10 Rekomendasi Gula Kastor yang Pas untuk Pemanis Makanan (2020)

10 Rekomendasi Gula Kastor yang Pas untuk Pemanis Makanan (2020)

Gula kastor adalah pilihan yang tepat untuk taburan, pemanis kue, dan sebagainya. Teksturnya yang halus menjadikannya lebih mudah larut serta lebih merata ketika ditaburkan di atas kue. Berikut BP-Guide akan mengulas dan memberikan rekomendasi gula kastor terbaik untuk Anda.

Gula Banyak Dipakai pada Berbagai Jenis Makanan dan Minuman

Bagi yang suka makanan serba manis, tentunya tak bisa lepas dari gula. Bahkan, makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari juga mengandung gula. Apalagi kue yang manis-manis, tentu mengandung gula lebih banyak lagi.

Gula alias pemanis mengandung glukosa dan fruktosa. Fruktosa diproses di hati dan glukosa diproses di setiap sel dalam tubuh. Gula memiliki manfaat bagi tubuh, seperti menjadi sumber tenaga dan tentunya apabila dikonsumsi dalam jumlah atau kadar yang tepat.

Namun bila dikonsumsi secara berlebihan, bisa berpotensi menimbulkan penyakit diabetes. Bahkan, bila Anda mengonsumsi minuman soda secara rutin sekitar 1 atau 2 kali per hari, maka Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi secara rutin.

Yuk, Kenali Fungsi Gula dalam Pembuatan Makanan

Memberi Cita Rasa Manis

Fungsi gula yang paling utama tentunya memberikan cita rasa yang manis. Sebab, gula memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sudah mengandung rasa manis alami. Bahkan, gula mampu memberikan rasa manis pada makanan atau minuman yang pahit sekali pun, seperti cokelat dan kopi misalnya.

Terutama bila Anda memberikan dalam takaran yang pas, tentunya akan menjadikan makanan Anda semakin enak dinikmati.

Melembapkan Kue

Gula tidak hanya memberikan rasa manis pada kue yang Anda buat. Gula juga bisa menjadikan kue menjadi lebih lembap, sehingga sangat pas untuk membuat kue basah. Apalagi, bila Anda menggunakan gula berbentuk cair. Atau misalnya Anda menggunakan sirup sebagai pengganti. Sebab, sirup juga sudah mengandung gula dalam kadar yang cukup.

Gula membuat campuran adonan dari bahan bertekstur lebih padat menjadi lebih lemah. Selain itu, gula juga mencegah atau memperlambat pembentukan gluten, pemadatan protein seperti pada telur, dan reaksi protein lainnya. Hal itulah yang menjadikan kue menjadi lebih lembap.

Mengempukkan Kue

Gula juga berfungsi menjadikan kue menjadi lebih lembut atau empuk. Penyebabnya, pembuatan kue yang memanfaatkan proses fementasi akan sangat didukung oleh gula. Enzim zimase di dalam gula sangat diperlukan dalam proses fermentasi kue.

Jadi, agar proses menjadi lebih sempurna pastikan Anda menggunakan jenis gula yang tepat. Misalnya bila dalam resep sudah disebutkan menggunakan gula halus, maka jangan diganti dengan gula pasir. Perbedaan jenis gula bisa menjadikan proses pencampuran atau pengocokan bahan-bahan menjadi lebih lama selesainya. Juga akan membuat kue malahan menjadi lebih kasar.

Memberikan Warna pada Kulit Kue

Bila Anda membeli gula di pasaran, tentunya Anda akan menemukan gula dalam dua jenis warna. Pertama warna putih alami dan yang kedua sedikit berwarna kekuningan. Ternyata, memilih gula dengan warna berbeda tersebut sangat penting untuk mewarnai kue.

Gula berwarna keemasan mengandung lebih banyak kadar molase. Gula jenis ini akan sangat baik untuk membuat karamel dengan aroma yang murni. Selain itu, warnanya juga lebih manis bila dibanding dengan gula pasir yang berwarna putih.

