Yuk Tampil Kompak dengan 10 Motif dan Pilihan Baju Couple Batik Keluarga 2018!

Yuk Tampil Kompak dengan 10 Motif dan Pilihan Baju Couple Batik Keluarga 2018!

Ingin terlihat istimewa dan tampil kompak bersama keluarga di acara tertentu atau saat hari raya? Kamu bisa menggunakan baju couple batik keluarga dengan model terbaru dan bahan yang nyaman seperti yang direkomendasikan oleh BP-Guide berikut ini!

Makin Harmonis dengan Baju Couple Batik Keluarga

Sumber gambar engrasia.com

Sebagai orang Indonesia pastilah bangga dengan segala budaya dan seni khas Indonesia. Salah satunya adalah batik yang menjadi kain khas kebudayaan nusantara. Batik ini makin hari makin berkembang dan makin banyak peminatnya. Tak hanya warga Indonesia namun warga luar negeri pun menyukai batik.

Trend busana yang makin berkembang pun membuat batik juga ikut berevolusi. Kini batik tak hanya jadi baju pada event tertentu saja namun juga dikenakan keseharian. Menariknya lagi baju batik ini juga bisa dikenakan secara berpasangan alias couple.

Nah baju couple batik untuk berdua memang sudah lumrah adanya. Namun jika baju batiknya dibuat couple untuk sekeluarga wah bisa dibayangkan betapa harmonisnya ya. Makin dekat dan kompak dengan keluarga dengan baju batik untuk sekeluarga.

Alasan Menggunakan Baju Couple Batik Keluarga

Baju couple batik keluarga memang membuat siapapun yang memakainya terlihat kompak dan serasi. berikut beberapa alasan mengapa kamu dan keluargamu wajib memiliki jenis pakaian yang satu ini.

Melestarikan Budaya Bangsa

Sumber gambar inimodelbajubatik.com

Yang paling mendasari penggunaan baju couple batik keluarga adalah alasan guna melestarikan budaya bangsa. Batik memang telah ada sejak jaman Majapahit silam. Mulai meluas pada pulau Jawa di akhir abad ke 8. Kemudian batik dikenal meluas ke seluruh nusantara di awal abad 20. Saat itu batik yang muncul dan dikenal luas adalah batik tulis. Baru pada tahun 1920an muncul batik dengan teknik cap.

Karena merupakan simbol budaya bangsa maka batik wajib dilestarikan. Sebagai informasi, batik sudah disahkan UNICEF pada Indonesia untuk warisan budaya. Kebanggaan kita terhadap batik bisa sekaligus melestarikan kain tradisional Indonesia ini. Nah cara paling tepat adalah sering menggunakan batik dalam segala acara dan suasana. Bisa juga menggunakannya untuk seragam dengan keluarga besar.

Model Eksklusif

Sumber gambar inimodelbajubatik.com

Nah selanjutnya penggunaan baju couple batik untuk keluarga ditujukan agar model batiknya lebih eksklusif. Banyak dari kita yang saat ada event tertentu seperti pernikahan dan lebaran memilih mengenakan baju batik kembaran dengan keluarga besar. Umumnya batik yang dikenakan bermotif sama namun model tiap bajunya berbeda beda sehingga terlihat eksklusif.

Model eksklusif dari batik bisa juga didapat jika kamu dan keluarga memilih menggunakan baju batik dari daerah tertentu. Seperti diketahui bersama batik ini tersebar di Indonesia dan beberapa kawasan di nusantara memiliki batik khas daerah yang unik. Motif tiap daerah berbeda dan menjadikan batik selalu eksklusif untuk dikenakan.

Dua Jenis Batik yang Bisa Dijadikan Referensi

Ada dua jenis batik utama yang biasa ditemui dipasaran dan berikut BP-Guide berikan penjelasan tentang kedua jenis batik Indonesia tersebut.

Batik Tulis

Sumber gambar www.batiksemarang.com

Nah bagi kamu yang ingin segera menggunakan batik untuk jadi baju couple sekeluarga, bisa lihat bahwa ada dua jenis batik yang bisa dijadikan referensi. Yang pertama adalah batik tulis. Batik model ini pembuatannya sangat klasik dan butuh waktu yang lumayan lama.

Segala proses pengerjaannya produk ini manual dan bisa dibilang sangat rumit. Butuh ketelatenan tinggi untuk membuatnya karena dikerjakan dengan tangan manual dan secara spontan saja motifnya. Selain itu batik jenis ini prosesnya bisa berkali kali lebih lama dari umumnya karena masih harus diwarnai sesuai dengan pola yang ada.

