10 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Retinol untuk Kulit Cantikmu (2021)

10 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Retinol untuk Kulit Cantikmu (2021)

Skincare dengan kandungan retinol menjadi primadona di kalangan skincare junkie akhir-akhir ini. Kamu tertarik juga menggunakan skincare retinol? Yuk, simak rekomendasi skincare retinol terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Sudah Kenal dengan Retinol?

Kamu kaum hawa yang suka menyimak tren serta perkembangan dunia skincare pasti tahu retinol. Belakangan ini retinol memang jadi primadona karena dapat memberikan efek yang sangat signifikan pada kulit.

Tapi apakah kamu tahu apa itu retinol? Retinol adalah senyawa turunan vitamin A. Zat ini bisa bekerja dengan baik untuk melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Selain itu, retinol juga dapat merangsang produksi kolagen, membuat kulit terlihat lebih muda, serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Regenerasi Kulit Lebih Cepat

Penuaan kulit wajah bisa dicegah dengan berbagai cara, termasuk mempercepat proses regenerasinya. Retinol dapat memberikan stimulasi pada kulit agar memproduksi sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit yang sudah mati. Retinol juga sangat efektif dalam mengikis sel kulit mati dan mencegah kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Retinol mampu mendorong dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Semakin banyak kandungan kolagen, maka kulit akan semakin tampak awet muda dan kencang. Hasilnya, garis-garis halus pun semakin memudar. Selain itu, retinol juga dapat memastikan agar kolagen bekerja dengan optimal.

Mencegah Pigmentasi

Pigmentasi kulit adalah salah satu penyebab warna kulit tidak merata. Retinol bekerja sebagai bahan aktif yang mampu mencegah dan menghentikan pigmentasi, sehingga warna kulit terlihat lebih cerah merata. Di saat yang bersamaan, retinol juga dapat menghambat pertumbuhan melanin pada kulit wajah. Efek ini akan terasa setidaknya 3 bulan setelah pemakaian rutin retinol.

Mencegah Tanda Penuaan Kulit

Garis halus dan kerutan adalah dua tanda penuaan yang sering meresahkan kaum wanita. Ini berkaitan dengan kemampuan retinol yang mampu merangsang dan mendorong produksi kolagen. Kolagen mampu membuat kulit terlihat lebih sehat dan muda, membuatmu tampil semakin percaya diri.

Menjaga Pori-pori Kulit Tetap Bersih

Pori-pori kulit yang tidak bersih atau tersumbat kotoran bisa menjadi penyebab munculnya masalah lain yang lebih serius. Misalnya peradangan akibat jerawat. Kotoran, debu, minyak, hingga sisa makeup berpotensi menyumbat pori-pori kulit wajah. Retinol mampu membersihkan pori-pori hingga ke dalam dan mengurangi munculnya risiko masalah kulit lainnya.

Tips Menggunakan Skincare Retinol

Mulai dengan Dosis yang Rendah

Setiap produk skincare pasti menuliskan kandungan retinol yang ada di dalamnya. Jika kamu masih belum pernah menggunakan retinol sama sekali, sebaiknya mulai dari yang kadarnya rendah. Disarankan untuk pemula untuk menggunakan produk yang mengandung retinol dengan kadar tidak lebih dari 0,5%.

Kombinasikan dengan Pelembap

Meski kamu sudah menggunakan retinol dalam bentuk krim, kamu tetap tidak boleh meninggalkan pelembap. Karena tidak menggunakan pelembap bisa meningkatkan risiko sensitivitas kulit. Keberadaan pelembap juga dapat meningkatkan toleransi kulit pada retinol dan mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Kenali Bahan yang Tidak Boleh Digunakan Bersama

Sumber gambar www.beautynesia.id

Saat kamu ingin menggabungkan penggunaan retinol dengan produk lain, pastikan bahan dari produk tersebut aman jika bersatu dengan retinol. Retinol sebaiknya tidak digunakan dengan produk eksfoliasi yang memiliki kandungan bonzoil peroksida seperti AHA dan BHA.

Ini karena kombinasi keduanya bisa menyebabkan kondisi kulit yang sangat kering, mengelupas, hingga iritasi. Sebaiknya gunakan pada kesempatan yang berbeda saja ya!

Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Retinol Terbaik untukmu

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Merawat kulit dengan retinol sejak dini bisa memberikan hasil terbaik lho. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule adalah produk yang aman digunakan untuk usia 20-an karena kandungan retinol yang relatif rendah. Ampoule ini hadir dalam kemasan botol kaca warna gelap dan pipet untuk mengambilnya.

Avoskin memiliki konsep green beauty, sehingga semua produknya dijamin aman karena terbuat dari bahan-bahan dari alam yang diproses menggunakan teknologi canggih. Seperti pada produk ini yang menggunakan tea tree, raspberry, dan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Dikombinasikan dengan 0,09% retinol aktif, 0,1% hexapeptide, dan asam ellagic untuk memberikan hasil maksimal.

Harga Rp. 180.000-250.000

Skinceuticals Retinol 1.0

Mau merawat wajah sendiri tapi hasilnya tidak kalah dengan perawatan dermatologis ternama? Skinceuticals Retinol 1.0 solusinya. Produk ini memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, namun kamu tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Di awal pemakaian, kulit akan memerah dan mengelupas. Tidak usah khawatir karena ini adalah hal yang normal, tanda retinol mulai bekerja. Setelah melewati masa kulit kemerahan ini, kamu akan mendapatkan hasil kulit yang semakin sehat, terawat, dan awet muda. Hanya saja, pemilik kulit sensitif tidak disarankan untuk menggunakan krim ini karena konsentrasi retinolnya yang terlalu tinggi.

