Mau Facial Sendiri di Rumah? Ini dia Rekomendasi Perlengkapan Facial Terbaik

Mau Facial Sendiri di Rumah? Ini dia Rekomendasi Perlengkapan Facial Terbaik

Ingin tampil cantik tapi malas ke luar rumah untuk mengantri di salon atau enggan mengeluarkan banyak uang hanya untuk facial di salon? BP-Guide memiliki tips & trik untuk kamu supaya dapat menghindari hal-hal tersebut namun tetap dapat tampil cantik dan menawan.

Malas ke Salon? Kamu bisa Juga Facial Sendiri di Rumah

Sumber gambar TheHealthSite.com

Memiliki kulit wajah yang cantik, cerah, dan halus merupakan impian hampir semua wanita. Dengan melakukan berbagai perawatan wajah hingga pergi ke salon mungkin akan dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sempurna. Namun sayangnya, antrian di salon kecantikan dan mahalnya perawatan di sana pasti membuatmu malas.

Sekarang tak perlu khawatir, kamu bisa melakukan perawatan wajah, seperti facial, di rumah. Dengan tips dan trik berikut ini, wajahmu akan makin cantik dan merona, meskipun hanya facial di rumah.

Tips Melakukan Facial Sendiri di Rumah

Tips melakukan facial sendiri dirumah

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sumber gambar jabar.tribunnews.com

Bersihkanlah wajahmu dari sisa make-up maupun kotoran dengan menggunakan make-up remover yang biasa kamu pakai dan bilas menggunakan air hangat. Selanjutnya cucilah wajahmu menggunakan facial foam. Gunakan ujung jarimu untuk meratakan sabun dengan gerakan melingkar dari bawah ke atas, supaya kotoran terangkat sempurna. Setelah bersih, kamu dapat membilasnya dengan air dingin dan mengeringkan kulitmu menggunakan handuk yang lembut.

Mulai Langkah-langkah Facial Sederhana

Siapkanlah minyak khusus kulit wajah, jika tidak ada kamu dapat menggunakan minyak zaitun atau moisturizer. Gunakan jari manis dan tangah untuk memijat ke arah luar dengan gerakan memutar kecil, dimulai dari tengah dagu hingga ke pipi.

Pijat juga area sekitar mata dan fokuskan pada bagian bawah dan dekat pelipis, tarik lembut ke atas. Kamu dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 12 kali. Jangan lupa untuk memijat bagian dahi dengan gerakan memutar menggunakan jari tengah.

Sambil dipijat, kamu bisa sesekali menepukkan jari tangan ke seluruh wajah dan mengulangi gerakannya kembali selama satu menit. Setelah selesai, kamu dapat membersihkan sisa minyak atau moisturizer dengan handuk atau spons yang sudah dicelupkan air hangat.

Tutup Pori-pori dengan Es Batu

Sumber gambar style.tribunnews.com

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan masker wajah yang biasa digunakan. Apabila sudah selesai, bersihkan wajahmu dari sisa-sisa masker.

Supaya pori wajahmu tertutup dengan sempurna dan terasa lebih segar, kamu dapat mengoleskan es batu pada seluruh wajah hingga mencair. Tak perlu dilap menggunakan handuk atau tisu, biarkanlah air dari es batu terserap dengan sendiri ke dalam kulit.

Jangan Lupa Pelembap

Sumber gambar journal.sociolla.com

Sesi home facial dapat kamu tutup dengan mengaplikasikan serum dan pelembap ke seluruh wajah. Dalam keadaan wajah yang segar, kandungan serum dan pelembap akan lebih cepat terserap ke dalam kulit.

Perlengkapan Facial yang Bisa Kamu Miliki di Rumah

Perlengkapan facial yang bisa kamu miliki dirumah

Spons Wajah

Sumber gambar www.blibli.com

Selain digunakan untuk mengaplikasikan make up, spons juga bisa digunakan sebagai peralatan khusus untuk merawat kecantikan. Salah satu jenisnya adalah Beauty Gum Blender Spons & Aplikator.

Beauty Gum Blender Spons & Aplikator merupakan beauty blender berbahan spons yang dapat digunakan sebagai peralatan make-up sekaligus facial. Tidak memiliki pori, beauty blender ini sangat ideal untuk mengaplikasikan make-up cair maupun krim.

Untuk membersihkan beauty blender tersebut juga gampang. Kamu dapat membasahinya dan membersihkannya dengan sabun bay atau facial foam, kemudian peras secara perlahan. Beauty blender ini bisa mengembang dua kali lipat dari ukuran normal saat basah. Kamu dapat membeli Beauty Gum Blender Spons & Aplikator secara online di Blibli seharga Rp 38.500.

