Lindungi Diri dengan 10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik yang Ampuh (2022)

Lindungi Diri dengan 10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik yang Ampuh (2022)

Gigitan nyamuk menyebabkan rasa tidak nyaman saat sedang tidur atau beraktivitas. Tidak hanya itu, nyamuk juga bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit lho. Lindungi diri Anda dan keluarga dengan lotion anti nyamuk terbaik super ampuh dalam rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Gigitan Nyamuk Akan Bikin Si Kecil Rewel

Tahukah Anda? Sebuah penelitian di University of Florida mengatakan bahwa nyamuk tertarik dengan dengan bau-bau tertentu seperti bau keringat, terutama bau keringat yang bercampur dengan bakteri, debu, dan kotoran.

Selain itu, nyamuk dapat mendeteksi karbon dioksida bahkan dalam jarak 40 mil. Karbon dioksida yang kita keluarkan saat menghembuskan napas dapat menarik nyamuk untuk datang dan memangsa.

Karena itu, tak heran jika si kecil yang aktif bermain seringkali diincar dan digigit oleh nyamuk. Apalagi tak semua anak kecil mampu melindungi dirinya dari gigitan nyamuk. Ini membuat anak kecil pun acap kali menjadi korban gigitan nyamuk.

Seperti yang kita ketahui, gigitan nyamuk meninggalkan bekas yang selain menonjol dan kemerahan, juga membuat kulit menjadi gatal dan sangat tidak nyaman. Parahnya lagi jika nyamuk yang menggigit membawa penyakit seperti malaria, demam berdarah, dan sebagainya.

Cara Alami Untuk Mengusir Nyamuk

Minyak Kayu Manis

Kayu manis yang biasa kita jadikan sebagai bahan campuran berbagai resep makanan itu ternyata bisa dijadikan sebagai pengusir nyamuk. Anda dapat menggunakan kayu manis sebagai pembasmi telur nyamuk dan nyamuk dewasa.

Untuk menggunakan kayu manis sebagai pengusir nyamuk, Anda dapat melarutkan 120 ml air dengan 24 tetes atau seperempat sendok teh minyak kayu manis. Larutan ini dapat Anda semprotkan ke pakaian, barang, juga tanaman, dan berbagai area yang Anda rasa akan menjadi sarang nyamuk.

Minyak Serai

Tanaman serai atau yang dikenal juga dengan nama citronella ini sudah terkenal mampu mengusir nyamuk. Anda juga tentunya bisa menggunakan ekstrak minyak serai sebagai senjata yang ampuh dalam mengusir nyamuk.

Efektivitas minyak serai dalam mencegah gigitan nyamuk diketahui serupa dengan minyak kayu manis. Anda dapat menggunakannya sama seperti menggunakan minyak kayu manis dalam menangkal nyamuk. Aroma serai pada ruangan dapat membuat nyamuk bandel itu pergi.

Minyak Kedelai

Kedelai yang biasa diolah menjadi susu ternyata juga bisa diekstrak menjadi minyak yang dapat mengusir nyamuk. Minyak kedelai diketahui terbukti efektif dalam mencegah gigitan nyamuk, terutama jenis nyamuk anopheles yang menyebabkan malaria.

Anda juga bisa mencampurkan minyak kedelai dengan minyak serai untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dalam menangkal nyamuk, sehingga dapat memberikan perlindungan yang aman bagi Anda sekeluarga, termasuk bagi anak-anak.

Memakai Baju Panjang

Meskipun beberapa gigitan nyamuk bahkan dapat menembus pakaian, namun Anda dapat membuktikan bahwa pakaian yang lebih tertutup akan lebih melindungi dari gigitan nyamuk dibandingkan dengan pakaian yang terbuka.

Apalagi pakaian yang lebih tebal dan bahannya yang mudah menyerap keringat, Pakaian ini akan memberikan perlindungan ekstra bagi Anda. Juga, sebaiknya Anda menghindari pakaian yang berwarna gelap agar tidak menarik perhatian nyamuk.