Karena itu, gula yang berwarna keemasan dipilih untuk memberikan efek warna di kue. Sebab, proses yang disebut karamelisasi dapat menjadikan warna kue menjadi krem. Tentunya menjadi pewarna alami yang aman bagi kesehatan ketimbang menggunakan pewarna buatan.

Memberikan Tekstur pada Kue

Tekstur kue juga akan sangat berpengaruh bila diberikan gula. Penggunaan gula pada roti misalnya sekitar 2 hingga 20% untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

Gula juga yang membuat tekstur kue menjadi ringan. Hanya saja, diperlukan metode tertentu agar hasilnya lebih maksimal. Misalnya dengan sugar batter method. Yakni mencampurkan lemak dengan gula dan dikocok terlebih dulu hingga mengembang. Biasanya, digunakan untuk membuat lapis legit, di mana lemak dan gula dibutuhkan lebih banyak daripada tepung.

Kenali Jenis Gula yang Biasa Digunakan Sebagai Pemanis Makanan

Gula Pasir

Gula pasir adalah jenis gula kristal putih yang diproses dengan cara memurnikan gula mentah hingga molasenya hilang. Hasilnya gula ini menjadi lebih putih ketimbang gula mentah yang warna aslinya kecokelatan.

Gula mentah adalah gula yang berasal dari sukrosa tebu. Tentunya, ini tidak bisa dikonsumsi langsung sebelum proses defikasi. Proses defikasi inilah yang menghasilkan gula rafinasi atau gula pasir.

Kualitas gula pasir ini jauh di atas gula mentah. Tingkat kemurniannya juga sangat tinggi dan menjadikan gula mentah tadi mampu dikonsumsi atau dijadikan bahan makanan. Gula pasir ini yang juga menjadi bahan utama pembuatan makanan di berbagai industri kuliner.

Gula Batu

Gula batu memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu juga tidak mudah larut dalam air. Gula batu lebih mudah diproses oleh tubuh untuk menjadi energi. Cara pembuatannya adalah dengan merebus larutan air tebu hingga teksturnya menjadi keras. Ada juga yang dibuat dari gula pasir yang dikristalkan, kemudian dengan dipanaskan, baru didinginkan kembali.

Gula batu cukup digunakan 1 bongkahan kecil saja untuk satu gelas teh sebelum disiram dengan air panas. Di beberapa daerah, gula batu sering dimakan langsung setelah minum obat atau jamu.

Brown Sugar

Brown sugar, alias gula cokelat ini merupakan gula pasir yang kemudian dicampurkan dengan sari tebu (molase) untuk menghadirkan warna yang lebih gelap kecokelatan. Aromanya khas karamel dan teksturnya lebih lengket. Rasanya tidak begitu manis sehingga cocok untuk yang tidak begitu suka dengan rasa manis yang berlebihan.

Gula yang satu ini sering digunakan sebagai bahan pembuat kue untuk hasil yang lebih lembut. Meski demikian, gula cokelat ini tidak begitu jauh perbedaannya dari segi manfaat atau kadar kandungan dengan gula pasir.

Selain itu, karena teksturnya yang lengket, gula ini juga lebih mudah menggumpal. Bahkan, dalam beberapa kasus, gula ini sudah menggumpal di dalam kemasan aslinya.

Gula Merah

Gula merah yang sering disebut dengan gula aren atau gula jawa adalah jenis gula yang berbahan dasar nira. Nira merupakan sejenis cairan yang berasal dari tandan bunga di pohon aren dan siwalan.

Gula ini dibuat dengan cara mengikat bunga mayang di pohon keluarga palma tersebut sekuat mungkin. Bahkan, ada juga yang di-press dengan dua batang kayu. Hasilnya, sari makanan yang bisa membuat bunga menjadi mekar malah menumpuk. Itulah yang kemudian menjadi cairan gula.

Mayang yang membengkak kemudian diiris, lalu cairan gulanya akan keluar sedikit demi sedikit. Cairan gula itu yang ditampung dengan sejenis centong atau timba. Sampai akhirnya penuh dan diambil secara bertahap, kemudian dipanaskan sampai matang dan kental.

