Rekomendasi 10 Pakaian Nasional yang Anggun untuk Pria dan Wanita

Rekomendasi 10 Pakaian Nasional yang Anggun untuk Pria dan Wanita

Pakaian nasional Indonesia adalah kebaya dan batik. Dua item ini tak bisa dipisahkan karena saling melengkapi. Menggunakan pakaian nasional untuk acara-acara spesial juga tak ada salahnya. Lihat saja rekomendasi pakaian nasional untuk pria dan wanita di bawah ini.

Apa Itu Pakaian Nasional?

Pakaian merupakan istilah lain dari busana. Ketika mengatakan busana maka artinya menjadi konotasi baik seperti pakaian yang harmonis dan indah. Bicara soal pakaian, sudahkan kamu mengetahui apa pakaian nasional Indonesia?

Pakaian nasional merupakan cerminan dari suatu bangsa. Dan seperti diketahui, negeri kita memiliki beragam etnik yang berbeda, itu artinya beragam juga pilihan busananya. Mulai dari kebaya hingga batik. Ada juga baju bodo hingga kain songket dan banyak lagi yang lainnya.

Pakaian nasional biasa dikenakan dalam acara besar kenegaraan atau acara formal tertentu. Untuk wanita umumnya memakai kebaya dan dipadukan dengan sarung maupun kain batik. Prianya biasa memakai kain batik dan celana.

Asal-usul Kebaya dan Batik Menjadi Pakaian Nasional Nusantara

Tanah air kita memang kaya akan suku bangsa. Hal ini menjadikan Indonesia kaya akan tradisi serta budaya dan adat. Keanekaragaman tersebut merupakan warisan bersama bangsa dan wajib kita lestarikan.

Busana nasional yang beragam pun tergolong salah satu warisan budaya Indonesia. Dari sekian banyaknya busana nasional yang ada, Presiden pertama Indonesia menetapkan kebaya sebagai pakaian nasional nusantara untuk wanita. Kebaya dipilih karena dianggap paling mencerminkan keanggunan dari wanita-wanita Indonesia.

Kebaya dan juga kain batik memang dipilih menjadi pakaian nasional. Hal ini karena keduanya banyak menjadi simbol nasionalisme serta perjuangan rakyat Indonesia. Kedua baju ini pada akhirnya banyak dikenakan dalam berbagai acara kenegaraan dan acara resmi.

Bahkan saat ini para desainer telah memodifikasi kebaya dan batik sehingga keduanya memiliki aneka ragam model yang menawan dan tetap memberi kesan anggun dan berwibawa kala digunakan.

Tambahkan Koleksi Pakaian Nasional ke Dalam Lemari Busanamu

Sebagai generasi penerus bangsa tentu kita wajib melestarikan budaya leluhur. Jangan sampai kita tidak mengenal pakaian nasional dari negara kita sendiri. Jangan sampai juga kamu malu mengenakan pakaian nasional yang sarat akan sejarah.

Berbanggalah dengan pakaian nasional kita dan perkenalkan pada anak cucu kelak supaya budaya terus hidup dan berkembang.Tambahkan koleksi pakaian nasional ke lemari busanamu.

Pakaian nasional ini bisa kamu kenakan kala ada acara nasional hingga ke acara formal. Dijamin deh penampilan kamu akan makin anggun dan berwibawa kala mengenakan pakaian nasional.

Pilihan Pakaian Nasional untuk Pria

Flike Batik Batik Flike Store Kemeja Lengan Panjang Spider Web

Sumber gambar www.bukalapak.com

Batik Flike Store Spider Web ini wajib ada di lemari kamu ya. Batik dalam bentuk kemeja pria ini berlengan panjang. Dengan bahan poliester bajunya memiliki desain etnik dalam batiknya.

Baju ini memiliki pointed collar dan kancing di bagian depan. Baju dengan kancing manset ini nyaman banget digunakan. Bisa untuk acara formal hingga non formal.

