Ceriakan Dunia Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Permainan Anak Berikut Ini

Ceriakan Dunia Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Permainan Anak Berikut Ini

Dunia anak adalah bermain. Dengan bermain, anak-anak belajar banyak hal dan menyerap segala sesuatu dengan mudah. Anda juga bisa lho mendampingi si kecil dengan permainan yang dibuat di rumah untuk mempererat ikatan dengan si kecil. Yuk, baca ide-ide menarik permainan seru bersama si kecil dari tim BP-Guide di sini!

Masa Tumbuh Kembang Anak Dimulai dengan Bermain

Jack Ma, pendiri Alibaba, pernah berkata bahwa anak tidak perlu nomor satu terus di sekolah. Bukan berarti anak tidak boleh meraih prestasi atau mendapat ranking satu, namun saat ini, imajinasi seakan dikesampingkan demi ilmu-ilmu analitis yang terukur.

Cukup memiliki prestasi di tengah-tengah saja, namun banyak memiliki waktu berimajinasi. Dunia imajinasi adalah dunia anak. Dunia bermain. Anak-anak memang harus bermain karena dari permainan itulah masa tumbuh kembang anak dimulai.

Manfaat Bermain untuk Anak-anak

Kognitif

Bermain bukan hanya membuat anak sehat secara fisik dan senang secara mental saja. Bermain juga ikut mengembangkan pemahaman kognitif mereka. Melalui permainan, anak belajar mengembangkan pemahaman mereka terhadap ukuran, bentuk warna, jumlah, mengenali masalah, problem-solving, dan lain sebagainya. Dalam arti lain, anak belajar untuk meningkatkan kompetensi otaknya dan sekaligus mendapatkan keterampilan dalam cara yang disenanginya.

Emosional

Bermain bisa meningkatkan kemampuan emosional anak. Dengan bermain, anak bisa menjalin perkawanan dan mendapat berbagai kesan rasa (seperti senang, kesal, marah, sedih). Di samping itu, anak juga belajar bisa mengekspresikan rasa tersebut dan juga mengatasinya dengan baik.

Anak belajar menempatkan diri di antara teman-temannya dengan belajar mengendalikan emosinya. Singkatnya, bermain bisa membuat anak kaya secara emosional dan siap untuk menghadapi tahap kehidupannya yang selanjutnya.

Personal dan Sosial

Selain memberi penguatan kognitif dan emosional, bermain juga meningkatkan kemampuan personal dan sosialnya. Anak bisa meningkatkan kemampuan personalnya (baik secara fisik atau mental). Selain itu, anak juga bisa meningkatkan kemampuan berhubungan interpersonal dengan orang lain (dalam hal ini teman-temannya bermain). Anak belajar untuk mengenal team-work, toleransi, serta menyelesaikan berbagai masalah sosial yang dihadapinya saat bermain.

Motorik Kasar dan Halus

Telah sedikit disinggung sebelumnya, bermain juga meningkatkan kemampuan fisik dan mental anak. Secara fisik, bermain juga meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus. Kemampuan motorik kasar berkaitan dengan kemampuan untuk melatih koordinasi anggota tubuh, daya tahan tubuh, serta berkaitan dengan kemampuan mengendalikan diri.

Sementara itu, kemampuan motorik halus berhubungan dengan pergerakan halus tubuh seperti penyeimbangan gerak mata dan tangannya, dan berbagai kemampuan yang akan berhubungan dengan studinya kelak. Singkatnya, motorik halus hanya perlu memerlukan sedikit pergerakan dibandingkan motorik kasar.

Beberapa Permainan yang Cocok untuk Dimainkan Anak TK

Mencari Teman

Permainan mencari teman gampang dilakukan. Anda tinggal mencari tanah lapang kemudian anak-anak diminta berjejer membuat lingkaran. Anda sebagai pemimpin permainan akan berada di tengah-tengah lapangan.

Dalam permainan, Anda akan menunjuk seorang anak. Kemudian, Anda meminta anak itu untuk menunjuk nama temannya yang akan akan Anda sebutkan. Setiap anak mendapat giliran untuk melakukannya. Tujuan permainan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan interpersonal dan mempererat persahabatan di antara mereka.

Bola-bola Kayu

Sumber gambar www.blibli.com

Bermain bola-bola kayu bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik. Anak-anak bisa belajar berhitung angka sederhana dan juga belajar melatih kemampuan motorik halus mereka dengan meningkatkan koordinasi antara mata dan tangannya. Permainannya gampang saja. Anak diminta untuk bola-bola kayu sambil menghitung keseluruhan bola yang telah ditumpuk.

Contoh bola-bola kayu ini adalah Plan Toys Sort & Count PT5614 Mainan Anak. Set permainan ini memiliki 20 bola warna-warni plus 4 batang kayu penyangga. Anda bisa mendapatkan produk aman anak dan lingkungan di Blibli dengan harga Rp 227.200.

Lem Kertas Warna

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bermain tempel dengan lem kertas warna juga bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Caranya mudah juga. Kumpulkan anak-anak dalam beberapa kelompok. Kemudian, bagikan potongan kertas warna dan lengkap dengan kertas pola (bisa gambar apa saja, asal simpel). Selanjutnya, minta mereka untuk menempelkan pada bagian-bagian gambar pada kertas pola (misalnya, laut dengan kertas biru, matahari dengan kertas merah, dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang mencari kertas warna, coba Kertas Lipat Origami Uk. 12 X 12 Cm/Kertas Warna. Dalam 1 pak ada 20 warna (pink, hijau, kuning, merah, dan biru). Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 1.800/pak (minimal pembelian 10 pak).

