Pengen Tampil Beda di 2018? Ini dia 4+ Model Atasan Etnik yang Wajib Anda Coba!

Pengen Tampil Beda di 2018? Ini dia 4+ Model Atasan Etnik yang Wajib Anda Coba!

Tampil beda dengan fashion baju yang berbeda dari yang lain adalah booster buat rasa percaya diri Anda. Tak perlu bingung cari sesuatu yang baru, yuk cobain 4+ model atasan etnik yang keren abis tahun 2017 ini. BP Guide telah menyiapkan daftarnya untuk Anda!

Atasan Etnik

Seiring perkembangan zaman, trend fashion terus mengalami perubahan. Gaya berpakaian yang modern semakin mendominasi masyarakat , terutama di kalangan wanita. Kini wanita di Indonesia khususnya, tampak semakin kreatif dalam berbusana dengan memadupadankan atasan dengan bawahan yang serasi dan senada. Salah satu style atasan yang kini mulai disukai banyak orang adalah atasan etnik. Kebanyakan atasan ini merupakan perpaduan antara batik tradisional seluruh Indonesia dengan unsur desain yang modern. Oleh karena itu, atasan ini disebut sebagai atasan etnik. Gaya etnik ini merupakan cerminan dari kebudayaan bangsa yang tidak akan membosankan seperti gaya berpakaian lainnya.

Rekomendasi Model Atasan Etnik

Empat kreasi model atasan di bawah memiliki unsur etnik yang tak hanya terletak pada model melainkan pada motifnya sehingga semakin nyaman dan pantas dipakai. Selain itu, model atasan etnik juga bisa dipakai untuk berbagai acara lho!

1. Blouse Etnik

Sumber gambar Berrybenka.com

Gaya busana etnik kini tak lagi hanya dikenakan untuk acara-acara resmi saja melainkan dapat dikenakan untuk berbagai acara dari casual hingga formal. Bisa dikatakan gaya busana etnik ini lebih fleksibel untuk berbagai acara. Dengan catatan, perlu dilakukan pemilihan model yang tepat sesuai dengan acara apa yang akan dihadiri.

Berikut ini ada 3 blouse etnik yang bisa Anda padu padankan dengan bawahan yang tepat sesuai acara yang akan dihadiri :

  • Blouse di Kulo Project
    Salah satu blouse karya desainer muda Sekar Larasati yang ada di Kulo Project ini bisa menjadi pilihan Anda. Harga satu blouse unik ini beragam mulai dari Rp. 265.000 sampai Rp. 350.000. Tak perlu diragukan lagi bahan yang digunakan dan model yang ditampilkan sudah pasti unik dan berbeda dari lainnya. Anda bisa memilih koleksi dan membelinya melalui akun Instagram Kulo Project (@kuloproject).
  • Blouse dari Cutton Ink
    Blouse dari Cutton Ink merupakan karya dari Mutiara yang mengombinasikan antara unsur etnik yang diperoleh dari batik dengan unsur klasik modern. Anda bisa membelinya di website www.cottonink.co.id seharga Rp. 269.000 atau datang langsung ke tokonya di Kemang Timur, Jakarta Selatan.
  • Zalia Blouse
    Koleksi blouse dari Zalia ini dapat menjadi pilihan Anda, karena desain-nya unik dan elegan dengan tidak melupakan unsur etnik. Salah satu koleksi-nya yang menarik adalah Blouse Motif Parang Keraton dengan harga Rp. 306.250 dan bisa Anda beli di toko online Zalora.co.id. Ayo, tunggu apa lagi!

2. Etnik gaya boho

Sumber gambar www.pinterest.com

Pada tahun 2004 hingga 2005, gaya boho ini sempat menjadi trend fashion di tengah masyarakat. Dan kini gaya boho kembali dipakai kembali dengan model yang semakin kreatif. Salah satunya adalah Etnik Boho, dimana gaya boho ini dipadukan dengan unsur-unsur etnik.

