9 Jenis Bedak dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

9 Jenis Bedak dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Bedak apa yang ada di meja rias Anda? Bedak tabur? Bedak padat? Ternyata bedak tak hanya kedua jenis bedak itu saja. Ketahui jenis-jenis bedak dan manfaatnya untuk Anda.

Umumnya, wanita paling perhatian tentang penampilan. Nah, bicara tentang penampilan, maka tidak bisa dilepaskan dari kosmetik berupa bedak. Sebagai penunjang penampilan wajah, bedak menjadi salah satu jenis perlengkapan kosmetik yang tidak bisa luput dari laci meja rias atau tas wanita.

Di berbagai kesempatan, bedak akan menjadi senjata andalan. Hampir setiap saat, wanita akan mengandalkan bedak untuk menutupi kekurangan wajah atau menyempurnakan riasan. Segala masalah kulit wajah seketika akan “lenyap” tertutupi oleh permukaan lapisan bedak yang tepat dengan jenis warna kulit Anda.

Di pasaran saat ini, ada beragam jenis bedak yang memiliki fungsi atau kegunaan berbeda-beda. Tergantung apa jenis wajah Anda, pilihlah jenis bedak dan kegunaannya secara tepat. Bila tidak, maka kondisi kulit wajah Anda yang akan dipertaruhkan.

Pemilihan jenis bedak yang salah bisa menyebabkan timbulnya jerawat, wajah berminyak atau kering, bahkan reaksi alergi kulit. Nah, agar bisa menyesuaikan jenis bedak dan kegunaannya, mari kita cek beragam tipe bedak berikut yuk:

Bedak Tabur (Loose Powder)

Sebagai jenis bedak yang mudah dijumpai dan paling sering dipakai, bedak tabur atau loose powder merupakan bedak favorit kaum hawa. Tekstur bedak ini ringan dan dipakai setelah menggunakan pelembap dan alas bedak terlebih dahulu.

Karena formulanya yang ringan, bedak tabur dapat dipakai untuk semua tipe kulit. Baik itu kering, berminyak, atau sensitif. Terutama jika kulit wajah mudah berminyak, sebaiknya pilihlah jenis bedak tabur ini untuk menyerap minyak berlebih dan tidak membuat wajah seperti memakai topeng.

Sayangnya, karena bentuknya seperti bubuk, maka bila wadahnya tidak ditutup dengan rapat akan mudah tercecer dan tumpah.

Untuk mendapatkan kegunaan bedak tabur yang optimal, pilih warna bedak tabur yang satu tingkat di atas tone kulit Anda. Lalu, aplikasikan dengan kuas atau spons bedak pada bagian wajah seperti hidung, dagu, dan dahi.

Usahakan untuk menghindari memakai bedak tabur di area tepi wajah karena akan terlihat seperti topeng yang tebal dan kurang alami. Tepuk-tepuk wajah dengan spons untuk menyerap serbuk berlebih dan agar bedak tampak lebih merata di kulit.

Bedak Padat (Compact Powder)

Jika kebanyakan wanita mengeluh bedak tabur mudah berceceran atau tumpah, maka gunakan bedak padat sebagai solusinya. Sering disebut juga dengan compact powder, bedak ini memiliki bentuk yang padat, lebih praktis dimasukkan ke dalam tas, dan antitumpah. Penggunaannya juga setelah memakai alas bedak atau pelembap.

Tekstur bedak padat lebih rapat sehingga lebih mudah diaplikasikan pada permukaan kulit wajah untuk menutup pori-pori secara merata. Tak hanya itu, bedak padat juga lebih bertahan lama karena tidak mudah terbawa angin.

Hanya saja, karena menempel erat pada lapisan kulit wajah, segera bersihkan wajah usai memakai make up sebelum beranjak tidur. Bisa memakai sabun cuci muka atau cairan remover make up. Hal ini untuk mencegah munculnya jerawat dan masalah kulit wajah.

Selain itu, pastikan untuk menghindari menggunakan bedak padat ketika wajah berminyak atau berkeringat karena hasilnya akan mirip seperti topeng.

Bedak padat ideal bagi pemilik kulit kering. Pilih jenis formula bebas minyak (oil free) bagi pemilik kulit cenderung berminyak.

Bedak Two Way Cake

Di masa kini, wanita umumnya senang dengan yang serba praktis dan instan. Termasuk bedak untuk menambah kecantikan. Nah, bedak two way cake hadir menjawab permasalahan lamanya waktu berdandan.