Kapas

Sumber gambar www.blibli.com

Beda bentuk kapas, beda juga fungsinya. Kapas berbentuk persegi umumnya memiliki serat yang lebih tebal dibanding jenis kapas lainnya. Dengan ukuran yang relatif lebih besar, kapas persegi mampu menyerap cairan lebih banyak sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membersihkan make-up dan mengaplikasikan cleanser maupun toner.

Kapas kecantikan yang dapat kamu gunakan untuk facial adalah Selection Kapas. Dengan tekstur yang lembut dan halus, kapas ini dapat digunakan sebagai puff hingga pembersih kulit yang aman untuk segala usia. Bebas merkuri dan klorin, kapas ini dapat mengangkat kotoran secara sempurna.

Untuk berat bersih 35 gr, kamu dapat membelinya secara online di Blibli serharga Rp 7.500 atau di Monotaro seharga Rp 11.900 untuk kemasan 75 gr.

Milk Cleanser

Sumber gambar www.bukalapak.com

Milk cleanser atau cleansing milk adalah krim dengan warna dan tekstur seperti susu yang berguna untuk membersihkan wajah dari sisa make-up maupun kotoran. Setelah menggunakan milk cleanser, kamu diharuskan untuk menggunakan toner, supaya sisa cleanser tersebut terangkat sempurna dan tidak menimbulkan kesan lengket pada wajah. Sebelum memilih cleanser dan toner, sebaiknya kenali dahulu jenis kulitmu.

Viva Milk Cleanser Pembersih Wajah adalah susu pembersih untuk kulit normal dan kering. Dengan kandungan Emollient, susu pembersih ini diklaim mampu merawat kelembutan kulitmu. Untuk mendapatkan kulit bersih maksimal, kamu dapat mengaplikasikan cleanser ini pada wajah dan leher serta melakukan massage ringan. Selanjutnya tinggal berihkan dengan tisu atau kapas dan gunakan Viva Face Tonic.

Dapat digunakan sebelum make up dan sebelum tidur malam hari, Viva Milk Cleanser dapat kamu beli secara online di Bukalapak seharga Rp 8.600.

Sabun Muka

Sumber gambar www.lazada.co.id

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, kamu bisa menggunakan rangkaian produk dari suatu brand. facial foam atau sabun muka ternyata juga bisa jadi sangat berpengaruh untuk mencerahkan wajahmu lho!

Rekomendasi facial foam untukmu adalah Wardah Lightening Gentle Wash. Mengandung licorice extract dan diperkaya vitamin B3, facial foam ini aman digunakan setiap hari untuk membersihkan sisa make up setelah pembersihan dengan milk cleanser.

Wardah Lightening Gentle Wash 60 ml dapat kamu beli secara online di Lazada seharga Rp 13.600.

Peeling

Sumber gambar www.tokopedia.com

Meskipun kulit terlihat mengelupas, peeling merupakan salah satu tahapan facial yang dinilai aman oleh para dermatologis. Peeling sendiri memiliki banyak manfaat, yaitu mengurangi garis-garis halus, menyamarkan keriput dan bekas luka, mengencangkan kulit, mengatasi kulit berjerawat, serta menyegarkan dan mencerahkan wajah yang kusam.

Mineral Botanica Peeling Cream merupakan krim peeling wajah yang lembut dan aman dipakai untuk memijat wajah. Mampu meregenerasi sel kulit mati sekaligus mengangkat kotoran, krim ini memiliki kandungan vitamin E dan ekstrak licorice yang bisa mencerahkan wajah. Mineral Botanica Peeling Cream dapat dibeli di Bukalapak seharga Rp 30.800.

Serbuk peeling Java Spa merupakan peeling wajah dengan komposisi tradisional alami pilihan. Cocok untuk kulit dengan bekas jerawat dan flek hitam, peeling wajah tersebut merangsang pertumbuhan sel baru dan menjadikan kulit halus, bersih, serta bercahaya. Serbuk peeling ini dapat kamu beli secara online di Tokopedia seharga Rp 40.000.

Cream Massage

Sumber gambar www.lazada.co.id

Cream massage yang disertai dengan pijatan terbukti bisa membersihkan dan mencerahkan kulit wajah. Dengan gerakan yang sederhana, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Gerakan massage ini bisa dimulai dari menekan pipi kanan dengan jemari tangan kanan dan tarik ke atas hingga kening sebanyak tiga kali. Kemudian ulangi gerakan ini pada pipi kiri. Jika dilakukan secara rutin, krim yang kamu gunakan untuk massage akan terserap sempurna dan wajah akan cerah seketika.

