Ajak Anak Berlatih Berenang Sejak Dini dan Bekali Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Perlengkapan Renang Anak Berikut! (2020)

Ajak Anak Berlatih Berenang Sejak Dini dan Bekali Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Perlengkapan Renang Anak Berikut! (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Berenang memiliki banyak manfaat untuk anak. Melatih anak berenang sejak dini bisa meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri anak. Agar anak lebih mudah saat berlatih berenang, Anda bisa coba perlengkapan renang rekomendasi BP-Guide berikut!

Belajar Berenang Jadi Hal Penting yang Perlu Diajarkan Pada Anak Sejak Dini

Berenang adalah salah satu aktivitas olahraga yang baik dilakukan oleh semua kalangan termasuk anak-anak. Ternyata kegiatan yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat untuk anak Anda. Berlatih berenang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan tingkat kecerdasan pada anak. Saat anak menggerakkan tubuhnya ketika berenang, otak dan sistem saraf akan terstimulasi dan tentunya dapat meningkatkan kecerdasan mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 tahun dan melibatkan lebih dari 7000 anak menyebutkan bahwa mereka yang yang berlatih berenang memiliki kemampuan kecerdasan yang lebih dibandingkan mereka yang tidak berlatih berenang. Kecerdasan tersebut termasuk kemampuan bahasa, matematika dan mental. Untuk melatih anak berenang, Anda bisa memulainya ketika anak sudah berusia 4 hingga 5 tahun. Pada usia tersebut anak sudah dapat menerima instruksi.

Manfaat Belajar Berenang untuk Anak

Keselamatan Si Kecil saat Di Kolam Renang

Anak-anak tentunya sering diajak berwisata ke laut atau kolam renang untuk bermain air. Resiko anak balita meninggal karena tenggelam cukup besar. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orangtua untuk melatih anak berenang sejak dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko tenggelam menurun hingga 88% pada anak usia satu hingga empat tahun yang diberi latihan berenang sejak dini.

Ada banyak penelitian lain yang menunjukkan bahwa latihan berenang memang bermanfaat untuk keselamatan anak saat berada di air, jadi Anda tak perlu ragu lagi untuk mengajarkan anak berenang mulai dari sekarang.

Anak Lebih Percaya Diri Saat Bisa Berenang

Tidak hanya membuat anak lebih sehat, latihan berenang juga bisa membuat anak lebih percaya diri. Saat anak belajar berenang tentunya ia akan berinteraksi dengan orang lain termasuk pengajar maupun anak-anak lain.

Anak-anak usia 2 bulan hingga 4 tahun yang diberi latihan berenang memiliki kepercayaan lebih tinggi dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka yang belajar berenang juga memiliki rasa mandiri yang lebih dibandingkan mereka yang tidak diberi latihan berenang.

Fungsi Jantung Si Kecil akan Meningkat

Menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan jantung juga harus dilakukan sejak dini. Banyak penelitian menyebutkan bahwa latihan berenang bisa membuat jantung lebih sehat termasuk pada anak-anak. Berenang sendiri adalah aktivitas kardiovaskuler yang dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas serta stamina organ jantung.

Tidak hanya memiliki jantung yang sehat, latihan berenang juga bisa membuat paru-paru menjadi lebih kuat dan lebih baik saat. Anak yang diberi latihan berenang tentunya akan memiliki jantung serta paru-paru yang lebih sehat sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan anak lebih sehat secara fisik dan mental.

Tips Memilih Perlengkapan Renang Anak

Pakaian Renang Harus Nyaman untuk Anak

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh orang tua saat memilih pakaian renang untuk anak. Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih pakaian renang adalah bahan dan faktor kenyamanannya. Pakaian renang untuk anak harus terbuat dari bahan yang ringan dan melekat di tubuh dengan sempurna. Meskipun begitu, orang tua sebaiknya memilih baju yang tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar.

Pakaian renang yang terlalu ketat dapat membuat kulit teriritasi sementara jika terlalu besar pakaian renang tentunya tidak nyaman saat dipakai. Jenis bahan juga jadi pertimbangan saat memilih, Anda bisa pilih baju renang dengan bahan lycra yang dikombinasikan dengan katun sehingga tetap elastis dan tidak mengganggu pergerakan anak saat berenang. Jadi, jangan asal memilih baju renang untuk anak ya!