Dengan mengaplikasikan bedak two way cake, maka Anda tidak perlu repot atau menghabiskan waktu untuk memulas alas bedak. Pasalnya, dalam bedak ini sudah mengandung alas bedak sekaligus. Oleh karena itu, formula bedak two way cake cukup berat dan bisa membuat kulit jadi berminyak.

Namun, bedak ini memiliki kelebihan yaitu bisa menempel dalam waktu yang lama, sehingga cocok sekali untuk dipakai saat acara pesta pernikahan atau acara resmi yang membutuhkan make up tebal. Jadi, sudah jelas sekali kalau make up ini tidak cocok untuk riasan sehari-hari.

Bedak Glitter atau Shimmering Powder

Efek berkilau yang didapat dari bedak bertekstur seperti serbuk ini cocok dipakai untuk acara-acara tertentu yang glamor atau bertema kostum tertentu.

Selain untuk wajah, bedak glitter juga dapat dipakai untuk keperluan menampilkan kulit yang tampak lebih eksotis dan bercahaya. Misalnya saat memakai little black dress untuk pesta makan malam, taburkan bedak glitter pada area punggung, bahu, atau sekitar leher.

Biasanya, bedak glitter dikenakan oleh para artis atau penampil yang harus tampil di panggung dan tersorot cahaya lampu untuk memperlihatkan kesan dramatis dan berkesan glamor.

Bedak Meteorite

Mungkin tidak terlalu banyak orang yang menggunakan bedak meteorit. Namun, para make up artist kerap menggunakan bedak yang berbentuk bulat kecil beraneka warna ini untuk sentuhan akhir make up.

Jadi, setelah riasan selesai, bedak meteorite akan dipulaskan agar wajah tampak lebih berseri-seri bersemu warna peach. Biasanya, kuas besar akan disapukan pada bulatan-bulatan bedak meteorit. Kemudian, dipulaskan ke bagian dahi, dagu, dan pipi sehingga wajah tampak berbinar dan segar.

Bedak Cair (Liquid Powder)

Untuk jenis make up panggung, bedak cair kerap dipakai karena lebih praktis dan cepat menutupi kekurangan pada wajah. Seperti bekas bopeng jerawat, flek hitam, lingkaran hitam di bawah mata, dan lain-lain.

Bedak cair mudah menempel dan memiliki warna yang dapat disesuaikan warna kulit. Agar tampak rapi dan merata, sebaiknya aplikasikan bedak cair memakai kuas atau spons.

Finishing Powder

Sesuai namanya, bedak ini memang digunakan untuk menyempurnakan riasan di akhir pengaplikasian. Agar riasan lebih rata dan halus, kuas besar akan disapukan pada finishing powder dan dipulaskan ke bagian wajah.

Sebaiknya bedak ini tidak dipakai untuk penggunaan kosmetik sehari-hari karena formulanya cukup berat. Hanya digunakan untuk teknik contouring dalam pemotretan atau make up pertunjukan.

Bedak Translucent

Formula ringan dan tekstur berbentuk serbuk, membuat bedak translucent cocok untuk semua jenis kulit. Bedak ini dipakai untuk touch up atau mengaplikasikan ulang bedak setelah jeda beberapa jam.

Mineral Powder

Mengandung bahan mineral atau air, tekstur mineral powder yang halus cocok untuk jenis kulit sensitif yang menghindari iritasi. Formulanya juga ringan sehingga memungkinkan kulit untuk “bernapas” .

Tips Memilih dan Memakai Bedak yang Ideal

Sesuai warna kulit dan kebutuhan, sebaiknya pilihlah jenis bedak yang dapat menutup lapisan kulit wajah secara sempurna. Bedak apa pun yang dipilih, maka harus diaplikasikan secara tipis dan merata agar hasilnya maksimal. Sebaliknya, jika bedak terlalu tebal atau kurang merata, wajah akan terlihat menor dan tampak aneh. Selamat berdandan!

From our editorial team

Pilihlah Bedak Sesuai Kegiatan

Nah, sekarang Anda sudah tahu jenis-jenis bedak berdasarkan fungsinya. Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan bedak sesuai dengan jenis kegiatan atau acara yang diikuti. Jangan sampai Anda menggunakan bedak yang salah sehingga wajah menjadi lelah atau bermasalah karena memakai bedak yang tidak tepat.

Tag