Batik yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Ciri tersebut bisa dilihat dari motifnya yang tak terulang dan kombinasi warna yang dihasilkan bisa sangat banyak. Selain itu warna dasar dari batik jenis ini bisa cerah dan bisa juga gelap.

Batik Cap

Sumber gambar www.tripadvisor.com

Lain batik tulis lain pula batik cap. Batik jenis cap ini pengerjaannya cepat dan praktis. Kain polos dihias dengan corak batik menggunakan cap berbahan tembaga. Proses pengerjaan jelas lebih cepat dari si batik tulis.

Umumnya batik jenis ini coraknya teratur dan besar. Selain itu coraknya dikenal lebih rapi dan tertata karena proses penggambaran batik dilakukan dengan alat. Namun kekurangan dari batik ini adalah kurangnya seni coretan serta kehalusan motif.

Motif Batik yang Cocok untuk Baju Couple Keluarga

Setelah mengetahui jenis batik yang ada di Indonesia, kamu juga perlu mengetahui ragam motif batik populer yang ada di Indonesia. Mau tahu motif apa saja yang cocok dikenakan bersama keluargamu? Simak ulasannya berikut ini!

Sogan Kembang

Sumber gambar www.bukalapak.com

Motif batik yang paling dikenal pertama adalah sogan kembang. Motif satu ini kerap juga dijadikan baju couple untuk batik keluarga. Unsur tradisional dalam motif ini kental terasa karena ada dominasi warna cokelat dan hitam. Yuk ke The Batik dan beli kain sogan kembang batik seharga Rp. 95.000.

Penamaan sogan kembang sendiri berasal dari proses pewarnaan kain batik motif ini. Pewarnaannya memakai batang kayu pohon soga sehingga bisa dikatakan lebih alami. Kain batik sogan kembang ini ta pernah sepi peminat karena membuat pemakainya berkesan dinamis dan kontemporer.

Daun Anjani

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Nah untuk motif batik selanjutnya adalah motif daun anjani. Batik motif ini umumnya dikenakan sebagai baju. Ini karena kombinasi motif yang selalu pas ada di tengah bajunya. Namun tak menutup kemungkinan juga jika motif ini dipergunakan untuk songket karena bisa terlihat lebih elegan.

Desain menarik pada motif daun Anjani ini membuat banyak yang memilihnya sebagai bahan baju couple keluarga untuk acara formal. Klik saja website Lazada jika ingin memiliki pakaian dengan motif daun Anjani ini. Harga bajunya Rp. 65.000 dengan bahan katun halus yang nyaman dikenakan.

Keong

Sumber gambar crownbatik.com

Di Yogyakarta ada batik dengan motif khas yakni Keong. Pola keren nan mengagumkan ini menjadi pola khas batik tulis dari kota satu ini. Ada makna tersendiri yang mendalam pada motif keong yang ada pada batiknya.

Jika ingin menggunakan baju couple dengan keluarga bisa loh pakai motif keong ini. Ada di website jual beli Bukalapak dengan bahan katun rayon. Berdesain full kancing untuk pria dan dress maxi untuk wanitanya. Harga produk dengan lengan panjang ini adalah Rp. 120.000. Mengenai ukurannya ada ukuran yang terbesar yakni L dengan warna maroon.

Adikusuma

Sumber gambar www.tokopedia.com

Memakai batik couple dengan keluarga bisa jadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika memakainya dalam event tertentu, sudah barang pasti keluarga terlihat lebih kompak dan harmonis ya. Yuk kenakan batik Adikusuma yang keren dan bisa bikin tampilan makin fashionable.

Ada hem Batik Adikusuma di website VIPplaza. Harga hem tersebut Rp. 119.700 dengan warna tosca yang keren. Berpotongan regular fit, baju berkerah ini memiliki lengan pendek. Ada detail kancing serta kantong pada bagian depan baju.

Bunga

Sumber gambar m.bukalapak.com

Dari anak kecil hingga dewasa senang menggunakan batik. Ini karena motif batik selalu apik dan menarik untuk dikenakan. Bangga menggunakan batik yang merupakan warisan budaya Indonesia bisa juga dengan mengenakannya sebagai baju couple untuk keluarga tercinta.

Ada baju couple dengan motif bunga batik CP184 yang bisa dibeli di website Butik Jingga. Baju Rp. 170.000 ini berbahan sifon kombinasi wolfis. Bagi prianya ada kemeja lengan pendek sementara wanitanya ada maxi long dress dengan bagian bawahnya bermodel payung.

