Redakan Nyeri Tenggorokan dengan 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Berikut (2021)

Redakan Nyeri Tenggorokan dengan 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Berikut (2021)

Sakit tenggorokan adalah hal yang paling mengesalkan. Ini bisa bikin kita tidak mood berbicara. Selain itu, untuk makan dan minum pun jadi susah. Redakan segera dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Namun jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping. Perhatikan aturan yang benar dalam mengonsumsinya. Cek juga rekomendasi permen pelega tenggorokan dari BP-Guide!

Gangguan Tenggorokan Mengganggu Aktivitas

Ada kalanya kita merasa kurang nyaman di tenggorokan. Sakit tenggorokan diawali dengan gejala tenggorokan terasa kering, perih, dan juga nyeri. Hal ini membuat kita kesulitan berbicara dan juga menelan sesuatu. Aktivitas pun jadi terganggu.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya, bisa jadi karena faringitis atau radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Faringitis juga bisa menjadi gejala awal flu, cacar air, hingga campak. Sakit tenggorokan juga bisa dikarenakan amandel, laringitis alias pembengkakan pita suara, epiglotis atau peradangan pada belakang mulut, alergi, GERD, atau bisa juga karena udara sekitar yang terlalu kering.

Kondisi sakit tenggorokan bisa makin nyeri jika kita alergi terhadap debu dan bulu hewan, paparan asap rokok, paparan kimia, sinusitis, atau saat kekebalan tubuh kita menurun. Jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut agar kamu bisa segera sembuh dan nyaman beraktivitas kembali.

Hal yang Bisa Dilakukan Saat Sakit Tenggorokan

Ketika sakit tenggorokan menyerang kita tentu ingin cepat mengobatinya. Jika nyeri tenggorokan yang terjadi adalah karena infeksi ringan atau pilek, maka sebenarnya tak perlu obat khusus. Kondisi kamu bisa membaik dalam beberapa hari. Meski demikian, ada juga beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pemulihan.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah rutin mengonsumsi makanan hangat dan juga minuman hangat. Kamu bisa makan sup ayam yang hangat untuk melegakan tenggorokan. Untuk minumannya, kamu bisa minum air hangat, teh herbal, campuran lemon dan madu, serta aneka minuman hangat pelega tenggorokan lainnya.

Jangan lupa juga untuk rutin istirahat dan perbanyak minum air putih. Gunakan humidifier agar udara lebih bersih dan kelembapan udara di sekitar jadi meningkat sehingga tenggorokan kamu cepat pulih. Sementara waktu, hindari mengonsumsi makanan atau minuman dingin seperti es krim.

Permen Pelega Tenggorokan Bisa Jadi Andalan

Kamu bisa juga meredakan sakit tenggorokan dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Permen yang satu ini cocok untuk meredakan tenggorokan yang sakit karena bakteri, batuk, gatal tenggorokan, radang tenggorokan, dan juga sariawan. Permen yang diisap dalam mulut mampu menstimulasi produksi saliva. Selanjutnya, saliva mampu menjadi pelumas untuk melembapkan saluran tenggorokan yang kering akibat peradangan.

Ketika permen diiisap, maka kandungan obat dalam permen tersebut bisa dilepas ke mulut dan tenggorokan. Rasanya begitu nyaman dan hangat. Ini juga bisa meringankan rasa nyeri di tenggorokan.

Umumnya, permen pelega tenggorokan hadir dengan bahan-bahan aktif seperti mentol, akar licorice, vitamin C, dan lain sebagainya. Kandungan mentol mampu mendinginkan tenggorokan yang meradang. Bahan mentol diperoleh dari daun mint atau kayu putih. Sementara itu, akar licorice memiliki senyawa antiradang yang bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Vitamin C bisa meredakan peradangan akibat flu dan juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh dalam melawan infeksi virus di tenggorokan.

Di dalam permen pelega tenggorokan umumnya juga mengandung amylmetacresol dan dibenal. Keduanya adalah antiseptik yang bisa mengatasi sakit tenggorokan dengan mematikan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Selain itu, ada juga kandungan seperti benzydamine hydrochloride dan flurbiprofen yang akan meringankan nyeri pada tenggorokan.

Dosis Tepat untuk Mengonsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Setiap jenis obat tentu memiliki batasan keamanannya sendiri untuk dikonsumsi. Permen pelega tenggorokan tak bisa sepenuhnya disebut obat. Namun karena di dalamnya juga terkandung zat-zat yang bisa menyembuhkan, maka ada baiknya kita juga membatasi konsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping berlebih.

