10 Rekomendasi Kosmetik Penghilang Jerawat untuk Kulit yang Mulus dan Sehat (2021)

10 Rekomendasi Kosmetik Penghilang Jerawat untuk Kulit yang Mulus dan Sehat (2021)

Jerawat jadi masalah kulit yang sangat meresahkan. Jangan biarkan jerawat berlama-lama menjamah kulitmu. Yuk, simak berbagai produk penghilang jerawat yang ampuh dan terbukti aman. Baca artikel BP-Guide berikut sampai habis ya!

Jerawat Adalah Musuh Bagi Banyak Orang

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang menyerang hampir semua orang. Penyebabnya pun berbagai macam. Bisa karena jenis kulit, kebiasaan buruk, hingga faktor genetik. Namun apa pun itu, kemunculan jerawat membuat siapa saja merasa tidak nyaman.

Tidak heran jerawat dianggap sebagai musuh bagi banyak orang yang harus segera dibasmi. Untuk menghilangkan jerawat, kamu harus memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Selain itu, kamu juga harus rutin dan teratur dalam menggunakannya.

5 Kebiasaan Penyebab Jerawat yang Sering Tidak Disadari

Terlalu Sering Mencuci Muka

Jika kamu berpikir bahwa semakin sering mencuci muka maka wajahmu akan jadi semakin bersih, maka hal itu salah besar. Apalagi jika kulitmu berjerawat. Terlalu sering mencuci muka justru membuat kulit semakin kering dan mudah iritasi.

Cuci wajah secukupnya saja, yaitu sebanyak 2 kali dalam sehari. Pastikan kamu menggunakan sabun cuci muka khusus untuk kulit berjerawat untuk membantu menjaga kondisi kulitmu.

Memencet Jerawat

Pasti kamu sering merasa gemas dengan jerawat yang muncul dan tergoda untuk memencetnya, bukan? Memencet jerawat dapat membuat kondisi kulit dan jerawat itu sendiri menjadi semakin parah. Apalagi kalau sampai muncul nanah dan menyebar di permukaan kulit lainnya, maka akan terjadi iritasi.

Cobalah untuk membiarkan saja jerawat agar pecah dan kempes sendiri. Meskipun kamu merasa sangat gatal, jangan tergoda untuk menyentuhnya ya!

Makan Makanan Berminyak

Ini dia kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat yaitu karena mengonsumsi makanan berminyak. Minyak yang terkandung di dalam makanan berminyak turut meningkatkan produk minyak di wajah. Akibatnya, produksi sebum semakin meningkat dan menyumbat pori-pori kulit wajah hingga menumbuhkan jerawat.

Menggunakan Banyak Produk Perawatan Rambut

Produk-produk perawatan rambut yang sering dipakai oleh pria maupun wanita mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan jerawat. Misalnya seperti hair gel atau hairspray yang mengenai kulit wajah, lalu menyumbat pori-pori kulit.

Penyumbatan ini bisa memicu munculnya jerawat. Jika kamu sering menggunakan produk-produk semacam ini, pastikan kamu melindungi kulitmu ketika mengaplikasikannya.

Sembarangan Memakai Kosmetik

Kulit yang berjerawat sangat sensitif dengan berbagai macam produk kosmetik dan perawatan kulit. Ketika kamu sedang berjerawat, pastikan kamu menghindari pemakaian segala macam kosmetik dan makeup apapun yang terlalu berat. Tujuannya agar produk-produk tersebut tidak menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat.

Cara Sederhana Mencegah Jerawat

Rutin Membersihkan Wajah

Sumber dari jerawat adalah kotoran yang menempel di kulit wajah. Jika kamu ingin wajah bebas jerawat, kamu harus rajin membersihkan wajah. Apalagi setelah beraktivitas di luar rumah seharian. Bersihkan wajah sebanyak dua kali, yaitu dengan menggunakan pembersih khusus yang dilanjutkan dengan sabun pembersih wajah.

Lindungi Wajah dengan Sunscreen

Cara lain untuk mencegah jerawat muncul di kulit adalah dengan melindungi kulit saat keluar rumah. Jangan lupa mengaplikasikan sunscreen dengan kandungan SPF agar kulitmu terhindari dari dampak buruk sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa membuat kondisi kulit berjerawat makin parah lho.

Jangan Pernah Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin parah. Bakteri dan kuman yang menempel di tanganmu akan berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan peradangan. Kebiasaan buruk ini akan membuat kulitmu semakin sulit sembuh dari jerawat.

Rekomendasi Kosmetik Penghilang Jerawat yang Bisa Kamu Gunakan

Clean & Clear Advantage Acne Spot Treatment

Jika kamu bermasalah dengan jerawat, percayakan saja pada Clean & Clear Advantage Acne Spot Treatment. Produk ini dibekali dengan teknologi terbaru yang dapat melarutkan minyak pada permukaan kulit.

Formulanya menembus pori, bekerja menyembuhkan jerawat hingga ke akarnya. Komposisi utama dari produk ini adalah asam salisilat. Produk ini terbukti ampuh dan sangat mudah digunakan. Cukup oleskan pada titik yang berjerawat lalu biarkan sampai meresap. Setelah 4 jam, kamu akan merasakan manfaatnya.

Harga Rp. 250.000-350.000

Sebamed Clear Face Anti-Pimple Gel

Banyak produk penghilang jerawat yang membuat kulit menjadi sangat kering. Tapi tenang saja, Sebamed Clear Face Anti-Pimple Gel bisa membasmi jerawat dan menjaga kulitmu tetap lembap. Kandungan yang ada dalam produk ini bekerja melembutkan kulit tanpa mengurangi keampuhannya dalam menghilangkan jerawat mengganggu.