Berikut ini ada 3 referensi pakaian Etnik Boho yang bisa menjadi pilihan Anda:

  • Zara Etnik Boho
    Salah satu koleksi Etnik Boho dari Zara ini bernama Embroidered Multicolor Dress dengan harga Rp. 899.900, yang bisa Anda dapatkan di berbagai Mall kota besar.
  • Mango Etnik Boho
    Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan Florant Print Dress dari Mango seharga Rp. 499.000.
  • Etnik Boho Forever21
    Ornate Print Jumpsuit dari Forever21 ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 371.000 saja. Jumpsuit ini bisa Anda kenakan ke acara pesta atau acara santai.

Ketiga dress etnik boho di atas bisa menjadi pilihan Anda untuk acara-acara santai maupun pesta. Dengan memadukan aksesoris etnik maka penampilan Anda akan semakin unik dan menarik. Pilih alas kaki yang bergaya santai agar sesuai dengan dress etnik boho yang Anda pilih. Selamat menjadi cantik!

3. Cheongsam etnik

Sumber gambar www.whatwelike.co

Apa yang Anda ketahui tentang Cheongsam?

Cheongsam merupakan pakaian wanita khas Tionghoa. Dengan semakin maju dan kreatifnya dunia fashion, cheongsam kini menjadi pakaian yang dimodifikasi dengan berbagai gaya untuk dikenakan semua kalangan masyarakat. Salah satunya adalah gaya bernuansa etnik yang disebut sebagai Cheongsam etnik.

Bagi Anda yang menyukainya, berikut ini ada 3 Cheongsam Etnik yang dapat menjadi referensi atau pilihan untuk Anda beli :

  • Mandarin Poeny
    Cheongsam etnik dari Mandarin Poeny ini memiliki desain yang cantik dan elegan. Apabila Anda berminat, bisa cek di Instagram-nya. Untuk harga produk ini dimulai sekitar Rp. 950.000 hingga Rp. 1.350.000.
  • Gelatik.id
    Produk fashion yang satu ini adalah karya dari artis cantik bernama Jill Gladys. Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp. 275.000 hingga Rp. 700.000. Anda bisa melihat koleksi lengkapnya di instagram Gelatik.id.
  • Poise24
    Cheongsam etnik ini cukup unik karena memadu padankan unsur batik. Selain unik, harganya juga bervariasi mulai dari Rp. 600.000 hingga Rp. 2.100.000. Anda bisa membelinya secara online melalui website Poise24.

Dari ketiga cheogsam etnik di atas bisa Anda pilih sesuai selera Anda dan biaya yang Anda miliki. Agar penampilan Anda semakin menarik, Anda bisa memadupadankannya dengan model dan aksesoris rambut yang tepat, serta sepatu yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi!

4. Kebaya etnik

Sumber gambar wolipop.detik.com

Kini kebaya memiliki beragam model, salah satunya adalah model kebaya etnik. Berikut ini adalah model kebaya etnik berkualitas yang bisa menjadi pilihan Anda:

  • Kebaya etnik karya Ivan Gunawan
    Ivan Gunawan merupakan salah satu desainer pakaian yang ternama di Indonesia. Melalui tangannya yang terampil, Igun sapaan akrabnya telah mampu menghasilkan berbagai karya yang begitu indah dan mewah. Salah satu karyanya adalah kebaya etnik yang memiliki unsur etnik dari seluruh Indonesia dengan desain yang mewah, tak heran jika harganya hingga ratusan juga rupiah. Jika Anda berminat, Anda bisa datang langsung ke Jl. H. Abdul Majid Dalam, No. 5, DKI Jakarta, Indonesia. Bagi Anda yang ada di luar Jakarta bisa memesannya lewat websitenya www.igunshop.com.
  • Kebaya etnik karya Barli Asmara
    Hampir sama dengan Ivan Gunawan, rancangan kebaya milik Barli Asmara ini cukup mahal yaitu mulai dari Rp. 2.000.000 hingga Rp. 40.000.000. Kebaya etnik rancangannya ini memiliki kesan yang dinamis. Anda bisa memesan rancangan kebaya etnik sesuai keinginan Anda, ada pula kebaya yang siap pakai. Untuk kualitas tak perlu diragukan lagi.
  • Kebaya Encim
    Berbeda dengan kedua kebaya di atas, kebaya Encim ini memiliki rentang harga yang lebih terjangkau yaitu mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 1.500.000. Kebaya Encim ini merupakan kombinasi antara baju tradisional China dengan kebaya khas Melayu yang biasanya terbuat dari bahan katun atau organdi. Apabila Anda berminat, Anda bisa membelinya di Roemah Kebaya.

