Yuk, Pilih 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik untuk Kamu Gunakan di Rumah! (2021)

Yuk, Pilih 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik untuk Kamu Gunakan di Rumah! (2021)

Tenis meja atau permainan bola pingpong memang seru untuk dilakukan. Kita bisa menjadikannya sebagai pilihan olahraga yang menyehatkan. Maka dari itu, tidak salah jika kita mengusahakan untuk memiliki alat permainan ini di rumah. Meja adalah salah satu bagian permainan pingpong yang sangat penting dan dibutuhkan. Jangan asal memilih meja pingpong. Simak tips dari kami dan juga rekomendasinya.

Mengenal Sejarah Tenis Meja

Tenis meja atau yang kerap disebut dengan pingpong memang merupakanolahragayang banyak disukai. Cabang olahraga yang satu ini termasuk dalam permainan olahraga yang memakai bola kecil. Pingpong adalah permainan yang dimainkan dua orang atau empat orang. Permainan ini selain membutuhkan bola pingpong juga membutuhkan meja pingpong, bet yang berlapis karet dan juga sebuah net. Ini juga kerap disebut sebagai sebuah permainan yang merupakan miniatur tenis rumput yang biasa dimainkan di lapangan terbuka. Saat memainkan pingpong, kita bisa memainkannya di dalam atau di luar ruangan.

Dulu, pingpong lebih dikenal dengan sebutan Whiff Waff dan banyak dimainkan di atas meja ruang makan. Permainan ini hanya dimainkan sebagai sarana untuk rekreasi. Lama kelamaan, pingpong ,mulai dijadikan olahraga yang dilombakan. International Table Tennis Federation alias ITTF merupakan induk dari cabang tenis meja dunia. Sedangkan di Indonesia, kita memiliki PTMSI atau Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia.

Tenis meja dikenal awalnya pada tahun 1880 di Inggris. Kala itu, permainan ini banayk dimainkan kala musim dingin tiba. Permainan ini dikembangkan oleh angkatan bersenjata Inggris yang berkedudukan di India. Selanjutnya, pada abad ke 19, tenis meja mulai populer di Eropa dan Amerika Serikat. Kala itu, mereka menyebutnya sebagai pingpong atau gossima. Mereka memakai bola karet ringan yang ditutup dengan kulit yang dirajut.

Pada tahun 1921 hingga 1922, istilah tenis meja muncul menggantikan istilah pingpong. Lalu pada tahun 1026, sebuah organisasi tenis meja internasional dibentuk. Ada banyak pemain dari berbagai negara yang bertemu untuk memperebutkan medali olimpiade tenis meja, seperti Inggris, Hongaria, hingga Jerman. Kejuaraan tenis meja dunia pertama kali diadakan di London pada tahun 1926.

Tips Memilih Meja Pingpong/Tenis Meja

Pilih Tipe Mejanya

Untuk memainkan permainan tenis meja tentu saja kamu butuh sebuah meja yang pas. Maka dari itu, kenali dulu jenis mejanya. Meja pingpong hadir dengan aneka pilihan yang bisa kamu pilih sesuai level bermainmu.

Untuk kamu yang pemula maka sebaiknya memilih meja yang biasa. Meja untuk pemula biasanya dirancang untuk tujuan rekreasional saja. biasanya meja ini hadir dengan fitur memutar sehingga kamu bisa membalikkan satu sisinya untuk dijadikan papan agar kamu bisa berlatih memantulkan bola.

Sementara itu, untuk kamu yang berada di level menengah, bisa memilih meja yang khusus untuk mereka yang kemampuannya di level menengah. Meja semacam ini biasanya memiliki bagian yang bisa dilipat. Mejanya juga bisa dipindahkan dengan mudah karena dilengkapi roda. Meja semacam ini cocok untuk berolahraga di rumah bersama teman atau keluarga.

Terakhir, ada meja yang cocok untuk mereka yang profesional. Jenis mejanya memiliki stkamur tinggi yang sudah ditetapkan oleh Federasi Tenis Meja Internasional. Saat kamu ingin mengambil bagian dalam turnamen, maka pilih meja dengan fitur paling canggih yang bisa mendukung sesi latihan kamu.

Pilih Bahan dan Ketebalan Meja

Kamu juga wajib mengecek bahan meja sebelum membelinya. Bahan papan meja akan mementukan pantulan bola dan membuat bola melayang dengan tepat sesuai dengan arah yang kita inginkan. Usahakan memilih bahan yang bagus dan memiliki ketahanan terhadap air. Biasanya meja memiliki lapisan penutup meja tanpa gelombang sehingga bisa mempengaruhi keaktifan bola pingping.

Makin tebal mejanya maka akan semakin baik pantulan bolanya. Maka dari itu, tidak heran jika kamu harus memilih meja yang tebal. Bagian atas meja setidaknya harus memiliki tebal ½ inci. Meja semacam ini bisa digunakan untuk bermain secara hiburan atau digunakan di rumah saja. Kamu juga bisa memilih yang ketebalan mejanya 5/8 inci hingga ¾ inci. Untuk kamu yang pemain profesional maka bisa memilih meja dengan tebal minimum 7/8 inci hingga 1inci.

