Kenali 10 Kosmetik dari Bahan Nabati dan 3 Resep Masker yang Bisa Dibuat Sendiri

Kenali 10 Kosmetik dari Bahan Nabati dan 3 Resep Masker yang Bisa Dibuat Sendiri

Beragam kosmetik telah tersebar untuk menjanjikan kulit yang indah dan sehat. Namun, kulit yang sehat hanyalah bersumber dari perawatan yang menggunakan bahan dari alam seperti kosmetik nabati. Wanita masa kini lebih mempercayai kosmetik yang mengandung kimia karena menghasilkan cantik secara instan. Tanpa disadari kebiasaan tersebut akan sangat berbahaya jika menggunakannya dalam jangka panjang. Yuk, mulai sekarang rawat kulitmu dengan kosmetik nabati!

Apakah Bahan Nabati Itu?

Sumber gambar www.biosplendor.com

Kata ini mungkin pernah atau sering kamu dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kata “nabati” biasanya kurang populer dibandingkan dengan “natural” ketika disematkan pada kosmetik, padahal istilah ini mengacu pada arti bahan pangan yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayuran.

Bahan nabati seperti sayur dibedakan menurut bagian serta iklim tempatnya bertumbuh. Kamu mungkin sangat kenal dengan tanaman yang dibedakan dari akar seperti batang, umbi, daun, bunga, buah, serta biji yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Sementara jika ditilik dari tempat tumbuh, kamu akan mengenal kategorisasi sayur dan buah berdasar iklim tropis dan sub-tropis. Buah dan sayur yang berasal dari kedua iklim ini dapat kamu konsumsi atau berada di produk berbahan nabati yang beredar di pasaran.

Bahan Nabati sudah Lama Digunakan untuk Pembuatan Kosmetik

Sumber gambar www.naturesbeautymix.com

Khasiat buah dan sayuran sudah diakui baik bagi tubuh. Kebaikan-kebaikan sayuran dan buah ini menjadikannya menu tepat bagi mereka yang sedang diet atau melakukan detoksifikasi. Tidak heran jika kemudian sayur dan buah yang termasuk dalam bahan nabati ini difungsikan sebagai bahan dari kosmetik atau produk perawatan tubuh.

Sejak berabad-abad silam, nenek moyang sudah menggunakan berbagai jenis bahan nabati sebagai produk kecantikan alami. Bahan nabati memiliki beberapa kelebihan yakni minim iritasi dan cenderung cocok untuk berbagai jenis kulit bila digunakan secara tepat. Selain mudah diperoleh, khasiat bahan nabati untuk kecantikan sudah terbukti.

Bengkuang misalnya yang dipercaya dapat mencerahkan wajah, pisang untuk menghaluskan kulit wajah bahkan mampu menghilangkan bekas cacar atau jerawat, alpukat yang dapat melembapkan kulit, sampai lidah buaya yang bisa mendinginkan kulit serta mencegah rambut dari kerontokan.

Manfaat bahan nabati yang dimanfaatkan sejak dahulu ini pula yang kemudian membuatnya diadaptasi dengan teknologi modern. Maka, tidak heran jika bahan nabati menjadi primadona terutama mereka yang ingin terlihat cantik alami dan sehat.

Contoh Bahan-bahan Nabati yang sering Dibuat Menjadi Kosmetik

Ada beberapa bahan yang kerap kamu temukan dalam berbagai produk kecantikan di pasaran. Bahan-bahan ini cukup populer dan disukai karena memiliki khasiat yang terbukti bermanfaat.

Alpukat

Sumber gambar www.goodhousekeeping.com

Tak hanya lezat dan bisa diolah jadi jus yang segar, alpukat banyak dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan karena mengandung zat yang baik bagi kulit. Buah berkulit hijau ini memiliki vitamin E, vitamin C, dan juga antioksidan. Kandungan tersebut baik bagi kulit karena bisa melembapkan dan menjauhkannya dari dehidrasi.

Lemon

Sumber gambar food.ndtv.com

Segar saat dijadikan minuman, lemon juga punya segudang khasiat yang baik bagi kulit terutama untuk kamu yang cenderung memiliki kulit berminyak. Kandungan lemon bisa mencerahkan kuli serta menghilangkan jerawat, flek, dan bintik hitam di wajah. Kamu juga bisa menggunakan perasan air lemon sebagai penyegar wajah bahkan membersihkan serta menguatkan kuku.

