Kangen Bakso Solo? Inilah 10 Rekomendasi Bakso Solo yang Mudah Didapatkan dari Toko Online (2020)

Kangen Bakso Solo? Inilah 10 Rekomendasi Bakso Solo yang Mudah Didapatkan dari Toko Online (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Bakso solo adalah salah satu varian bakso khas Nusantara yang pastinya tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya memang kangen menikmati citarasa khas dari bakso ini. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa mencicipinya tanpa harus berangkat ke Solo. Yuk, cek dulu rekomendasi Bakso solo siap kirim versi BP-Guide!

Kota Solo Berawal dari Peradaban di Tepi Sungai Begawan

Sumber gambar https://www.solopos.com

Menurut sejarah, banyak peradaban manusia dibangun di tepi sungai. Misalnya Mesir yang lahir dari Sungai Nil, India dari Sungai Gangga, dan Cina dari Sungai Kuning. Begitu pula di Indonesia, banyak kerajaan Nusantara yang dibangun di tepi sungai. Salah satunya adalah Majapahit yang dibangun di tepi sungai Brantas.

Mengapa demikian? Sebab, sungai menjadi salah satu unsur yang mempermudah manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanah di bantaran sungai cenderung lebih subur dan cocok untuk bercocok tanam. Selain itu, sungai itu sendiripun dapat dijadikan jalur transportasi untuk berdagang. Alasan-alasan tersebut semakin memperkuat teori yang mengatakan bahwa peradaban manusia dimulai dari keberadaan sungai.

Begitu pula yang terjadi dengan kota Solo yang lahir di tepi sungai Bengawan Solo. Di abad ke-18, Desa Sala merupakan daerah perdagangan yang sangat ramai karena dilalui jalur Sungai Bengawan Solo yang membentang dari Jawa Tengah hingga ke Jawa Timur dan bermuara di Laut Jawa. Hal itu membuat daerah tersebut dikenal sebagai daerah perdagangan yang ramai dan banyak etnis yang memilih untuk bermukim di sana.

Fakta Menarik dari Kota Solo yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki Pasar Loak Terbesar dan Terkenal

Sumber gambar http://panduanwisata.id

Solo punya sebuah pasar yang lekat dengan citra pasar barang bekas, yaitu Pasar Klithikan Notoharjo. Pasar yang dibangun pada tahun 2006 oleh Pemerintah Kota Surakarta ini memang 90% penjualnya menjajakan barang-barang bekas. Ukuran pasar ini cukup besar, sehingga mampu mengakomodir ratusan pedagang kaki lima yang ada di sekitar Taman Monumen 45 Banjarsari.

Jika kamu adalah penggemar barang-barang bergaya vintage, maka pasar ini adalah tempat yang sangat pas untuk kamu. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai dekorasi bernuansa vintage. Bahkan kalau beruntung, kamu pun bisa mendapatkan barang-barang kuno langka dengan harga yang sangat terjangkau.

Dianggap sebagai Kota Batik

Sumber gambar https://money.kompas.com

Batik merupakan produk budaya bernilai seni tinggi dan banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sejak tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Jika masyarakat internasional saja menghargai batik sebegitu tingginya, maka kita sebagai warga Indonesia juga perlu menjaga kelestarian batik itu sendiri.

Salah satu kota yang sangat menghargai batik bahkan dikenal sebagai kota batik adalah Solo. Banyak pedagang yang menjajakan batik di kota ini, mulai dari pedagang pasar hingga di mall. Solo punya banyak tempat yang khas dengan batik, misalnya Kampung Batik Laweyan atau Kampung Batik Kauman, di mana banyak rumah warga yang disulap menjadi galeri batik sederhana nan sangat menarik bagi wisatawan.

Di Solo, ada beberapa motif batik yang populer bahkan menjadi ciri khas daerah Solo itu sendiri. Misalnya seperti motif batik Sidomukti, Sidoluhur, Parang, Barong, Kawung, dan Sawat. Setiap motif memiliki makna dan kisahnya sendiri-sendiri yang diharapkan dapat membawa kebaikan untuk siapapun yang mengenakannya. Salah satunya adalah bentuk dasar S yang dapat kita temui di motif batik Parang.

Bentuk dasar ini diambil dari bentuk ombak samudera yang menggambarkan semangat menggebu-gebu. Motif ini memiliki pesan bagi kita agar tidak mudah menyerah, ibarat ombak yang tidak pernah berhenti bergerak. Selain itu, motif S juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus. Entah itu jalinan untuk memperbaiki diri, ikatan kekeluargaan, maupun dalam hal memperjuangkan kesejahteraan.