Cek Bagian Kaki Meja

Jangan lupa juga untuk mengecek bagian kaki meja. Pastikan meja pingpong kamu memiliki kaki dan juga penyanggayang kuat. Ini akan membuat meja jadi kuat untuk digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Kamu juga bisa mengecek bagian kaki levelers di bagian bawahnya. Ini akan sangat berguna jika kamu bermain pada permukaan lantai atau tanah yang kurang sejajar. Adanya levelers bikin kamu bisa menyesuaikan ketinggian meja agar sejajar dan lebih imbang.

Pada kaki meja pingpong umumnya ada dari 4 kaki utama dengan posisi dimasing masing sudut. Selain itu ada juga 4 kaki ditengah terbuat dari metal dan dialasi dengan roda. Bagian roda biasanya dilengkapi pengunci. Hal ini supaya posisi meja menjadi kokoh dan tidak mudah bergeser saat digunakan.

Pilih Jenis Netnya

Bagian lain yang tak kalah penting dan harus ada pada meja pingpong adalah jenis netnya. Pemilihan net bisa didasarkan pada penggunaannya. Jika untuk digunakan di luar ruangan, kamu bisa memakai net dengan bahan jaring dasar. Sementara itu, jika kamu adalah pemain profesional, kamu bisa memilih jaring kain dengan kualitas tinggi. Umumnya jaring kain dilengkapi fitur klem berlapis yang membantu melindungi permukaan meja.

Kamu bisa juga memakai jenis net atau jaring yang menawarkan presisi ganda dan memiliki adjuster tinggi. Pastikan juga klem yang digunakan oleh jaring tidak menggores meja agar meja lebih awet.

Ini Dia Rekomendasi Meja Pingpong untuk Kamu

MEJA TENIS MEJA BUTTERFLY MDF 18

MEJA TENIS MEJA BUTTERFLY MDF 18 ini merupakan rekomendasi pertama yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini memakai ukuran standar dari ITTF. Meja ini tidak memiliki sambungan dan garis sampingnya tidak kelihatan. Finishing meja ini begitu halus sehingga tampak menawan. Bahannya dari kayu MDF ukuran 18mm. Rangka meja terbuat dari bahan besi ukuran 1,10mm. Produk ini memiliki kaki meja bahan besi 1,5 inci yang tidak mudah berkarat. Roda meja ini knockdown sehingga bisa dilepas dan pasang saat dibutuhkan.

Ketinggian mejanya bisa diatur dengan mudah. Sehingga saat ada permukaan yang tidak rata bisa disesuaikan. Meja pingpong ini rodanya memakai karet putih dengan sistem kunci. Dalam pembelian sudah lengkap dengan 4 bet tenis,1 set nett dan tiang, dan 6 pcs bola tenis.

Harga Rp. 2.150.000-3.160.000

Meja Tenis / Pingpong MDF 15 mm IMPORT

Meja Tenis / Pingpong MDF 15 mm ini juga bisa jadi pilihan. Meja tenis yang satu ini terbuat dari bahan MDF. Produk ini memiliki ketebalan 15 mm. Lis mejanya dari besi dan kaki meja juga dari besi. Kaki meja sudah lengkap dengan roda dan rem. Meja ini sesuai dengan ukuran internasional. Meja ini mudah dilipat dan mudah untuk disimpan. Permukaan mejanya halus dan pipih. Stok meja ini terbatas. Dalam pembelian bonus 4 net dan juga 6 buah bola.

Harga Rp. 3.500.000

PROCHAMPS PREMIUM 3 STAR MEJA PING PONG

PROCHAMPS PREMIUM 3 STAR MEJA PING PONG ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini memiliki lebar 152 cm dan panjang 274 cm. Meja yang satu ini memikiki ketinggian 76 cm. Ketebalan mejanya adalah 1,8 cm. Roda meja ini berukuran 3 inci dengan dilengkapi rem. Meja ini memiliki frame dengan ukuran 30 x 15 x 1,6 mm. Ukuran kaki meja ini adalah 40 x 40 x 1,4 mm. Bagian meja atasnya memiliki warna indigo sementara bagian kakinya memiliki warna silver. Meja bahan MDF ini framenya berwarna admiral blue. Dalam pembelian sudah bonus 4 bet pingpong, 6 buah bola, dan sebuah tiang net.