Kemeja ini hadir dalam warna hitam kombinasi dengan warna lain. Tampak elegan dan juga mewah sehingga bisa dipakai dalam berbagai acara. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 289.000.

Danar Hadi Kemeja Pendek Batik Print Motif Alang-Alang Kasih

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik Danar Hadi merupakan sebuah perusahaan yang ikut menjaga kelestarian budaya batik Indonesia. Didirikan pada tahun 1967 perusahaan keluarga ini menjadi sebuah industri rumahan yang maju.

Kerap berkolaborasi dengan desainer ternama membuat perusahaan selalu berhasil menelurkan produk terbaik yang desainnya kekinian.

Kemeja Pendek Batik Print Motif Alang-Alang Kasih ini salah satu produk dari Danar Hadi. Kemeja pria ini tergolong pakaian nasional. Hadir dengan lengan pendek, kemeja ini memiliki motif batik print.

Produk multiwarna ini memiliki kerah. Baju regular fit ini berkancing depan dengan detail satu kantong depan. Baju bahan katun ini hadir dalam ukuran L. Bisa dibeli pada harga Rp 347.500 di Zalora.

Rianty Batik Kemeja Doby Pola Hitam

Sumber gambar www.zalora.co.id

Rianty Batik merupakan satu dari banyak brand fashion batik di Indonesia. Brand satu ini selalu menghadirkan produk baru yang memiliki rancangan sederhana namun berkesan elegan. Menawarkan batik modern yang keren dipakai dalam segala suasana, jangan ragu membeli produk dari brand satu ini.

Kemeja Doby Pola Hitam adalah salah satu produk Rianty Batik. Baju kemeja klasik ini hadir dalam warna hitam. Kemeja lengan panjang ini bermotif batik print. Baju regular fit ini berkancing depan dengan satu kantong slot depan. Berbahan katun, bajunya berdetail kerah. Bisa dibeli seharga Rp 665.910 di Zalora.

Batik Putra Bengawan Kemeja Kp Sf Fikra 268 Bc Pb

Sumber gambar www.zalora.co.id


Kemeja Kp Sf Fikra 268 Bc Pb merupakan salah satu produk Batik Putra Bengawan. Kemeja batik pria ini berlengan panjang. Baju regular fit ini memiliki motif batik print. Produk bahan katun ini memiliki warna hitam. Dengan detail kerah, baju berkancing depan ini memiliki satu kantong slot depan. Bisa dibeli dengan harga Rp 216.000 di Zalora.

Adikusuma Kemeja Batik Pisang Bali

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kemeja batik saat ini sudah banyak diminati masyarakat. Hadir dalam varian lengan panjang dan pendek, model batiknya pun bervariasi. Perhatikan pemilihan warna kala memakai batik karena salah warna bisa memberi kesan pemakainya terlihat lebih tua.

Kemeja Batik Pisang Bali Merah ini adalah produk keren dari batik Adikusuma. Kemeja Batik pria ini hadir dalam warna merah. Berbahan semi sutera membuatnya tampak elegan.

Baju dengan model kerah spread ini nyaman dipakai. Berlengan panjang, baju ini memiliki kantong dan kancing depan. Dilengkapi dengan furing sehingga pemakaian makin nyaman. Bisa dibeli seharga Rp 299.400 di Zalora.

Pilihan Pakaian Nasional untuk Wanita

Batik Flike Store Setelan Wanita Cardigan X Cullote 05 Sekartaji

Sumber gambar www.zalora.co.id

Saat ini baju batik hadir dalam berbagai model menarik. Mulai dari daster untuk dipakai santai di rumah hingga dalam bentuk kemeja atau gaun yang anggun untuk dikenakan dalam berbagai acara resmi.

Saat memilih baju dengan motif batik tentu wajib teliti motif dan coraknya. Jika memilih corak yang tegas sudah tentu penampilan jadi lebih berkelas dan berkesan profesional.