Baju kembaran ini keren untuk saat pesta atau lebaran. Ukuran baju wanitanya LD 90 cm dengan rok bawah keliling 3 meter. Sementara ukuran prianya LD 104 cm dengan panjang 71 cm.

Sutra

Sumber gambar batikcode.com

Baju batik bahan sutra sudah pasti jadi incaran mereka yang ingin tampil lebih elegan dan menawan. Ya, bahan sutra memang terlihat lebih mewah dan lebih pas dikenakan pada saat ada perhelatan resmi atau acara formal lainnya. Lukisan batik pada kain sutra membuat batik jadi lebih hidup dan lebih berkesan eksklusif.

Kenakan baju batik sutra couple CP204 dari website Baju Gamisku. Dengan bahan sutra silky yang dipadukan ceruti, baju pasangan ini dibanderol Rp. 180.000. Berwarna tosca, baju ini terdiri dari kemeja pria dan juga maxi dress wanita.

Untuk pria kemejanya bukaan depan dengan bahan twiscone silky dan ukuran L. Sementara untuk wanitanya ukuran L dengan bagian atas baju sifon dan berfuring bordir kerancang.

Sarimbit

Sumber gambar elegantria.com

Baju batik pasangan umumnya dikenal dengan istilah sarimbit. Baju couple sarimbit ini sangat populer untuk menghadiri aneka acara resmi seperti pernikahan.

Jangan ragu untuk membeli di website Batik Distro. Disana ada batik couple dress seri Riska. Motif cantik batik dengan warna yang keren bikin baju couple ini indah serta menawan hati. Pas untuk segala acara formal maupun non formal bersama keluarga.

Ada dress lengan panjang bagi wanita dengan kerah V. Sedangkan untuk lelakinya ada kemeja lengan pendek. Ukuran yang tersedia adalah L dan juga ukuran XL. Harga pada produk ini adalah Rp. 130.000 untuk sepasang.

Wayang

Sumber gambar www.jaketsporty.com

Baju couple batik memang sangat keren dan eksklusif desainnya. Apalagi jika desain batiknya berupa wayang, pasti banyak membuat decak kagum yang melihatnya. Yuk kenakan baju batik wayang bersama keluarga agar makin kompak.

Motif Wayang berasal dari batik Pekalongan. Ada warna merah pada batik ini yang bikin jadi lebih keren. Baju Rp. 135.000 sepasang ini bisa dibeli di website Jualo. Produk asli dari Pekalongan ini keren untuk kerja namun juga pas untuk kembaran dengan keluarga besar.

Kujang

Sumber gambar www.bukalapak.com

Varian model baju batik untuk mereka yang ingin tampil kembaran dengan pasangannya sudah tak terhitung lagi. Bisa banget nih menggunakan baju batik Kujang untuk tampil lebih keren dan fashionable dalam berbagai acara. Mari ajak keluarga besar mengenakan baju batik dengan motif kujang.

Bisa segera klik Tokopedia karena disana ada baju couple motf kujang. Harga yang tercantum untuk sepasang batik adalah Rp. 135.400. Untuk wanitanya ada blouse dan prianya ada kemeja. Ukuran yang tersedia adalah dari M hingga XL. Dengan bahan katun adem dijamin membuat pemakainya terasa adem.

Mega Mendung

Sumber gambar inimodelbajubatik.com

Motif satu ini bayak digandrungi arena memang sangat unik dan mengandung filososfi tinggi. Berasal dari daerah Cirebon, motif satu ini dikenal luas hingga internasional loh. Mari segera kenakan juga batik motif mega mendung bersama keluarga besar.

Ada sarimbit batik mega mendung warna merah. Batik ini dijual di website Bukalapak pada harga Rp. 125.300. Berbahan katun prima membuat baju sangat nyaman dikenakan meski cuaca tengah panas. Ukuran yang tersedia mulai M sampai ukuran terbesar XL.

From our editorial team

Baju Couple Batik Keluarga yang Nyaman dan Trendi Digunakan

Mengenakan pakaian yang sama dengan keluarga tentunya mampu menambah kekompakkan dan keserasian diantara anggota keluarga. Jika kamu ingin mengenakan baju yang satu ini, pilih motif baju yang sesuai dengan karakter anggota keluarga dan pilih motif yang tidak terlalu pasaran. Pertimbangkan juga jenis bahan yang dikenakan agar baju tetap nyaman meski digunakan untuk beraktivitas.