Mengeringkan Genangan Air

Nyamuk berkembang biak di air. Seekor nyamuk betina akan bertelur di air, lalu telurnya menetas menjadi larva jentik-jentik yang hidup di air sebelum bermetamorfosis dan memiliki sayap. Jadi, genangan air adalah ekosistem yang akan membantu menaikkan jumlah populasi nyamuk. Ini termasuk juga dengan kolam dan bak mandi Anda.

Oleh karena itu, jangan biarkan air tergenang di halaman, di pot bunga yang tidak terpakai, atau di manapun itu di sekitar tempat tinggal Anda. Timbunlah cerukan di halaman agar tidak ada lagi genangan air.

Juga, sebaiknya Anda menutup bak mandi Anda agar nyamuk tidak menjadikannya sebagai rumah berkembang biak. Rajinlah menguras kolam renang, dan peliharalah ikan yang dapat memakan jentik nyamuk. Jika Anda memiliki kolam.

Tips Memilih Lotion Anti Nyamuk

Cek Komposisinya

Sebelum membeli sesuatu, jangan lupa periksalah komposisi dari produk itu, begitu juga saat Anda hendak memilih lotion anti nyamuk.

DEET (Diethyltoluamide), permethrin, picaridin merupakan bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat produk anti serangga, seperti nyamuk, contohnya. Zat ini dapat menangkal nyamuk seperti tameng sehingga tak mau hinggap di kulit yang telah diolesi bahan ini.

Selain bahan kimia tersebut, aneka tanaman juga mampu mengeluarkan aroma yang menghalau nyamuk, seperti bau jeruk, serai atau citronella, lavender, geranium, dan lain sebagainya.

Untuk Anak, Pilih Lotion Khusus

Apabila Anda mau memakaikan produk lotion anti nyamuk kepada anak, pastikan terlebih dahulu bahwa produk itu telah teruji secara dermatologis aman untuk digunakan bagi kulit anak.

Oleh karena itu, lagi-lagi Anda perlu mengecek label pada kemasan produk, apakah sudah tertera info bahwa produk tersebut aman untuk digunakan pada anak.

Di samping itu, Anda juga perlu ingat untuk tetap mengawasi anak. Jangan biarkan anak menggunakan lotion anti nyamuk tanpa pengawasan. Jika ternyata terjadi reaksi pada kulit, hentikanlah pemakaian produk. Mungkin anak Anda tak cocok dengan komposisi yang ada pada produk itu.

Pilih yang Tidak Menyebabkan Iritasi

Tipe kulit kita bermacam-macam, dan salah satunya adalah tipe kulit yang sensitif. Apalagi anak-anak yang masih kecil dan memiliki kulit yang lebih tipis, kemungkinan akan lebih sensitif juga. Maka, dari itu, Anda harus berhati-hati dalam memakaikan produk ke kulit.

Bagaimanapun, keamanan dari suatu produk patut dipertimbangkan lebih dari harganya. Jangan tergiur dengan harga yang murah tapi ternyata tidak cocok dengan kulit, seperti membuat kulit kering bahkan iritasi.

Sebaiknya, lotion anti nyamuk yang Anda gunakan mudah menyerap di kulit dan tidak lengket. Akan lebih bagus lagi jika produk lotion anti nyamuk yang Anda gunakan mampu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik

Caladine Mosquito Repellent

Caladine yang terkenal dengan produk untuk mengatasi gatal ini juga memproduksi lotion anti nyamuk. Produk ini aman digunakan untuk menangkal nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah, anopheles sp penyebab malaria, serta elephantiasis penyebab kaki gajah.

Produk ini mengandung bahan aktif yang dinamakan picaridin. Kandungan ini mengeluarkan bau yang dapat mengusir nyamuk dalam radius dekat. Lotion anti nyamuk ini dapat melindungi kulit Anda dari gigitan nyamuk hingga 10 jam lamanya.