Batik Flike Store Setelan Wanita Cardigan X Cullote 05 Sekartaji adalah produk dari Flike Batik. Baju setelan ini dijual tanpa inner. Baju ini memiliki cardigan dengan panjang lengan hingga siku. Setelannya berupa kulot panjang hingga mata kaki.

Cardigan berwarna cokelat kombinasi cream dan tak dilengkapi dengan kancing depan. Motif pada baju berbahan poliester ini terkesan mewah. Celana bajunya memiliki karet di bagian belakang dan memiliki kantong di bagian samping. Bisa dibeli pada harga Rp 425.000 di Zalora.

Jening Batik JW-15 White Blouse One Size

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik merupakan pakaian tradisional yang menarik untuk dikenakan. Kamu bisa memakainya dalam berbagai acara formal untuk kesan tampilan yang anggun.

Padukan atasan batik dengan aneka bawahan mulai dari celana hingga rok. Kamu juga bisa memakai bawahan berupa kain tradisional yang dililitkan supaya terlihat lebih nasionalis.

Jening Batik JW-15 White Blouse One Size ini merupakan produk dari Jening Batik. Blouse batik ini hadir dalam warna putih. Baju dengan kancing di bagian belakang ini pas banget untuk aneka acara dormal dan non formal. Produk ini bisa dibeli seharga Rp 179.000 di Zalora.

Dhievine Batik Sinok Prada Kebaya

Sumber gambar www.blibli.com

Baju berupa kebaya pasti akan menambah anggun penampilan ketikan digunakan. Baju kebaya pas untuk dipakai dalam aneka acara formal. Kenakan kebaya dari Dhievine Batik untuk menambah kesan elegan kamu.

Dhievine Batik Sinok Prada Kebaya ini sangat keren untuk dimiliki. Produk satu ini merupakan kebaya kutubaru berbahan batik cap. Hadir dalam desain slim fit, bajunya motif batik.

Memiliki square neckline, bajunya memiliki kancing pembuka di bagian depan. Dengan detail lace, baju ini hadir dalam warna peach. Berbahan brokat menampilkan kesan elegan. Baju bisa dibeli seharga Rp 479.000 di Zalora.

Lombang Batik Kancing Cina Kebaya Wanita

Sumber gambar www.blibli.com

Batik menjadi pilihan busana yang elegan untuk wanita. Batik banyak hadir dalam model gamis hingga dress panjang yang anggun. Batik pun bisa dikenakan dalam acara besar keagamaan seperti Lebaran karena memberi kesan santun sekaligus elegan. Berbagai model baju batik yang menawan dihadirkan para desainer supaya menarik minat para pembelinya.

Lombang Batik Kancing Cina Kebaya Wanita ini keren banget untuk dimiliki. Baju dengan lengan ¾ ini modelnya kebaya. Berbahan taveta yang dikombinasikan dengan batik. Modelnya chic apalagi ditambah kancing Cina dan juga ada kerah Mandarin. Bisa dibeli pada harga Rp 575.200 di Blibli.

Rianty Batik Gamis Nahda

Sumber gambar www.zalora.co.id

Model batik memang beragam ada yang simple dan ada pula yang rumit. Jika ingin tampil sederhana, pilih saja motif tumbuhan atau motif hewan. Pemilihan warna kala memakai batik juga penting. Hindari memakai batik warna gelap karena memberi kesan suram dan tidak ceria.

Gamis Nahda merupakan produk keren dari Rianty Batik. Produk ini berupa long dress yang anggun. Dengan batik print , baju ini memiliki aksen kancing koin. Batik dengan warna hitam ini memiliki kerah V. Baju regular fit ini memiliki resleting depan serta hadir dalam ukuran S. Bisa dibeli dengan harga Rp 559.9300 di Zalora.

From our editorial team

Pakaian Nasional untuk Acara Formal

Mengenakan pakaian nasional untuk acara formal mampu meningkatkan kepercayaan diri. Kamu bisa memilih kebaya simpel dengan bawahan bati atau batik atasan dengan bawahan polos. Sekalian saja seragaman dengan pasangan. Memakainya pun pasti semakin bersemangat.