Tak Hanya Mengusir Nyamuk, Aroma Terapi Ini Juga Meredakan Stres! (2022)

Tak Hanya Mengusir Nyamuk, Aroma Terapi Ini Juga Meredakan Stres! (2022)

Aroma yang tepat bisa mengusir nyamuk, serta sekaligus jadi aroma terapi bagi penggunanya. Yuk, cek rekomendasinya di sini!

Tempat-tempat yang Menjadi Sarang Nyamuk

Nyamuk tak hanya bersarang di genangan air, seperti bak mandi, pot tanaman air, dan lain-lain. Banyak yang kurang menyadari bahwa tumpukan baju juga menjadi tempat yang "indah" bagi para nyamuk untuk tinggal. Di tumpukan baju tersebut, nyamuk memang tidak bertelur, namun hanya bersarang. Aroma tubuh manusia yang tertinggal di baju-baju tersebut membuat nyamuk sangat betah di sana. Pada dasarnya, nyamuk menyukai tempat lembap dan gelap. Jangan lupa untuk rajib membersihkan atau merapikan barang-barangmu ya, agar nyamuk tak betah di sana.

Nyamuk Menjadi Sumber Penyakit Berbahaya

Tak hanya membuat risi dengan suaranya yang berdenging saat kita tidur, gigitan nyamuk juga bisa berbahaya. Berikut penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Malaria

Malaria merupakan penyakit infeksi yang ditularkan dari gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi parasit plasmodium. Pada umumnya, gejala malaria akan terlihat seminggu setelah gigitan nyamuk. Sementara, masa inkubasinya berlangsung 7-18 hari, bergantung jenis parasitnya. Gejala malaria mirip dengan flu, menyebabkan sulit diidentifikasi sebagai malaria, kecuali di daerah yang memang banyak penyakit tersebut.
Malaria dapat sembuh dengan penanganan yang tepat. Sebaliknya, penderita dapat terancam nyawanya jika tidak segera mendapat pengobatan.

Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit dengan gejala demam tinggi dan flu yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Nyamuk yang membawa virus Dengue disebut Aedes Aegypti. Apabila tidak segera ditangani, demam ini bisa mengancam nyawa si penderita.

Demam pada penyakit demam berdarah atau DB berlangsung 2-7 selama terus menerus hingga 39 derajat Celcius. Setelahnya, demam turun dengan cepat, namun muncul gejala lain seperti mual atau muntah, nyeri kepala, ruam merah-merah pada kulit, hingga lemas. Dengan penanganan yang baik, penyakit demam berdarah tentu bisa sembuh kembali.

Zika

Zika atau demam Zika merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Gejala-gejala pada pasien yang terkena virus ini adalah demam, nyeri sendiri, mata merah, dan ruam. Pada umumnya, kasus penyakit ini jarang dijumpai di Indonesia. Namun, apabila ibu hamil terkena penyakit ini, maka virus ini dapat tertular pada janinnya. Penularan penyakit Zika juga bisa melalui tranfusi darah dan hubungan seksual tanpa pengaman.

Chikungunya

Penularan Chikungunya tak jauh berbeda dari Zika dan Demam Berdarah yang penularan virusnya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Chikungunya merupakan infeksi yang ditandai demam dan nyeri sendi. Pada sebagian penderita, nyeri sendiri dapat berangsur sampai berbulan-bulan. Meski tak sampai menyebabkan kematian, gejala yang parah dapat menyebabkan kelumpuhan sementara. Gejala lain pada penderita, seperti sendi bengkak, muncul ruam, lemas, dan mual.

Menggunakan Aroma Terapi Sebagai Anti Nyamuk

Nyamuk-nyamuk sangat mudah berkembang biak pada negara-negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Suhu negara kita berkisar 16-32 derajat Celcius dengan kelembapan 60-80%. Kondisi seperti itu sangat cocok bagi nyamuk untuk berkembang biak. Per harinya, nyamuk dapat bertelur hingga 100 butir. Hanya perlu sedikit air saja untuk membuat telur-telur tersebut menetas dengan baik dan tepat waktu.

