Tempat Makan Bakso Rusuk di Jakarta dan 8 Rekomendasi Bakso Rusuk Kemasan yang Tak Kalah Enaknya (2020)

Tempat Makan Bakso Rusuk di Jakarta dan 8 Rekomendasi Bakso Rusuk Kemasan yang Tak Kalah Enaknya (2020)

Sumber gambar www.sukita.info

Hampir semua orang menyukai bakso karena rasanya yang lezat. Jika dulu bakso hanya dinikmati dengan kuah kaldu, kini varian bakso sudah sangat beragam. Hidangan bakso varian baru yang saat ini lagi hits adalah bakso rusuk. Penasaran dengan hidangan bakso yang satu ini? BP-Guide punya rekomendasi kedai bakso rusuk yang enak, nih! Ada juga lho, bakso rusuk dalam kemasan praktis dengan rasa yang tak kalah enak.

Dalam Suasana Apapun, Bakso Selalu Enak untuk Disantap

Bakso, makanan dari olahan daging dan tepung yang menjadi favorit banyak orang. Bakso meski merupakan makanan khas Indonesia, tapi sebenarnya olahan yang satu ini juga dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Bakso yang digemari oleh kebanyakan orang bisa menjadi santapan lezat di mana saja dan kapan saja.

Bakso umumnya dinikmati dengan kuah kaldu yang sedap, tapi dengan berkembangnya dunia kuliner, kini bakso juga hadir dalam berbagai varian. Ada bakso yang digoreng, dibakar, diberi isian cabe rawit, dan ada pula bakso varian baru dari kota Kraksaan, Probolinggo, yakni bakso rusuk. Bakso rusuk berbeda dengan bakso biasa karena di dalamnya ada isian berupa potongan rusuk atau iga.

Tips Memilih Daging untuk Bakso

Warna Daging

Sebagai penggemar bakso, kita pasti pernah menemukan bakso yang teksturnya halus dan kasar. Bakso yang teksturnya halus terasa lembut saat dikunyah, sementara bakso bertekstur kasar terasa seperti ada serat-serat kecil berupa urat atau cincangan daging.

Nah, untuk membuat bakso yang enak, gunakanlah daging yang berkualitas dan masih segar. Daging yang masih segar berwarna merah segar, tampak mengkilat dan licin. Kalau daging sudah terlihat pucat atau kehitaman, ini menandakan bahwa daging tidak lagi segar dan tidak layak dikonsumsi.

Jenis Daging

Jenis daging yang digunakan untuk membuat bakso juga beragam dan akan menghasilkan rasa dan tekstur bakso yang berbeda-beda. Daging yang umum digunakan untuk membuat bakso adalah daging sapi dan daging ayam. Namun, ada juga bakso yang terbuat dari daging ikan.

Untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan renyah, kamu bisa menggunakan daging sapi bagian sengkel. Bagian urat bisa pula ditambahkan ke dalam adonan bakso jika kamu ingin membuat bakso urat. Sementara untuk membuat bakso yang teksturnya halus, kamu bisa menggunakan daging sapi bagian paha belakang/tanjung.

Daging bagian tanjung ini lebih mudah halus saat digiling karena rendah lemak dan otot. Jika bakso dibuat dari daging ayam, gunakanlah daging bagian dada yang masih segar untuk mendapatkan bakso yang kenyal. Kalau untuk bakso ikan, sebaiknya gunakanlah daging ikan tenggiri atau tuna.

Bagian Daging

Khusus untuk bakso sapi, ada beberapa bagian dari daging sapi yang cocok digunakan, yakni bagian tetelan, topside, dan shank atau bagian kaki atas. Daging tetelan merupakan daging yang melekat pada tulang dengan komposisi serat otot yang kenyal. Daging tetelan ini cocok digunakan jika kamu ingin membuat bakso urat.

Topside merupakan daging sapi bagian pangkal kaki belakang. Daging bagian ini cukup lembut dan lebih cepat matang saat diolah dengan suhu rendah. Sementara bagian kaki atas (shank) merupakan daging yang membalut tulang kering. Daging yang dapat menghasilkan lemak ini akan menghasilkan bakso yang empuk dan lembut.

Rekomendasi Kedai Bakso Rusuk Enak di Jakarta

Bakso Rusuk Samanhudi Pasar Baru

Sumber gambar ranselperi.com

Penasaran ingin mencoba lezatnya bakso rusuk? Ada beberapa tempat di Jakarta yang menyajikan bakso rusuk yang enak. Salah satunya adalah Bakso Rusuk Samanhudi Pasar Baru. Kedai bakso milik Dion Widjaja yang berdiri pada tahun 2015 ini buka 24 jam. Kedai bakso ini tidak hanya menawarkan menu bakso rusuk, tapi juga bakso urat, bakso jumbo, bakso telur, bakso mercon, mie ayam, dan aneka menu bakso lainnya.