Madu

Sumber gambar www.lazada.com.my

Rasa yang manis membuat madu disukai banyak orang, muda maupun tua. Tidak hanya lezat, khasiat madu juga bisa dimaksimalkan sebagai bahan perawatan kulit.

Madu dikenal memiliki segudang manfaat dan kamu bisa menggunakannya untuk membuat rambut cerah berkilau, mengenyahkan jerawat, sebagai pembersih wajah, juga mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Agar manfaat madu terasa maksimal, kamu bisa mengombinasikannya bersama bahan-bahan lain seperti putih telur, lemon, susu, kayu manis, gandum, zaitun, dan lain-lain. Kombinasi madu dan bahan-bahan lainnya bisa kamu sesuaikan dengan tipe dan masalah kulit yang sedang dihadapi.

Mawar

Sumber gambar www.financialexpress.com

Terkenal sebagai simbol cinta dan kasih sayang, bunga mawar memang memiliki popularitas karena bentuknya yang cantik serta wangi yang semerbak. Bunga satu ini juga kerap digunakan pada industri minyak wangi karena bisa memberi aroma lembut.

Selain wanginya, mawar juga dikenal bisa dijadikan penyegar wajah. Kamu bisa menggunakan air mawar sebagai relaksasi dengan menggunakan sekitar 1-7 tangkai mawar. Lepaskan kelopak dari tangkai kemudian rendam dalam air hangat. Setelah itu, masak dalam api sedang dan biarkan mendidih selama kurang lebih 20-30 menit sampai warna kelopak menjadi pucat.

Saring kelopak mawar dari air dan simpan air mawar dalam botol semprot. Kocok sebelum digunakan. Air mawar ini bisa dipakai bersama kapas untuk digunakan sebagai penyegar wajah juga setelah pemakaian masker.

Lidah Buaya

Sumber gambar dogsfirst.ie

Populer sebagai penguat rambut, lidah buaya kini juga digunakan dalam produk perawatan wajah. Tak heran karena bahan nabati satu ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin E dan A yang dapat mencerahkan wajah, mencegah kulit kering, serta mengobati jerawat.

Lidah buaya yang umumnya sudah berbentuk gel ini juga bisa digunakan sebagai pembersih tata rias bahkan berguna bagi kaum pria yang selesai bercukur. Kandungan pada lidah buaya baik untuk mengatasi iritasi dan membuat kulit tetap terasa nyaman.

Contoh Kosmetik dari Bahan Nabati

Tertarik menggunakan kosmetik berbahan nabati? Intip pilihan-pilihan kosmetik dari bahan nabati berikut ini.

Herborist Lulur Alpukat

Sumber gambar www.asmaraku.com

Selain dengan sabun mandi, kamu sebaiknya rutin mengangkat sel kulit mati pada tubuh menggunakan body scrub. Lakukan secara rutin setidaknya 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapat kulit yang lembap, halus, dan bersih. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih Herborist Lulur Alpukat.

Lulur ini memiliki ekstrak alpukat yang baik bagi kulit dan bisa menyamarkan bekas jerawat, flek hitam, mencerahkan kulit, dan melembapkannya. Bisa dipesan melalui situs asmaraku.com seharga Rp 14.700, lewat Tokopedia dengan harga Rp 14.000, atau melalui Bukalapak seharga Rp 16.000.

Mustika Ratu Masker Bengkoang

Sumber gambar www.pusatkosmetik.com

Punya kulit wajah cerah dan halus tentunya jadi dambaan wanita. Selain menggunakan pelembap wajah yang aman dan tepat, kamu juga bisa merawatnya dengan rutin menggunakan masker wajah. Masker dapat membantu kulit lebih kencang, cerah, dan bebas noda.

Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Mustika Ratu Masker Bengkoang. Mengandung bengkuang yang khasiatnya telah dipercaya sejak lama, masker ini mudah digunakan. Diperkaya dengan akar manis dan vitamin C, masker ini bisa kamu dapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak dengan harga Rp 30.000.

Pembersih Wajah Mentimun

Sumber gambar review.femaledaily.com

Tidak hanya tubuh yang bisa merasa lelah, wajah kamu pun tak terhindar dari stres jika tidak ditangani dengan benar. Debu, kotoran serta polusi dapat membuat kulit kamu terasa capek dan akibatnya terlihat kusam serta lesu.

Untuk menyegarkannya, kamu bisa menggunakan mentimun yang saat ini telah tersedia produk praktisnya seperti Mustika Ratu Pembersih Wajah Mentimun yang dibanderol seharga Rp 16.000 di Tokopedia.