Kita bisa membersihkan lingkungan kita dari genangan air agar tidak menjadi sarana nyamuk untuk berkembang biak. Namun, banyak hal yang terjadi di luar kontrol kita, seperti iklim. Oleh karena itu, agar kita terbebas dari gigitan nyamuk, perlu kita gunakan aroma terapi untuk mengusir nyamuk-nyamuk tersebut. Selain sebagai anti nyamuk, aroma terapi juga memberikan efek positif lain, seperti meningkatkan mood, mengurangi stres.

Kelebihan Aroma Terapi

Berbahan Dasar Alami

Pada umumnya, aroma terapi menggunakan bahan dasar essential oil atau minyak atsiri. Essential oil merupakan minyak ekstrak bagian tertentu dari tanaman, ada yang dari akar, batang, daun, bunga, atau buahnya. Karena menggunakan tanaman sebagai bahan bakunya, tentu membuat aroma terapi lebih aman digunakan kapan saja.

Tidak Mengganggu Pernapasan

Tentu kita tahu bahwa beberapa obat anti nyamuk dapat menyebabkan sesak napas apabila digunakan terus menerus. Sebaliknya, aroma terapi justru sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan kita karena kandungan bahannya bisa sebagai antivirus dan antibakteri. Tak hanya membersihkan bakteri dan virus yang ada di udara, tetapi juga dalam saluran pernapasan. Beberapa aroma terapi juga digunakan untuk melegakan sistem pernapasa, terutama saat kita sedang flu.

5 Varian Aroma Terapi Ampuh Usir Nyamuk

Sensatia Botanicals Lavender Bud Essential Oil

Brand ini banyak digemari di kalangan beauty vlogger karena produk kosmetiknya, yaitu Sensatia Botanicals Lavender Bud, yang merupakan aroma terapi pengusir nyamuk yang berbahan aktif lavender essential oil. Bunga lavender memiliki aroma khas mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai nyamuk. Tak hanya nyamuk, lavender juga dapat digunakan sebagai pengusir tungau.

Menggunakan aroma terapi ini, tak hanya membuat terbebas dari gigitan nyamuk, tapi juga memberikan efek menenangkan pikiran dan merilekskan badan. Menggunakan aroma terapi dari Sensatia Botanicals saat malam hari akan membuat tidurmu lebih berkualitas. Tak hanya itu, aromanya juga menurunkan hormon yang menimbulkan kecemasan di otak. Untuk pemakaian, kamu bisa mencampurkan 4-8 tetes aroma terapi pengusir nyamuk ini pada diffuser. Jika ingin menggunakannya di kulit, jangan lupa untuk dicampur dulu dengan carrier oil ya. Produk ini dapat juga dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.
Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi marketplace favoritmu!

Harga Rp. 140.000

Bonnels Mosaway Essential Oil

Jika kamu tipe penyuka aroma terapi yang sudah diracik, kamu wajib coba Bonnels Mosaway Essential Oil. Brand yang sudah sering di-review oleh para selebgram dan influencer ini memiliki varian aroma terapi pengusir nyamuk yang sudah berbadan POM. Aroma terapi tersebut merupakan racikan dari beberapa essential oil, yakni citronella essential oil, lavender essential oil, rosemary essential oil, sweet orange essential oil, lemongrass essential oil. Perpaduan 5 aroma terapi ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk-nyamuk berbahaya dan serangga. Ruangan juga jadi terasa segar karena udara ternetralisasi dari kandungan aroma terapi tersebut.

Untuk menggunakan aroma terapi pengusir nyamuk ini, kamu bisa menggunakan 2 cara. Pertama, tuangkan 4-6 tetes per 100 ml air pada diffuser atau humidifier di rumahmu. Kedua, dioleskan pada permukaan kulit. Namun, jangan lupa untuk mencampurkannya terlebih dahulu dengan Bonnels Soothing Massage Oil.