Menentukan Bujet yang Ramah di Dompet

Sebelum membeli baju renang untuk anak tentunya Anda harus mempertimbangkan juga harga yang ditawarkan. Meski agak sedikit mahal, membeli pakaian renang yang berkualitas tentu akan lebih baik untuk anak.

Saat memilih, ada baiknya jika Anda membandingkan beberapa baju renang anak yang bisa Anda dapatkan baik di online store maupun offline store. Cek juga fitur yang ditawarkan agar Anda bisa menimbang apakah harganya sesuai dengan kualitas.

Cari Perlengkapan Renang yang Awet

Sumber gambar www.stocksy.com

Dengan memilih baju renang anak berkualitas, Anda tentunya bisa juga menghemat pengeluaran. Pakaian renang yang berkualitas tentunya bisa bertahan lebih lama dan awet dibandingkan pakaian renang yang tidak berkualitas. Pastikan Anda mengetahui dengan betul jenis bahan baju renang anak yang Anda pilih, dan baiknya pertimbangkan merk.

Rekomendasi Perlengkapan Renang Anak yang Bisa Jadi Pilihan

Baju Renang Muslim Anak Edorasport

Ada banyak jenis baju renang anak yang bisa didapatkan di pasaran. Salah satunya adalah baju renang anak muslim Edorasport. Baju renang ini terbuat dari bahan spandex/lycra dan nilon yang berkualitas, tebal dan lembut.

Tidak hanya itu, baju ini juga bisa melindungi anak dari sinar UV serta memiliki fitur anti bakteri. Dapat digunakan untuk anak usia 6 hingga 11 tahun dan tersedia dalam ukuran M hingga XL. Set baju terdiri dari baju, celana, dan kerudung.

Harga Rp. 120.000-166.500

Baju Renang Diving Anak SD Laki - Laki Edora Sportwear

Baju renang diving dari edora sport wear ini juga bisa jadi pilihan untuk anak Anda saat berlatih berenang. Baju yang didesain dengan model baju diving atau menyelam ini memiliki ristleting pada bagian depan.

Terbuat dari bahan spandex dan nylon, baju ini tersedia dalam ukuran M hingga XL. Modelnya yang melekat pada tubuh, tentunya bisa membuat anak Anda terutama mereka yang berusia 6 hingga 10 tahun lebih leluasa saat berenang

Harga Rp. 79.000-150.800

Kacamata Renang Anak Speeds LX 9100

Selain baju renang, aksesori lainnya yang juga tak kalah penting saat berenang adalah kacamata renang. Dengan menggunakan kacamata renang, anak akan lebih mudah melihat di dalam air dan matanya menjadi tidak mudah teriritasi karena air kolam yang mengandung kaporit.

Kacamata renang Speedo ini bisa membuat anak Anda melihat jelas dalam air sekaligus melindungi mata dari iritasi. Kacamata ini juga dilengkapi dengan UV shields Yang dapat melindungi mata dari sinar UV.

Tidak hanya dilengkapi dengan UV shield, kacamata ini juga punya fitur anti fog yang mencegahj kacamata menjadi berembun saat digunakan berenang. Bisa digunakan baik untuk anak laki-laki dan anak perempuan.

Pastikan Anda memilih ukuran yang cocok untuk anak Anda. Jangan memilih kacamata yang terlalu longgar untuk anak dan berbahan keras karena bisa membuat anak merasa tidak nyaman saat berada di dalam air.

Harga Rp. 65.000-68.000

Topi Renang Anak Speeds

Untuk melindungi rambut dan mempermudah pergerakan anak saat berenang, Anda juga bisa memberikan anak topi renang. Topi renang Speeds ini bisa jadi pilihannya. Terbuat dari bahan karet silicon, swim cap atau topi renang ini bisa juga melindungi rambut anak dari bahan kimia atau kaporit pada kolam renang. Tersedia dalam beberapa warna menarik termasuk orange, kuning, biru dan rainbow.

