10 Rekomendasi Hijab Sport Untuk Muslimah yang Gemar Olahraga (2021)

10 Rekomendasi Hijab Sport Untuk Muslimah yang Gemar Olahraga (2021)

Kaum muslimah kini semakin nyaman berolahraga dengan hijab sport yang menutup aurat mereka. Hijab sport ini didesain khusus untuk memberikan kenyamanan bagi Anda. Simak berbagai rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Makin Nyaman Berolahraga Dengan Hijab Sport Pilihan

Sesuai dengan namanya, hijab sport merupakan hijab atau kerudung yang didesain khusus untuk kegiatan berolahraga. Bahannya yang lentur dan mampu menyerap keringat membuat pemakainya lebih nyaman dan leluasa bergerak.

Hijab sport yang tepat akan membuat Anda tampil menawan dengan performa optimal. Namun, banyaknya merek dan model hijab sport mungkin membuat Anda bingung untuk memilih.

Dalam memilih hijab sport, tentu Anda harus jeli dan tidak bisa sembarang pilih. Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda ketahui saat memilih hijab sport agar Anda bisa terlindung dan tetap nyaman saat berolahraga.

Tips Memilih Hijab Sport Terbaik

Perhatikan Bahan Pembuatnya

Poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli pakaian, termasuk hijab sport adalah bahan atau material yang digunakan. Pastikan hijab yang Anda pilih terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, elastis, memiliki sirkulasi udara yang baik, serta terasa lembut di kulit.

Berbagai bahan yang dapat Anda pilih antara lain adalah polyester, elastane atau spandex, dan dryfit. Bahan polyester sering dipilih karena seratnya kuat, ringan, serta tahan lama. Polyester ini sering dikombinasikan dengan bahan lain agar performanya lebih optimal.

Elastane atau spandex merupakan bahan yang populer untuk outfit olahraga karena sifatnya yang lembut, fleksibel, dan menyerap keringat dengan cepat. Sementara itu, bahan dryfit adalah campuran dari polyester, spandex, dan nilon.

Oleh karena itu, karakter bahannya lebih lentur, ringan, tetapi tetap kuat dan berpori-pori sehingga terasa sejuk. Dengan memilih bahan hijab sport yang tepat, Anda akan merasa lebih nyaman saat berolahraga.

Pilih Model yang Pas

Hijab sport juga tersedia dalam berbagai model. Sebagian besar hijab hadir dengan model mengikuti bentuk kepala, tetapi tersedia pula variasi lainnya. Dalam memilih, Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya dan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin wajah terlindungi saat berolahraga, pilihlah hijab dengan pet tambahan. Pet tambahan tersebut akan membuat wajah lebih terlindung dari sengatan panasnya sinar matahari. Ada pula hijab dengan aksen lubang khusus di bagian telinga untuk earphone sehingga memudahkan Anda mendengarkan musik saat berolahraga.

Sesuaikan Dengan Bentuk Wajah

Dalam memilih pakaian, Anda akan menyesuaikannya dengan bentuk dan ukuran tubuh. Sama halnya dengan memilih hijab sport, Anda juga perlu mencocokkannya apakah pas dengan bentuk dan ukuran wajah. Hal ini dilakukan supaya Anda merasa nyaman untuk memakai hijab dan supaya Anda dapat tampil dengan menarik dan menawan.

Selektif Dalam Memilih Warna

Hijab sport pun tersedia dalam bermacam pilihan warna yang dapat menunjang penampilan Anda. Warna gelap seperti hitam kerap menjadi pilihan untuk hijab sport karena warna yang gelap ini tidak akan begitu mudah menampakkan bekas keringat maupun noda dibandingkan dengan warna terang pada umumnya.

Tentukan Kebutuhannya

Anda disarankan untuk memilih hijab sport yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Sejumlah hijab sport hadir dengan ukuran free size, namun ada pula yang memiliki ukuran tertentu. Hijab sport juga tersedia dalam panjang dan lebar yang menutupi dada sehingga akan lebih nyaman untuk dipakai bila Anda menginginkan hijab sport yang menutupi dada.