Harga Rp. 1.400.000-1.500.000

Pixi Retinol Tonic

Kamu merasa kulitmu kusam dan kurang bercahaya? Pixi Retinol Tonic mungkin adalah produk yang kamu cari. Merek skincare asal Inggris ini merilis retinol tonic dengan kandungan AHA yang rendah.

Produk ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit seperti kusam, berjerawat, hiperpigmentasi, hingga kemunculan tanda penuaan dini. Gunakan toner ini secara teratur untuk mendapatkan kulit yang halus. Kandungan peptide mampu mendorong peningkatan produksi kolagen kulit. Sementara itu ekstrak lavender dan bunga melati memberi efek menyegarkan setelah penggunaan.

Harga Rp. 200.000-350.000

OLAY Regenerist Retinol 24 Night Moisturizer

Merawat kulit di malam hari adalah sebuah keharusan. OLAY Regenerist Retinol 24 Night Moisturizer bekerja melembapkan di malam hari, bekerja semalaman saat kamu tidur. Pelembap ini diperkaya dengan kandungan niacinamide dan retinol complex yang dapat menjaga kelembapan kulit hingga 24 jam.

Produk ini juga bekerja meratakan warna kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, dan memperbaiki noda-noda hitam pada kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan bersama dengan rangkaian produk OLAY Regenerist Retinol lainnya.

Harga Rp. 200.000-350.000

For Skin's Sake Retinol Overnight Cream

For Skin's Sake atau FSS adalah merek skin care yang sedang naik daun saat ini. Salah satu produk mereka yang harus kamu coba adalah For Skin's Sake Retinol Overnight Cream. Krim ini terbuat dari bahan-bahan alam yang diformulasikan secara klinis untuk memastikan kamu bisa mendapatkan manfaatmya.

Produk ini tergolong ringan dan cocok untuk pemula yang baru pertama kali menggunakan produk retinol. Di dalamnya hanya terdapat kandungan 0,1% retinol dan bahan-bahan lain seperti vitamin E, hyluronic acid, centella asiatica extract, dan green tea. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit, menyamarkan kerutan, memperlambat penuaan dini, dan mempercepat regenerasi kulit.

Harga Rp. 120.000-400.000

Pond's Age Miracle Cell ReGen Day Cream SPF 18 PA++

Pond's Age Miracle Cell ReGen Day Cream SPF 18 PA++ adalah produk yang dirancang untuk mereka yang bermasalah dengan tanda penuaan ini. Kandungan utama pada krim siang ini adalah retinol-c complex dan intelligent pro-cell complex yang mampu mempercepat regenerasi sel kulit, menyamarkan garis halus dan kerutan, juga tanda penuaan dini lainnya.

Dapatkan kulit yang lebih bercahaya dan tampak awet muda dengan penggunaan secara rutin. Krim ini juga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dengan SPF 18 PA++ di dalamnya.

Harga Rp. 35.000-170.000

Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum

Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum adalah produk yang dapat mencegah tanda penuaan namun bisa menjaga kulit tetap lembap. Serum ini juga bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu belum pernah menggunakan produk retinol sama sekali.

Kandungan 1% retinol dalam produk ini dapat mengoptimalkan skin barrier di malam hari saat kamu sedang tidur. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan produk ini adalah kelembapan yang selalu terjaga oleh kandungan hyaluronic acid yang mengunci dan mempertahankannya. Dapatkan kulit yang lebih muda dan sehat!

Harga Rp. 250.000-500.000

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane diklaim mampu memberikan hasil lebih baik dibandingkan produk retinol biasa. Di dalamnya terdapat granactive retinoid yang bisa bekerja tanpa menimbulkan efek iritasi pada kulit.

Produk ini juga tidak mengandung alkohol, silikon, dan bahan kimia lain yang berbahaya. Cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif yang rentan pada bahan kimia. Namun kamu juga harus memperhatikan kandungan retinolnya yang cukup tinggi, sehingga mungkin tidak cocok untuk pemula.

Harga Rp. 250.000-350.000

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Banyak wanita memiliki masalah permukaan kulit yang terasa kasar. Avoskin Miraculous Retinol Toner dapat menghaluskan kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Di dalamnya terdapat kandungan niacinamide yang bisa menghaluskan dan menyelesaikan masalah jerawat pada kulit.

Kandungan lainnya adalah ekstrak buah manggis yang bekerja sebagai antioksidan alami untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Teksturnya yang cair sangat ringan dan mudah meresap ke kulit.

Harga Rp. 100.000-200.000

Somethinc Level 1% Retinol

Terakhir ada rekomendasi Somethinc Level 1% Retinol, merek skincare yang banyak digandrungi kaum hawa. Skincare ini harganya terjangkau, cruelty free, dan sudah mengantongi izin edar dari BPOM. Produk ini sendiri diperkaya dengan kandungan retinol yang sudah dienkapsulasi dengan teknologi Gentinol dari Korea.

Retinol di dalamnya memiliki shield kristal sehingga tidak akan menyebabkan iritasi dan aman digunakan oleh kulit sensitif. Shield ini dibentuk dengan bantuan hyaluronic acid dan ceramide yang dapat mengunci kelembapan kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Sementara itu, kandungan allantoin di dalam produk ini bekerja mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah.

Harga Rp. 130.000-250.000
From our editorial team

Lakukan Tes Alergi Sebelum Menggunakannya di Wajahmu

Setelah membaca rekomendasi BP-Guide di atas, apa kamu tertarik untuk menggunakan skincare retinol? Kamu perlu ingat bahwa retinol adalah zat yang sensitif dan kadang tidak mudah diterima kulit lho. Sebaiknya kamu lakukan tes alergi di tangan atau telinga terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke kulit wajah.