Ngemil di Rumah dengan Baso Aci Rekomendasi BP-Guide yuk! (2020)

Ngemil di Rumah dengan Baso Aci Rekomendasi BP-Guide yuk! (2020)

Baso aci menjadi salah satu jajanan populer pecinta makanan pedas. Kamu bisa beli secara online untuk camilan selama berada di rumah saja. Yuk, intip berbagai produk rekomendasinya dari kami!

Baso Aci, Kuliner Garut yang Bikin Nagih

Kalau mendengar kata Garut, dulu kita pasti teringat akan 'dodol'-nya. Namun, sekarang kalau menyebut Garut, beberapa dari kita pasti teringat akan baso aci. Ya, tak salah memang karena sejak 2018-an lalu, baso aci mulai mencuri perhatian sebagai kuliner asli dari Garut.

Secara penampilan, baso aci mirip dengan cilok, cimol, dan berbagai makanan lain yang berbahan dari aci. Namun, bedanya adalah baso aci dihidangkan dengan kuah pedas. Baso aci pembuatannya didominasi tepung, bisa tepung tapioka atau tepung kanji. Selanjutnya, tepung akan dicampur dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang, garam, dan lainnya. Ada sensasi beda saat kita menyantap semangkuk baso aci. Rasa pedasnya yang nendang membuat baso aci jadi kuliner favorit orang Indonesia yang pada dasarnya memang gemar masakan pedas.

Makanan ini cocok dinikmati ketika cuaca sedang hujan karena memiliki kuah hangat dan pedas. Semangkuk baso aci juga cocok untuk disajikan kala cuaca panas karena bisa bikin kita makin bersemangat. Isian dalam semangkuknya, selain ada baso aci juga ada cuanki, ceker ayam, dan sukro. Bisa juga ditambah daging tetelan sapi dan cuanki tahu. Uniknya ada juga rasa sedikit segar asam pada kuliner ini karena memang ditambahkan perasan jeruk limau. Kombinasi rasa pedas, panas, dan asam segar bikin kita meneteskan liur saat mencium aroma dan ingin segera mencicipi rasanya.

Baso Aci juga Kaya Gizi

Pecinta baso aci patut senang hati nih. Dalam semangkuk baso aci ada kandungan gizinya juga, loh. Jadi jangan khawatir saat menyantapnya. Asalkan kamu mengonsumsinya dalam porsi sewajarnya, tentu saja baso aci tak akan membahayakan kesehatan kamu.

Baso aci pada dasarnya terbuat dari tepung tapioka yang notabene berbahan singkong. Ini membuat baso aci memiliki kandungan kalori yang cukup besar. Dengan tingginya kandungan kalori tersebut, maka kamu bisa menjadikan baso aci sebagai pengganti nasi, mi, dan lainnya untuk menjadi sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.

Dalam semangkuk baso aci kaya akan zat besi dan kalsium. Baso aci juga mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Baso aci juga bisa meminimalkan risiko gangguan pencernaan. Ini karena dalam baso aci ada mikronutrien yang dibutuhkan. Beberapa mikronutrien tersebut adalah, serat, asam folat, selenium, dan vitamin B.

Dengan mengonsumsi semangkok baso aci, kamu bisa terhindar dari risiko gangguan pencernaan seperti, kanker usus besar, kembung, dan konstipasi. Dalam tepung tapioka yang dipakai membuat baso aci mengandung kalium yang bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah stres pada pembuluh darah. Dalam tepung tapioka juga ada zat besi yang mendukung proses produksi darah dalam tubuh. Nah, semua manfaat tersebut bisa kamu peroleh asalkan kamu tak berlebihan mengonsumsi baso aci ya!

Mau Coba Bikin Baso Aci Sendiri? Ikuti Resep Berikut!

Sumber gambar www.fimela.com

Penasaran dengan rasa baso aci? Kamu malas keluar rumah karena sedang kondisi PSBB? Tenang saja, kamu bisa kok bikin baso aci sendiri di rumah. Kamu tinggal sediakan berbagai bahannya dan ikuti instruksi di bawah ini. Cara membuatnya mudah, kamu bisa bikin sebanyak yang kamu mau dan disesuaikan dengan jumlah orang di rumah.