Enaknya, produk ini sangat lembut di kulit, tidak lengket, dan tidak berminyak, sangat cocok untuk dipakaikan kepada anak-anak. Lotion ini juga wangi di kulit. Kualitasnya pun terpercaya karena telah teruji secara klinis.

Harga Rp. 15.000-30.000

Bebe Roosie Bug Repellent

Lotion anti nyamuk yang satu ini diformulasikan khusus untuk mencegah bayi dari gigitan nyamuk, memudarkan bekas gigitan nyamuk, dan mengurangi iritasi kulit jika terlanjur digigit nyamuk.

Produk ini tidak mengandung DEET sehingga aman digunakan untuk bayi baru lahir. Sementara itu, Bébé Roosie Bugs Repellent diformulasikan dengan menggunakan minyak esensial organik yaitu Lavender dan Citronella yang efektif mengusir serangga.

Kandungan aloe vera dan minyak zaitun di dalamnya mampu melembabkan kulit dan juga membantu mengurangi iritasi kulit jika terlanjur kena gigitan nyamuk sebelum mengaplikasikan peroduk ini.

Harga Rp. 20.000-30.000

Soffel Lotion

Soffel memang terkenal akan produk anti nyamuk yang diproduksinya. Produk lotion dari Soffel ini memiliki aroma yang dapat mengusir nyamuk, seperti geranium, jeruk, dan sebagainya. Ini adalah perlindungan pertama dari Soffel.

Jika nyamuk masih berani mendekat, terutama pada nyamuk-nyamuk di luar rumah atau nyamuk kebun yang ukurannya lebih besar dan lebih bandel, Soffel lotion juga dilengkapi dengan rasa yang tidak disukai nyamuk, sebagai perlindungan kedua atau perlindungan berlapis.

Selain menangkal nyamuk, Soffel juga mengandung pelembab sehingga lembut saat dipakai, dan juga tidak terasa panas di kulit. Sangat cocok untuk digunakan sebagai penangkal nyamuk baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Harga Rp. 5.000-30.000

Cussons Baby Moscare - Citronella & Eucalyptus

Produk lotion anti nyamuk keluaran Cussons Baby ini sudah teruji secara dermatologi aman digunakan untuk kulit anak, sehingga Anda dapat membuang keragu-raguan dalam memilih produk lotion anti nyamuk yang tidak mengiritasi kulit.

Cussons Baby Moscare - Citronella & Eucalyptus ini mengandung bahan-bahan alami seperti citronella atau serai dan eucalyptus yang terkenal merupakan bahan alami pengusir nyamuk.

Di samping itu, produk lotion anti nyamuk dari Cussons baby ini juga mengandung minyak chamomile dan minyak zaitun yang berfungsi sebagai moisturizer yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit.

Harga Rp. 10.000-20.000

Zwitsal Baby Skin Protector Lotion Natural

Satu lagi brand produk bayi yang memproduksi lotion anti nyamuk, yaitu Zwitsal. Bahan alaminya menjadikan lotion ini aman digunakan. Produk ini juga telah teruji klinis bersifat hypo-allergenic, sehingga baik untuk digunakan kulit bayi yang sensitif sekalipun.

Produk ini menggunakan bahan aktif minyak citronella (minyak serai) yang mampu melindungi bayi dari gigitan serangga termasuk nyamuk.

Tak hanya itu, Zwitsal Baby Skin Protector Lotion Natural juga dilengkapi dengan ekstrak chamomile yang dapat meredakan rasa gatal pada kulit si kecil.

Harga Rp. 15.000-30.000

Mizo Mosquito Repellent Spray

Produk yang satu ini memang bukan termasuk lotion yang Anda aplikasikan dengan mengusapnya pada kulit, melainkan berbentuk cairan yang dapat Anda semprotkan ke kulit.

Produk ini mengandung formula yang lembut, terbuat dari bahan-bahan alami sepenuhnya, dan tidak mengandung DEET di dalamnya. Oleh karena itu, produk ini aman untuk Anda gunakan pada bayi baru lahir.