Harga Rp. 180.000-210.000

Darjeeling Insect Gone

Aroma terapi pendatang baru di Indonesia ini mulai banyak dilirik oleh pencinta essential oil lho. Dia adalah Darjeeling Sembrani Aroma. Darjeeling mengeluarkan produk blend yang dinamai Insect Gone. Sesuai namanya, Insect Gone merupakan aroma terapi pengusir nyamuk yang terbuat dari 3 campuran essential oil, yakni eucalyptus essential oil, clove bud essential oil, dan citronella essentian oil.

Agar rumahmu terbebas dari gangguan nyamuk-nyamuk berbahaya, gunakan Darjeeling Insect Gone secara rutin ya. Aroma terapi pengusir nyamuk ini tersedia dalam 2 jenis, versi roll on dan versi essential oil. Versi roll on yang praktis sangat cocok untuk dibawa di saat bepergian. Aplikasika pada kulit untuk menjauhkanmu dari gigitan nyamuk dan serangga.

Aroma terapi pengusir nyamuk ini bisa kamu beli secara online di marketplace favoritmu.

Harga Rp. 28.000-58.000

Eucalie Organics Bug Off Mosquito Repellent Spray

Aroma terapi pengusir nyamuk selanjutnya ini sedikit berbeda karena kemasannya yang sangat praktis. Dia adalah BUG OFF Body Spray dari Eucalie, yang diformulasikan dari organic citronella dan eucalyptus essential oil. Dua bahan ini tentu sudah kita kenal sebagai bahan alami yang efektif untuk mengusir nyamuk dan memberikan efek menenangkan pada pikiran. Aroma terapi pengusir nyamuk ini bertipe spray yang sangat mudah digunakan sehingga kamu bisa terbebas dari gigitan nyamuk-nyamuk berbahaya kapan pun dan di mana pun.

Bahan-bahan dalam komposisi aroma terapi ini sudah memiliki sertifikat organik dari Ecocert, sehingga terjamin keamanannya untuk semua jenis kulit, ibu hamil, anak-anak, dan bayi. Terlebih, produk Eucalie ini tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti sulfate, paraben, mineral oil, formaldehydes, dan bahan berbahaya lainnya.

Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko online ya.

Harga Rp. 135.000.143.000

Kalea Organic Essential Oils Bugs Away

Kalea Bugs Away Essential Oil adalah salah satu brand terpercaya yang sudah memiliki sertifikat dan lolos uji laboratorium. Aroma Terapi yang sudah terjamin keamanannya menawarkan 3 manfaat, yakni sebagai anti nyamuk dan anti serangga alami, meningkatkan kualitas tidur, dan mengharumkan ruangan dengan efek aroma terapinya.

Dalam racikan Bug Away ini terdapat 3 macam essential oil yang berperan, yaitu lavender, lemongrass, dan tea tree. Bikin terbayang nikmat aromanya ya, dengan aroma lemongrass dan tea tree yang segar dipadukan khasnya aroma lavender. Jelas aja nyamuk jadi nggak betah.

Sebelum mengaplikasikan langsung pada kulit, campurkan dulu Kalea Bug Away dengan Kalea Carrier Oil. Jika kamu ingin menggunakan pada diffuser, tambahkan 3-5 tetes pada 100 ml air. Nyalakan diffuser dan nikmati semalaman tidur nyenyak bebas gigitan nyamuk.

Harga Rp. 78.000-180.000
From our editorial team

Essential Oil Pengusir Nyamuk Cocok untuk Dipakai di Rumah Setiap Waktu!

Buruan pilih yang kamu suka, agar si nyamuk nggak lagi merajalela di sekitar rumahmu! Pastikan kamu mendapatkan pilihan terbaik dengan melihat detail rekomendasi kami ya.