Selain memilih kebaya etnik yang sesuai, Anda juga bisa berkreasi menggunakan aksesoris yang pas dengan kebaya dan selera Anda. Maka dijamin penampilan Anda akan semakin sempurna. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa memilih kebaya etnik yang berharga terjangkau namun kualitasnya lumayan baik.

Tips Tambahan Buat Atasan Etnikmu Makin Trendi

Penampilan yang menarik akan membuat orang lebih percaya diri, termasuk wanita. Wanita biasanya lebih detil memperhatikan penampilannya, maka dari itu terkadang mereka menambahkan aksen-aksen lain pada pakaiannya misalnya penggunaan aksesoris tambahan agar semakin trendi.

Aksesoris tambahan yang bisa Anda padupadankan dengan atasan etnik agar penampilan semakin trendi:

  • Bros etnik, yang terbuat dari batu alam akan menambah keunikan dari atasan Anda.
  • Kalung batik, ini akan menambah unsur etnik pada atasan yang Anda kenakan.
  • Tas batok kelapa, sangat natural dan menyatu dengan alam itulah kesan yang didapat saat mengenakannya.
  • Gelang kayu dan kulit kerang, ini bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat penampilan semakin trendi dengan unsur etnik di atasnya.
  • Scarf bermotif etnik, scarf ini akan memberikan kesan yang elegan dengan motif etnik di atasnya.

Jangan lupakan unsur kayu

Siapa bilang kayu tak bisa jadi aksesoris?
Kayu pun bisa menjadi aksesoris untuk mempercantik penampilan Anda. Anda bisa memilih gelang dari manik kayu atau gelang manik kayu yang digabungkan dengan kulit sintesis. Maka dengan aksesoris yang mengandung unsur etnik ini, dijamin akan mempercantik penampilan Anda dengan kesan etnik-nya yang kuat.

Pilih warna yang pas

Tak hanya memilih aksesoris yang tepat, pemilihan warna yang tepat juga akan mempengaruhi penampilan Anda menjadi semakin menarik. Jika salah memilih, maka tidak enak dipandang dan Anda akan merasa kurang percaya diri di depan banyak orang.

Berikut ini tips-tips memilih warna untuk pakaian bermotif etnik yang biasanya dirasa sulit untuk dipadupadankan :

  • Jika atasan Anda bermotif dan berwarna ramai, maka sebaiknya pilih bawahan yang polos dengan warna yang lebih muda.
  • Sama halnya dengan atasan, jika bawahan Anda bermotif dan berwarna ramai, maka atasan yang tepat adalah berwarna lebih muda dan polos.
  • Apabila pakaian Anda memiliki banyak corak dan warnanya ramai, maka pilihlah aksesoris yang simpel dan berwarna sederhana.

Elemen Bebatuan Akan Membuatnya Semakin Unik

Aksesoris dari bebatuan juga bisa Anda padukan dengan kebaya brookat maupun songket. Kesannya yang etnik dan mengkilap akan membuat semua mata tertuju pada Anda karena penampilan Anda yang begitu sempurna. Namun, perlu diingat pemakaian aksesoris yang satu ini jangan sampai berlebihan misalnya, menggunakan aksesoris lebih dari dua yang justru akan merusak penampilan Anda. So, be smart ladies!

From our editorial team

Tunggu apalagi tampil beda dengan atasan etnik?

Inspirasi-inspirasi di atas telah menunjukkan betapa modis penampilan yang bakal Anda tunjukkan dengan memakai atasan etnik. Tak perlu ragu lagi memakai atasan etnik, biarkan diri Anda tenggelam dalam nuansa khas-nya yang menarik perhatian orang di sekeliling Anda!