Beberapa olahraga yang rentan menyebabkan hijab mudah bergeser dan terlepas seperti judo, lari, dan semacamnya membutuhkan produk yang tepat agar aktivitas dan performa Anda tidak terganggu.

Cara Merawat Hijab Sport

Cek Petunjuk Pencucian

Mencuci kain tidak bisa sembarangan, begitu pula dengan mencuci hijab sport. Oleh karena itu, periksalah label yang terdapat pada hijab untuk mengetahui aturan mencuci hijab tersebut. Anda disarankan untuk mencuci hijab sport dengan tangan tanpa menggunakan sikat kain. Cukup dikucek lembut dengan tangan hingga bersih. Terutama bila hijab tersebut terbuat dari bahan yang lembut.

Hindarkan dari Suhu Tinggi

Anda sebaiknya tidak menjemur hijab sport di bawah sengatan matahari langsung karena berpotensi merusak tatanan warna hijab. Beberapa bahan hijab sport pun tidak tahan oleh panas setrika sehingga membuatnya rusak apabila disetrika dalam suhu tinggi, terutama hijab sport yang mengandung material plastik. Oleh karena itu, perhatikan petunjuk perawatan yang tertera pada label hijab.

Simpan dengan Baik dan Benar

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan hijab dengan rapi, yaitu dilipat, digulung, dan digantung. Yang paling disarankan adalah menggantung dengan hanger khusus hijab agar kain tidak terlipat dan patah sehingga menjaga tampilannya agar tetap paripurna. Dengan demikian, hijab Anda juga tetap awet.

Rekomendasi Hijab Sport Nyaman Untuk Anda

Adidas Sport Hijab

Merk yang terkenal memproduksi berbagai outfit olahraga ini juga memiliki produk hijab sport yang berkualitas tinggi.

Hijab sport ini didesain dengan sirkulasi udara yang baik agar Anda merasa sejuk saat menggunakannya. Anda dapat merasakan angin yang masuk menembus ke dalam hijab sport ini saat menggunakannya. Bahannya pun dapat menyerap keringat dengan baik.

Ukuran hijab sport Adidas ini juga cukup panjang untuk menutupi bahu, bahkan hingga dada, sesuai dengan tinggi Anda.

Logo Adidasnya juga dapat terlihat dengan jelas dan memantulkan cahaya saat Anda menggunakannya pada malam hari.

Harga Rp. 250.000-300.000

Hijab Sport Nawra

Anda bisa dengan mudahnya berolahraga sambil mendengarkan musik menggunakan earphone saat memakai hijab ini. Bagi Anda yang gemar berolahraga sambil mendengar musik, tentu ini akan membuat Anda lebih semangat.

Hijab Sport Nawra ini memiliki desain yang stylish. Bahannya menyerap keringat dan breathable sehingga menjaga Anda tetap sejuk dan tidak mudah gerah. Olahraga pun akan terasa semakin nyaman dengan menggunakan hijab sport ini.

Harga Rp. 150.000-200.000

TD Active Sport Hijab Zeta Hitam

TD Active juga merupakan salah satu brand yang memproduksi berbagai outfit olahraga, dan salah satunya adalah hijab sport.

TD Active Sport Hijab Zeta Hitam ini dirancang dari bahan yang fleksibel dan cepat kering. Produk ini sangat cocok untuk Anda pakai untuk aktivitas olahraga Anda, baik di darat maupun di air. Hijab sport ini didesain dengan model pet yang proporsional sehingga memberikan kesan modis dan keren ketika dipakai.

Harga Rp. 200.000-400.000

Nike Pro Women's Hijab

Brand Nike juga merilis Pro Women’s Hijab yang memiliki bahan yang ringan, awet, dan sejuk meski digunakan pada cuaca panas.

Hijab sport ini juga didesain agar tidak mudah lepas saat digunakan sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan banyak gerakan olahraga sekalipun.

Desainnya juga simpel dengan sematan logo Nike kecil di bagian sisinya.