    Bahan:

  • 500 gram tepung tapioka
  • 500 ml air
  • 250 gram tepung terigu
  • jeruk nipis dan pilus
  • 5 siung bawang putih

    Bahan kuah:

  • 1 buah cabai merah
  • 2 liter air
  • 2 siung bawang putih
  • garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 5 butir bawang merah

    Cara Membuat:

  • Awali memasak dengan menghaluskan bawang putih lalu campur dengan 500 ml air dan didihkan.
  • Ambil wadah lain lalu campur tepung tapioka dan tepung terigu.
  • Masukkan air bawang yang sudah didihkan ke dalam campuran tepung dan uleni sampai kalis.
  • Bentuk adonan jadi bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera.
  • Didihkan air dan masukkan bulatan baso aci lalu rebus sampai mengapung.
  • Angkat dan sisihkan jika sudah matang.
  • Panaskan kukusan lalu kukus baso aci selama 15 menit.
  • Untuk kuahnya, kamu bisa mulai dengan menghaluskan cabai dan bawang.
  • Tumis bawang dan cabai lalu masukkan garam dan penyedap rasa.
  • Masukkan sedikit air lalu masak sampai mendidih.
  • Ambil mangkuk lalu tata baso aci dan siram dengan kuah.
  • Kamu bisa menambahkan irisan jeruk nipis dan pilus sebagai taburan.

Rekomendasi Baso Aci Enak di Jakarta

Baso Aci Juara

Sumber gambar www.knginfo.com

Kamu yang berdomisili di Jakarta bisa mencoba baso aci yang sudah memiliki nama besar. Salah satunya adalah Baso Aci Juara. Dengan konsep juara nikmatnya dan juara pedasnya, Baso Aci Juara sukses membuka 30 cabang aktif tersebar di 7 provinsi dan 17 kota di Indonesia. Di Jakarta sendiri, Baso Aci Juara bisa ditemukan di Jl. Tanjung Duren Raya No. 47B.

Bicara soal menu, ada variasi menu yang bisa kamu coba. Ada paket Juara 1, 2 dan 3 dalam kisaran harga Rp 19.000 sampai Rp 27.000. Salah satu contoh isian menunya adalah paket Juara 3. Isiannya berupa 6 bakso aci, tiktuk, cuanki lidah, somay kering, dan batagor mini. Kalau belum puas, kamu bisa menambahkan topping tulang muda atau ceker juga loh. Untuk menikmatinya, jangan lupa menambahkan perasan jeruk limau dan sambal.

Baso Aci Mantan

Sumber gambar www.traveloka.com

Berikutnya, ada Baso Aci Mantan yang wajib kamu coba. Baso Aci yang satu ini lokasinya ada di Jalan Sumur Batu No. 14, Kemayoran, Jakarta Pusat. Hebatnya, bakso aci ini sudah sukses berekspansi hingga Sumatera loh. Baso Aci Mantan memiliki keunikan dari baso aci lainnya, terutama dari segi menunya.

Baso Aci Mantan didirikan oleh Enoretra yang sadar bahwa rasa masakan yang enak saja tak cukup. Ia mengembangkan bisnis baso acinya dengan strategi marketing juga. Dengan media sosial dan kemampuan fotografinya, ia mulai mendirikan Baso Aci Mantan pada 2018 lalu.

Selain dijual secara langsung di kedai, Baso Aci Mantan juga bisa dibeli secara online lewat e-commerce dan juga berbagai media sosial.

Bicara soal rasa baso acinya, memang benar-benar spesial. Kamu bisa mencoba varian baso aci dengan isian beragam. Ada menu Mantan Pertama, Mantan Kedua, dan Mantan Ketiga. Uniknya, ada juga Mantan Salmon, Mantan Indomie, dan Mantan Cheese. Kamu bisa menambah topping seperti cuanki lidah, sukro cikur, dumpling cheese, hingga bakso salmon.