Sebelum mengaplikasikan Mizo Mosquito Repellent Spray ini, sebaiknya Anda mengocok kemasannya terlebih dahulu. Perlu diingat juga bahwa produk ini hanya untuk pemakaian luar saja, jadi hati-hati saat menyemprotnya, hindari produk ini dari kontak mata dan juga mulut.

Harga Rp. 20.000-40.000

Buds Organics Mozzie Clear Lotion

Produk lotion anti nyamuk yang satu ini dianggap cukup pricey dibandingkan dengan produk sejenis. Namun, Anda tidak bisa langsung membuang muka karena agaknya frasa “ada harga ada kualitas” cukup pas untuk menggambarkan lotion anti nyamuk ini.

Lotion anti nyamuk ini terbuat dari bahan-bahan organik seperti minyak citronella, ekstrak portulaca, serta aloe vera atau lidah buaya, sehingga produk ini bukan hanya mengusir nyamuk, tetapi juga dapat melembabkan kulit.

Hal yang membuatnya istimewa adalah produk ini diklaim aman bahkan jika tanpa sengaja tertelan. Tapi tentu saja sebaiknya Anda tetap mengawasi anak saat memakai produk ini. Biarpun terbilang aman jika tertelan, sebaiknya Anda membiarkan si kecil memakan produk ini dengan sengaja meskipun Anda bisa lebih tenang karena keamanannya.

Harga Rp. 200.000-250.000

Autan Care & Protect Tube

Satu lagi merek yang terkenal sebagai produk yang melindungi kulit dari gigitan nyamuk, yaitu Autan. Salah satu produknya yaitu Autan Care & Protect Tube mampu melindungi keluarga Anda dari gigitan serangga, dengan kemasan tube dan tutup botol flip top yang aman untuk dibawa kemana-mana.

Lotion anti nyamuk ini mengandung aloe vera yang membu menjaga kelembutan dan kelembaban kulit. Bahkan produk ini juga dapat Anda aplikasikan ke wajah untuk mencegah nyamuk menggigit bagian muka Anda.

Perpaduan aroma apel dan jeruk yang wangi menjadikan produk ini disukai oleh anak-anak. Anda dapat melindungi keluarga dalam segala suasana, baik di dalam maupun di luar rumah.

Harga Rp. 10.000-25.000

Mama’s Choice Baby Mozzbye

Mama’s Choice mengklaim bahwa produk ini sangat aman untuk digunakan, seaman pelukan mama. Lotion anti nyamuk yang satu ini diklaim ampuh melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk hingga 8 jam.

Produk ini mengandung bahan alami di dalamnya, yaitu minyak andiroba dan lavender. Bahan ini mempunyai aroma yang dapat membuat nyamuk menjauh saat diaplikasikan ke kulit.

Karena kandungan bahan alaminya, lotion anti nyamuk ini memiliki aroma wangi yang lembut dan tidak menyengat sehingga dapat menenangkan dan menceriakan anak dan Anda dalam beraktivitas.

Harga Rp. 75.000-100.000

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion mengandung bahan-bahan natural yang mampu melindungi kulit bayi dari dari gigitan nyamuk hingga 8 jam.

Produk anti nyamuk dari Bambi ini diperkaya dengan minyak citronella sebagai bahan aktif alami yang mampu mengusir nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD.

Produk ini juga telah teruji secara klinis cocok untuk digunakan pada kulit bayi yang sensitif, sehingga Anda dapat merasa lebih tenang untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi bayi Anda.

Harga Rp. 30.000-50.000
From our editorial team

Pasang Kelambu di Tempat Tidur Untuk Mencegah Nyamuk

Selain dengan lotion yang direkomendasikan BP-Guide di atas, Anda juga bisa melakukan pencegahan lain. Misalnya dengan memasang kelambu di sekeliling tempat tidur anak atau bayi untuk mencegah nyamuk agar tidak masuk. Dengan demikian, si kecil bisa tidur dengan nyenyak.

Tag