Harga Rp. 250.000-500.000

Attiqa Active Long Runner

Salah satu rintangan saat berolahraga di luar ruangan adalah teriknya sinar matahari, terutama bagi Anda yang rajin jogging atau mengikuti lari marathon.

Attiqa Active Long Runner ini hadir dengan gaya hijab yang praktis sehingga Anda tidak perlu menggunakan topi di atas hijab. Pet pada hijab ini cukup lebar untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari secara langsung.

Hijab ini juga terjulur sampai menutupi dada, dengan desain yang tidak terlalu lebar di bagian lengan, sehingga akan memudahkan Anda bergerak mengayunkan tangan ketika berolahraga.

Selain itu, produk dari Attiqa Active ini terbuat dari kombinasi bahan dryfit dan serena yang mampu menjaga tubuh tetap kering dan terasa sejuk lebih lama.

Harga Rp. 50.000-100.000

Noore Nadeen Sport Hijab

Noore Nadeen Sport Hijab merupakan kerudung olahraga dengan ukuran yang cukup panjang dan mampu menutupi bagian kepala hingga perut.

Hijab sport dari Noore Sport ini juga dibuat dari bahan yang mampu melindungi Anda dari sinar UV hingga 30 persen. Sifat bahannya lembut dan fleksibel sehingga Anda pun bisa lebih luwes saat berolahraga.

Harga Rp. 125.000-200.000

TD Active Kerudung Masker Tetta

Berolahraga di luar memang membuat kulit Anda jadi terpapar debu dan sengatan sinar matahari. Jika Anda khawatir dengan hal ini, Anda bisa memakai TD Active Kerudung Masker Tetta yang didesain dengan masker bawaan sehingga kulit wajah Anda bisa lebih terlindungi.

Hijab ini terbuat dari bahan polyester berkualitas tinggi yang lembut dan nyaman digunakan. Selain itu, bahannya diklaim mudah dibersihkan dan juga tahan lama.

Harga Rp. 200.000-300.000

REYD Sports Hijab

Bagian wajah pada REYD Sports Hijab ini didesain pas sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan dalaman hijab atau yang biasa disebut sebagai “ciput”.

Desainnya juga lebar dan terjulur hingga ke dada bahkan perut. Namun, bagian samping di area bawah ketiak dapat dikaitkan sehingga Anda jadi lebih leluasa saat bergerak tanpa khawatir bagian dada Anda tersingkap.

Hijab sport ini dibuat dari bahan microfiber polyester yang mudah menyerap keringat dan sejuk saat dipakai.

Harga Rp. 200.000-350.000

Under Armour Women's UA Sport Hijab

Under Armour secara khusus bekerjasama dengan beberapa atlet Muslim untuk membuat hijab sport berkualitas tinggi. Sebelum dirilis, produk kerudung olahraga ini juga telah dikenakan untuk diuji secara langsung oleh para atlet.

Hijab sport yang satu ini didesain agar tidak melekat dan tidak mudah lepas saat dipakai. Di samping itu, produk ini juga dilengkapi dengan tempat menaruh earphone jika Anda ingin berolahraga sambil mendengarkan musik.

Hijab ini terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dan dapat mengering dengan cepat. Jadi lebih ringan untuk dikenakan..

Harga Rp. 350.000-500.000

CoreNation Active Aluna Hijab

Saat membeli hijab sport, kesesuaian ukuran tentu jadi pertimbangan. Apabila ukuran yang tersedia terlalu kecil atau besar, tentu akan membuat pemakainya tidak merasa nyaman saat mengenakannya. Nah, produk hijab ini memiliki tiga variasi ukuran yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi akan persoalan size hijab.

Hijab sport yang terbuat dari bahan poly spandex dengan desain yang simpel dan sporty serta detail reflektif logo dan dry tastic.

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Setelah Selesai Olahraga, Segera Cuci Rambut Agar Tidak Berketombe

Berolahraga dengan mengenakan hijab artinya kepala tertutup meski sedang berkeringat. Hal ini berisiko menyebabkan masalah rambut seperti lepek dan berketombe. Untuk mencegahnya, segera cuci rambut setelah selesai berolahraga ya! Pilih produk hijab sport terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas!