu waktu start-up yang singkat (0,5 detik) dan portrait enhancer mampu membuat hasil swafoto semakin indah.

Sony Alpha A6000

Sumber gambar itp.net

Bagi para penggemar Sony, kamera mirrorless Sony Alpha A6000 bisa menjadi koleksi Anda berikutnya. Hadir dalam tampilan yang klasik, kamera ini didesain dengan gaya rangefinder yang unik sehingga cocok untuk dikoleksi.

Sony Alpha A6000 membawa sensor gambar 24,3 MP (APS-C), prosesor Bionz X, dan lensa KIT 16 mm - 50 mm f/3,5 - f/5,6. Pada display, tersedia layar berukuran 3 inci. Sementara untuk konektivitas, terdapat fitur WiFi dan NFC untuk memudahkan Anda menghubungkan kamera dengan laptop atau smartphone. Bukalapak.com menyediakan produk ini dengan harga Rp 7.410.000.

Canon EOS M5

Sumber gambar pcmag.com

Kamera mirrorless selanjutnya, lagi-lagi adalah produk Canon, yakni Canon EOS M5. Berbekal sensor 24,2 MP APS-CMOS, lensa EF-M 15-45 mm f/3,5 - f/6,3 IS STM, serta prosesor gambar DIGIC 7, Anda akan mendapatkan hasil gambar yang istimewa.

Kamera ini juga mampu merekam video Full HD pada kecepatan 60 fps. Fitur lainnya, seperti LCD 3 inci yang fleksibel , serta konektivitas WiFi (dengan NFC) dan bluetooth juga tersedia. Pesan kamera mirrorless seharga Rp 10.499.000 ini di Tokopedia.com.

Samsung NX3000

Sumber gambar technave.com

Samsung tidak mau kalah dalam persaingan produk kamera terbaik. Mereka punya seri NX yang paling laris di pasaran. Kali ini, Samsung menghadirkan kamera Samsung NX3000. Kamera ini memiliki resolusi 20,3 MP (APS-C, CMOS), prosesor gambar DRIME generasi keempat, ISO 100 - 25600, serta monitor LCS tiltable (bisa diatur posisinya) 3 inci.

Samsung NX3000 dilengkapi dengan fitur-fitur bantuan pada saat pemotretan, seperti Face Detection, Tracking, dan Continous Shoot. Untuk konektivitas, terdapat fitur DMI, WiFi (NFC), dan USB. Anda bisa memesannya di Tokopedia dengan banderol sebesar Rp 5.980.000.

From our editorial team

Jangan asal pilih!

Bagaimana? Pasti Anda sudah menyimak berbagai rekomendasi produk dari kami. Jika boleh memberi saran, memilih kamera sebaiknya disesuaikan dengan tingkat kemampuan fotografi Anda. Buat yang masih dalam tahap belajar, kamera DSLR atau mirrorless di kelas entry-level bisa menjadi pilihan.