Bosan dengan Penampilan Itu-itu Saja? Cobalah Tampil Lebih Gaya dengan Nuansa Etnik Lewat 10+ Celana Batik Pria Ini

Bosan dengan Penampilan Itu-itu Saja? Cobalah Tampil Lebih Gaya dengan Nuansa Etnik Lewat 10+ Celana Batik Pria Ini

Sumber gambar elevenia.co.id

Batik adalah salah satu warisan budaya yang tak cuma memikat warga asli Indonesia tapi juga masyarakat dunia. Nuansa etnik dengan keunikan khas yang berlandaskan filosofi para pembuatnya menjadikan batik digandrungi banyak orang. Tak heran, kini semakin banyak pengaplikasian batik diterapkan di berbagai macam fashion item tak terkecuali celana pria seperti dalam rekomendasi berikut ini.

Batik Indonesia Memiliki Ciri Khas Etnik yang Kental dalam Setiap Desainnya

Sumber gambar thejakartapost.com

Beberapa tahun lalu, warga Indonesia dibuat gempar dan geram karena ada pihak dari negara sebelah mengklaim salah satu warisan budaya yaitu batik. Untungnya, perselisihan itu segera selesai. Beruntungnya batik segera diakui dunia sebagai warisan asli Indonesia, melalui UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Indonesia memiliki berbagai macam corak batik dari berbagai daerah seperti batik Jogja/Solo, Madura, Cirebon, batik Bengkulu, dan lain sebagainya. Semuanya sangat menarik dan memiliki citra etnik yang sangat kental. Pada saat ini batik telah menjadi bagian dari busana dari setiap orang. Bahkan menjadi berbagai bahan dasar aksesori yang menarik.

Batik Disulap Menjadi Fashion Item Kekinian

Sumber gambar 99fm.com.na

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki motif batik yang sangat beragam dan berbeda di tiap daerah. Keunikan yang khas ini memperkaya dunia mode sehingga banyak fashion item yang tak luput dari kecantikan batik seperti dalam referensi berikut.

Tas

Sumber gambar pinterest.com

Tas batik akan membuat Anda tampil cantik dan etnik. Dengan tas yang sesuai, Anda pun bisa tampil sangat elegan. Kuncinya, sesuaikan size tas dengan bentuk tubuh Anda. Untuk yang merasa plus-size misalnya, Anda bisa membawa tas batik ukuran besar dengan coral batik yang kecil.

Untuk yang berbadan model jam pasir, Anda bisa membawa tas ukuran medium bermodel selempang. Bagi yang bertubuh skinny atau slim, cobalah tas batik bernuansa gelap yang agak oversize. Tubuh pendek berisi cocok dengan tas batik selempang ukuran kecil, atau Anda bisa pula membawa sebuah handbag batik.

Dress

Sumber gambar pinterest.com

Batik sebagai dress? Tentu saja sangat cocok. Bukan hanya kebaya saja, batik juga bisa menjadi dress yang sangat classy dan elegan untuk segala kesempatan. Untuk menghadiri resepsi atau pesta-pesta resmi misalnya, Anda bisa memilih dress batik motif kontemporer dengan tone warna pastel atau gelap yang kalem. Kesannya akan formal, simpel, dan rapi.

Untuk Anda yang ingin lebih glamor, pilih dress dari sutra atau satin. Dress batik dengan motif flora dan berwarna bright akan sangat cocok untuk menghadiri acara-acara santai.

Rok

Sumber gambar eajabatik.com

Rok selalu mengesankan sifat feminin. Rok batik akan menimbulkan kesan klasik namun stylish. Pada saat ini pilihan rok batik sangat beragam, tinggal pintar-pintar Anda memilih satu yang cocok untuk kesempatan yang akan Anda hadiri.

Selain itu pilih rok sesuai bentuk tubuh yang Anda miliki. Pada umumnya, rok batik katun dengan motif simpel dan kontemporer akan sangat cocok untuk acara-acara santai dan kasual. Sementara itu, rok batik dengan motif lebih rumit dan dengan bahan lebih elegan (seperti sutra) sangat cocok untuk acara-acara resmi.