Ada hyaluronic acid, extract mentimun, dan glycerol yang didukung oleh allantoin, hammamelis, dan bisabolol untuk membuat kerja produk semakin maksimal. Tidak hanya itu, cholooxylenol yang ada di dalam produk bekerja membunuh bakteri pada jerawat sekaligus menjaga kestabilan pH kulit.

Harga Rp. 80.000-110.000

Acnes Sealing Jell

Acnes Sealing Jell adalah produk dengan formula ringan berbentuk gel yang kaya kandungan vitamin B6 dan vitamin E. Bekerja menutrisi kulit dari dalam sekaligus mengempiskan jerawat. Kandungan sulfur di dalam produk ini membantu mengurangi inflamasi pada kulit dan membuat jerawat tetap kering.

Hanya saja, kamu harus rutin mengoleskan produk ini untuk benar-benar merasakan manfaatnya. Lihatlah jerawat yang mengempis dalam waktu seminggu setelah pemakaian.

Harga Rp. 15.000-35.000

Wardah Acne Treatment Gel

Pori yang tersumbat merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling umum. Wardah Acne Treatment Gel tidak hanya menghilangkan jerawat yang mengganggu, tapi juga merawat pori-pori kulitmu. Produk ini diperkaya willowherb extract dan BHA yang sangat ampuh mengurangi peradangan sekaligus menghaluskan kulit.

Hadir dalam tekstur gel yang ringan dengan kandungan aktif salicylic acid untuk mengontrol kadar sebum dan minyak berlebih. Sementara itu, triclosan bekerja melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan lidah buaya akan membuat kulitmu lebih tenang dan tidak meradang.

Harga Rp. 18.000-25.000

ElsheSkin Acne Night Treatment

Waktu yang paling tepat untuk membasmi jerawat adalah di malam hari. Gunakan ElsheSkin Acne Night Treatment yang diklaim mampu menghilangkan jerawat sekaligus merawat kesehatan kulit wajahmu. Beberapa kandungan bahan aktif yang ada di dalam produk ini antara lain adalah lactic acid, salicylic acid, dan multi fruit AHA.

Krim ini juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mencegah pertumbuhan jerawat baru. Kamu bisa memilih mau produk yang berbentuk krim atau gel.

Harga Rp. 60.000-100.000

Innisfree Bija Trouble Gel Cream

Kulit yang berjerawat seringkali bopeng dan tidak mulus. Kembalikan tekstur kulit agar kembali mulus dengan Innisfree Bija Trouble Gel Cream. Produk dengan tekstur gel ini menggunakan bija sebagai bahan utama, yang dikombinasikan dengan salicylic acid untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, produk ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih tenang dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit akibat jerawat.

Harga Rp. 250.000-400.000

COSRX Centella Blemish Cream

Produk skincare asal Korea ini bisa kamu jagokan untuk melawan jerawat membandel di wajahmu. COSRX Centella Blemish Cream memiliki komponen utama berupa zinc oxide dan centella asiatica leaf water untuk menyembuhkan jerawat, bekas jerawat, hingga breakout.

Kamu yang suka sebel dengan noda hitam bekas jerawat kini tidak perlu khawatir lagi. Krim ini punya tekstur yang pada dan agak berat. Ketika kamu mengoleskannya di atas jerawat, krim ini tidak mudah meresap dan akan menempel saja. Sebaiknya kamu aplikasikan produk ini di malam hari sebelum tidur.

Harga Rp. 150.000-300.000

Kiehl’s Super Multi Corrective Cream

Siapa sih yang tidak kenal dengan brand satu ini? Meski harganya lebih mahal dibandingkan produk lain sejenisnya, Kiehl’s Super Multi Corrective Cream tidak perlu diragukan lagi efektivitasnya. Tidak hanya mampu membasmi jerawat, produk ini juga bisa mencegah penuaan diri dan membuat kulit wajah menjadi jauh lebih lembap.

Hasilnya, bukan hanya jerawat yang berkurang tetapi penyumbatan di pori akibat kelebihan minyak dan sebum pun juga ikut berkurang. Selain itu, masalah-masalah lain seperti hiperpigmentasi, garis halus, dan kerutan di wajah juga ikut menghilang seiring berjalannya waktu.

Harga Rp. 700.000-950.000

ERHA Acne Care Lab Acne Spot Gel

ERHA Acne Care Lab Acne Spot Gel adalah salah satu pilihan terbaik untukmu yang bermasalah dengan jerawat. Obat jerawat dengan tekstur gel ini adalah obat oles yang terbuat dari berbagai bahan aktif yang khusus memerangi jerawat. Sebut saja seperti sulfur dan salicylic acid. Kombinasi bahan-bahan tersebut mampu bekerja maksimal maksimal untuk mengatasi jerawat dan mengangkat sel kulit mati.

Cukup oleskan sebanyak satu atau dua kali dalam sehari untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

Harga Rp. 50.000-150.000

Breylee Acne Treatment Cream

Breylee Acne Treatment Cream adalah krim siang yang diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit berjerawat dan menghilangkan jerawat. Kandungan utama dari produk ini adalah tea tree essential oil yang bisa menenangkan kulit berjerawat.

Jika digunakan secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih bersih dan cerah. Tekstur produk ini sangat ringan, cepat meresap, dan tidak terasa lengket di kulit.

Harga Rp. 80.000-300.000
From our editorial team

Kesabaran dan Ketelatenan Adalah Kunci Mengalahkan Jerawat

Jika jerawat di kulitmu tidak kunjung sembuh, jangan cepat menyerah. Untuk mengalahkan dan menghilangkan jerawat memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang penting kamu terus telaten dan sabar menggunakan produk-produk yang dibutuhkan oleh kulitmu. Kamu bisa memilihnya dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!