10 Rekomendasi Mainan Air untuk Bikin Anak Semangat Belajar Berenang (2021)

10 Rekomendasi Mainan Air untuk Bikin Anak Semangat Belajar Berenang (2021)

Berenang merupakan aktivitas menyenangkan untuk anak. Mereka bisa bermain air dan sekaligus berolahraga. Nah, ajarkan anak berenang sejak dini karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak. Agar makin semangat berenang, Anda bisa berikan mainan kolam renang untuk menemaninya bermain air. Cek rekomendasi kami!

Ajarkan Si Kecil Berenang Sejak Dini

Kita tentu ingin memiliki anak-anak yang selalu aktif dan ceria. Sejak kecil kita mengajarkan mereka untuk melakukan banyak hal guna menggali potensinya. Selain itu, dengan mengenalkan aneka aktivitas, kita jadi tahu mana yang mereka sukai dan tidak.

Berenang jadi salah satu aktivitas yang wajib kita kenalkan pada anak. Bermain di air adalah aktivitas kesukaan anak-anak, jadi tidak ada salahnya jika kita juga mengajarkan berenang sejak dini. Berenang bisa membuat motorik anak terangsang dengan baik karena ia jadi bisa melakukan aneka gerakan, mulai dari berseluncur, melompat, menendang, dan lain sebagainya.

Dengan berenang, maka anak bisa makin percaya diri. Dari sebuah penelitian di Jerman, anak yang belajar berenang di usia 2 bulan hingga 4 tahun bisa lebih mudah beradapatasi dengan lingkungan baru dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Mereka juga lebih mandiri ketimbang yang tidak belajar berenang.

Saat anak sudah terlalu besar untuk belajar berenang, mereka cenderung takut pada air dan kedalaman air sehingga sedikit susah untuk belajar berenang. Sementara mereka yang belajar sejak dini lebih bisa mengontrol ketakutannya pada air sehingga saat besarpun mereka tidak takut akan kedalaman air. Dengan belajar berenang dari kecil maka bisa mengurangi risiko anak tenggelam jika ada situasi darurat. Paling tidak, orangtua sebaiknya mengajarkan anak teknik dasar berenang seperti, mengapung dengan bagian punggung di bawah.

Berenang sejak dini juga akan mengajarkan anak akan keseimbangan tubuh. Mereka bisa mulai belajar menyeimbangkan gerakan kaki, lengan, teknik bernapas, hingga kepala.

Berenang juga akan memberikan manfaat kesehatan. Saat anak bergerak aktif dalam air, maka risiko obesitas bisa menurun. Berenang juga bisa membuat sistem kardiovaskuler anak semakin sehat karena mereka belajar teknik bernapas saat berenang.

Tips Menagajarkan Anak Berenang dengan Menyenangkan

Pastikan Mood Anda Dalam Keadaan Baik

Ketika akan mengajari anak berenang, pastikan bahwa mood Anda sedang baik. Ini karena mengajarkan anak berenang tentu tidak semulus yang diperkirakan. Jika kita tidak tenang dan sedang banyak pikiran, kita jadi kurang fokus pada anak. Meski si anak sendiri sudah bersemangat dan mau mencoba, belum tentu ia langsung bisa. Kita harus banyak bersabar dan tidak patah semangat mengajarkan berenang pada anak.

Ketika kita bisa menguasai diri dan bisa berpikiran tenang maka kita akan mengatasi situasi dan kondisi apapun dengan baik saat mengajarkan anak berenang.

Ajak Bermain Air di Bak Mandi

Sebelum mengajarinya berenang di kolam renang, Anda bisa mencoba mengenalkan serunya bermain air pada anak lewat berendam di bak mandi. Ini membuat anak jadi lebih nyaman berada di dalam air. Anda bisa juga memberikan aneka mainan agar anak betah bermain air di bak mandi. Aneka permainan air yang simpel dan seru tentu bikin anak jadi lebih mengenal air sehingga ia jadi lebih senang berendam dan bermain air dalam waktu lama.

Kenalkan Anak dengan Kolam Renang

Jika anak sudah terbiasa di bak mandi, maka Anda bisa mengenalkannya pada kolam renang. Perlihatkan bentuk kolam pada si kecil. Agar ia tidak takut, jangan langsung mengajaknya masuk ke air. Ajak ia mengitari pinggiran kolam agar ia bisa mengumpulkan keberaniannya. Anda bisa mengajak anak bermain-main di pinggir kolam dulu. Selanjutnya mulai mengajak anak bermain ke dalam kolam yang lebih dalam. Ciptakan suasana menyenangkan bagi anak, seperti main ciprat-cipratan air atau siram-siraman air.