Sate Buntel jadi Kuliner Unik

Selain punya pesona tempat wisata, pesona kuliner Kota Solo juga tidak dapat diabaikan. Salah satu kuliner unik Kota Solo yang sayang untuk dilewatkan adalah sate buntel. Sate buntel adalah sate yang dibuat dari daging kambing yang sudah dicincang halus.

Mengapa disebut buntel? Buntel dalam bahasa Jawa artinya membungkus atau membalut. Nah, sebelum sate dibakar, ia akan dibungkus dengan lemak tipis terlebih dahulu. Dengan bumbu dasar merica dan kecap manis, inilah kenikmatan cita rasa makanan yang satu ini.

Beberapa warung sate buntel yang cukup terkenal antara lain Sate Buntel Haji Bejo, Sate Kambing Mbok Galak, dan Sate Buntel Pak Narto.

Sepur Kluthuk Jaladara merupakan Kereta Uap Wisata yang Masih Dijalankan

Hal lain yang terkenal dari Kota Solo adalah kereta wisatanya yang beroperasi tepat di sisi Jalan Slamet Riyadi. Kereta wisata ini merupakan lokomotif kuno buatan Jerman tahun 1896. Sepur Kluthuk Jaladara, begitulah lokomotif ini dinamakan.

Kereta ini beroperasi dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Kota. Di sepanjang perjalanan wisata, kamu akan melihat keunikan dan keindahan bangunan-bangunan Solo seperti Loji Gandrung, Keraton, dan Gladak.

Solo juga Terkenal dengan Kuliner Baksonya

Kembali ke soal kuliner, Solo juga punya kuliner yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Saking lezatnya, jenis kuliner yang satu ini sudah menyebar ke seluruh daerah di Nusantara. Jadi jika Anda berkunjung ke Kota Solo, tak ada salahnya untuk menjajal kelezatan kuliner yang satu ini langsung dari tempat asalnya. Kuliner tersebut adalah bakso.

Dilihat sekilas, Bakso solo memang tidak ada bedanya dari bakso pada umumnya. Bakso ini dibuat dari daging sapi giling yang dibentuk bulat-bulat. Kunci kelezatannya ada pada kuah kaldu dengan bumbu rahasia yang menyiram bakso tersebut. Jika kamu ingin menjajalnya langsung, beberapa warung Bakso Solo ini cukup terkenal yaitu Bakso Solo Alex, Bakso Kadipolo, dan Bakso Titoti.

Ciri Khas Bakso Solo

Bentuknya Mungil

Sumber gambar https://medium.com/

Bakso solo hanya berupa bulatan daging sapi berukuran kecil dengan bihun atau bakmi sebagai pelengkapnya. Terkadang, menu bakso juga ditambah pangsit goreng dan potongan daging kecil-kecil untuk menambah kelezatan.

Meski kecil, bakso solo tak kalah nikmat dengan bakso berukuran besar karena terasa lebih lembut dan kenyal. Karena ukurannya yang kecil, dalam satu mangkok bakso kamu bisa mendapatkan 4-5 butir bakso.

Tekstur Lebih Lembut dan Kenyal

Sumber gambar https://www.dream.co.id

Bakso solo punya tekstur yang lembut dan kenyal yang menjadi ciri khasnya. Mengapa bisa lembut? Karena bakso solo terbuat dari campuran daging giling dan tepung dengan takaran yang pas.

Sehingga teksturnya tidak terlalu keras maupun terlalu lunak. Oleh karena itu, bakso ini cocok dimakan untuk orang-orang dari berbagai kalangan usia karena mudah untuk dicerna.

Kuahnya Terasa Gurih dan Ringan

Sumber gambar https://cookpad.com

Di Indonesia, ada beberapa daerah yang cukup terkenal dengan kuliner baksonya, yaitu Malang, Solo, dan Wonogiri. Namun setiap daerah tersebut memiliki ciri khas baksonya masing-masing, terutama pada kuahnya. Bakso malang biasanya memiliki kuah yang lebih bening dengan cita rasa yang cukup ringan.

Sedangkan Wonogiri dan Solo cenderung memiliki kuah dengan cita rasa daging sapi yang lebih kuat dan membuat orang ketagihan. Jika kamu penggemar makanan dengan cita rasa yang kuat, kamu akan sangat menyukai kuliner yang satu ini.

Memiliki Isi yang Cukup Lengkap

Dibandingkan dengan bakso malang, bakso solo memang memiliki isian yang lebih sedikit dan sederhana. Biasanya, Bakso Solo hanya disajikan dengan bihun, mi kuning, seledri, sawi, dan taburan bawang goreng.

Kemudian isian tersebut akan disiram dengan kuah kaldu sapi yang lezat. Meski sudah banyak pedagang yang menambahkan varian isian dari bakso solo, namun resep aslinya masih sangat digemari oleh banyak orang. Menikmati bakso solo dengan cita rasa tradisional memanglah yang terbaik.