Harga Rp. 3.100.000-4.875.000

B&G Table Tennis Table 16mm HDF

B&G Table Tennis Table 16mm HDFU 20DEZ2020 ini juga bisa jadi pilihan sempurna. Produk yang satu ini memakai rangka baja untuk pemasangannya. Meja yang satu ini bajanya tebal dan berkualitas tinggi. produk yang satu ini berbentuk persegi kotak. Bahan cat dari meja ini ramah lingkungan sehingga aman dan tahan terhadap berbagai cuaca. Produk ini bagian tepinya diinstal dengan sekrup yang erat. Meja ini tahan lama dan juga tahan hujan sehingga cocok juga digunakan di luar ruangan. Meja pingpong ini memiliki ukuran lebar 152 cm dan panjang 274 cm. Tinggi meja ini adalah 76 cm dengan ketebalan meja 1,6 cm.

Harga Rp. 2.900.000-3.708.000

Tenis Meja Pingpong Katana Supa 301

Tenis Meja Pingpong Katana Supa 301 ini sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini memiliki ketebalan 12 mm. Bagian kakinya memiliki ukuran 30 x 30 mm. Kaki meja juga memiliki roda ukuran 50 mm. Frame meja ini memiliki ukuran 30 x 15 mm. Meja bahan MDF ini bisa digunakan untuk permainan turnamen hingga rekreasional. Dalam pembelian sudah bonus 4 bet, 1 net dan tiang, serta dua buah box bola.

Harga Rp. 4.100.000-6.330.000

MEJA PINGPONG PING PONG TENIS MEJA POWERSPIN 201

MEJA PINGPONG PING PONG TENIS MEJA POWERSPIN 201 ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk ini belum dirakit saat dikirim namun bisa dirakit sendiri. Bahan meja ini dari kayu MDF berkualitas yang tebal. Produk ini memiliki ketebalan 18 mm. Meja pingpong ini hadir dilengkapi dengan roda. Frame mejanya ukuran 40 x 20 cm. Rodanya memiliki pengunci sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan.

Harga Rp. 3.900.000-7.337.000

Meja Pingpong Walger Classic Blue 18 mm

Meja Pingpong Walger Classic Blue 18 mm menjadi rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Meja keren yang satu ini sudah diuji metode SNI 12-0800-1989. Meja pingpong keren ini dilengkapi roda sehingga mudah untuk dipindahkan. Produk yang satu ini berbahan MDF grade A. Ukuran roda meja adalah 4 inci. Roda sudah dilengkapi pengunci. Meja ini diberi finishing plamir plastik dan cat akrilik laquer. Ukuran meja keseluruhan adalah 152.5 cm x 274 cm x 76 cm. Bagian ukuran rangka besi adalah 25 mm x 50 mm. Dan bagian besi kakinya adalah 40 mm x 40 mm. Bonus pembelian meja ini adalah 1 set tiang net, 4 buah bet pingpong, dan juga 6 buah bola pingpong.

Harga Rp. 3.950.000-5.044.000

Meja Pingpong Walger Classic Blue 25 mm

Meja Pingpong Walger Classic Blue 25 mm ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan MDF dengan ketebalan 25mm. Meja yang satu ini hadir dengan meja dan roda ukuran 4 inci. Meja ini dicat dengan plamir plastik dan cat akrilik. Ukuran meja ini adalah 152.5 cm x 274 cm x 76 cm. Meja ini sudah sesuai dengan standar ITTF. Produk ini memiliki rangka besi 30 mm x 60 mm dan ukuran kaki besi 50 mm x 50 mm. Dalam pembelian sudah lengkap dengan sebuah tiang net, 4 buah bet pingpong, hingga 6 buah bola pingpong.

Harga Rp. 5.050.000-7.920.000

Meja Pingpong Tenis Meja Katana 305 Outdoor Waterproof

Meja Pingpong Tenis Meja Katana 305 Outdoor Waterproof ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan bahan anti air. Ketebalan meja ini graphite 6mm. Bagian kaki meja ukurannya 30 x 30 mm dengan roda 75 mm dan frame meja 40 x 20 mm. Meja ini memiliki bonus 4 bet, 1 net dan tiang, dan 2 box bola.

Harga Rp. 7.000.000-10.500.000

Meja Pingpong Doublefish 328A

Meja Pingpong Doublefish 328ADF ini juga bisa digunakan sebagai pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan MDF board dengan ketebalan 25 mm. Ukuran bagian atas mejanya adalah 2740 x 1525 mm. Meja yang satu ini memiliki ketinggian 760 mm. Produk ini hadir dengan kelengkapan tiang net, 4 buah bet, dan 6 buah bola.

Harga Rp. 18.500.000-31.450.000
From our editorial team

Pilih Meja Permanen atau Tidak

Ketika hendak membeli meja pingpong, ada baiknya kamu pertimbangkan meja seperti apa yang ingin kamu miliki. Apakah meja permanen yang diam di satu tempat tanpa bisa dipindahkan lagi atau meja yang portable alias bisa mudah dipindahkan kemanapun dibutuhkan. Jika kamu akan memakainya dalam waktu lama dan konsisten, sebaiknya memilih yang permanen agar lebih mudah saat hendak memakainya. Jika kamu hanya sesekali memakainya maka sebaiknya pilih portable dan model lipat, sehingga tidak akan makan tempat dan bisa dilipat usai dipakai.