Ajarkan Mengapung dan Meluncur jika Anak Sudah Siap

Saat anak sudah merasa tenang dan senang di dalam air maka Anda mulai bisa mengajarkannya mengapung. Anda bisa mulai dengan memeganginya. Pegang anak dari samping dengan bagian tangan Anda di bawah dada dan ibu jari ada di bahunya. Ini akan mengajarkan anak bagaimana rasanya mengapung. Anda bisa juga mengajarkannya mengapung dengan posisi badan berbaring.

Tahap selanjutnya jika ia sudah merasa senang mengapung, Anda bisa mengajarkannya meluncur dalam air. Awali dengan mengajarkannya untuk menjejak dinding tepian kemudian meluncur menuju Anda. Awalnya mungkin anak akan meluncur dalam jarak dekat, lama kelamaan ia akan berani meluncur jarak jauh.

Latih Gerakan Dasar dan Buatlah Menyenangkan

Anda bisa mulai mengajarkan gerakan dasar berenang jika anak sudah pandai meluncur dan juga mengapung. Anda bisa mengajarkan aneka gerakan dasar seperti menggerakkan kaki di dalam air dan menggerakan tangan yang tepat. Buatlah sesi belajar renang jadi menyenangkan. Anda harus sabar karena tentunya juga tak mudah bagi buah hati untuk belajar berenang. Dengan membuat sesi belajar renang menyenangkan, maka anak jadi makin semangat berenang.

Ini Dia Mainan Kolam Renang untuk Buah Hati agar Lebih Semangat

Bola Mandi Bola Pastel 100 pcs

Bola Mandi Bola Pastel 100 pcs ini bisa Anda gunakan sebagai pancingan agar anak mau belajar berenang. Produk yang satu ini dijual dalam kemasan berisi 100 buah. Dalam satu paket terdiri dari aneka warna mulai dari kuning, pink, putih, biru, ungu, dan lain sebagainya. Bahan bolanya dari plastik yang tebal dan tidak mudah penyok. Produk ini sudah bersertifikat SNI jadi aman digunakan.

Harga Rp. 30.000-78.000

Mainan Mandi Anak Bayi Bentuk Kura Kura Berenang

Mainan Mandi Anak Bayi Bentuk Kura Kura Berenang ini juga bisa bikin anak makin semangat berenang. Produk yang satu ini lucu dan unik. Anda cukup memutar tuas bagian samping di badan kura-kura untuk membuatnya mendayung dan melaju dalam air. Mainan ini hemat daya karena tidak butuh baterai. Tersedia dalam warna merah, hijau, dan biru. Mainan ini terbuat dari bahan plastik BPA. Ukuran mainan adalah 10 cm.

Harga Rp. 10.110-44.000

Mainan Perahu Pemadam Kebakaran Elektrik

Mainan Perahu Pemadam Kebakaran Elektrik juga jadi pilihan untuk mainan kolam renang. Produk yang satu ini unik karena bisa berjalan di atas air. Cukup letakkan di atas air dan nyalakan tombol "on" maka perahu ini bisa berjalan sendiri. Mainan ini juga bisa menyemprotkan air. Produk ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi yakni dari plastik yang aman untuk anak-anak. Perahu sudah dilengkapi dengan lampu merah dan biru yang bisa menyala dan juga ada suara sirine.

Mainan yang satu ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas. Produk ini memakai baterai AA sebanyak 3 buah. Desain mainannya begitu detail sehingga tampak nyata.

Harga Rp. 130.000-297.000

CAROLTOYS Mainan Bebek Karet Berbunyi Untuk Anak Mandi

CAROLTOYS Mainan Bebek Karet Berbunyi Untuk Anak Mandi adalah produk selanjutnya untuk buah hati Anda. Dalam satu paket mainan berisi 1 induk bebek dan 3 anak bebek. Mainan bebek karet ini akan jadi pendamping anak saat bermain di kolam renang atau bak mandinya. Cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas. Selain bisa mengapung di air, bebek mainan ini juga bisa mengeluarkan bunyi mendecit.