Kemeja

Sumber gambar trenbajuterbaru.net

Untuk yang satu ini, praktis semua pria sudah memahaminya, setidaknya ada satu kemeja batik di lemari pakaian. Kemeja batik sangat handy untuk diajak mendatangi acara-acara resmi atau pun semi resmi. Intinya cuma satu, jangan sampai salah memilih motif batik dan memadupadankannya. Salah memilih motif bisa-bisa membuat Anda tampak tua.

Begitu pula salah memadupadankannya, Anda bisa terlihat reckless. Batik Solo atau Jogja bisa menjadi pilihan, jika Anda ingin tampil neat. Sementara itu jika Anda ingin tampil santai, pilih batik-batik motif pesisiran. Kesan berwibawa bisa memancar saat Anda mengenakan batik dengan motif yang besar-besar.

Celana

Sumber gambar pusakadunia.com

Celana batik adalah satu fashion statement tersendiri bagi pemakainya. Anda yang tampil unik, atraktif, etnik, namun tetap elegan, pilih saja celana batik. Anda banyak atasan yang bisa cocok dengan celana batik, dari kemeja atau kaos hingga hijab. Celana batik umumnya sangat cocok dengan atasan polos. Pilih atasan yang berwarna hitam atau gelap agar terkesan maskulin (untuk pria).

10 Rekomendasi Celana Batik Pria

Tak melulu kemeja dan dress, kini batik juga diaplikasikan menjadi celana yang nyaman untuk dikenakan sehari-hari. Selain unik, tentu saja nuansa etnik yang khas akan membuat penampilan Anda semakin stunning!

Celana Pendek Batik Boim

Sumber gambar tokopedia.com

Beberapa dekade lampau, ada acara bernuansa Betawi salah satu TV swasta yang sangat top, "Lenong Rumpi". Saking populernya, salah satu outfit pemainnya, Boim, menjadi ikut top pula celana Boim. Tentu saja itu salah satu teori ngawur tentang asal-usul celana Boim. Namun yang jelas, celana boim akan selalu membuat pemakainya tampak kasual dan easy-going.

Jika Anda penasaran dengan celana ini, cobalah Celana Batik Pendek Batik Plus Saku (Boim Pendek) Topan-Jumbo. Celana ini terasa adem karena terbuat dari katun. Panjangnya 60 cm, lingkar perut maksimal 108. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 164.000.

Celana Batik Betawi Boim

Sumber gambar tokopedia.com

Masih dengan celana batik Betawi Boim, kali ini hadir dengan model celana panjang, Celana Batik Betawi Boim Panjang Standard. Bahannya tidak membuat gerah karena terbuat dari katun, ukuran panjangnya 120 cm, dengan karet elastis pada bagian pinggangnya. Anda bisa memadukannya dengan kaos putih atau gelap (plus selempang sarung dan kopiah tentunya) sehingga tampak keren dan etnik. Dapatkan koleksi ini di Tokopedia dengan harga Rp 27.000.

CELANA BATIK 24G

Sumber gambar bukalapak.com

Satu koleksi celana panjang batik yang mesti Anda punya adalah Celana Batik Panjang 24G. Celana ini memiliki desain yang sangat keren, dilengkapi dengan dua saku kiri-kanan, dan terbuat dari bahan katun yang nyaman. Panjang celama ini 100 m, dengan lingkar pinggang 70-85 cm. Anda bisa mendapatkan celana ini di Bukalapak dengan harga sangat terjangkau, Rp 23.000.

CELANA PENDEK ADEM BATIK (FSW-52)

Sumber gambar tokopedia.com

Bersantai itu enaknya memakai celana yang ringan, nyaman, dan adem. Oleh karena itu, tidak salah jika Anda memilih celana Celana Pendek Adem Batik (FSW-52). Namanya saja celana adem, tentu saja dibuat dari bahan yang tidak akan membuat Anda gerah setiap waktu. Celana ini memiliki desain uniseks yang cocok untuk lelaki atau wanita. Pilihan warnanya cukup lengkap yaitu biru, merah, dan hijau. So, jika Anda ingin mengoleksinya, silakan pesan di Tokopedia dengan harga Rp 22.000.