Biasanya, gula aren ini akan dicetak menggunakan batok kelapa sehingga bentuknya menjadi bundar atau setengah lingkaran. Ada juga yang dibuat dalam bentuk bubuk seperti gula pasir, yang lebih sering disebut gula semut.

Gula Kastor

Gula terakhir yang bisa Anda coba adalah gula kastor. Gula kastor mungkin tidak begitu banyak dikenal oleh rumah tangga biasa, khususnya di Indonesia. Tapi, di luar negeri gula satu ini justru sangat dikenal.

Gula yang satu ini memiliki tekstur lebih halus daripada gula pasir. Bahkan, saking halusnya mirip dengan gula bubuk. Pembuatannya menggunakan bahan baku gula pasir yang kemudian ditumbuk sampai halus seperti bubuk. Di industri kuliner, gula satu ini sering menjadi dekorasi di makanan seperti kue dan sebagainya.

Rekomendasi Produk Gula Kastor Terbaik

Royal Gula Kastor

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Royal Gula Kastor Semut Hijau. Produk satu ini sangat pas untuk menghias kue, custard dan sebagainya.

Tentunya Anda bisa mempertimbangkan produk satu ini untuk menjadi pilihan jitu untuk pemanis makanan Anda. Apalagi kue dengan gula halus yang bertaburan di atasnya seperti kue putri salju dan sebagainya.

Gula ini memiliki kualitas yang baik dengan rasa yang manis. Jadi, Anda bisa mencoba mempertimbangkan makanan Anda menjadi lebih cantik sekaligus manis dengan bantuan gula kastor ini.

Harga Rp. 29.000-37.400

Alini Castor Sugar

Berikutnya ada Alini Gula Halus (Castor Sugar) ukuran 500 gram. Produk yang satu ini merupakan gula halus dengan warna yang putih bersih. Jadinya, bisa membuat makanan Anda semakin manis, baik bentuk maupun rasanya.

Kelebihan gula kastor yang satu ini adalah kualitasnya yang sangat baik. Teksturnya sangat lembut, juga tidak mudah menggumpal.

Tidak hanya itu, saat mengadon kue dalam proses aerasi, gula ini juga akan larut sempurna. Hasilnya rasa manisnya merata serta butiran halusnya tidak membuat kue menjadi berbintik putih.

Harga Rp. 35.000-72.800

Mitra Legi Sampoerna Gula Kastor

Berikutnya ada gula kastor dari MLS yakni Caster Sugar Mitra Legi MLS 50 kg. Harganya terjangkau namun berkualitas tinggi. Anda tidak perlu meragukan kualitasnya karena sudah mengantongi sertifikat dari HACCP dan FSSC.

Selain itu, gula ini juga sudah memenuhi standar nasional (SNI) dan aman untuk makanan. Ditambah lagi sudah ada label halal dari MUI menjadikan Anda semakin yakin untuk membuat makanan dan menjualnya.

Produk satu ini memiliki tekstur yang sangat halus serta lembut. Karena itu, sangat pas untuk mendukung usaha atau industri kuliner mulai dari yang kecil sampai besar. Ditambah lagi, warnanya juga sangat putih bersih menjadikan makanan tambah cantik berseri.

Harga Rp. 550.000-799.000

Ricoman Castor Sugar

Selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan Gula Kastor Caster Sugar Ricoman 1Kg untuk menjadi pilihan jitu Anda.

Produk yang satu ini memiliki kelebihan lebih mudah larut apalagi dibandingkan dengan gula pasir. Jadinya, sangat mudah dibuat menjadi adonan kue dan mudah bercampur dengan margarin, mentega ,dan telur.

Selain itu, produk ini juga memiliki butiran yang sangat halus. Jadinya, baik juga untuk menjadi bahan taburan di atas kue Anda.

Harga Rp. 38.000-66.200

Rose Brand Castor Sugar

Selanjutnya ada gula pasir kristal putih dari Gulaku Rosebrand. Tentunya, Rosebrand sudah menjadi merek yang sangat tepercaya untuk bahan makanan dan juga dipercaya oleh banyak industri kuliner.

