10 Rekomendasi Matras Yoga dengan Harga Terjangkau untuk Mendukung Hidup Sehat (2022)

10 Rekomendasi Matras Yoga dengan Harga Terjangkau untuk Mendukung Hidup Sehat (2022)

Matras yoga adalah salah satu perlengkapan latihan yang dibutuhkan bagi para penggemar olahraga yoga. Tak harus mahal, kini banyak produk matras yoga berkualitas yang dibanderol dengan harga terjangkau. Berikut adalah 10 rekomendasinya yang bisa Anda pilih untuk mendukung hidup sehat.

Matras Yoga Berkualitas untuk Keamanan dan Kenyamanan Latihan

Yoga adalah salah satu kegiatan olahraga yang kini banyak digandrungi, terutama bagi para kaum hawa. Alih-alih beraktivitas berat, yoga lebih berfokus pada kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Agar dapat menopang tubuh saat bergerak dengan aman dan nyaman, Anda membutuhkan matras yoga yang berkualitas.

Berbicara mengenai matras yoga, ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi agar latihan menjadi lebih aman dan nyaman. Salah satu kriteria utamanya adalah anti slip dan memiliki grip yang kuat, sehingga penggunanya tidak mudah tergelincir. Matras yoga sebaiknya juga memiliki stabilitas, portabilitas, dan bantalan yang baik.

4 Macam Material Matras Yoga

Nitrile Butadiene Rubber (NBR)

Sumber gambar www.chopni.com

Nitrile Butadiene Rubber (NBR) adalah salah satu material yang kerap digunakan dalam pembuatan matras yoga. Bahan ini merupakan jenis karet yang diproduksi dengan polimerisasi emulsi bersuhu rendah. Keunggulan dari bahan ini adalah memiliki ketahanan terhadap gesekan yang tinggi, tingkat adhesi yang kuat, serta tahan pada suhu panas. Ketebalannya yang memadai membuatnya cocok untuk pengguna yang memiliki riwayat sakit sendi atau tulang ekor.

Meski memiliki ketebalan yang cukup, matras yoga berbahan NBR umumnya memiliki daya tahan yang rendah. Bahan NBR tidak tahan terhadap suhu dingin dan memiliki elastisitas rendah. Matras yoga berbahan NBR memiliki harga yang terjangkau, sehingga cocok untuk para pemula yang tertarik melakukan latihan yoga statis di rumah. Bahan ini juga ringan sehingga mudah disimpan dan dibawa.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Sumber gambar indonesian.alibaba.com

Material matras yoga berikutnya adalah Polyvinyl Chloride (PVC). Matras ini adalah jenis matras yang paling banyak diminati, sebab harganya terjangkau. Dibuat dari bahan resin dan fiber dengan dot-dot yang timbul, membuatnya memiliki grip dan cushioning yang baik. Keunggulan lain dari matras ini adalah tahan lama dan bobotnya yang ringan, sehingga mudah dibawa bepergian.

Bagian atas matras yang digunakan sebagai tumpuan memiliki sifat non-absorbent, yang memungkinkannya menjadi licin apabila terkena keringat. Matras PVC juga memiliki karakter mempertahankan keringat dan minyak. Hal ini membuatnya dapat menghasilkan bakteri dan tidak dapat didegradasi secara alami.

Thermoplastic Elastomer (TPE)

Sumber gambar indonesian.alibaba.com

Bahan berikutnya yang sering dijadikan pilihan untuk matras yoga adalah Thermoplastic Elastomer (TPE). Material ini terbuat dari kombinasi plastik dan karet polimer. Matras yoga ini cocok untuk Anda yang sangat peka terhadap isu lingkungan, sebab bahannya yang dapat didaur ulang. Tak hanya eco-friendly, matras yoga ini biasanya juga memiliki dua permukaan warna yang berbeda.

Keunggulan dari matras ini adalah bobotnya yang ringan, bahkan setengah kali lebih ringan dibandingkan matras berbahan PVC dengan ketebalan yang sama. Sayangnya, matras ini memiliki ketahanan yang kurang dan dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan matras yoga PVC. Matras berbahan TPE cocok untuk Anda yang menyukai yoga dinamis dan suka melakukan yoga di mana saja.