Baso Aci Cuanki Kang Hanafi

Sumber gambar www.youtube.com

Terakhir ada Baso Aci Cuanki Kang Hanafi yang bisa kamu coba. Lokasinya ada di Jalan Bangun Cipta Sarana No. 3A, Kelapa Gading, Jakarta. Produk ini hadir dengan pilihan menu yang sangat beragam. Untuk masalah harga juga beragam mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 18.000.

Isian dari Baso Aci Cuanki Kang Hanafi juga terbilang lengkap. Ada isi tiktuk, cuanki lidah, tahu cuanki, ceker dan tulang. Ada juga isian baso, tahu cuanki, cuanki lidah, ceker, kacang sukro, dan lainnya. Rasa kuahnya hangat dan pedas menggoda.

Baso Aci Berikut Dijamin Bikin Kamu Nambah Terus!

BASO ACI BAPPER TULANG RANGU

BASO ACI BAPPER TULANG RANGU merupakan salah satu baso aci yang bisa kamu nikmati di rumah. Baso aci instan ini siap diolah dengan mudah di rumah. Kamu bisa menyantapnya kapan saja kamu ingin masakan pedas nendang yang nikmat. Baso ini hadir dengan tulang rangu dan bumbu lengkap tinggal seduh. Baso terbuat dari daging sapi, tepung, dan aneka bumbu. Produk dibuat tanpa bahan pengawet sehingga hanya bisa tahan selama 1 bulan. Baso aci ini bisa tahan 3 hari dalam suhu ruang dan tahan 2 minggu pada suhu kulkas. Dalam sepaket baso aci ada 18 baso aci, siomay, sukro, bawang goreng, bumbu, cabai bubuk, dan jeruk nipis.

Harga Rp. 25.000-30.000

Baso Aci 69 Tulang Rangu

Baso Aci 69 Tulang Rangu juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini pasti bisa bikin kamu ketagihan. Baso aci ini memiliki rasa kenyal yang nikmat. Isian tulang rangunya juga mantap dengan aroma yang menggoda. Dalam sepaketnya berisi 12 baso aci, 3 batagor kering, sukro, bumbu asin, jeruk limau, dan bawang goreng. Ada juga saos, kecap, dan cabai bubuk. Produk ini cocok dikonsumsi saat hujan turun. Baso aci yang satu ini akan bikin kamu yang penggemar pedas jadi sangat terpuaskan.

Harga Rp. 17.000-20.000

Baso Aci Boci Mantap Jiwa Garut

Kamu juga bisa menikmati Baso Aci Boci Mantap Jiwa Garut. Produk yang satu ini cocok utnk jadi pengganjal lapar saat siang. Baso aci ini memiliki rasa yang enak dengan kuah yang aromanya menggoda. Baso aci ini dalam satu porsinya terdiri dari 3 boci jando, 3 boci ayam, 4 boci polos, cuankie lidah, dan cuankie tahu. Ada juga sukro, bumbu, minyak bawang, jeruk limau, dan cabai di dalamnya. Cara mengolahnya mudah, cukup rebus baso dan tahu hingga matang. Campur dengan bumbu dan topping lainnya dan siap dikonsumsi.

Harga Rp. 16.000-23.000

Boci TERCIDUK Baso aci instan Napisah

Boci TERCIDUK Baso aci instan Napisahda ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini banyak diandalkan karena rasanya yang lezat. Baso aci ini mudah untuk disajikan karena tinggal direbus saja. Produk bisa dinikmati kapan saja kamu butuh makanan pedas yang enak. Ada 4 varian baso aci yang bisa kamu pilih, dari baciduk biasa, bacitul, seblak, dan tek-tek geprek. Produk ini bisa tahan di suhu ruang sekitar 5 hari. Baso aci ini terbuat dari tepung tapioka yang diracik dengan rempah tradisional resep rahasia dapur Ibu Siti Napisah. Produk sudah memiliki logo halal dari MUI. Dalam satu paketnya ada 4 baso aci, 3 siomay, 3 tahu, sebungkus pilus, dan bumbu rahasia.