Tom and Jerry

Sumber gambar disiniaja.net

Permainan Tom and Jerry sangat bagus untuk melatih fisik dan ketangkasan anak. Permainan Tom and Jerry mirip permainan kejar-kejaran. Hanya saja dilakukan oleh dua orang anak. Salah satu berperan sebagai Tom si kucing, satunya lagi menjadi Jerry si tikus. Tom akan mengejar Jerry, namun mendapat penghalang (dari anak-anak lain yang sebelumnya berjajar membentuk pagar). Jika Jerry tertangkap, maka peranan ditukar. Sehingga pemeran Tom menjadi Jerry dan sebaliknya.

Tebakan Jitu

Permainan tebak jitu bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak. Cara bermainnya mudah. Anda sediakan kantong tidak tembus pandang, kemudian masukkan benda di dalamnya. Anak kemudian diminta menebak nama benda tersebut. Dalam hal ini, anak boleh meraba atau mencium baunya. Satu alternatifnya adalah dengan menutup mata si anak. Kemudian, anak diminta untuk menyebutkan nama benda di hadapannya, setelah dia meraba, memegang, atau mencium benda tersebut.

Lempar Tangkap Bola

Sumber gambar www.blibli.com

Salah satu cara melatih kemampuan visual motorik, konsentrasi, interaksi sosial, serta koordinasi tubuh anak adalah dengan mengajaknya bermain lempar-tangkap bola. Permainannya simpel, anak-anak diminta untuk saling melempar dan menangkap bola. Salah satu anak menjadi pihak pelempar, sementara yang lain menjadi penangkap bola. Setelah bola ditangkap, peran diganti. Penangkap bola kemudian menjadi pelempar, begitu pula sebaliknya.

Salah satu bola yang bisa Anda pilih untuk permainan ini adalah Intex Polkadot Jumbo Beach Ball Mainan Bola 107 cm 59065. Bahannya dari vinil kualitas tinggi yang tidak akan mudah bocor. Bola ini bisa dipakai di pantai atau pun kolam. Warnanya cerah ceria. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 94.000.

Tepuk Bersama

Permainan paling praktis untuk meningkatkan kemampuan motorik, seni, mental, atau emosional adalah tepuk bersama. Tepuk bersama juga meningkatkan kekompakan anak dengan para sahabatnya. Lebih dari itu, Anda tidak memerlukan apa-apa untuk memainkannya. Dan jangan lupa, buat aba-aba yang gampang dihafal anak dan menyenangkan. Setelah itu, permainan tepuk tangan ini akan pasti akan selalu menyenangkan.

Menjala Ikan-Ikan

Sumber gambar bundakonicare.com

Permainan menjala ikan-ikan juga sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik dan kekompakan anak. Caranya mudah sekali dan tanpa alat apa pun. Anda hanya memerlukan lahan lapang. Minta 2-3 anak untuk saling bergandengan tangan, mereka akan menjadi jala. Sementara anak-anak lainnya akan berlarian di sekitar mereka sebagai ikan. Tugas jala adalah menangkap ikan-ikan yang berlarian itu hingga dapat. Setiap anak bergiliran menjadi jala dan ikannya.

Bongkar Pasang

Sumber gambar www.lazada.co.id

Permainan bongkar-pasang adalah permainan yang sangat edukatif. Anak berusaha untuk mengenali pola dan mencocokkan setiap pola dengan pasangannya. Anda bisa meminta anak untuk saling cepat dalam memasang puzzle.

Salah satu alat permainan bongkar pasang yang bisa Anda pilih adalah Puzzle Kayu Buku 6 in 1. Mainan Edukatif Anak Bongkar Pasang. Set permainan ini dibuat dari material yang aman untuk anak dan bisa merangsang kemampuan motorik halus anak. Puzzle ini cocok untuk anak usia 2-6 tahun. Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 84.500.

Pesan Bersambung

Permainan yang sangat bagus untuk anak adalah Pesan Bersambung. Untuk bermain, buat kelompok-kelompok anak. Setiap barisan ada 5 orang anak. Susun barisan hingga menjadi beberapa baris. Kemudian, mulai permainan dengan membisikkan 4-5 kata pada anak pada barisan pertama. Anak tersebut kemudian diminta untuk membisikkan kata-kata Anda tadi pada anak di belakangnya. Pada gilirannya, anak ini akan membisikkan kata-kata tersebut ke anak di belakangnya, hingga anak di baris ke lima. Nah, anak ini harus meneriakkan kalimat yang telah Anda berikan sebelumnya. Jika benar, barisan ini mendapat nilai tinggi. Ulangi proses untuk barisan-barisan anak sisanya.

From our editorial team

Sesuaikan Permainan Anak dengan Usianya

Hai. moms! Liburan gini pasti lebih banyak meluangkan waktu bersama anak, ya kan? Liburan tidak melulu pergi ke luar jalan-jalan lho, tapi bisa juga menghabiskan waktu bersama di rumah. Permainan yang dirangkum tim BP-Guide bisa jadi ide hebat bermain di rumah bersama anak-anak, lho moms. Tapi ingat ya setiap permainan harus disesuaikan dengan usia anak.

Tag