Viva Masker Bengkuang

Sumber gambar www.gogobli.com

Satu lagi masker bengkuang yang kali ini berasal dari brand Viva. Harganya memang murah tapi kamu bisa memaksimalkan khasiat dari bengkuang buat kecantikan wajah. Mengandung kebaikan bengkuang, masker ini bisa membantu kulit terbebas dari sel kulit mati, terlihat lebih cerah, dan terasa kencang.

Viva Masker Bengkuang berbentuk bubuk, jadi kamu perlu mencampurnya dengan Viva Air Mawar. Aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering sekitar 10-15 menit sambil merasakan relaksasi, kemudian bilas dengan air hangat. Akhiri dengan memakai penyegar wajah dan lakukan secara rutin setiap dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Viva Masker Bengkuang bisa diperoleh melalui Tokopedia seharga Rp 6.500 atau melalui situs resmi Viva Cosmetic dengan harga Rp 5.700.

Wardah Aloe Vera Gel

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kulit yang kekurangan cairan bisa tampak kering dan kusam. Akibatnya, wajah kamu dapat terlihat lesu bahkan lebih tua daripada umur sebenarnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mehidrasi kulit muka dengan menggunakan Wardah Aloe Vera Gel.

Mengandung aloe vera yang dapat mendinginkan kulit, gel ini juga bisa kamu gunakan untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan segar. Bekerja sebagai anti-iritasi dengan formula unik dan ringan, gel ini bisa kamu aplikasikan setelah beraktivitas di luar ruangan seharian. Bisa diperoleh melalui Tokopedia seharga Rp 60.000.

Innisfree Green Tea Seed Serum

Sumber gambar www.innisfree.com

Produk asal Korea Selatan ini sedang digandrungi karena digadang-gadang mengandung segala kebaikan bahan natural pilihan yang berasal dari Pulau Jeju.

Salah satu produk yang populer adalah Innisfree Green Tea Seed Serum. Memiliki packaging yang segar dengan dominasi warna hijau, produk ini mengandung kebaikan teh hijau yang kaya manfaat. Serum ini berfungsi untuk melembapkan kulit dan menghidrasinya sehingga terasa segar dan sehat.

Dapat digunakan setelah membersihkan wajah, produk ini bisa diperoleh melalui situs resmi Innisfree seharga Rp 370.000 dan situs happybeauty.co.id dengan harga Rp 359.000 untuk ukuran 80 mililiter. Bisa juga dipesan lewat Tokopedia seharga Rp 270.000 atau Lazada dengan harga Rp 358.000.

Cream BDL Papaya

Sumber gambar www.blibli.com

Selain untuk diet, buah pepaya juga mengandung manfaat yang bisa mencerahkan kulit wajah. Tidak heran jika kemudian beberapa produsen produk kecantikan dan perawatan kulit memanfaatkan kandungan dari buah pepaya ini.

Salah satunya adalah Cream BDL Papaya.Mengandung ekstrak pepaya, krim ini juga diperkaya dengan vitamin C serta antioksidan yang bisa membuat wajah terlihat lebih cerah dan bebas noda. Tersedia di
Lazada dengan harga Rp 43.500 untuk krim siang dan malam serta Rp 19.999 di Tokopedia untuk pembelian krim malam saja.

Korres Pure Greek Olive Oil & Honey Bar

Sumber gambar www.hsn.com

Bagi kamu yang punya kulit kering, sebaiknya cermat saat memilih sabun mandi. Sabun dengan bahan yang kurang melembapkan bisa membuat kulit kamu terasa kasar bahkan terlihat bersisik. Pilihlah sabun dengan bahan alami seperti madu atau zaitun yang dapat melembapkan kulit.

Salah satu yang bisa dijadikan alternatif adalah Honey Body Soap.Mengandung minyak zaitun dengan aroma madu yang dikombinasikan bersama peony, sabun ini cocok untuk semua jenis kulit, bebas dari silikon dan paraben. Bisa dibeli melalui situs bathandunwind.com seharga Rp 144.390.

Garnier Light Complete White Speed Whitening Serum Cream

Sumber gambar shopee.co.id

Meski ingin cepat memiliki muka yang cerah dan putih, sebaiknya kamu tidak gegabah dalam memilih produk kecantikan wajah. Jangan tergiur dengan harga murah apalagi sampai membeli produk yang belum jelas kandungan bahkan tidak mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pilihlah produk yang aman seperti Garnier Light Complete White Speed Whitening Serum Cream. Membantu kulit terlihat lebih cerah, bebas jerawat dan minyak berlebih, serta mengenyahkan kusam, produk ini diperkaya dengan pure lemon essence, UVA/UVB filter, dan salicylid acid devirate. Formulanya ringan dan cepat menyerap di kulit sehingga cocok digunakan sehari-hari. Bisa dipesan melalui Tokopedia seharga Rp 32.000.