Harga Rp. 9.263-40.000

Baby Float Flamingo & Swan

Baby Float Flamingo & Swan ini bisa jadi rekomendasi selanjutnya untuk buah hati. Anak akan semangat belajar berenang dengan pelampung yang keren ini. Mainan ini cocok untuk anak usia 8 hingga 24 bulan. Anda bisa mendorongnya berkeliling kolam. Produk ini hadir dengan ukuran 83 x 54 cm. Pelampung ini memiliki lubang kaki model celana sehingga lebih nyaman dipakai jadi paha anak tidak sakit. Produk juga dilengkapi sandaran sehingga anak bisa makin santai. Mainan sudah dilengkapi lem stiker sehingga bisa mengatasi kebocoran jika ada yang berlubang.

Harga Rp. 83.000-178.000

3Pcs/Set Mainan Mandi Bentuk Gayung Gajah+Ikan Paus Semprot+Roda Air untuk Anak/Bayi

3Pcs/Set Mainan Mandi Bentuk Gayung Gajah+Ikan Paus Semprot+Roda Air untuk Anak/Bayi juga bisa jadi pilihan Anda. Mainan ini terbuat dari bahan yang aman, tanpa racun, dan tidak memiliki bau. Desainnya keren dan unik sehingga bikin anak makin semangat mandi dan berenang. Ada mainan bentuk gajah, paus, dan juga kincir air. Produk ini menyenangkan dipakai bermain di air.

Harga Rp. 28.211-151.000

Mainan Mandi Anak Kepiting Bayi Berenang

Mainan Mandi Anak Kepiting Bayi Berenang tentu tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Mainan yang satu ini lucu dan menggemaskan. Putar bawah perut kepiting, lalu masukkan ke dalam bak mandi. Mainan ini bisa berenang untuk menarik perhatian anak. Desain mainannya lucu dengan warna yang cerah. Mainan ini tidak butuh baterai jadi lebih hemat daya.

Harga Rp. 9.000-44.000

Shark Grabber / Mainan Pancing Pancingan / Mainan Mandi

Shark Grabber / Mainan Pancing Pancingan / Mainan Mandi tentu jadi mainan seru untuk di bak mandi atau kolam renang. Mainan ini akan melatih koordinasi otak, tangan, dan mata buah hati. Dengan mainan ini maka konsentrasi anak juga lebih terlatih. Produk ini bisa jadi motivasi anak untuk berenang. Pegang hiu dengan tangan dan saat ditekan maka mulutnya bisa menutup. Dalam satu paket ada mainan hiu dan aneka ikan lainnya. Ada juga sebuah jaring untuk meletakkan hasil tangkapan ikan. Produk ini terbuat dari plastik ABS dan cocok dimainkan anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 127.000-254.800

Mainan Mandi Anak Semprot Air-SWEETBEE

Mainan Mandi Anak Semprot Air-SWEETBEE menjadi rekomendasi produk yang sayang untuk dilewatkan. Mainan yang satu ini bisa menemani anak berenang atau mandi. Produk ini terbuat dari karet elastis. Meski ukurannya kecil, namun tetap menyenangkan dipakai bermain. Cukup isi mainan dengan air lalu tekan mainan untuk mengeluarkan airnya.

Harga Rp. 17.000-42.000

Mainan Mandi Bayi Pig Berenang, Pig Babi Lucu Semprot Air

Mainan Mandi Bayi Pig Berenang, Pig Babi Lucu Semprot Air ini tentu tidak bisa dilewatkan juga sebagai pilihan. Mainan yang satu ini bentuknya menggemaskan dengan bentuk babi. Anda bisa memakainya untuk membuat anak makin tertarik berenang. Produk ini mudah digunakan. Cukup tarik bagian belakangnya dan babi akan meluncur berenang dan menyemprotkan air. Mainan ini hemat daya jadi tidak membutuhkan baterai. Mainan ini terbuat dari bahan plastik BPA dengan ukuran 13 x 7.5 x 11cm.

Harga Rp. 18.525
From our editorial team

Awasi Anak Saat Berenang

Anda bisa mengajarkan anak melakukan gerakan renang selangkah demi selangkah. Setiap ia bisa melakukan gerakan sederhana, ajarkan ia untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan Anda. Tetap awasi anak dalam melalukan setiap gerakan yang diajarkan. Meski misalnya anak sudah pandai berenang, jangan lengah dan meninggalkannya, ya. Anda tetap harus mengawasinya dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, utamanya jika anak baru saja bisa berenang dan jika usia anak masih terlalu kecil.

Tag