Tak ada standar batas untuk mengonsumsi berapa banyak jumlah permen pelega tenggorokan yang kita konsumsi. Tetapi tak ada salahnya kita ikuti saja petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Ini karena di dalam produk permen pelega tenggorokan juga mengandung banyak gula. Dikhawatirkan kandungan gula tersebut bisa berisiko bagi penderita obesitas hingga diabetes.

Efek Samping Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan bisa bikin tenggorokan makin lega dan kita jadi nyaman beraktivitas. Namun tanpa sadar, kita terlalu terlena dan kadang terlalu sering mengonsumsinya tanpa mengingat sudah berapa banyak permen yang kita konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi permen pelega tenggorokan juga bisa menimbulkan efek samping.

Beberapa gejala efek samping yang muncul jika kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi permen pelega tenggorokan adalah sakit perut, mual, detak jantung lebih cepat, hingga sakit kepala. Kandungan bahan aktif yang terdapat dalam permen pelega tenggotokan mampu menyebabkan iritasi dan keradangan pada lidah. Jika kecanduan permen sudah parah maka mungkin saja kamu jadi alergi terhadap kandungan permen pelega tenggorokan tersebut.

Ini Dia Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan

Strepsils Sugar Free Lemon

Strepsils Sugar Free Lemon merupakan permen pelega tenggorokan yang mampu membunuh bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Bahan aktifnya mampu bekerja dalam waktu singkat sehingga tenggorokan kembali merasa nyaman dan lega. Permen ini juga bisa membuat tenggorokan terasa lebih enak selama dua jam.

Permen boleh dikonsumsi oleh siapa saja namun tidak untuk anak di bawah usia 6 tahun. Hindari juga mengonsumsinya lebih dari 12 tablet dalam sehari. Ada sensasi dingin yang terasa pada saat permen dihisap. Produk ini mengandung amylmetacresol dan dichlorobenzyl. Permen rasa lemon ini bebas gula namun tetap manis karena ada kandungan sakarin. Dalam satu sachet berisi 8 butir.

Harga Rp. 13.000-35.000

HDI Naturals Proliz Lozenges

HDI Naturals Proliz Lozenges hadir dengan formula unik. Di dalamnya ada madu propoelix yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri secara efektif. Produk ini juga bisa memberikan sensasi napas segar yang lebih tahan lama. Kamu bisa juga mengonsumsinya untuk mencegah sariawan. Hisap permen ini dan dahak akan lebih mudah dikeluarkan. Permen dikemas dalam kemasan zip lock sehingga mudah ditutup rapat usai digunakan. Permen tetap higienis saat akan dikonsumsi lagi. Kamu bisa membawanya kemana saja kamu inginkan.

Harga Rp. 34.000-40.000

Hacks

Hacks menjadi permen pelega tenggorokan yang bisa kamu andalkan selanjutnya. Permen ini terbuat dari bahan pilihan berkualitas. Di dalamnya ada campuran ekstrak herbal tradisional. Bahan ini bisa menghilangkan batuk dan sakit pada tenggorokan. Kamu bisa mengisapnya langsung. Namun uniknya, kamu juga bisa merebusnya dan menjadikannya sebagai minuman. Di dalamnya kaya akan mentol dan eucalyptus yang bisa menenangkan tenggorokan. Ada juga ekstrak blackcurrant yang kaya vitamin C dan bisa mengatasi bakteri dalam tenggorokan.

Harga Rp. 7.000-35.000

Fisherman’s Friend

Fisherman’s Friend hadir dalam berbagai pilihan rasa seperti citrus, strong mint, blackcurrant, honey and lemon, dan lemon. Permen yang satu ini khasiatnya sudah tak perlu diragukan lagi. Awalnya permen ini diciptakan oleh seorang apoteker yang ingin membantu para nelayan yang kerap masalah pernapasan karena bekerja dalam kondisi ekstrem. Akhirnya dibuatlah permen dalam bentuk tablet isap. Dari sinilah nama permennya berasal.

Tak hanya melegakan pernapasan, permen juga bisa mengatasi rasa gatal mengganggu di tenggorokan dan menghilangkan bau mulut. Rasanya enak dengan aroma yang juga menyegarkan.

Harga Rp. 9.000-13.000

Safe Care Anise Mint Gummy

Safe Care Anise Mint Gummy sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Permen ini unik karena bentuknya seperti jeli. Kandungan di dalamnya adalah ekstrak bunga krisan, daun mint, dan cincau. Kandungan tersebut akan melegakan pernapasan dan meredakan nyeri tenggorokan. Ada sensasi dingin di tenggorokan kala mengonsumsinya.