Celana Batik Laki-laki Motif Kuningan

Ingin celana batik yang lebih etnik dan belakangan ngehits? Cobalah celana batik corak Kuningan. Jika Mungkin Anda telah akrab dengan bati Jogja, Solo, Pekalongan, dan lainnya, maka saatnya Anda berkenalan dengan batik Kuningan, Jawa Barat. Konon pembuat corak batik ini adalah Pangeran Djatikusumah. Pada saat ini motif batik ini menjadi satu pakaian resmi Kabupaten Kuningan.

Jika Anda ingin mengenakannya pula, cobalah Celana Batik Laki-laki Motif Kuningan. Anda bisa mendapatkan celana super nyaman dan terjangkau ini di situs bajubatikmodernpekalongan.com. Harganya Rp 45.000 per potong.

Celana Batik Laki-laki Motif Putihan

Kalau Anda sedang mencari celana batik laki-laki yang terlihat resmi dan elegan, cobalah untuk mengoleksi Celana Batik Laki-laki Motif Putihan. Batik model putihan umumnya memiliki motif sangat halus dan rumit. Bahannya pun pilihan, dari katun haus dipadu dengan satin. Batik putihan biasanya dikenakan untuk keperluan resmi. Anda bisa mendapatkan Celana Batik Laki-laki Motif Putihan di situs bajubatikmodernpekalongan.com dengan harga Rp 45.000 per potong.

CELANA BATIK PRIA BP101

Satu lagi pilihan celana batik pria yang harus Anda koleksi adalah Celana Batik Pria BP101. Celana batik memang bisa menjadi alternatif sebagai celana santai yang sangat handy. Anda rtdak akan gerah, Anda pun juga tak akan pernah mati gaya jika sedang ingin bergaya etnis. Celana batik ini terbuat dari katun nyaman dengan motif jarik. Segala ukuran tersedia. Anda bisa mendapatkannya di grosirbatiksolo226.blogspot.co.id dengan harga Rp 45.000 per potong.

Celana Batik Mega Mendung

Sumber gambar bukalapak.com

Anda telah menkoleksi celana batik Solo, Kuningan, Putihan, dan Betawi. Sekarang saatnya untuk mencoba Celana Batik Mega Mendung. Motif Mega Mendung merupakan corak batik khas Cirebon. Motif batik ini cukup rumit, memiliki 7 nuansa warna langit yang saling mengisi. Konon ada filosofi di balik motif dan warnanya yang teduh agar manusia yang memakainya tetap adem dan penyabar.

Anda pun bisa ikutan adem dengan mengoleksinya. Dapatkan celana batik Mega Mendung yang sangat nyaman ini (terbuat dari katun berkualitas) di Bukalapak dengan harga Rp 169.900.

Celana Batik Panjang Jumbo 26G

Sumber gambar tokopedia.com

Tak ada yang lebih nyaman untuk bersantai selain celana ringan yang super longgar. Anda bisa bebas bergerak dan tidak gampang gerah. Selain itu, celana model ini tentunya akan sangat lega dikenakan oleh tubuh plus-size. Jika Anda suka mengenakan celana oversize, cobalah Celana Batik Panjang Jumbo 26G. Celana ini memiliki ukuran 33-36, dengan panjang 108cm. Bahannya dari katun yang nyaman. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga miring, hanya Rp 26.000.

Celana Batik Boim Betawi Super Jumbo | CL2

Sumber gambar tokopedia.com

Satu lagi koleksi celana celana batik Boim, kali ini hadir Celana Batik Boim Betawi Super Jumbo | CL2. Celana ini bisa Anda kenakan saat santai, atau bahkan acara semi resmi. Bahannya dari katun yang adem dengan ukuran super jumbo lingkar pinggang maksimal 120 cm dan panjang celana 113 cm. Anda bisa mendapatkan koleksi celana ini di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

From our editorial team

Mencuci Material Batik dengan Sabun Khusus

Untuk menjaga agar koleksi busana batik Anda tetap baik, sebaiknya Anda tidak mencuci dengan deterjen kuat. Pilihlah deterjen lembut yang formulanya dibuat khusus untuk kain batik. Cuci secara manual dan tidak perlu disikat kuat. Jangan menggunakan pemutih yang bisa melunturkan motif. Sebaiknya, mencuci busana batik terpisah dari pakaian yang lain karena warna pada busana batik cenderung luntur terlebih di pencucian pertama. Saat menyetrika, lebih baik menggosok di bagian dalam agar kualitas warna dan tampilan kain batik tetap terjaga.