Harga Rp. 17.000-20.000

Baso Aci Kribo

Baso Aci Kribo merupakan produk selanjutnya yang bisa diandalkan. Produk yang satu ini terbuat dari daging sapi segar, daging ayam, dan tulang rawan sapi. Dalam satu kemasan, baso aci ini berisi 6 baso aci, 2 batagor, 2 cuanki lidah, sebungkus pilus, dan bumbu khas dari aci kribo. Ada juga minyak bawang, cabai bubuk, bawang goreng, dan jeruk limau dalam paketnya. Produk ini hanya tahan 7 hari di suhu ruang. Sebaiknya segera simpan di kulkas saat sudah sampai supaya lebih awet.

Harga Rp. 13.000-18.000

Baso Aci Geprek Tulang Rangu Sami Raos

Baso Aci Geprek Tulang Rangu Sami Raos adalah produk yang bisa kamu andalkan. Baso aci ini cocok untuk yang pecinta pedas. Baso ini sudha meiliki label sertifikat halal. Produk ini terbuat dari tepung tapioka, daging sapi, tulang lunak sapi, bawang, penyedap, dan bumbu rempah. Baso aci ini mudah disajikan, cukup rebus selama 10 menit lalu campur dengan bumbu dan siap disajikan. Dalam satu paket berisi 12 baso aci, bumbu geprek, sukro, siomay, tahu, penyedap, dan jeruk limau.

Harga Rp. 17.000-20.000

BASO ACI SEUHAH

BASO ACI SEUHAH adalah produk yang bisa kamu lirik selanjutnya. Produk ini dihadirkan oleh Jajanan Mojang Bandung. Makanan yang satu ini sangat nagih dan cocok disajikan kala musim hujan. Produk ini memiliki rasa pedas, asam, dan gurih. Aroma rempahnya sangat menggoda untuk segera dicicipi. Produk ini berisi baso aci, siomay, tahu cuanki, tahu geboy, pilus, bubuk cabai, dan jeruk.

Harga Rp. 5.000-7.500

Baso Aci Tulang Rangu Uril

Baso Aci Tulang Rangu Uril merupakan produk selanjutnya untuk kamu cicipi. Baso aci yang satu ini isiannya sangat banyak. Dalam satu paket, kamu akan mendapatkan 9 baso uril, 6 baso aci jando, 3 baso aci pedas, kerupuk, dan bumbu khas. Dijamin rasanya nendang dan bikin ketagihan. Kamu bisa mengonsumsinya bersama teman dan saudara ya.

Harga Rp. 10.000-15.000

Baso Aci Sehot

Baso Aci Sehot tentu bisa kamu lirik jadi pilihan. Baso aci yang satu ini terkenal memiliki kuah gurih pedas yang nikmat. Topingnya banyak dan pastinya sangat memuaskan. Dalam satu paket berisi 7 baso aci jando, 2 baso aci polos, 2 cuanki lidah, 2 batagor, pilus, jeruk, bawang goreng, dan penyedap rasa. Kamu pecinta pedas wajib mencicipinya karena rasanya luar biasa. Produk ini memakai cabai kualitas premium sehingga lebih terasa.

Harga Rp. 11.000-15.000

Baso Aci Hijrah

Baso Aci Hijrah juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini lengkap dan pastinya bikin nagih rasanya. Dalam satu paket ada baso aci ayam, baso aci tetelan, sukro, cuanki lidah, dan cuanki tahu. Kamu juga akan mendapatkan minyak bawang, bubuk cabai, bumbu, dan jeruk limau. Nikmati pedas dan segarnya bersama keluarga dan teman.

Harga Rp. 14.000-25.000
From our editorial team

Baso Aci Aman Dikonsumsi Asal Tak Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang kurang bagus untuk dikonsumsi. Baso aci juga akan membuat sakit perut, diare, dan lainnya jika kamu mengonsumsinya terlalu sering. Sebaiknya, batasi konsumsinya dan konsumsilah dalam rasa pedas yang sewajarnya. Setiap orang memiliki level kepedasan tertentu. Konsumsilah baso aci dalam level kepedasan yang aman menurutmu. Ini akan menurunkan risiko sakit perut usai memakannya.