10 Rekomendasi Sampo untuk Anak agar Rambutnya Bersih dan Berkilau

10 Rekomendasi Sampo untuk Anak agar Rambutnya Bersih dan Berkilau

Anak-anak berada pada usia aktif dan senang mengeksplorasi hal baru. Bahkan tak peduli hujan, panas, lembap, tetap saja mereka akan antusias bermain. Terbayang kan, bagaimana lepeknya rambut si kecil saat mereka beraktivitas. Agar kembali segar, segera bersihkan rambutnya dengan rekomendasi sampo yang sesuai untuk anak berikut ini.

Sampo, Salah Satu Produk Anak yang Perlu Perhatian

Sumber gambar Shutterstock

Merawat si kecil harus dengan perawatan yang tepat, pasalnya kulit bayi masih sangat lembut namun sensitif sehingga tidak boleh terkena paparan bahan kimia yang dapat membuat munculnya iritasi.

Untuk memilih sampo bayi yang aman dan bagus harus memperhatikan keamanan kulit dan tidak pedih apabila terkena mata bayi. Selain itu rambut bayi tidak mudah menjadi kering dan selalu mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga terlihat indah, lebat, dan selalu wangi.

Tips Memilih Sampo Anak

Perhatikan Kandungan Detergen pada Shampo

Sumber gambar Shutterstock

Dalam sampo selalu terdapat kandungan detergen. namun khusus untuk bayi seharusnya tidak boleh banyak mengandung detergen karena dapat membahayakan mata si kecil.

Pilihlah sampo yang bagus sehingga membuat rambut bayi menjadi lembut, mudah disisir serta mampu membersihkan minyak dan sisik di kulit kepala. Umumnya dalam memilih sampo bayi carilah sampo bebas sabun, tidak perih di mata, dan SLS free.

Sampo bayi biasanya berwarna bening dan tidak berbau tajam dengan kandungan detergen batas aman adalah 35% dan air sebanyak 60%. Meskipun begitu Anda harus tetap waspada dengan kandungan bahan tak aman lainnya dalam sampo bayi, seperti formaldehida dan dioxane.

Kandungan degerjen atau SLS dalam sampo bayi dapat membuat bayi kehilangan kelembapan kulit dan menjadikan kulit kering. Kondisi ini apabila terjadi terus menerus dapat memicu munculnya reaksi kanker serta gangguan imunitas tubuh.

Cari Sampo dengan Kandungan Bahan Alami

Sumber gambar Shutterstock

Memilih shampo sebaiknya pilihlah yang memiliki kandungan bahan alami dan organik. Shampo ini biasanya menggunakan bahan tumbuhan yang diolah dengan pupuk organik tanpa menggunakan pestisida ataupun pupuk kimia.

Shampo organik semacam ini sangat cocok untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif karena memiliki efek kelembapan tinggi dengan tingkat iritasi rendah, sehingga rambut telihat lembab dan tidak kering.

Apabila anak Anda menderita alergi makanan, pastikan untuk memeriksa kandungan shampo dengan seksama agar tidak ditemukan zat alergen pada shampo tersebut. Zat alergen yang menyentuh kulit anak yang menderita alergi dapat membuat timbulnya gejala alergi menjadi lebih parah daripada ketika zat tersebut masuk ke dalam tubuh.

Sekarang ini shampo bayi organik dan herbal sudah banyak tersedia, Anda dapat menggunakannya seminggu sekali dan cukup hanya setetes saja.

Pertimbangkan Kandungannya

Sumber gambar Shutterstock

Dalam membeli shampo bayi pastikan untuk selalu mempertimbangkan nutrisi yang terkandung didalamnya agar rambut tumbuh sehat, lebat, kuat, halus dan indah. Pastikan Anda telah membaca semua informasi yang tercantum didalam kemasan tersebut.

Selain itu, pastikan Anda memilih shampo yang dapat memelihara kesuburan rambut, kaya akan nutrisi dan meminimalisir kerontokan rambut. Shampo yang mempunyai khasiat menyuburkan rambut adalah shampo lidah buaya, kemiri, dan shampo yang kaya protein.

10 Rekomendasi Sampo Anak Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Kodomo Kids Liquid Shampoo

Sumber gambar Blibli

Kodomo Kids Liquid Shampoo merupakan shampo dari Kodomo yang diformulasikan khusus untuk anak anak dengan berbagai varian, seperti strawberry, orange, dan blueberry. Kodomo Kids Liquid Shampoo dengan aroma strawberry memiliki kandungan pro vitamin B5 yang dikemas dalam botol mudah untuk digenggam.

Botol ini sangat cocok bagi anak Anda yang sudah bisa mandi sendiri, karena botolnya tidak licin. Selain itu shampo yang dilengkapi dengan aroma strawberry ini dapat bertahan lama, meskipun mandi telah selesai dan anak pergi bermain. Rambut anak akan tetap wangi, lembut dan sehat serta terhindar dari bau keringat ataupun bau matahari.