Tidak Ada Gorengan

Bakso Solo tidak menggunakan gorengan seperti risol atau pangsit goreng seperti yang ada pada bakso malang. Memang ada beberapa warung bakso solo yang juga menjual pangsit goreng.

Namun, pangsit tersebut digunakan sebagai makanan pendamping sesuai selera orang yang menikmatinya. Bukan sebagai sesuatu yang ada di menu. Tanpa gorengan, bakso solo memiliki cita rasa yang lebih segar dibandingkan dengan bakso malang.

Rekomendasi Bakso Solo yang Mudah Kamu Dapatkan di Toko Online Saat Ini

Bakso Solo Daging Sapi 100% Alishafood

Rekomendasi pertama merupakan Bakso Solo yang terbuat dari 100% daging sapi asli. Di dalam satu bungkus bakso, kamu sudah bisa mendapatkan bakso lengkap dengan isiannya, yaitu 7 butir bakso solo, tetelan sapi, bumbu kuah, saus, dan sambal dengan cabai asli.

Jika kamu tidak ingin menggunakan bumbu kuah instan dan lebih suka membuatnya sendiri, kamu juga bisa menggunakan kuah buatanmu sendiri. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan bawang putih, kemudian tambahkan merica dan garam.

Tumis hingga harum. Bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam air rebusan tulang kaki sapi ataupun tetelan yang akan dijadikan kaldu.

Jika menggunakan tetelan, cita rasanya akan lebih kaya karena tetelan mengandung lebih banyak lemak daripada tulang kaki sapi.

Harga Rp. 9.350-27.000

Bakso Solo Sapi Omah Frozen Food

Sebenarnya, bakso adalah makanan yang merupakan hasil perpaduan antara budaya Tionghoa dan budaya Indonesia. Bakso berasal dari bahasa Hokkien yaitu "bak-so" yang artinya daging giling.

Kini, varian bakso juga semakin beragam, tidak hanya dari daging sapi, tapi banyak juga yang menggunakan bahan dasar ikan dan udang.

Produk bakso yang satu ini merupakan bakso solo yang terbuat dari daging sapi. Dijual per pak dengan berat 500 gram. Cocok untuk kamu jadikan stok makanan di kulkas dan diolah kapan saja.

Harga Rp. 17.000-18.000

Bakso Ayam Lohoa Oma Neng Solo

Selain bakso yang terbuat dari daging sapi, ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam seperti jenis bakso yang satu ini. Cita rasanya tak kalah gurih dengan bakso sapi pada umumnya. Namun, karena bahan dasarnya berbeda, tentu saja rasanya pun juga berbeda.

Adonan bakso juga tidak hanya berisi tepung dan daging ayam. Namun juga menggunakan soun dan wortel untuk menambah cita rasa. Jenis bakso yang satu ini aman dikonsumsi karena tidak menggunakan MSG maupun pengawet buatan.

Harga Rp. 80.000-100.000

Bakso Daging Solo Pak Sumar Sedjak 1990

Rekomendasi selanjutnya adalah Bakso Daging Solo Pak Sumar yang sudah ada sejak tahun 1990. Awalnya, Pak Sumar memang menjajakan bakso seperti pedagang bakso pada umumnya.

Namun seiring berjalannya waktu, bersama dengan anaknya, Pak Sumar pun membuat bakso dalam kemasan untuk memperluas jangkauan pasar. Kemasannya pun tidak sembarangan, melainkan menggunakan kemasan model vacuum sehingga lebih aman dalam pengiriman dan juga lebih tahan lama.

Bakso Daging Solo Pak Sumar terbuat dari 100% daging sapi asli tanpa menggunakan pengawet buatan. Selain untuk bakso kuah, bakso ini juga cocok untuk membuat bakso bakar, bakso goreng, ataupun campuran bahan masakan lain. Bakso ini dijual per pak dengan isi 20 butir bakso.

Harga Rp. 35.000-35.000

Segaraboga Baso Echo Solo

Jika Anda ingin membuat bakso yang cepat dan praktis, maka Segaraboga Baso Echo Solo adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Segaraboga Baso Echo Solo aman dan sehat untuk keluarga dan anak-anak karena segar, bergizi, dan halal.

Cara membuatnya pun praktis. Di dalam satu paket bakso sudah tersedia bumbu dan tetelan yang semakin mempermudah proses memasak kamu. Kamu bisa memilih jenis bakso mana yang kamu inginkan sesuai selera karena ada berbagai varian nih.