Bakso rusuk di kedai ini terkenal gurih dan kenyal karena baksonya dibalut daging yang lembut plus lemak. Belum lagi kuah kaldunya yang terasa gurih dan lezat. Bahan baku yang digunakan untuk membuat bakso adalah bahan-bahan yang masih segar. Harga menu di kedai ini juga bervariasi. Bakso rudal dan bakso mercon dijual seharga Rp 28.000, jika ditambahkan rusuk harganya menjadi Rp 54.000.

Sementara satu porsi bakso yang terdiri dari bakso kecil, bakso telur/urat, dan rusuk dijual seharga Rp 48.000. Untuk satu porsi bakso goreng dijual seharga Rp 13.000 dan mie ayam Rp 26.000. Di kedai ini daging rusuk/tetelan juga dijual terpisah dengan harga Rp 33.000 per porsi, Rp 17.000 untuk daging tetelan, dan Rp 3.000 untuk tahu.

Bakso Solo Samrat Kelapa Gading

Sumber gambar https://www.zomato.com/

Bakso Solo Samrat Kelapa Gading juga menjadi tempat makan bakso yang direkomendasikan. Kedai bakso ini berlokasi di Jl. Prof. DR. Satrio No.10 B, RT.17/RW.4, Karet Kuningan, kecamatan Setiabudi, kota Jakarta Selatan. Kedai bakso Solo Samrat ini buka mulai pukul 11.00 WIB - 22.00 WIB.

Menu bakso yang dijual di kedai ini ada bakso biasa, bakso urat, dan bakso tenis isi telur dengan potongan rusuk yang gurih dan empuk. Kuah kaldunya yang begitu berasa menjadikan bakso rusuk di kedai ini makin terasa nikmat disantap. Pilihan mie yang ditawarkan juga beragam, ada mie kuning, bihun, dan kwetiau basah. Harga untuk menu bakso di kedai ini berkisar dari Rp 57.000 - Rp 61.000.

Bakso Rusuk Sunan Giri

Sumber gambar www.jalanjalankenai.com

Rekomendasi kedai bakso di Jakarta yang patut untuk didatangi adalah Bakso Rusuk Sunan Giri. Kedai bakso ini beralamat di Jl. Balai Pustaka Baru No. 2, Rawamangun, Jakarta Timur. Menu bakso yang dihadirkan juga beragam, mulai dari bakso halus, bakso urat, bakso mercon, bakso urat tanggung, bakso telur, bakso rudal, dan yang istimewa adalah bakso rusuknya.

Bakso rusuk di kedai ini terasa empuk dan daging yang membalut iganya juga tebal. Satu porsi rusuk dijual seharga Rp 36.000, untuk satu mangkuk berisi bakso urat/bakso urat tanggung dengan tambahan rusuk dijual seharga Rp 47.000. Sementara untuk menu bakso lainnya dijual mulai dari harga Rp 25.000.

Bakso Rusuk Solo Duren Sawit

Sumber gambar de.foursquare.com

Satu lagi tempat menikmati lezatnya bakso rusuk di Jakarta adalah Bakso Rusuk Solo Duren Sawit. Kedai ini berlokasi di Jl. Raden Intan II No. 9, Duren Sawit, Jakarta Timur dan juga ada di Jl. Raya Jati Asih, No. 37, Bekasi Selatan. Sama halnya dengan kedai bakso lainnya, kedai yang sudah buka selama 10 tahun ini juga menawarkan aneka menu bakso dan mie ayam yang lezat.

Menu istimewanya tentu saja bakso yang kenyal dengan potongan rusuk sapi yang lembut dan empuk. Kuah kaldunya terasa gurih dan makin nikmat disantap dengan tambahan bihun dan sayuran. Satu porsi bakso rusuk di kedai ini dijual seharga Rp 37.000.

Pilihan Bakso Rusuk Kemasan yang Enak dan Praktis

Bakso Rusuk Setan

Selain menikmati bakso rusuk di kedai bakso, kamu juga bisa lho, menikmati bakso rusuk dalam kemasan. Salah satu yang patut untuk kamu coba adalah Bakso Rusuk Setan. Bakso ini ukurannya besar dan dapat disantap oleh 4 orang.

Tulang rusuk cukup besar dan tebal yang dilapisi dengan adonan bakso. Untuk kuah kaldunya ada 2 varian, yakni kuah kaldu biasa dan kuah kaldu jablay dengan isian tetelan, sawi, dan cabai rawit.

Harga Rp. 165.000-240.000

Baso Geprek Tulang Rusuk

Baso Geprek Tulang Rusuk adalah bakso aci yang terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang kenyal. Bakso aci ini merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang terasa lezat. Nah, dalam kemasan bakso geprek ini terdapat 12 butir baso tulang rungu, siomay, cuangki lidah, sukro cikur, bumbu geprek, dan penyedap. Soal kualitas tidak perlu diragukan karena bakso geprek ini diolah dari bahan dan rempah terbaik.