Teksturnya yang lunak membuatnya mudah dikunyah. Permen ini mudah dibawa kemana saja karena kemasannya mudah dilipat dan ditutup rapat. Kamu bisa mengonsumsinya kapan pun dibutuhkan.

Harga Rp. 9.000-15.000

Ricola Original Herb

Ricola Original Herb berbahan tanaman herbal yang aman dikonsumsi. Kamu yang merupakan vegetarian pun bisa aman mengonsumsinya. Campuran bahan herbal di dalamnya akan bisa menghasilkan rasa yang lembut sehingga tak terlalu menyegat di lidah.

Permen ini kaya akan bahan aktif yang bisa memberikan rasa hangat di tenggorokan. Kamu yang sedang radang tenggorokan bisa merasa lega karena tenggorokan lebih plong dan bau mulut bisa lebih segar. Dalam satu kemasan berisi 18 butir.

Harga Rp. 15.000-22.000

Wood’s Peppermint Lozenges

Wood’s Peppermint Lozenges memiliki ekstra peppermint yang bikin tenggorokan dan pernapasan bisa lebih lega. Ada campuran bahan ekstra peppermint dan juga mentol yang akan membuat tenggorokan plong. Efeknya begitu kuat sehingga kamu akan cepat merasa baikan dan bisa beraktivitas dengan lebih baik.

Dalam satu sachet berisi 6 butir. Ada bahan peppermint essential verona, peppermint essesntial oil, dan perasa mint yang dimasukkan dalam produk ini. Permen juga mengandung gula sehingga sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi.

Harga Rp. 5.000-6.500

Pagoda Pastiles

Pagoda Pastiles merupakan permen pelega tenggorokan yang bisa kamu andalkan. Berbahan akar manis dan juga ekstrak mint, dijamin tenggorokan langsung lega dan kamu bisa bernapas dengan lebih baik. Ekstrak mint mampu memberikan kesegaran pada rongga mulut. Ini akan membuat napas kamu jadi lebih sejuk dan juga wangi. Akar manisnya ampuh mengatasi rasa gatal dan kering di tenggorokan. Ini juga bisa melegakan tenggorokan gatal dan kering.

Dikemas dalam tube kecil dan pipih, produknya mudah dibawa kemana saja. Masukkan dalam kantong atau tas kamu agar kamu mudah mengonsumsinya kapan saja kamu inginkan. Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu coba. Ada rasa mint, stroberi, jeruk, apel, lemon, kopi, dan anggur.

Harga Rp. 4.000-6.000

Konidin Lozenges Mint

Konidin Lozenges Mint mampu mengatasi gatal di tenggorokan dengan lebih ampuh. Adanya bahan aktif di dalamnya bisa meringankan masalah tenggorokan karena alergi. Permen ini juga bisa meredakan radang tenggorokan hingga tenggorokan gatal dan kering.

Ada pepperment oil yang bisa melegakan saluran pernapasan. Permen ini juga bisa mengatasi aroma napas tak sedap dan meringankan gejala flu. Ada banyak pilihan rasa mulai dari strong mint hingga herbal mint. Dalam satu sachet berisi 6 butir.

Harga Rp. 2.800-5.000

Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges

Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges memiliki kemampuan yang unik. Di dalamnya ada aneka bahan herbal alami seperti daun mint, jahe, madu, adas, cengkeh, dan kapulaga. Aneka bahan tersebut akan meningkatkan sistem imun dan melegakan pernapasan. Selain itu juga bisa meredakan mual dan bisa dikonsumsi saat kamu sedang merasa tidak enak badan karena meriang. Peppermint di dalamnya bisa menyegarkan napas.

Namun, meski banyak manfaatnya banyak, kamu jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Tetap perhatikan aturan mengonsumsi yang tertera pada kemasan.

Harga Rp. 2.000-5.000
From our editorial team

Utamakan Memilih Permen Minim Kandungan Gula

Permen pelega tenggorokan sebaiknya dipilih secara cermat. Umumnya ada tambahan gula sebagai pemanis permen. Utamakan permen yang kandungan pemanisnya tidak ada sama sekali atau hanya dalam jumlah sedikit. Ini karena gula bisa berdampak pada kerusakan gigi. Selain itu, enamel gigi bisa terkikis dan membuat gigi jadi mudah berlubang.