Produk ini diolah dari gula tebu yang memiliki kualitas tinggi. Kemudian, pengolahannya menggunakan teknologi canggih menjadikan gula kastor satu ini sangat halus dan manis rasanya. Tidak hanya itu, gula ini juga sangat mudah larut dan sangat baik menjadi taburan di atas makanan Anda.

Rosebrand sudah tepercaya sejak didirikan di tahun 1947. Merek ini berada di bawah bendera Sungai Budi Group yang didirikan di Lampung. Sejak berdiri, merek ini konsisten memproduksi bahan makanan dari hasil alam Indonesia.

Harga Rp. 9.696-28.000

Gula Halus Gulus Castor

Berikutnya ada Gula Halus Gulus. Ini merupakan produk lokal yang berkualitas dan harganya cukup terjangkau. Produk dalam kemasan 500 gram per bungkus ini bisa Anda jadikan andalan untuk usaha kuliner Anda.

Produk ini diolah dari gula tebu berkualitas tinggi dan diseleksi hanya untuk mendapatkan produk dengan grade A. Tidak hanya itu, teksturnya juga sangat lembut dan halus. Selain jadi taburan makanan yang mantap dan merata, produk ini juga sangat mudah larut dalam adonan Anda.

Harga Rp. 10.000-13.000

CSR Caster Sugar

Selanjutnya ada CSR Caster Sugar 1 kg. Produk satu ini merupakan produk impor yang juga dibuat dari 100 persen gula alami. Produk satu ini berasal dari Australia dan tentunya sudah berstandar internasional.

Produk ini sangat pas untuk adonan berbagai jenis kue, biskuit, dan sebagainya. Gula akan lebih cepat larut di dalam adonan atau air. Jadinya memudahkan Anda untuk memasak makanan apa pun sesuai kreasi Anda.

Harga Rp. 125.000-187.000

Castor Sugar Grade Superfine

Berikutnya gula kastor yang direkomendasikan BP-Guide adalah Castor Sugar Grade Superfine. Produk satu ini memiliki berat 1 kg dan menjadi salah satu gula halus yang berkualitas tinggi. Istilah "superfine" merupakan nama bagi gula halus di Amerika Serikat. Istilah ini juga merujuk pada ukuran partikelnya yang sangat kecil dan halus.

Dengan butiran yang mudah larut namun tidak menggumpal tentunya menjadikan kue atau makanan lainnya menjadi semakin sempurna rasa dan tampilannya.

Harga Rp. 26.000-34.000

Gula Castor KIS

Selanjutnya ada Gula Halus KIS 250 gram. Produk ini merupakan produk gula halus berkualitas dengan tekstur yang sangat halus, bahkan seperti tepung.

Produk dari KIS ini dilindungi dengan kemasan plastik asli dari pabriknya yang menjaga kualitas dan tetap higienis. Produk ini juga sudah siap pakai, bisa sebagai taburan/topping juga bisa menjadi campuran adonan.

Untuk hasil yang lebih baik, simpan produk ini di suhu yang tepat. Selain itu, tutup dengan rapat setelah dibuka agar kualitasnya tetap terjaga.

Harga Rp. 7.000-9.500

SIS CASTER SUGAR

Berikutnya ada SIS Gula Caster Gula Kastor Extra Fine 800 gram. Produk yang satu ini merupakan salah satu gula kastor dengan spesifikasi extra fine alias paling halus. Dengan demikian, produk ini menjadi salah satu yang paling mudah larut.

SIS merupakan salah satu brand yang konsisten dengan produksi gula. Produk satu ini berasal dari Singapura dan dibuat dari bahan yang 100 persen alami.

Jadi, bila Anda butuh gula yang memiliki tekstur sangat halus maka produk ini bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi andalan Anda. Ditambah lagi, produk ini juga sangat pas jadi taburan atau topping di atas kue Anda.

Harga Rp. 69.000-102.700
From our editorial team

Gula Kastor yang Halus untuk Taburan Makanan yang Cantik, Manis, dan Merata

Gula kastor menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi taburan makanan. Sebagai taburan, tentunya tidak hanya menjadikan kue Anda lebih cantik terlihat, tapi juga lebih manis dan merata. Anda bisa mencobanya untuk kue-kue terbaik Anda.