Shampo ini tidak menyebabkan alergi kulit kepala dan tidak pedih dimata saat digunakan. Kodomo Kids Liquid Shampoo Gel Botol Strawberry dengan ukuran 200 ml dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 22.000.

B&B Kids Shampoo & Conditioner

Sumber gambar Bukalapak

B&B Kids Shampoo & Conditioner merupakan shampo yang cocok untuk dipergunakan pada anak Anda yang aktif bermain di luar rumah sehingga rambut yang terkena sinar matahari dapat terlindungi dan tidak rusak atapun kering. Shampo ini diproduksi oleh Kino dengan mengusung tema Powerpuff Girls dan Barbie.

Dengan kandungan pro vitamin B5, shampo ini dapat membuat rambut anak Anda menjadi berkilau dan tetap lembab meskipun terpapar sinar matahari langsung. Selain itu minyak zaitun dari ekstrak daun zaitun dapat membuat rambut si kecil lebih lembut dan sehat sepanjang hari.

B&B Kids Shampoo & Conditioner Barbie Powerpuff Girl mempunyai aroma buah segar yang dapat menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Produk ini memilik berbagai varian yaitu strawberry, grape, kiwi melon dan orange. Shampo ini mempunyai varian Pearl Extract dan Olive Oil Extract.

B&B Kids Shampoo & Conditioner Barbie ukuran 180 ml dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 19.100 dan di Tokopedia dengan harga Rp 13.500.

Yuri Dee-dee Children’s Hair Shampoo

Sumber gambar Tokopedia

Dee-dee merupakan merk shampo anak yang sudah terkenal di Indonesia. Shampo ini selalu menggunakan aroma buah-buahan sehingga banyak anak anak menyukainya. Selain itu, produk keluaran dari Dee-dee tidak pedih di mata sehingga aman untuk anak anak dan tidak mengganggu aktivitas mandi anak.

Produk ini mengandung Protein dan Pro Vitamin B5 yang dapat melembabkan rambut serta membuat rambut mengembang dan bekilau. YURI Dee-Dee Shampoo merupakan shampo anak usia diatas 1 tahun yang ideal untuk dipergunakan setiap hari.

Shampo ini mempunyai beberapa varian seperti Apple, Grape, Orange dan Strawberry. YURI Dee-Dee Shampoo tersedia dalam ukuran 250 ml dan dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 14.000.

L’Oreal Kids Swim & Sport Shampoo

Sumber gambar Blibli

Kolam renang memiliki kandungan kaporit dan zat-zat lain yang dipergunakan untuk menjaga agar air kolam tetap bersih dan jernih. Kandungan tersebut dapat membuat rambut anak Anda menjadi keras dan sulit untuk diatur, apabila selesai berenang. L’Oreal Kids Swim & Sport Shampoo diformulasikan khusus bagi anak Anda yang gemar melakukan aktivitas berenang ataupun berolah raga.

Shampo ini berasal dari minyak kelapa yang dapat berfungsi sebagai shampo sekaligus conditioner dan surfaktan. Rambut menjadi lebih lembab tahan lama serta bebas dari klorin, garam, mineral ataupun kotoran yang menempel. Selain itu, shampo ini dapat menghambat resiko rambut menjadi merah dan sudah teruji bebas pedih di mata.

Dengan aroma jeruk yang memikat dalam shampo ini dapat membuat bau kaporit pada rambut lenyap dan tergantikan wangi jeruk yang segar. L’Oreal Kids Swim & Sport Shampoo dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 100.000 dan L’Oreal Kids Sunny Orange Shampoo dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 120.000.

Eskulin Kids Shampoo & Conditioner

Sumber gambar Tokopedia

Eskulin Kids Shampoo & Conditioner merupakan rangkaian produk perawatan rambut yang cocok bagi putri Anda yang menggemari serial Disney. Kemasan produk ini bergambar princess dan cinderella yang dapat membuat anak Anda semakin bersemangat ketika mandi.

Shampo ini mengandung minyak jojoba dan ekstrak Aloe Vera yang dapat membuat rambut semakin hitam, sehat, lembut, bercahaya dan cepat tumbuh. Selain itu shampo ini dapat membersihkan kotoran di rambut, menjaga aroma rambut tetap wangi dan memberikan sensasi segar.

Eskulin Kids Shampoo & Conditioner ukuran 200 ml dapat dibeli di Kalbestore dengan harga Rp 18.000, sedangkan ukuran 100 ml dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 8.000.