Karet Alami

Sumber gambar www.flexitylife.com

Karet alami adalah material matras yoga yang paling ramah lingkungan. Terbuat dari karet alami membuatnya lebih kokoh dan memiliki daya tahan yang tinggi. Matras yoga dengan bahan ini juga lebih stabil dan anti-slip. Bahannya yang alami dan juga berkualitas tentu membuat matras ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Matras yoga dengan bahan karet alami lebih disarankan untuk Anda yang memiliki alergi. Sayangnya, bahan ini membuatnya memiliki bobot yang berat dan kurang cocok untuk dibawa bepergian. Matras yoga ini bisa dijadikan pilihan untuk latihan yoga statis di rumah. Kekurangan lainnya dari matras berbahan karet alami adalah aroma karetnya yang kurang sedap.

10 Rekomendasi Matras Yoga dengan Harga Terjangkau

SPEEDS Matras Yoga LX 027-8

Matras yoga pertama yang direkomendasikan adalah SPEEDS Matras Yoga LX 027-8. Produk ini terbuat dari karet NBR yang sangat ringan dan mudah diringkas. Tak hanya itu, matras ini juga tahan terhadap minyak dan zat asam.

SPEEDS Matras Yoga LX 027-8 memiliki permukaan yang halus dan sangat fleksibel, sehingga nyaman dipakai. Matras keluaran SPEEDS ini juga cocok untuk tulang ekor yang sakit karena ketebalannya yang mumpuni. Tersedia lima warna yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu hitam, biru, ungu, abu-abu, dan pink.

Harga Rp. 89.000-147.250

Happyfit Yogamat NBR Polos

Happyfit Yogamat NBR Polos adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini terbuat dari bahan NBR dengan dimensi 180 x 61 cm. Memiliki ketebalan 10 mm membuatnya cocok untuk tulang ekor yang sakit.

Matras yoga ini ringan serta tahan terhadap minyak dan zat asam. Produk keluaran Happyfit ini didesain fleksibel dengan permukaan yang halus, sehingga nyaman digunakan saat latihan. Tersedia empat warna menarik yang bisa dipilih, termasuk soft pink, mint green, lilac, dan ice blue.

Harga Rp. 210.000-300.000

Goto NBR Yoga Mat

Salah satu kriteria matras yoga yang banyak disukai adalah anti slip, karena dinilai lebih aman dan nyaman digunakan. Bagi Anda yang tengah mencari matras yoga terjangkau dengan kriteria tersebut, Goto NBR Yoga Mat bisa menjadi pilihan. Produk ini terbuat dari bahan NBR yang ringan, tidak licin, dan tidak menyebabkan alergi.

Goto NBR Yoga Mat memiliki dimensi 175 x 60 cm dengan ketebalan 10 mm. Permukaannya halus dan lentur, sehingga nyaman untuk menopang tubuh saat yoga, senam, maupun latihan lainnya. Produk yang tahan terhadap minyak dan zat asam ini hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu hitam, biru, ungu, hijau, abu-abu, dan pink.

Harga Rp. 68.900-139.000

Miniso Matras Yoga

Miniso memang dikenal dengan aneka produknya yang menarik dalam berbagai lini. Untuk lini olahraga, Miniso memiliki produk matras yoga andalan. Miniso Matras Yoga terbuat dari bahan PVC dengan dimensi 173 x 61 cm. Produk anti slip ini memiliki dua pilihan ketebalan, yaitu 3 mm dan 5 mm.

Miniso Matras Yoga didesain fleksibel yang membuatnya nyaman untuk yoga, senam, pilates, atau latihan perut. Keunggulan lain dari produk ini adalah anti bakteri, anti air, dan lembut. Tersedia lima pilihan warna menarik yang bisa dipilih, yaitu abu-abu, rose red, dark blue, light blue, dan carol red.

Harga Rp. 64.900-117.700

OVICX XQIAO Matras Yoga Anti Slip

OVICX XQIAO Matras Yoga Anti Slip adalah matras yoga berikutnya yang hadir dengan harga terjangkau. Produk ini menggunakan bahan NBR yang terbuat dari kopolimer akrilonitril dan butadine. Selain fleksibel, matras yoga ini juga tahan terhadap minyak.

Produk ini memiliki dimensi 183 x 61 cm dengan ketebalan 8 mm. Ketebalannya membuat matras ini nyaman untuk yoga, senam, maupun pilates. Keunggulan lain dari matras ini adalah anti slip, anti bakteri, dan anti air, sehingga lebih aman dan nyaman dipakai.