Sariayu Masker Ketan Hitam

Sumber gambar moeslema.com

Kalau kamu mengenal ketan hitam sebagai makanan yang lezat, ternyata kandungannya kini juga dimanfaatkan sebagai masker. Diperkaya dengan ekstrak kemuning, vitamin E, madu, ketan hitam, serta minyak sereh, Sariayu Masker Ketan Hitam ini bisa membantu merawat keremajaan kulit wajah serta mengecilkan pori-pori.

Cukup dicampur dengan air bersih hingga berbentuk pasta kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin sesuai anjuran agar bisa mendapat hasil maksimal. Masker unik ini bisa diperoleh melalui Lazada seharga Rp 25.000.

Hobi DIY? Coba, Yuk, Resep Masker dari Bahan Nabati Ini

Kalau punya waktu luang, tidak ada salahnya jika kamu coba untuk membuat produk kecantikan seperti masker atau lulur sendiri di rumah. Selain hemat, bahan-bahannya mudah didapat dan tidak sulit dibuat dengan resep berikut ini.

Masker Tepung Beras

Sumber gambar www.merdeka.com

Punya tepung beras di rumah? Tidak hanya bisa diolah menjadi kudapan nikmat, tepung beras juga bisa kamu pakai untuk membuat masker wajah. Kandungan dalam tepung beras diyakini bisa membuat wajah terlihat bersih dan cerah. Kamu juga bisa mengombinasikannya bersama bahan-bahan lain agar mendapat hasil yang optimal.

Untuk membuat kulit lebih cerah dan bebas dari jerawat, kamu bisa memadukan kebaikan tepung beras dengan kunyit dan lemon. Caranya mudah dengan menyiapkan sekitar 4 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan kunyit bubuk, serta 3 sendok jus lemon segar.

Campur semua bahan hingga memiliki tekstur pasta yang bisa dioleskan ke wajah lalu pijat lembut dalam gerakan melingkar. Jika wajah kamu sedang berjerawat, sebaiknya tidak menggosok atau memijat terlalu keras. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Lulur Gula dan Minyak Zaitun

Sumber gambar desakabut.com

Minyak zaitun dikenal memiliki segudang manfaat. Tak hanya untuk kesehatan, khasiat zaitun dipercaya bisa melembapkan serta menghaluskan kulit. Selain untuk wajah, kamu juga bisa mengaplikasikan zaitun sebagai lulur dengan memadukannya bersama gula.

Caranya mudah, cukup siapkan sekitar 4 sendok makan gula pasir dan campur dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Pilih minyak zaitun murni berkualitas baik agar khasiatnya bisa terasa maksimal. Setelah tercampur rata, basahi tubuh terlebih dahulu kemudian oleskan lulur di seluruh bagian badan. Gosok perlahan kemudian bilas tubuh dengan air bersih dan keringkan.

Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut

Sumber gambar www.stylecraze.com

Rambut terasa kasar, kaku, rontok, atau patah? Kamu bisa manfaatkan lidah buaya sebagai perawatan alami untuk mengembalikan kilau dan kekuatan rambut. Caranya sangat mudah. Untuk merawat rambut agar terhindar dari rontok, kamu bisa menggunakannya dengan mencampur lendir lidah buaya bersama sampo saat keramas.

Maksimalkan dengan menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner. Peras lidah buaya dan gunakan airnya untuk melapisi rambut selama kurang lebih 5-10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut kering dengan mengoleskan gel atau jus lidah buaya dan mendiamkannya selama 15 menit sampai meresap kemudian cuci rambut dengan sampo.

From our editorial team

Kosmetik Berbahan Nabati sudah Pasti Aman bagi Kulit

Tak hanya merawat kulit wajah, kosmetik berbahan nabati diyakini sangat aman bagi kulit. Apalagi jika kulit kamu termasuk ke dalam kategori kulit sensitif terhadap bahan kimia, kosmetik nabati ini sangat cocok untuk melengkapi perawatanmu. Perlu diingat bahwa kosmetik nabati tidak bisa memberikan hasil yang instan. Kamu harus sabar mendapatkan hasil yang maksimal, karena kosmetik yang instan sudah pasti mengandung zat kimia yang berbahaya.