Harga Rp. 20.000-22.000

Baso Aci Tulang Rangu Bacitul

Bakso rusuk kemasan yang tak kalah lezat adalah Baso Aci Tulang Rangu Bacitul yang lagi booming saat ini. Dalam kemasan bakso instan ini berisi siomay kering, tahu lidah, baso aci tulang rawan/rangu, topping pilus cikur, dan bumbu tradisional untuk kuah bakso yang kental, gurih, pedas, dan kaya rempah. Pada suhu ruang, bakso ini tahan selama 1 minggu, jika disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga 1 bulan.

Harga Rp. 15.500-17.000

Baso Aci Tulang Rusuk Cibo

Baso Aci Tulang Rusuk Cibo merupakan olahan bakso aci yang terbuat dari daging sapi pilihan dan tulang rawan. Bakso yang satu ini dibuat secara homemade yang rasanya enak, gurih, pedas, dan segar.

Satu kemasan bakso 200 gram berisi 6 pcs baso aci kribo tulang rawan, 2 pcs cuanki lidah, 2 pcs batagor kering, 1 bungkus pilus cikur, minyak bawang, bawang goreng, cabe bubuk pedas, jeruk limau, dan bumbu kuah Cibo.

Bakso ini dibuat tanpa pengawet dan tahan selama 7 hari pada suhu ruang dan 60 hari jika disimpan dalam freezer.

Harga Rp. 12.000-105.000

Bakso Aci Bapper Tulang Rangu/Rusuk

Bakso Aci Bapper Tulang Rangu/Rusuk merupakan salah satu camilan bakso yang terkenal di Bandung. Dalam kemasan bakso berisi 18pcs baso aci bapper (tulang rangu/tulang rawan), cikur, siomay kering, bawang goreng, jeruk limau, dan bumbu-bumbu asin dan pedas.

Soal rasa, bakso kemasan yang satu ini tidak akan mengecewakan dan dijamin halal. Bakso dikemas dalam kemasan pouch yang higienis. Bakso aci ini di dalamnya diberi isian tulang sapi muda sehingga ada sensasi kriuk-kriuk saat dikunyah.

Harga Rp. 24.750-25.000

Baso Aci 69 Tulang Rangu

Baso Aci 69 Tulang Rangu merupakan bakso kemasan produksi dari kota Garut. Dalam kemasan bakso berisi baso aci isi daging sapi, baso aci polos, baso aci isi daging ayam, cuankie lidah, dan cuankie tahu. Dilengkapi pula dengan bumbu pelengkap dan sukro.

Penyajian bakso ini sangat mudah layaknya membuat mie instan. Bumbu cabainya bisa ditakar sendiri dan bakso akan terasa makin segar jika ditambahkan air perasan jeruk nipis.

Harga Rp. 18.500-20

Baso Aci Sehot Tulang Rangu

Baso Aci Sehot Tulang Rangu merupakan bakso kemasan yang rasanya lezat dan harga yang terjangkau. Dalam kemasannya terdiri dari 10 pcs siomay mini, 12 boci tulang rangu, jeruk limo/jeruk purut, tiktuk/pilus kencur, bumbu penyedap, bawang goreng, dan bubuk cabe berkualitas untuk kuah yang pedas.

Baso aci ini berisi tulang rawan dan lemak jando sapi sehingga menghasilkan bakso yang renyah dan gurih. Pastinya bakso yang satu ini bakal membuat kamu ketagihan.

Harga Rp. 15.010-30.000

Moikafood Tulang Rangu Baso Aci

Satu lagi produk bakso kemasan yang enak adalah Moikafood Tulang Rangu Baso Aci. Bakso aci yang merupakan resep dari Ibu Restu Utami ini terbuat dari daging sapi berkualitas yang diolah oleh Ibu Ugi Moikafood.

Dalam kemasan bakso 200 gram ini terdiri dari 1 pcs bakso urat jumbo, 5 pcs bakso aci tulang rangu, 2 pcs batagor panjang, 10pcs siomay kerikil, 1 bungkus bumbu kaldu Moikafood, 1 bungkus sukro cikur, dan bahan pelengkap berupa seledri dan bawang goreng.

Harga Rp. 30.000
From our editorial team

Di Kotamu Belum Ada Kedai Bakso Rusuk? Bakso Kemasan Praktis Ini juga Tak Kalah Enaknya!

Ingin mencicipi lezatnya bakso rusuk tapi belum ada di kotamu? Tenang, kamu bisa mencoba bakso rusuk yang dikemas dalam kemasan yang praktis ini. Rasanya tak kalah enak, isinya lengkap, dan penyajiannya pun mudah. Daripada penasaran dengan rasanya, yuk segera beli bakso kemasannya!