Harga Rp. 12.500-14.000

Papan Pelampung Renang Intex

Memiliki papan pelampung juga bisa membantu anak saat latihan berenang. Papan renang Intex ini adalah kickboard yang didesain secara khusus sebagai alat untuk latihan meluncur dan mengapung. Tidak hanya membuat anak lebih aman saat berenang, papan renang berukuran 79 x 76 cm ini dilengkapi dengan 2 handles yang membuatnya lebih mudah digunakan.

Harga Rp. 85.000-124.925

Bestway Designer Swim Ring

Selain pelampung berbentuk papan, Anda juga bisa membelikan pelampung ban untuk anak. Bestway designer swim ring ini adalah pelampung yang terbuat dari material vynil atau PVC yang berkualitas.

Dengan ukuran 48 x 48 x 11 cm dan diameter 56 cm, pelampung ini cocok digunakan untuk anak usia 3 hingga 6 tahun. Jadi, jangan ragu untuk memilih pelampung yang satu ini!

Harga Rp. 17.000-43.000

Kaki Katak Renang Anak Speedo

Agar latihan berenang anak semakin mudah dan menyenangkan, Anda juga bisa membuktikannya kaki katak atau fins. Kaki katak adalah aksesoris berenang yang dapat membantu kaki bergerak dalam air serta meningkatkan kekuatan dan kecepatannya.

Kaki katak renang silicon Speedo ini terbuat dari material silikon yang berkualitas dan tak mudah patah. Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan ukuran dari XS hingga XL. Pilih yang sesuai dengan ukuran kaki anak Anda ya!

Harga Rp. 219.800-247.000

Hand Paddle Exora

Selain kaki katak, anak juga bisa belajar berenang dengan menggunakan hand paddle. Hand paddle adalah alat bantu renang yang biasa digunakan untuk mempercepat Kayuhan tangan dan meningkatkan kekuatannya dalam air.

Ada baiknya jika Anda memilih hand paddle dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk anak. Hand paddle dari Exora ini bisa jadi pilihan untuk anak yang baru berlatih berenang. Hand paddle berbentuk jari ini memiliki beberapa pilihan warna dan tersedia dalam ukuran S hingga M.

Harga Rp. 50.000-188.500

Pull Buoy Speedo

Ada banyak jenis pelampung yang bisa Anda berikan pada anak yang mulai latihan berenang. Salah satunya adalah pull boy. Pull boy sendiri adalah alat bantu apung yang biasa diletakkan pada kaki dan tangan.

Fungsinya hampir sama dengan kickboard. Saat memilih pullboy, pastikan Anda memilihnya sesuai ukuran besar paha. Jika paha anak kecil, ada baiknya memilih pullboy dengan ukuran yang lebih tebal.

Pullboy Speedo ini bisa digunakan dengan nyaman oleh anak Anda saat berenang dan menjaga paha agar tetap mengapung dalam air.

Harga Rp. 45.000-84.500

Baju Handuk Ponco Renang Anak

Satu lagi perlengkapan renang anak yang tak boleh ketinggalan adalah handuk ponco atau handuk berenang. Handuk ini berfungsi untuk membersihkan dan mengeringkan tubuh anak setelah berenang.

Untuk handuk berenang, sebaiknya pilih handuk dengan bahan microfiber yang dapat menyerap air hingga 8 kali beratnya. Selain itu, microfiber bisa mengeringkan tubuh dengan cepat dan anti bakteri.

Baju handuk Ponco renang anak ini bisa Anda peroleh di berbagai marketplace. Anda juga bisa memilih warna atau karakter yang disukai anak Anda.

Harga Rp. 55.000-140.000
From our editorial team

Pilih Perlengkapan Renang yang Sesuai untuk Anak

Melatih anak supaya bisa berenang memang bisa jadi salah satu opsi bagi orangtua untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri anak. Jika Anda ingin melatih anak berenang, pastikan Anda memilih perlengkapan renang yang sesuai untuk anak dan nyaman digunakan. Selain itu, ada baiknya jika Anda juga mengawasi anak saat berenang atau memilihkan pelatih yang tepat untuk anak.