Massage Cream Viva adalah cream pijat yang berguna untuk memperlancar proses massage. Mampu menjaga elastisitas dan kekencangan otot pada wajah maupun badan, krim ini memiliki kandungan Emolient yang bisa melembutkan kulit. Dengan aroma jasmine yang lembut, krim ini sangat cocok buatmu yang ingin relaksasi. Mudah diaplikasikan dan dibersihkan, kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 45.000 untuk varian kemasan 550 gr.

Masker

Sumber gambar www.blibli.com

Kamu dapat membuat masker dari bahan-bahan alami, seperti buah alpukat dan susu. Dengan campuran satu buah alpukat dan susu secukupnya, kamu dapat mengaplikasikan masker alami ini pada wajah dan mendiamkannya selama 15-20 menit. Kemudian bilaslah menggunakan air hangat. Kandungan vitamin A dalam alpukat mampu mengangkat sel kulit mati sehingga wajahmu terlihat bersih dan cerah.

Jika tak sempat membuat masker buah, kamu dapat memilih Shiseido Naturgo Masker Lumpur. Terbuat dari lumpur bawah laut, masker ini mengandung kolagen dan mineral alami yang berguna bagi kulit wajah yang kusam dan berkomedo. Bertekstur cair, masker ini bisa digunakan sebagai peel-off mask untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebihan. Dengan isi 10 pcs, kamu dapat membelinya di Blibli serhaga Rp 50.000.

Toner/Astrgent

Sumber gambar www.blibli.com

Toner merupakan produk perawat kecantikan yang membantu menghilangkan riasan atau kotoran yang menempel pada kulit sekaligus memperbaiki dan menyegarkannya. Mengandung bahan alami, seperti campuran air, bunga, maupun ekstrak herbal, toner juga bisa digunakan untuk mengatasi sebum berlebih.

Memiliki formula yang berbeda, Astringent terbuat dari bahan kimia dan alkohol. Produk ini biasanya digunakan untuk membersihkan kulit dan menutup pori-pori pada wajah.

Hanaka Facial Astringent Toner merupakan toner yang mengandung berbagai bahan alami, seperti lidah buaya, witch hazel, singkong, licorice, mentimun, dan kacang hijau. Toner ini diklaim bisa mengatasi masalah sel kulit mati, pori besar, dan kulit bertekstur. Aman digunakan setiap hari, kamu bisa membelinya di Blibli seharga Rp 65.750.

Alkohol

Sumber gambar www.tokopedia.com

Memiliki sifat antiseptik yang tinggi, alkohol menjadi salah satu alternatif pembunuh kuman. Meskipun demikian, alkohol konsentrasi tinggi jarang dimanfaatkan untuk membersihkan wajah karena bisa memicu terjadinya kerusakan proses pertumbuhan flora normal pada kulit wajah.

Alkohol sebenarnya banyak jenisnya. Low Molecular Weight Alcohol merupakan jenis yang mudah memuai atau mengap pada kulit, serta menimbulkan reaksi kimia berupa kulit yang terasa lebih kering. Steril Alcohol terbuat dari minyak kelapa yang digunakan sebagai emulsifier dan emolien atau pelembab di dalam produk kecantikan.

Lenolin Alcohol biasanya terbuat dari olahan kulit domba yang berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Setil Alcohol terbuat dari minyak sawit dan digunakan dalam produk skincare atau make-up sebagai bahan pemadat.

Cetearyl Alcohol / Cetyl Stearyl Alcohol / Cetostearyl Alcohol 250 gram memiliki kandungan 50% C16 dan 50% C18. Kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 22.000.

Obat Jerawat

Sumber gambar www.lazada.co.id

Kulit yang mulus dan bebas jerawat membuat setiap wanita terlihat lebih cantik. Wardah Acne Treatment Gel. Mengandung salicylic acid yang berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo. Kandungannya juga dapat menghilangkan sel kulit mati serta mencegah adanya penyumbatan pori dari sebum atau minyak berlebih.

Menariknya, Wardah Acne Treatment Gel 15ml juga dilengkapi aloe vera dan allantoin untuk kesehatan kulit wajah. Kamu bisa mendapatakn produk ini di Lazada seharga Rp 19.900.

From our editorial team

Tampil Cantik ga Harus Mahal

Setelah membaca tips dan trik untuk facial di rumah, tentu kamu sudah menemukan bahwa sebenarnya untuk tampil cantik, menawan, dan memiliki kulit wajah yang bagus tidak harus selalu mahal. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang di rumahmu. Kuncinya adalah, kamu harus rajin saja.

Tag