Ada beberapa varian per bungkus yang bisa kamu pilih, yaitu 1 bungkus dengan isi 33 butir bakso kecil, 1 bungkus dengan isi 4 butir bakso besar dan 20 butir bakso kecil, serta 1 bungkus dengan isi 10 butir bakso besar dan daging urat cincang.

Harga Rp. 62.000-85.000

Bakso Solo Vegetarian Ruhuey

Untuk kamu yang vegetarian, tidak perlu khawatir tidak bisa makan bakso lagi. Karena sekarang sudah banyak bakso yang mengadopsi menu-menu vegetarian, sehingga kamu masih bisa menikmati kelezatan semangkok bakso dengan kuah panas yang menyegarkan.

Di sini, kami merekomendaiskan Bakso Solo Vegetarian Ruhuey yang dijual per pak dengan berat 500 gram. Komposisi dari Bakso Solo Vegetarian ini antara lain air, tepung tapioka, minyak sayur, umbi konnyaku, telur, pati kentang, gula halus, garam, seledri, dan lada.

Selain untuk bakso kuah, kamu juga bisa memasak bakso ini sebagai campuran untuk sup hingga nasi goreng sesuai dengan selera.

Harga Rp. 34.000-37.500

Bakso Tenis Solo Berseri Family Pack

Salah satu warung Bakso Solo yang terkenal ada di Kabupaten Sukoharjo, yaitu Bakso Tenis Solo Berseri. Mengapa disebut bakso tenis? Sebab, memang ukurannya sebesar bola tenis yang lebih besar daripada bakso pada umumnya.

Bakso ini merupakan bentuk variatif dari bakso solo biasa dengan isian telur di dalamnya. Nah, cabang bakso tenis di Kabupaten Sukoharjo ini merupakan salah satu warung bakso dengan rasa yang lezat.

Selain menjual bakso secara langsung, mereka juga menjual bakso solo dalam kemasan agar kamu bisa menikmati sendiri di rumah. Bakso ini dibuat dari 100% daging sapi yang dilengkapi dengan bumbu original, sambal, dan bawang goreng. Kemasannya pun bervariatif ada yang berisi 10, 20, dan 30 butir.

Jika kamu ingin memasak bakso untuk satu keluarga, sebaiknya pilih Family Pack dengan isi 30 butir bakso lengkap dengan isian dan bumbu-bumbunya.

Harga Rp. 65.000-65.000

Bakso Solo Kedai Mas Aji Ukuran Besar

Cara membuat bakso memang relatif mudah. Namun, agak sedikit tricky terutama untuk kamu yang belum pernah membuatnya sama sekali. Takaran dan campuran daging dengan tepung harus pas agar menghasilkan bakso yang kenyal atau tidak alot.

Nah, daripada repot membuat bakso sendiri, kamu bisa membeli bakso instan seperti Bakso Solo Kedai Mas Aji Ukuran Besar. Produk ini berisi 10 butir bakso dan bisa kamu olah menjadi bakso kuah ataupun sebagai pelengkap makanan lain, misalnya mi instan.

Harga Rp. 50.000-50.000

Bakso Sapi Super Bumbu Khas Solo

Setelah berbagai jenis bakso solo dan ada juga bakso ayam, kini kami merekomendasikan pula bakso urat dengan cita rasa yang gurih dan lezat. Bakso sapi yang satu ini terbuat dari 95% daging pilihan.

Di dalam setiap kemasan berisi 8 butir bakso dan lengkap dengan bumbunya. Proses pembuatan bakso ini tetap mempertahankan proses pengolahan homemade untuk mempertahankan cita rasa yang otentik secara turun temurun.

Harga Rp. 57.000-80.300

Bakso Kuah Daging Sapi Eboek Khas Solo

Bakso praktis berikutnya adalah Bakso Kuah Daging Sapi Eboek Khas Solo yang menyediakan 12 butir bakso daging sapi dan lengkap dengan kuah kaldu daging dan tulangnya, bawang goreng, dan sambal.

Dengan cita rasa gurih dan kelezatan daging yang sangat khas, sekarang kamu bisa dengan mudah membuat bakso sendiri di rumah.

Menu ini cocok untuk menemani makan malam kamu bersama keluarga, apalagi jika sedang hujan deras di luar. Bakso akan memberikan kehangatan dan rasa nyaman di perut yang menenangkan.

Harga Rp. 40.000-50.000
From our editorial team

Menikmati Bakso Solo Cukup di Rumah Saja

Ngidam dengan rasa khas dari bakso solo terkadang memang tidak dapat dibendung namun kamu tidak perlu khawatir karena sekarang bakso solo pun sudah bisa dipesan secara online. Jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah bahkan sampai sengaja ke Solo, ya. Cukup buka berbagai marketplace dan pesananmu akan segera terkirim.