Pigeon Kids Hair & Body Wash Liquid

Sumber gambar Blibli

Pigeon Kids Hair & Body Wash Liquid merupakan produk multi fungsi yang dapat dipergunakan sebagai shampo sekaligus sabun. Produk ini dapat diaplikasikan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pigeon Kids Hair & Body Wash Liquid memiliki kandungan minyak Jojoba dan Chamomile yang dapat mencegah kulit kepala menjadi kering, sehingga rambut dapat tumbuh semakin lebat dan tidak berketombe.

Pigeon Kids Hair & Body Wash Liquid tersedia dalam aroma Strawberry Grape dengan ukuran 400 ml dapat dibeli di Blibli seharga Rp 52.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 39.000 dengan varian wangi Orange Mango dan Strawberry Grape.

Cussons Kids Shampoo Protect & Care

Sumber gambar Bukalapak

Cussons Kids Shampoo Protect & Care merupakan shampo tidak pedih dimata yang dapat dipakai perempuan ataupun laki laki. Kemasan dari produk ini berupa gambar anak laki laki sebagai superhero dan perempuan cantik sebagai putri.

Selain itu shampo ini dilengkapi dengan aroma jeruk yang menyegarkan dan tidak perih di mata sehingga dapat dipergunakan setiap hari. Cussons Kids Shampoo Protect & Care mengandung minyak kelapa sehingga asam lauratnya dapat melembabkan rambut sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri.

Shampo ini dapat melindungi rambut dari bau matahari, mengurangi kuman dan tanpa tambahan paraben sehingga aman untuk dipergunakan anak anak. Cussons Kids Shampoo Protect & Care dapat dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 14.800 dan di Tokopedia tersedia dalam ukuran 100 m dengan harga Rp 8.000.

Beauty Barn Kids Shampoo

Sumber gambar Blibli

Beauty Barn Kids Hair Shampoo merupakan shampo dari bahan alami yang diformulasikan untuk bayi usia diatas 12 bulan. Shampo ini memiliki pH lebih rendah dan cocok untuk kulit sensitif. Beauty Barn Kids Hair Shampoo mempunyai kandungan sodium cocoyl glycinate dari kelapa dan sodium lauroyl dari oat sehingga membuat shampo ini tidak pedih di mata.

Selain itu shampo ini dapat meredakan rasa gatal dan panas yang terjadi di kulit kepala serta sebagai anti iritasi. Beauty Barn Kids Hair Shampoo ukuran 250 ml dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 270.000 dan di Tokopedia dengan hargar Rp 330.000.

Johnson’s Shiny Drops Kids Shampoo

Sumber gambar Blibli

Johnson’s Shiny Drops Kids Shampoo merupakan shampo yang diformulasikan khusus untuk anak aktif agar rambut tetap wangi dan berkilau. Anak aktif lebih cenderung sering bergerak, berlari dan bermain setiap waktu, sehingga membuat rambut dan kulit kepala selalu berkeringat dan menimbulkan bau.

Shampo ini memiliki kandungan argan oil dan silk protein yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut anak. Kandungan argan oilnya dapat membuat kulit kepala tetap lembab dan lembut, sehingga rambut tidak akan berminyak, sedangkan silk protein dapat memperbaiki rambut kering, pecah pecah sehingga membuat rambut berkilau sepanjang hari.

Selain itu shampo ini juga memiliki formula inovatif dengan sentuhan protein sutra yang mampu mengurangi rambut kusut. Johnson’s Shiny Drops Kids Shampoo tersedia dalam ukuran 200 ml dan dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 21.500.

Selain itu shampo ini juga memiliki varian Johnson’s Baby Active Kids Shiny Drops Kids Shampoo yang memiliki pH seimbang dengan formula anti frizz yang lembut dan aman untuk kulit sensitif. Shampo ini tersedia dalam ukuran 200 ml dan dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 19.000.

Zwitsal Kids Shampoo Natural Green

Sumber gambar Blibli

Zwitsal Kids Shampoo Natural Green merupakan shampo yang menggandung bahan alami seperti kemiri, seledri dan aloe vera yang dapat membuat rambut anak menjadi hitam, tebal, sehat dan berkilau.

Selain itu shampo ini memiliki 2 varian yang dapat Anda pilih untuk buah hati tercinta. Zwitsal Kids Shampoo Natural Green Aloe Vera, Kemiri dan Seledri dengan ukuran 180 ml mengandung kesegaran tutti frutti yang cocok untuk menyehatkan kulit kepala si kecil.

Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 13.600, sedangkan Zwitsal Kids Shampoo Natural Green dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 14.450.

From our editorial team

Shampo yang Pas untuk Anak

Ada berbagai jenis shampo yang ditawarkan di pasaran untuk anak-anak. Namun membeli produk untuk anak perlu diperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Jangan sampai kandungan bahan kimia di shampo si kecil terlampau banyak. Tentu akan menimbulkan efek yang tak menyenangkan. Setidaknya Anda bisa memilih shampo dengan kadar deterjen rendah atau sekalian saja shampo yang terbuat dari bahan alami.

Tag