Harga Rp. 72.000-79.000

ACE Berwyn Matras Yoga

Selain NBR, material lain yang kerap digunakan dalam pembuatan matras yoga adalah PVC. ACE Berwyn Matras Yoga adalah salah satu produk yang terbuat dari bahan PVC. Produk ini hadir dengan dimensi 173 x 61 cm dengan ketebalan 4 mm.

Terbuat dari bahan PVC pilihan, membuat ACE Berwyn Matras Yoga lembut dan dapat menyerap benturan dengan baik. Bobotnya yang ringan membuatnya mudah disimpan dan dipindahkan. Nyaman dipakai, matras ini cocok digunakan untuk berbagai jenis latihan yoga.

Harga Rp. 59.000-74.950

Matougui Matras Yoga YJD-001

Matougui Matras Yoga YJD-001 adalah matras yoga berikutnya yang terbuat dari bahan PVC. Produk ini memiliki dua sisi yang didesain anti slip dan elastisitas tinggi. Desainnya tersebut membuat penggunanya lebih nyaman dalam melakukan latihan tanpa takut cedera.

Terbuat dari bahan PVC yang ramah lingkungan, matras yoga ini hadir dengan dimensi 173 x 61 cm. Matougui Matras Yoga YJD-001 memiliki ketebalan 6 mm. Produk ini memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah disimpan dan dibawa bepergian.

Harga Rp. 69.999-108.500

LIGHTSPEED Matras Yoga TPE Eco Friendly

LIGHTSPEED Matras Yoga TPE Eco Friendly adalah matras yoga berikutnya yang direkomendasikan. Matras ini terbuat dari bahan TPE biodegradable yang dapat didaur ulang. Produk ini hadir dengan dimensi 183 x 61 cm dengan ketebalan 6 mm.

Permukaan matras keluaran LIGHTSPEED ini memiliki gerutan-gerutan dengan pola gambar yang menarik dan memberikan kekuatan dalam melakukan pose yoga tanpa takut tergelincir. Meski memiliki ketebalan yang memadai, matras ini ringan sehingga mudah dibawa. Tersedia warna abu-abu, biru, marun, ungu, hijau, cream, dan tosca yang bisa dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 114.999-186.000

Angola Matras Yoga NBR S03

Matras yoga berikutnya yang hadir dengan harga terjangkau adalah Angola Matras Yoga NBR S03. Produk ini terbuat dari bahan NBR yang tidak berbau serta tahan terhadap minyak dan zat asam. Matras ini memiliki dimensi 180 x 61 cm dengan ketebalan 8 mm.

Ketebalannya yang memadai membuat matras ini nyaman digunakan untuk menopang tubuh saat melakukan yoga. Tak hanya ringan, matras ini juga mudah dibawa dan dibersihkan. Aman dan nyaman dipakai, Angola Matras Yoga NBR S03 memiliki karakter fleksibel dan anti slip.

Harga Rp. 62.100-69.000

YESOUL Matras Yoga

YESOUL Matras Yoga adalah matras yoga terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi. Matras ini hadir dengan dimensi 125 x 65 cm dengan ketebalan 5 mm. Terbuat dari bahan NBR membuatnya tahan terhadap minyak dan juga zat asam.

Produk ini unggul dalam fleksibilitas dan mobilitas. Matras yoga ini juga didesain anti slip, anti bakteri, dan anti air, sehingga nyaman dan aman untuk latihan. Tak hanya cocok untuk yoga, senam, maupun pilates, matras ini juga bisa digunakan sebagai alas anti slip untuk spinning bike.

Harga Rp. 71.100-140.000
From our editorial team

Panduan Memilih Matras Yoga bagi Pemula

Apakah Anda baru tertarik untuk melakukan yoga? Ada beberapahal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih matras yoga. Pertama, pastikan untuk memilih bahan yang sesuai dengan kegiatan Anda. Bagi Anda yang menyukai kegiatan yoga statis di rumah, matras berbahan karet alami bisa menjadi pilihan. Sementara, bagi Anda yang gemar mengikuti kelas yoga di studio, matras berbahan TPE, PVC, atau NBR bisa dipilih karena memiliki portabilitas yang baik. Selanjutnya, pilih matras yoga yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap keringat. Melakukan gerakan yoga dan tumpuan tentu akan membuat Anda berkeringat. Matras yang mudah dibersihkan tentu memiliki risiko pertumbuhan bakteri yang rendah. Pilih pula matras dengan grip yang baik atau anti slip, sehingga meminimalisir risiko cedera akibat tergelincir.